Carisinyal / Instagram / Inilah Ukuran Gambar dan Video yang Digunakan di Instagram

Inilah Ukuran Gambar dan Video yang Digunakan di Instagram

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 November 2019

Instagram adalah salah satu aplikasi berbagi foto dan video yang paling populer di dunia. Hingga bulan Mei 2019, pengguna terdaftar Instagram sudah mencapai angka satu miliar. Indonesia, dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa, merupakan salah satu negara dengan pengguna Instagram terbanyak di dunia.

Instagram yang dirilis pada tanggal 6 Oktober 2010 awalnya hanya tersedia untuk perangkat iOS. Baru pada bulan April tahun 2012 Instagram versi Android diluncurkan. Di waktu yang sama Instagram diakuisisi oleh Facebook dengan nilai sekitar $1 miliar dolar Amerika dalam bentuk cash dan saham.

Hingga saat ini Instagram telah meningkatkan dan mengembangkan berbagai layanan baru mereka. Tidak hanya foto, pengguna juga sudah bisa berbagi video dalam durasi tertentu. Pada bulan Oktober 2019, Instagram memiliki fitur baru yang bernama “dark mode” yang dapat berjalan di iOS 13 dan Android 10.

Salah satu bagian Instagram yang telah mengalami perubahan adalah ukuran gambar. Awalnya pengguna hanya bisa memposting gambar untuk dibingkai dalam aspek rasio persegi (1:1) dengan 640 piksel. Hal itu dimaksudkan agar sesuai dengan lebar layar iPhone 4, 4s, 5, 5s, dan SE. Tahun-tahun selanjutnya ukuran gambar Instagram terus mengalami peningkatan.

Agar kamu bisa menentukan ukuran gambar Instagram yang tepat dalam membuat postingan (foto, video, Instagram Stories, IGTV) maupun foto profil, ikuti saja bahasan menarik di bawah ini. Sebelumnya pahami dulu apa yang dimaksud dengan ukuran gambar Instagram dan aspek rasionya.

Ukuran Gambar dan Aspek Rasio

Aspek Rasio IG

* sumber: upleap.com

Terdapat dua hal yang harus kamu perhatikan saat ingin memposting gambar atau video di Instagram, yaitu ukuran dan aspek rasio. Dengan mengetahui keduanya dengan baik, foto atau video yang kamu unggah di Instagram akan sesuai dan tepat dengan ukuran yang diizinkan oleh Instagram (termasuk tidak akan ada bagian yang terpotong oleh sistem).

Ukuran gambar Instagram merujuk pada jumlah piksel yang membentuk lebar dan tinggi foto atau video yang ingin kamu posting. Ukuran gambar ini dinyatakan oleh dua angka, di mana yang pertama mewakili lebar dan yang kedua mewakili tinggi.

Sementara aspek rasio mengacu pada lebar gambar sehubungan dengan tingginya. Hal ini dinyatakan sebagai rasio, seperti 4:5 atau 9:16, di mana digit pertama mewakili lebar dan digit kedua mewakili tinggi.

Umumnya ukuran gambar dan video yang diizinkan oleh Instagram adalah yang memiliki lebar antara 320 piksel dan 1080 piksel. Jika ukurannya kurang atau lebih dari angka tadi, maka sistem akan secara otomatis memperbesarnya menjadi lebar 320 piksel atau mengecilkannya menjadi lebar 1080 piksel.

Namun, meskipun kamu memposting gambar berukuran 1080 x 1080 piksel misalnya, ukuran yang akan ditampilkan oleh Instagram adalah hasil kompresi sistem yang mendekati angka 600 x 600 piksel (biasanya antara 1,81 dan 2,24 kali lebih kecil).

Meskipun demikian, penting untuk tetap memposting ukuran gambar dengan resolusi tinggi (standar Instagram). Dengan begitu, saat Instagram mengompresi foto tersebut, kualitasnya bisa tetap terjaga. Selalu hindari memposting gambar dengan resolusi sangat tinggi (misal 5400 x 5400 piksel) karena akan berdampak negatif pada kualitas gambarnya.

Penting juga untuk memastikan bahwa foto dan video yang kamu posting sesuai dengan aspek rasio yang ditentukan oleh Instagram. Jika tidak, maka sistem akan tetap memaksanya untuk sesuai dengan aspek rasio yang didukung. Hasilnya tentu akan berpengaruh pada kualitas foto atau video.

Ukuran Gambar Instagram

Berikut adalah ukuran gambar yang tepat untuk postingan dan foto profil di Instagram. Dengan mengikuti pedoman-pedoman Instagram ini, baik gambar atau video yang kamu posting bisa terjaga kualitasnya serta terhindar dari crop otomatis yang dilakukan oleh sistem.

1. Ukuran Gambar Profil

Profil Carisinyal

Sebelum mengunggah sebuah foto atau video dalam akun Instagram, kamu harus membuat gambar profil terlebih dahulu supaya akunmu dianggap aktif dan nyata (bukan akun bodong). Dan agar mudah dikenali, sebaiknya kamu menggunakan foto yang profil yang sama dengan jejaring sosial lain yang kamu gunakan.

Ukuran gambar profil optimal yang bisa kamu gunakan adalah 110 x 110 piksel, sementara resolusi maksimumnya adalah 180 x 180 piksel. Dalam hal ukuran foto yang ingin kamu gunakan untuk foto profil, kamu bisa menggunakan foto dengan resolusi yang tinggi (misal: 1080 x 1080 piksel).

2. Ukuran Gambar Instagram: Foto

Ukuran Gambar IG

* sumber: louisem.com

Memposting foto adalah salah satu hal yang paling sering dilakukan pengguna Instagram di akun mereka. Ukuran awal foto yang diizinkan Instagram untuk bisa diposting adalah 640 x 640 piksel dalam aspek rasio 1:1 atau persegi. Pada tahun 2015, resolusi foto yang didukung ditingkatkan menjadi 1080 x 1080 piksel.

Sejak saat itu pula kamu dapat mengunggah foto horizontal dan vertikal ke Instagram. Berikut adalah ukuran foto terbaik Instagram yang bisa dipakai:

  • Foto persegi Instagram: Aspek rasio 1:1 dengan resolusi 1080 x 1080 piksel (Instagram akan mengompresi file foto di mana yang akan ditampilkan mendekati 600 x 600 piksel).
  • Foto horizontal Instagram atau lanskap: Aspek rasio yang direkomendasikan adalah 1,91:1, tapi bisa dinaikkan ke 16:9. Resolusinya sendiri yaitu 1080 x 566 piksel, tetapi juga dimungkinkan untuk menggunakan ukuran yang lebih kecil seperti 600 x 400 piksel.
  • Foto vertikal Instagram atau potret: Aspek rasio 4:5 dengan resolusi 1080 x 1350 piksel, namun, Instagram akan menampilkannya sebagai gambar berukuran 480 x 600 piksel.

3. Ukuran Gambar Instagram: Video

Ukuran Video IG

*Sumber: https://youtu.be/HfZnUpT7O-E

Kamu bisa mengunggah sebuah video ke timeline Instagram atau membagikannya ke Instagram Stories. Berikut ini adalah ukuran video yang tepat untuk kamu posting di timeline Instagram-mu.

  • Video persegi: Aspek rasio 1:1 dengan resolusi 1080 x 1080 piksel. Durasi video yang diizinkan adalah 2 hingga 60 detik.
  • Video horizontal atau lanskap: Aspek rasio yang digunakan antara 1,91:1 dan 16:9 dengan resolusi 1080 x 607 piksel.
  • Instagram Stories: Aspek rasio 9:16 dengan resolusi 1080 x 1920 piksel.
  • IGTV: Video IGTV dapat berupa vertikal dan horizontal. Rasio maksimum untuk video IGTV vertikal adalah 9:16 dan minimumnya 4:5 dengan resolusi 1080 x 1920 piksel. Rasio maksimum untuk video IGTV horizontal adalah 16:9 dan minimumnya 5:4 dengan resolusi 1920 x 1080 piksel.
  • Foto sampul IGTV: Aspek rasio 1:1,55 dengan resolusi 420 x 654 piksel.
  • Instagram Live: Aspek rasio 9:16 dengan resolusi 1080 x 1920 piksel.

Nah, itulah bahasan singkat mengenai ukuran gambar Instagram yang harus diketahui. Jika kamu seorang yang aktif di Instagram (untuk tujuan yang positif tentunya!), kamu harus mengetahui pedoman-pedoman di atas agar postinganmu sempurna (kualitas tetap terjaga serta tidak ada crop otomatis oleh sistem).

Karena Instagram tidak menyediakan alat editing gambar dan video profesional, maka kamu harus mengedit gambar atau video di aplikasi khusus, baik di PC maupun smartphone. Klik di sini untuk mengetahui alat edit video terbaik di PC maupun laptop.

Carisinyal telah menulis banyak artikel menarik tentang Instagram, seperti aplikasi cek follower Instagram terbaik, cara DM Instagram di PC, cara upload foto Instagram di PC, dan lain-lain.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar