Carisinyal / Instagram / 50 Istilah dalam Instagram yang Wajib Diketahui Para IGers

50 Istilah dalam Instagram yang Wajib Diketahui Para IGers

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pasti sudah banyak orang yang tahu apa itu Instagram dan memang Instagram menjadi salah satu sosial media yang paling hits di berbagai kalangan, baik para kawula muda maupun orang dewasa. Namun, tidak semua para pengguna Instagram (IGers) mengetahui semua istilah yang ada di Instagram.

Jika kamu salah satu yang belum mengenal semua istilah dalam Instagram berarti kamu membaca artikel yang tepat. Karena pada kesempatan kali ini, Carisinyal bakal menjelasakan istilah-istilah dalam Instagram yang wajib diketahui para pengguna Instagram. Beginilah beberapa istilah yang berhasil kami rangkum.

1. Username

username instagram

* sumber: thoughtcatalog.com

Username merupakan sebutan nama akun atau nama pengguna Instagram. Nama ini mengacu pada alamat akun Instagram yang bakal kamu gunakan. Setiap pengguna Instagram bakal memiliki username yang berbeda-beda karena itu username yang sudah digunakan tidak bisa dipakai lagi.

Username ditandari dengan tanda “@”. Contohnya adalah @carisinyal, @bacaterus, dan lainnya. Username sebaiknya singkat dan memang mencerminkan dengan konten yang akan dibagikan. Contohnya username @carisinyal berhubungan dengan teknologi. Khusus untuk akun pribadi, ini sih bebas tetapi sebaiknya memiliki username yang mudah diingat.

2. Follower dan Following

following

Follower dan following adalah istilah yang tidak terpisahkan dari Instagram.  Twitter sebenarnya terlebih dahulu menggunakan istilah ini. Istilah ini kemudian diikuti media sosial lain, termasuk Instagram.

Follower atau pengikut sendiri mengacu pada jumlah akun Instagram dengan berbagai username yang mengikuti akun Instagram. Sementara following atau yang diikuti adalah akun Instagram yang kamu ikuti sehingga kamu tidak ketinggalan kabar dari akun tersebut.

Ada juga istilah unfollow. Istilah ini merujuk pada aktivitas untuk berhenti mengikuti akun Instagram orang lain. Kamu bisa unfollow akun tertentu karena misalnya akun tersebut sudah tidak menarik lagi. Pengikutimu atau followers-mu juga bisa melakukan unfollow akun Instagram kamu dengan berbagai alasan.

3. Comment

instagram comment

* sumber: pixabay.com

Comment berarti komentar. Seperti kalimatnya, istilah ini mengacu pada komentar dari berbagai pengguna Instagram pada suatu konten. Komentar sangat penting di Instagram karena hadirnya komentar berarti konten yang kamu bagikan menarik banyak orang untuk terlibat di dalamnya.

4. Like

instagram like

*

Seperti halnya media sosial yang lain, Instagram  memiliki fitur Like alias tanda suka. Fitur ini hadir sebagai bentuk apresiasi dari pengguna Instagram terhadap konten yang kamu gunakan. Konten yang menarik tentu akan menarik banyak tanda suka dari berbagai pengguna Instagram.

5. Activity Feed

* sumber: beebom.com

Biasanya, sosial media lain menggunakan istilah notification untuk setiap aktivitas yang ada di sosial media tersebut. Sedangkan pada Instagram, Kamu bisa menyebutnya sebagai Activity Feed. Setiap kali ada yang menyebut username kamu ataupun adanya followers baru maka semua pemberitahuan itu akan masuk ke dalam Activity Feed.

Nah, kamu bisa melihat segala pemberitahuan di Activity Feed dengan mengklik simbol “hati” yang ada di bagian kanan bawah, samping simbol profil. Di dalam Activity Feed terbagi menjadi dua golongan, following dan you.

Untuk melihat semua aktivitas akun IG kamu, maka klik pada bagian “YOU”. Sedangkan bagi Anda yang ingin melihat aktivitas, seperti komentar yang dilontarkan dari para following IG, maka bisa klik pada bagian “FOLLOWING”.

6. Bio

Bio

Instagram juga punya tempat untuk mendeskripsikan diri setiap pengguna akun IG dengan kehadiran Bio atau singkatan dari biography. Dengan kehadiran Bio ini tentu akan mempermudah IGers untuk mengetahui identitas singkat dari setiap pengguna akun Instagram. Biasanya, Bio akan diisi oleh beberapa keterangan dari identitas sang pengguna.

Misalnya kamu adalah seorang anak SMA yang punya hobi fotografi maka kamu bisa menuliskan bio “seorang siswi menengah atas yang menyukai fotografi.” Dengan begitu, setiap IGers yang follow atau hanya sekedar melihat akun kamu akan mengetahui siapa diri kamu. Tidak perlu detil, cukup tuliskan Bio singkat, jelas, dan padat.

7. Caption dan Hashtag

istilah dalam instagram caption

Istilah dalam Instagram yang lainnya adalah Caption. Istilah ini memungkinkan kamu menuliskan deskripsi singkat dari foto ataupun video yang diunggah ke Instagram. Kehadiran Caption ini juga akan membantu kamu, para IGers, untuk mengetahui maksud dari setiap foto dan video yang diunggah atau di-upload ke Instagram.

Dan biasanya, Caption akan dibubuhi dengan beberapa hashtag atau tagar (tanda pagar) yang memudahkan IGers mencari foto dan video yang di-upload tersebut.

Fungsi dari hashtag ini adalah untuk membuat tren atau pengelompokan tertentu. Misalnya, kiriman di Instagram yang berhubungan dengan smartphone, maka di caption akan ada hashtag #gadget #techno #smartphone dan sejenisnya.


Kebanyakan pengguna Instagram akan menuliskan Caption secara singkat, jelas, dan padat. Bahkan ada juga yang tidak menggunakan banyak hashtag agar terlihat lebih estetik.

8. Feed

Update foto dengan warna yang senada

* sumber: thepreviewapp.com

Ini adalah salah satu istilah yang bisa dibilang cukup sering diucapkan oleh para IGers. Maksud dari Feed adalah galeri atau album yang ada di akun IG kamu. Setiap foto dan video yang kamu upload maka akan tercantum di profil dan dikumpulkan sebagai Feed. Biasanya, IGers mengatur Feed-nya sedemikian rupa agar terlihat rapih dan estetik. Jika kamu juga ingin tahu cara buat Feed yang bagus, bisa cek artikel ini.

9. Instagram Stories

instagram stories

* sumber: pixabay.com

Instagram Stories adalah fitur yang ada di Instagram yang memungkinkan kamu berbagi konten secara singkat. Konten tersebut hanya tersedia dalam waktu 24 jam. Setelah itu, konten Instagram Stories tidak akan bisa dilihat lagi.

Instagram Stories adalah salah satu fitur yang membuat layanan Instagram semakin banyak digemari. Bahkan, fitur ini lebih banyak menarik banyak orang dibandingkan konten di feed Instagram.

10. Geotag

* sumber: ios.gadgethacks.com

 

Apakah kamu merasa asing dengan istilah dalam Instagram yang satu ini? Perlu kamu ketahui, para IGers biasa menyebut istilah ini dengan kata loc atau location. Nah, sebenarnya istilah dari loc yang tepat adalah Geotag.

Fungsi dari Geotag sendiri untuk menandai lokasi di setiap postingan yang kamu upload. Misalnya, kamu sedang makan di sebuah restoran dan ingin upload foto makanan yang ada di restoran tersebut. Kemudian, kamu ingin memberitahukan dan menandai lokasinya, maka Geotag inilah yang akan kamu butuhkan.

11. Ghost Followers

* sumber: www.fiverr.com

Ada lagi istilah dalam Instagram yang mungkin agak asing bagi beberapa penggunanya, Ghost Followers. Istilah yang satu ini biasa disebut sebagai ghostie. Bukan berarti followers hantu, ya, karena memang tidak ada hubungannya dengan makhluk halus, kok.

Maksud dari Ghost Followers ini adalah, pengikut akun Instagram kamu yang tidak pernah like ataupun meninggalkan jejak komentar setiap kali kamu posting foto atau video. Ya, kalau bisa dibilang Ghostie ini semacam pengikut yang hanya mengamati alias silent reader saja.

12. News Feed

* sumber: www.dpreview.com

Bagi kamu yang ingin melihat postingan terbaru dari following kamu maka bisa lihat pada bagian News Feed. Ya, bisa dibilang inilah home-nya Instagram. Di News Feed ini, kamu bisa lihat siapa saja yang baru mengupload foto dan video. Nah, untuk menuju News Feed maka kamu cukup klik dan pilih simbol “rumah” yang ada di bagian bawah kiri.

13. Archive

arsip instagram carisinyal

Archive adalah fitur yang ada di Instagram yang bisa kamu akses di bagian “setting” atau pengaturan. Fitur ini berfungsi sebagai arsip dari kiriman di feed Instagram kamu atau arsip dari Instagram Stories kamu.

Jika kamu ingin melihat statistik atau insights dari Instagram Stories yang sudah lewat 24 jam kamu bisa menggunakan fitur ini. Kamu juga bisa memilih opsi archive pada feed Instagram kamu yang tidak ingin kamu tampilkan tetapi tidak ingin kamu hapus.

14. Nametag

carisinyal nametag

Nametag adalah sebuah fitur yang untuk menampilkan kode username pengguna Instagram. Dengan fitur ini, pengguna dapat menambahkan teman hanya dalam memindai identitas saja tanpa perlu repot-repot menuliskan username. 

15. Insights

Insights atau wawasan adalah fitur untuk menampilkan data statistik dari kiriman Instagram kamu Instagram Stories. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan seberapa berpengaruh dan seberapa banyak kiriman Instagram kamu menjangkau orang. Fitur ini juga berisi demografi tentang para pengikut yang mengikuti konten kamu di Instagram.

16. Reach

Reach atau jangkauan adalah salah satu data statistik tentang kiriman di feed Instagram. Data ini menunjukan tentang jumlah pengguna yang melihat kiriman feed Instagram kamu dalam periode tertentu.

17. Impressions

Impressions atau impresi merupakan salah satu data statisk terkait kiriman di feed Instagram maupun Instagram Stories. Istilah ini mengacu pada seberapa sering pengguna melihat konten Instagram.

Bahasa sederhananya adalah tentang frekuensi orang yang melihat konten Instagram. Karena sifatnya yang frekuensi, data ini menunjukan jumlah tayang konten Instagram kamu. Dalam hal ini bisa jadi, ada orang yang melihat konten kamu lebih dari sekali.

18. Engagement

Engagement juga merupakan salah satu data statisk terkait di Instagram. Istilah ini mengacu pada keterlibatan pengguna Instagram pada konten yang kamu bagikan. Keterlibatan ini meliputi komentar, tanda suka, sampai, pengguna yang melakukan saved (menyimpan konten).

19. Saved

Saved artinya menyimpan. Di Instagram, fitur ini disediakan agar pengguna bisa menyimpan konten dari kiriman orang untuk dilihat di lain waktu. Siapa tahu konten tersebut memang bermanfaat.

Saved juga jadi salah satu tindakan yang masuk data statistik di Instagram, yakni Engagement. Data ini menunjukan seberapa banyak pengguna menyimpan konten yang kamu kirim di feed Instagram.

20. Private

Private

Private merujuk ke dalam artian sebagai privasi di mana akun IG seseorang hanya bisa dilihat oleh para followersnya saja. Misalnya, jika kamu menghidupkan fitur private maka secara otomatis akun IG kamu akan terkunci dalam artian tidak sembarang orang bisa melihat postingan di akun IG kamu.

Kalau pengguna Indonesia biasa menyebut private sebagai akun yang “digembok.” Sebab, akun IG yang menghidupkan fitur private akan muncul simbol “gembok” pada akunnya. Selain itu juga, fitur ini membantu pengguna IG untuk menjaga privasi mereka. Mungkin saja terdapat postingan yang tidak ingin dilihat oleh orang lain.

21. Filter

Filter adalah sebuah filter yang ada di Instagram. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menambahkan berbagai macam efek pada foto atau gambar yang dikirimkan di Instagram Feed atau Instagram Stories. Di Instagram Feed, filter berfungsi untuk mengubah foto dengan berbagai nuansa, mulai dari nuansa sejuk, bersih dan lain sebagainya.

Pada Instagram Stories, filter tidak hanya untuk mengubah nuansa gambar. Fitur ini juga memungkinkan kamu menambahkan memunculkan stiker lucu hingga penambahan kuis. Yang menarik, kamu juga bisa membuat filter sendiri untuk Instagram Stories memakai aplikasi pihak ketiga.

22. Mention dan Tag

Mention berarti menyebut akun Instagram orang di caption pada kiriman di feed ataupun di Instagram Stories. Penyebutan akun orang ini bisa sebagai bentuk apresiasi atau bentuk promosi dari akun tersebut. Atau juga karena konten yang dikirimkan memang ada keterkaitan dengan akun tersebut.

Sementara tag adalah menandai. Fitur ini mirip seperti mention. Hanya saja fitur tag tidak menuliskan pengguna Instagram di caption. Tag menandai akun Instagram pada foto/gambar yang dikirimkan di feed Instagram.

23. Endorsement/Endorse dan Promote

Endorsement atau endorse adalah kegiatan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa orang. Kegiatan ini jadi sesuatu yang lazim di Instagram, bahkan jadi salah satu profesi baru. Hanya saja kegiatan ini tidak bisa dilakukan oleh semua pengguna Instagram. Hanya mereka yang memiliki pengaruh terhadap pengikutnya yang biasanya melakukan kegiatan endorsement. 

Dalam kegiatan endorsement, ada istilah lain yang disebut promote atau paid promote. Istilah ini merujuk pada kegiatan promosi yang dilakukan pengguna Instagram dan dapat bayaran atas promosi tersebut. Bayaran bisa berupa uang atau barang, tergantung kesepakatan.

Istilah promote memang mirip dengan endorsement. Hanya saja promote lebih spesifik karena biasanya mendapatkan bayaran. Sementara endorsement tidak selalu. Bisa jadi ada yang melakukan promosi akun tertentu yang sifatnya non-profit. Misalnya melakuka kampanye donasi.

24. Repost/Regram

Repost atau regram adalah kegiatan mengunggah ulang konten pengguna Instagram lain di feed Instagram yang kamu miliki. Kegiatan ini harus dilakukan tidak sekadar posting ulang tetapi juga memberi kredit pada pemilik konten aslinya. Untuk melakukan repost, kamu bisa mengikuti tutorialnya pada artikel tentang cara repost di Instagram dengan mudah.

25. OOTD

* sumber: www.wheninmanila.com

Ini juga salah satu istilah dalam Instagram yang sangat sering disebut-sebut oleh IGers di seluruh dunia, bukan hanya di Indonesia saja. OOTD sendiri merupakan sebuah singkatan dari Outfit of the Day. Apa maksudnya? Artinya, IGers tersebut ingin menunjukan pakaian yang ia kenakan pada hari itu.

Istilah OOTD biasa muncul dalam caption sebuah postingan baik foto maupun video, walaupun seringnya berupa foto. Jadi, IGers akan memposting foto dirinya sendiri dengan pakaian yang ia kenakan hari itu juga. Dan biasanya, OOTD ini guna untuk mempercantik feed di akun IG-nya.

26. Selebgram

Cara Menjadi Selebgram

* sumber: www.kompasiana.com

Satu lagi istilah yang harus kamu tahu ketika main Instagram, Selebgram. Istilah ini mengacu pada IGers yang punya followers banyak (ratusan ribu sampai puluhan juta) dan disukai oleh kebanyakan pengguna Instagram.

Istilah umumnya adalah influencer, yakni orang yang memiliki pengaruh besar kepada pengikutnya. Karena ada di platform Instagram, istilah influencer bisa saling tergantikan dengan selebgram.

Selebgram sendiri juga berupa abreviasi dari selebriti Instagram. Biasanya, para selebgram punya followers bukan hanya ribuan, namun puluhan ribu, ratusan ribu, bahkan sampai jutaan.

Beberapa selebgram pun diberi centang biru (verified account) jika memang sudah sangat terkenal. Untuk para selebgarm ini juga seringkali mendapatkan keuntungan finansial berupa endorsement. Jadi, mereka akan mengiklankan suatu produk di akun IG-nya.

27. LFL

* sumber: 401.co.za

Hadir lagi sebuah istilah dalam bentuk singkatan, LFL (like for like). Seperti yang diketahui bahwa Instagram punya fitur like untuk menyukai postingan orang lain dan postingan diri sendiri. Nah, istilah ini biasa dipakai ketika IGers meminta like kepada IGers lainnya.

28. DMF

* sumber: www.digitaltrends.com

Ketika kamu meminta LFL pada IGers lain dan dibalas dengan istilah DMF maka artinya kamu harus me-like postingan IGers lain terlebih dahulu. Aktivitas DMF (do mine first) ini diilustrasikan ketika A berkata “LFL” pada B dan dijawab dengan “DMF” maka artinya A harus melakukan like pada postingan B terlebih dahulu. Setelah itu, B baru akan me-like postingan dari A.

29. F4F

* sumber: www.shopify.com

Sebenarnya ini adalah singkatan atau istilah dari IGers untuk meminta follow back ke IGers lainnya. Jadi, ketika A memfollow B, maka A ingin minta follow back dengan cara menuliskan komentar “F4F.” Nah, F4F ini juga biasa disebutkan dengan istilah FFF.

30. TnF

* sumber: postcron.com

Nah, kalau istilah dalam Instagram yang satu ini biasanya digunakan oleh olshop atau akun yang mengacu untuk mengiklankan dan menjual suatu produk. TnF atau Tap and Follow ini meminta para IGers untuk melakukan follow ke akun tertentu.

31. K/D

* sumber: www.goldenfrog.com

K/D, pernahkan kamu mendengar istilah ini dalam Instagram? Istilah yang satu ini biasa digunakan untuk memberi pertanyaa keep or delete kepada followers. Misalnya, A memposting sesuatu di akun Instagramnya, kemudia ia menulis K/D. Artinya, A meminta saran untuk tetap membiarkan postingannya atau menghapus postingan tersebut.

32. SFS

SFS adalah singkatan dari Shoutout for Shoutout. Istilah ini mengacu pada kerjasama antar sesama akun Instagram yang fokus pada jualan. Bentuk kerjasamanya adalah saling mempromosikan akun Instagram masing-masing.

Misalnya akun Instagram “A” berjualan sepatu mempromosikan konten akun Instagram “B” yang berjualan topi. Nantinya akun Instagram “B” gantian mempromosikan konten akun Instagram “A”. Inilah yang disebut SFS.

33. R4R

R4R adalah singkatan dari Recent For Recent. Istilah ini mengacu pada bentuk ajakan agar menyukai kiriman terbaru dari feed Instagram. Si pengajak kemudian akan memberikan “like” atau menyukai kiriman terbaru dari yang sudah memberikan “like” pada akun Instagramnya.

34. PM/DM

PM adalah singkatan dari Private Message dan DM adalah singkatan dari Direct Message. Kedua istilah ini saling menggantikan karena memiliki pengertian yang sama. PM atau DM adalah istilah untuk berkomunikasi di pesan pribadi akun Instagram. Misalnya “Kepo dengan produk kami? Langsung saja tanya di komentar atau tanya-tanya via DM/PM juga boleh!”.

35. CC

CC adalah singkatan dari Carbon Copy. Istilah ini mengacu pada kegiatan mengirimkan posting-an dengan tujuan orang selain penerima aware terhadap posting-an tersebut. Cc tidak hanya digunakan di Instagram tetapi juga dalam aktivitas mengirim lainnya seperti di e-mail atau media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Contoh penggunaan cc di Instagram misalnya ditulis di bagian caption. Contoh caption-nya seperti berikut:

Aku beli baju ini di @akuninstagrambajumurah yang ngasih harga murah menarik. Bagi yang mau kepo, cek aja akunnya, cc pemiliki akunnya juga ah @pemilikakuninstagrambajumurah.

Di Instagram, cc juga dikenal sebagai singkatan dari coloring credit. Istilah ini mengacu pada pembuat konten video yang melakukan koreksi warna oleh pihak ketiga. Nah, ketika video tersebut diunggah ke Instagram, si pengunggah harus meyertakan kredit dengan menuliskan “cc” di bagian caption.

36. IB

IB adalah singkatan dari I’m Back yang artinya saya kembali. Istilah ini mengacu pada aktivitas kembalinya pemilik akun Instagram yang sebelumnya aktif tetapi karena beberapa hal dia vakum untuk sementara waktu. Jadi ketika dia kembali, istilah IB ini bisa digunakan.

IB juga banyak diartikan sebagai singkatan dari “Inspired By”. Artinya mengacu pada seseorang yang melakukan sesuatu dan terinspirasi dari orang lain. Misalnya pengguna Instagram mengirim ilustrasi dengan caption sebagai berikut.

Ilustrasi ini saya buat dalam waktu dua hari sebagai bagian kepedulian terhadap situasi yang terjadi. Ilustrasi ini IB by @pemilikakuninstagrambajumurah.

37. CF (Closed Friends)

CF atau Closed Friends mengacu pada fitur yang ada di Instagram. Fitur ini merupakan fitur khusus yang berisi teman terdekat. Pengguna Instagram bisa terlebih dahulu memasukan nama-nama akun yang memang dianggap dekat ke daftar ini.

Daftar ini nantinya berfungsi sebagai teman yang hanya bisa melihat kiriman khusus di Instagram Stories. Misalnya, pengguna mengirimkan Instagram Stories sedang jalan-jalan di luar negeri tetapi kiriman tersebut ditujukan untuk “closed friends”. Artinya, orang yang tidak masuk daftar ini tidak bisa melihat kiriman Instagram Stories tersebut.

38. AC

AC adalah singkatan dari Audio Credit. Istilah ini mengacu pada pengguna Instagram yang memberikan kredit atas pemilik konten audio yang digunakan. Jadi, ketika menyebut “AC” biasanya akan diikuti oleh pemilik dari yang memiliki konten audio tersebut. Konten audio dalam hal ini bisa suara, lagu, musik, atau instrumental.

39. ACC

Acc merupakan singkatan bahasa Inggris yaitu “Accord” yang berarti menyatakan persetujuan. Istilah ini sering merujuk pada permintaan persetujuan tertentu. Biasanya digunakan untuk usulan atau pengajuan proposal.

Di media sosial, misalnya di Facebook, istilah ini digunakan untuk persetujuan pertemanan. Misalnya,  ketika orang ingin menambahkan teman, sebutlah si A. Nah, orang tersebut bakal minta untuk  “acc” pertemanan ke si A karena di Facebook ada opsi untuk menyetujui permintaan atau menolak jika ada yang menambahkan pertemanan (confirm or delete).

Di Instagram, istilah ini juga tidak berbeda jauh dengan Facebook. Hanya saja rujukannya berbeda. Seperti yang sudah dibahas sebelumya, bahwa di Instagram ada fitur untuk melakukan private akun.

Dengan pengaturan private akun, si pemilik akun bisa memilih untuk menyetujui atau tidak jika ada yang ingin follow akunnya. Nah, dalam hal ini istilah acc bisa digunakan. Contohnya misalnya si A bertemu si B yang punya akun private. Si A mengatakan “Eh, aku udah follow akun IG kamu, tapi private, tolong acc dong”.

40. Giveaway

Giveaway adalah kegiatan untuk membagikan hadiah kepasa siapapun dengan mengikuti ketentuan tertentu. Tujuan giveaway biasanya untuk meningkatkan followers, meningkatkan engagement, dan lainnya.

41. Mutualan

Istilah mutualan adalah istilah yang merujuk pada saling mengikuti antara satu akun dengan akun lainnya. Istilah ini sebenarnya tidak populer di Instagram dan lebih populer di Twitter. Di Instagram, orang lebih sering menggunakan istilah F4F atau FFF, yang sudah dibahas pada poin sebelumnya

42. Inframe

Inframe adalah istilah yang mengacu pada penyebutan seseorang yang ada di konten. Biasanya Inframe tertulis di caption dengan konten foto. Contohnya, kamu mengirimkan sebuah konten foto. Di dalam foto tersebut, ada teman kamu yang sedang berpose. Di caption, kamu pun menuliskan “inframe….” dan menyebut atau mention teman yang ada di foto.

42. Take Down

Take down adalah aktivitas untuk menyebut konten di Instagram yang tidak dipublikasikan lagi. Misalnya, seorang selebgram mengirimkan konten foto yang ternyata terlalu sensasional sehingga menimbulkan pro dan kontra. Karena tidak mau ribut berlaru-larut, selebgram tersebut kemudian melakukan take down pada konten tersebut.

43. Delsoon

Delson merupakan kependekan dari delete soon yang artinya akan segera dihapus. Istilah ini biasanya digunakan di caption konten yang hanya tayang sementara. Si pengguna Instagram misalnya mengirimkan sebuah foto masa lalunya. Di caption dia tambahkan “delete soon” yang berarti konten foto tersebut akan segera dihapus.

44. SC

Istilah SC di Instagram berarti selection credit. Istilah ini merujuk pada orang tertentu yang memilih atau merekomendasikan gambar untuk dikirim di feed Instagram. Penggunaan SC biasanya di caption Instagram.

Contoh penggunaan SC adalah ketika  kamu bingung memilih foto untuk di-posting, kemudian teman kamu merekomendasikan salah satu foto. Saat dikirim, kamu menuliskan di caption  “sc by…” diikuti akun teman kamu.

45. DT

DC merupakan singkatan dari “dedicated to”. Istilah ini merujuk pada konten video yang dikhususkan untuk seseorang. Misalnya, kamu membuat sebuah video yang dikhususkan untuk orang yang kamu sayangi, maka di caption kamu menulis kurang lebih seperti ini:”Video tentang hidup dan perjuangan DT @orangyangdisayangselalu.”.

46. OFC 

OFC merupakan singkatan dari “Of, Course”. Istilah ini sebenarnya umum digunakan di berbagai percapakan online, tidak hanya di Instagram. Istilah ini mengacu pada persetujuan atau keyakinan terhadap sesuatu.

47. OC 

OC merupakan singkatan dari overlay credit. Istilah ini mengacu pada pembuat konten video Instagram yang sering membuat overlay. Misalnya, jika kamu mengedit video tetapi teman kamu yang membuat overlay videonya. Ketika dikirim di Instagram, kamu perlu menuliskan kredit ini di caption kepada teman kamu dengan singkatan “oc”.

48. QOTD dan AOTD

QOTD merupakan singkatan dari Question of The Day. Ini adalah ajakan bagi para pengikut di Instagram untuk bertanya pada kita dan harus dijawab hari itu juga. Karena harus dijawab hari itu juga, maka muncul istilah AOTD atau Answer of The Day.

49. CCP 

Di Instagram, dikenal istilah yang disebut CCP. Sebenarnya CCP ini bukanlah istilah yang merujuk ke Instagram. CCP adalah singkatan dari CUTE CUT PRO, sebuah aplikasi pembuat video yang umum digunakan untuk kebutuhan konten di Instagram.

50. Swipe Up

Swipe Up atau geser ke atas merupakan fitur yang ada di Instagram Stories. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menambahkan link atau tautan di Instagram Stories. Jadi, ketika followers kamu melihat Instagram Stories dengan fitur swipe up, ia tinggal melakukan geser layar ponsel ke atas untuk mengunjungi situsnya.

Sayangnya, fitur ini hanya hadir pada akun Instagram yang sudah memiliki followers 10 ribu ke atas. Karena itu, jika kamu ingin menggunakan fitur ini, tingkatkan terus followers kamu sampai 10 ribu.

Tidak semua pengguna Instagram mengetahui istilah-istilah yang sering digunakan oleh IGers ini. Namun, dengan kehadiran artikel ini akan membantu kamu dalam mengetahui istilah di IG yang cukup asing. Jika kamu tahu istilah lainnya, bisa langsung tuliskan di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

11 Responses

    1. vakum artinya berhenti sementara, kalau ada akun instagram yang vakum berarti dia tidak akan posting apapun di Instagram dalam kurun waku tertentu

  1. Referensi nya dari mana ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *