Carisinyal / Aplikasi / 10 Istilah dalam Instagram yang Wajib Diketahui Para IGers

10 Istilah dalam Instagram yang Wajib Diketahui Para IGers

Ditulis oleh

Pasti sudah banyak orang yang tahu apa itu Instagram dan memang Instagram menjadi salah satu sosial media yang paling hits di berbagai kalangan, baik para kawula muda maupun orang dewasa. Namun, tidak semua para pengguna Instagram (IGers) mengetahui semua istilah yang ada di Instagram.

Jika Kamu salah satu yang belum mengenal semua istilah dalam Instagram berarti Kamu membaca artikel yang tepat. Pasalnya pada kesempatan kali ini, Carisinyal berhasil merangkum 10 istilah dalam Instagram yang wajib diketahui para pengguna Instagram. Beginilah beberapa istilah yang berhasil kami rangkum.

10 Istilah dalam Instagram

1. Activity Feed

* sumber: beebom.com

Biasanya, sosial media lain menggunakan istilah notification untuk setiap aktivitas yang ada di sosial media tersebut. Sedangkan pada Instagram, Kamu bisa menyebutnya sebagai Activity Feed. Setiap kali ada yang menyebut username Kamu ataupun adanya followers baru maka semua pemberitahuan itu akan masuk ke dalam Activity Feed.

Nah, kamu bisa melihat segala pemberitahuan di Activity Feed dengan mengklik simbol “hati” yang ada di bagian kanan bawah, samping simbol profil. Di dalam Activity Feed terbagi menjadi dua golongan, following dan you.

Untuk melihat semua aktivitas akun IG kamu, maka klik pada bagian “YOU”. Sedangkan bagi Anda yang ingin melihat aktivitas, seperti komentar yang dilontarkan dari para following IG, maka bisa klik pada bagian “FOLLOWING”.

2. Bio

Bio

Instagram juga punya tempat untuk mendeskripsikan diri setiap pengguna akun IG dengan kehadiran Bio atau singkatan dari biography. Dengan kehadiran Bio ini tentu akan mempermudah IGers untuk mengetahui identitas singkat dari setiap pengguna akun Instagram. Biasanya, Bio akan diisi oleh beberapa keterangan dari identitas sang pengguna.

Misalnya kamu adalah seorang anak SMA yang punya hobi fotografi maka kamu bisa menuliskan bio “seorang siswi menengah atas yang menyukai fotografi.” Dengan begitu, setiap IGers yang follow atau hanya sekedar melihat akun kamu akan mengetahui siapa diri kamu. Tidak perlu detil, cukup tuliskan Bio singkat, jelas, dan padat.

3. Caption

istilah dalam instagram caption

Istilah dalam Instagram yang lainnya adalah Caption. Ini adalah salah satu istilah di mana IGers dapat menuliskan deskripsi singkat dari foto ataupun video yang diupload ke Instagram. Kehadiran Caption ini juga akan membantu para IGers untuk mengetahui maksud dari setiap foto dan video yang diupload ke Instagram.

Dan biasanya, Caption akan dibubuhi dengan beberapa hashtag yang memudahkan IGers mencari foto dan video yang diupload tersebut. Kebanyakan orang, seperti selebgram, akan menuliskan Caption secara singkat, jelas, dan padat. Bahkan ada juga yang tidak menggunakan banyak hashtag agar terlihat lebih estetik.

4. Feed

Ini adalah salah satu istilah yang bisa dibilang cukup sering diucapkan oleh para IGers. Maksud dari Feed adalah galeri atau album yang ada di akun IG kamu. Setiap foto dan video yang kamu upload maka akan tercantum di profil dan dikumpulkan sebagai Feed. Biasanya, IGers mengatur Feed-nya sedemikian rupa agar terlihat rapih dan estetik. Jika kamu juga ingin tahu cara buat Feed yang bagus, bisa cek artikel ini.

5. Geotag

 

Apakah kamu merasa asing dengan istilah dalam Instagram yang satu ini? Perlu kamu ketahui, para IGers biasa menyebut istilah ini dengan kata loc atau location. Nah, sebenarnya istilah dari loc yang tepat adalah Geotag.

Fungsi dari Geotag sendiri untuk menandai lokasi di setiap postingan yang kamu upload. Misalnya, kamu sedang makan di sebuah restoran dan ingin upload foto makanan yang ada di restoran tersebut. Kemudian, kamu ingin memberitahukan dan menandai lokasinya, maka Geotag inilah yang akan kamu butuhkan.

6. Ghost Followers

* sumber: www.fiverr.com

Ada lagi istilah dalam Instagram yang mungkin agak asing bagi beberapa penggunanya, Ghost Followers. Istilah yang satu ini biasa disebut sebagai ghostie. Bukan berarti followers hantu, ya, karena memang tidak ada hubungannya dengan makhluk halus, kok.

Maksud dari Ghost Followers ini adalah, pengikut akun Instagram kamu yang tidak pernah like ataupun meninggalkan jejak komentar setiap kali kamu posting foto atau video. Ya, kalau bisa dibilang Ghostie ini semacam pengikut yang hanya mengamati alias silent reader saja.

7. News Feed

Bagi kamu yang ingin melihat postingan terbaru dari following kamu maka bisa lihat pada bagian News Feed. Ya, bisa dibilang inilah home-nya Instagram. Di News Feed ini, kamu bisa lihat siapa saja yang baru mengupload foto dan video. Nah, untuk menuju News Feed maka kamu cukup klik dan pilih simbol “rumah” yang ada di bagian bawah kiri.

8. Private

Private

Private merujuk ke dalam artian sebagai privasi di mana akun IG seseorang hanya bisa dilihat oleh para followersnya saja. Misalnya, jika kamu menghidupkan fitur private maka secara otomatis akun IG kamu akan terkunci dalam artian tidak sembarang orang bisa melihat postingan di akun IG kamu.

Kalau pengguna Indonesia biasa menyebut private sebagai akun yang “digembok.” Sebab, akun IG yang menghidupkan fitur private akan muncul simbol “gembok” pada akunnya. Selain itu juga, fitur ini membantu pengguna IG untuk menjaga privasi mereka. Mungkin saja terdapat postingan yang tidak ingin dilihat oleh orang lain.

9. OOTD

Ini juga salah satu istilah dalam Instagram yang sangat sering disebut-sebut oleh IGers di seluruh dunia, bukan hanya di Indonesia saja. OOTD sendiri merupakan sebuah singkatan dari Outfit of the Day. Apa maksudnya? Artinya, IGers tersebut ingin menunjukan pakaian yang ia kenakan pada hari itu.

Istilah OOTD biasa muncul dalam caption sebuah postingan baik foto maupun video, walaupun seringnya berupa foto. Jadi, IGers akan memposting foto dirinya sendiri dengan pakaian yang ia kenakan hari itu juga. Dan biasanya, OOTD ini guna untuk mempercantik feed di akun IG-nya.

10. Selebgram

Satu lagi istilah yang harus kamu tahu ketika main Instagram, Selebgram. Istilah ini mengacu pada IGers yang punya followers banyak dan disukai oleh kebanyakan pengguna Instagram. Selebgram sendiri juga berupa abreviasi dari selebriti Instagram. Biasanya, para selebgram punya followers bukan hanya ribuan, namun puluhan ribu, ratusan ribu, bahkan sampai jutaan.

Beberapa selebgram pun diberi centang biru (verified account) jika memang sudah sangat terkenal. Untuk para selebgarm ini juga seringkali mendapatkan keuntungan finansial berupa endorsement. Jadi, mereka akan mengiklankan suatu produk di akun IG-nya.

Istilah Instagram Lainnya

Bukan hanya kesepuluh istilah saja yang sering diucapkan para IGers karena ada istilah lainnya yang biasa disebut oleh IGers. Berikut kami rangkum beberapa istilah lainnya yang mungkin belum kamu ketahui.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

Leave A Comment