carisinyal web banner retina

Cara Mengganti Foto Profil di Akun WhatsApp

Ditulis oleh Linda
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Bagi pengguna aplikasi perpesanan dan media sosial seperti WhatsApp, LINE, WeChat, Facebook, Twitter, dan lain-lain, memiliki foto profil yang menarik merupakan hal yang cukup penting. Foto profil berfungsi layaknya sebuah tanda pengenal atau identitas digital yang mirip dengan fungsi KTP atau dokumen identitas lainnya, dimana wajah pemilik akun kerap menjadi ciri khas utama.

Namun, tak jarang pengguna, khususnya yang baru menggunakan aplikasi seperti WhatsApp, merasa kebingungan bagaimana cara untuk mengupdate atau mengganti foto profil mereka.

Tidak perlu khawatir jika Anda termasuk salah satu yang merasa kesulitan. Meskipun pada awalnya WhatsApp tidak menyediakan akses langsung untuk mengganti foto profil dari halaman utama, ada langkah-langkah tertentu yang perlu Anda ikuti untuk melakukan pengaturan ini, termasuk mengubah foto profil.

Yuk, simak langkah demi langkah mengganti foto profil WhatsApp berikut ini:

1. Buka Pengaturan WhatsApp

WA 1

Pertama-tama, silakan buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda. Selanjutnya pilih ikon tiga titik vertikal yang terletak di pojok kanan atas layar untuk membuka menu. Dari sana, pilih "Settings" atau "Pengaturan".

2. Buka Profil

WA 2

Di dalam menu pengaturan, Anda akan melihat foto profil Anda di bagian atas. Pilih pada foto tersebut untuk membuka halaman profil Anda.

3. Ketuk Ikon Kamera

WA 3
WA 4

Ketuk ikon kamera yang terdapat pada foto profil Anda. Selanjutnya Anda akan diberikan opsi untuk mengambil foto baru menggunakan kamera atau memilih foto dari galeri Anda.

Jika memilih untuk mengambil foto, aplikasi kamera akan terbuka. Ambil foto, lalu konfirmasi pilihan Anda. Jika memilih dari galeri, jelajahi galeri Anda, pilih foto yang diinginkan, lalu ketuk untuk memilihnya.

4. Sesuaikan Foto

WA 5
WA 7

Setelah memilih foto, Anda bisa menggeser atau memperbesar/memperkecil untuk menyesuaikannya dengan kotak profil. Ketika sudah puas, ketuk "Done" atau "Selesai". Foto profil Anda sekarang akan diperbarui. Perubahan akan terlihat oleh kontak Anda.

Mengganti foto profil WhatsApp adalah proses yang mudah dan cepat. Ini memberikan kesempatan kepada pengguna untuk berekspresi atau memperbarui gambar mereka agar tetap aktual. Pastikan memilih foto yang sesuai dengan gambaran diri yang ingin ditampilkan kepada kontak Anda.

FAQ

Mengganti foto profil WhatsApp adalah hal yang cukup normal dilakukan oleh pengguna aplikasi perpesanan tersebut. Berikut adalah pertanyaan umum seputar mengganti foto profil di WhatsApp.

1. Bagaimana cara menghapus foto profil di WhatsApp?

Untuk menghapus foto profil di WhatsApp, buka WhatsApp, pergi ke pengaturan, klik pada foto profil Anda, kemudian pilih ikon bergambar tong sampah di pojok kanan.

2. Apakah bisa menyembunyikan foto profil WhatsApp?

Ya, Anda bisa menyembunyikan foto profil WhatsApp dari pengaturan privasi dengan memilih siapa yang bisa melihat foto profil Anda.

3. Kenapa foto profil WhatsApp pecah?

Foto profil WhatsApp pecah karena resolusinya terlalu rendah atau ukuran file foto terlalu besar dan tidak sesuai dengan persyaratan WhatsApp.

4. Berapa ukuran foto untuk profil WhatsApp?

Ukuran foto profil WhatsApp yang ideal adalah 640x640 piksel.

5. Kenapa foto profil WhatsApp ada lingkaran hijau dan biru?

Lingkaran hijau dan biru pada foto profil WhatsApp menandakan fitur Status; hijau untuk pengguna WhatsApp Android, dan biru untuk pengguna WhatsApp iOS.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram