carisinyal web banner retina
Carisinyal / Aplikasi / 16 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk PC dan Laptop

16 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk PC dan Laptop

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 20 April 2021

Setelah mengulas 15 aplikasi editing foto terbaik, kali ini Carisinyal akan merekomendasikan 16 aplikasi edit video untuk PC yang paling bagus. Tidak hanya paling bagus saja, beberapa aplikasi edit video ini juga sangat mudah digunakan untuk berbagai macam keperluan, misalnya keperluan para YouTuber untuk mengedit konten mereka.

Aplikasi edit video untuk PC kali ini memiliki keunggulan berbagai macam fitur untuk Anda manfaatkan dalam melakukan editing video yang keren juga tentu dengan hasil yang memuaskan. Penasaran apa saja software edit video yang kami rekomendasikan tersebut? Simak ulasan Carisinyal berikut ini.

PERHATIAN

Product Placement Hitpaw Posisi 2 Sampai dengan 31 dec 2021

Product Placement IMYfone Posisi 3 Sampai dengan 20 April 2022

1. EaseUS Video Editor

Easeus video editor

Jika Anda mencari software video editor yang simple dan praktis, namun tetap dilengkapi dengan berbagai fitur canggih baik dari segi efek visual maupun audio, maka Carisinyal sangat merekomendasikan EaseUS Video Editor.

EaseUS Video Editor merupakan software all in one yang sangat mudah digunakan untuk berbagai keperluan editing mulai dari memotong atau membagi bagian video, menggabungkan, memutar video, memotong ukuran gambar, mengkompilasi klip video, menambahkan efek termasuk transisi, dan juga grading warna dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Oh iya, EaseUS Video Editor ini juga dapat digunakan pada semua OS Windows, lho! Dan tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mengedit dan mengekspor video secara gratis.

Software handal ini cocok sekali bagi Anda yang ingin membuat berbagai macam video, baik itu video pengajaran, presentasi bisnis, materi training, film, marketing dan lain-lain. Anda juga bisa memanfaatkan EaseUS Video Editor ini untuk menyunting video, mengonversi video ke MP4, dan keperluan pengeditan video lainnya. Penasaran ingin mencoba? Download gratis, langsung di sini.

2. HitPaw

Hitpaw

Download HitPaw

Software edit video selanjutnya yang tidak kalah istimewa datang dari HitPaw Toolkit. Perangkat lunak HitPaw bisa dibilang memiliki segala fitur penting yang dibutuhkan untuk mengedit video, mulai dari fitur edit crop, rotate, menambahkan musik, convert video, menyesuaikan speed video, stop motion, dan masih banyak lagi. Bahkan jika Anda sedang mencari online video cutter yang bisa diandalkan, HitPaw sangat layak untuk dicoba.

Cara menggunakan perangkat ini juga tergolong mudah. Hanya dengan beberapa langkah sederhana, Anda sudah dapat menjalankan perangkat ini layaknya profesional. Sebagai contoh, berikut adalah cara meng-cut video menggunakan HitPaw dalam 3 langkah:

Langkah 1. Import Video Anda ke HitPaw Video editor

hitpaw

Langkah 2. Seret penggeser depan untuk memilih waktu dimana video akan dipotong

Langkah 3. Pratinjau video yang telah diedit dan tekan tombol Export untuk menyimpan

Setelah proses edit selesai, Anda pun masih bisa mengkonvert video ke format yang Anda inginkan agar lebih mudah untuk dibagikan. Bagaimana? Sangat mudah dan praktis sekali, bukan?

Tidak hanya itu saja, saat ini HitPaw masih menawarkan lisensi gratis bagi Anda yang ingin mencoba segala keunggulan video editor dari HitPaw. Tunggu apalagi? Segera download perangkatnya di sini.

3. iMyFone Filme Video Editor

Aplikasi yang menarik dan patut untuk dicoba kali ini bernama iMyFone Filme Video Editor. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dinyatakan mampu untuk menyunting video dengan mudah karena antarmukanya yang bersahabat bagi semua kalangan.

Antarmuka yang bersahabat ini bahkan didukung dengan kehadiran tools serta berbagai macam fitur yang mumpuni. Dengan adanya fitur-fitur tersebut, tidak heran jika iMyFone Filme Video Editor cukup banyak peminatnya. Beberapa fitur terbaik yang hadir dalam aplikasi ini adalah:

  • Fast Mode

Dengan fitur fast mode, penggunanya bisa mengedit video secara cepat namun hasilnya tetap memuaskan. Di dalamnya, iMyFone Filme menyediakan berbagai template video dengan berbagai tema yang unik dan menarik.

Kumpulan template tadi bisa memudahkan pengguna untuk mengedit video secara cepat. Asyiknya lagi, template akan selalu diperbaharui untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna di masa yang akan dating sehingga pilihan template lebih variatif.

  • Basic Editing

Dalam fitur yang ada di basic editing ini bisa berfungsi untuk merge, crop, split, slow motion, cut/trim, rotate, adjust speed, dan hal lainnya. Agar videonya semakin menarik, iMyFone Filme juga menyediakan filter dan efek spesial yang keren. Tidak lupa, aplikasinya juga bahkan mendukung pengiriman atau import file dengan mudah, bisa menggunakan wireless device atau mengandalkan QR Code.

Lalu, aplikasi ini juga mendukung perekaman suara serta rekaman layar. Ada juga fitur untuk memasukkan musik ke latar video dengan satu kali klik saja. Setelah selesai mengedit,pengguna bisa langsung bagikan hasilnya dengan one-click upload ke sosial media, seperti Facebook/Twitter/YouTube/Vimeo.

  • Advance Features

Advance features yang ada di iMyFone Filme Video Editor juga bermacam-macam. Beberapa fitur tersebut mendukung preview untuk mengecek videonya sebelum disimpan. Juga, di sini juga menyediakan fitur multi-layering untuk memasukkan berbagai elemen ke dalam satu video.


Hal yang mengesankan adalah, aplikasi ini mendukung penggunaan lebih dari 8 audio track. Kelebihan lainnya lagi, pengguna bebas berkreasi dan berkesperimen terhadap video yang disunting, bisa menambahkan filter, efek, stiker, teks, dan lainnya untuk menghasilkan video keren. Lengkap, kan?

4. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro

Tak hanya mengeluarkan software untuk menyunting foto saja, Adobe juga menyodorkan aplikasi edit video untuk PC yang disebut dengan Adobe Premiere Pro. Dalam aplikasinya ini, Adobe menawarkan kemudahan dan beragam fitur untuk menunjang dalam pengeditan video yang bagus.

Sudah bukan rahasia lagi jika Adobe memang terbilang ahlinya dalam membesut software-software editing baik untuk foto ataupun video. Bahkan, aplikasi Adobe Premiere Pro pun bisa dibilang sebuah aplikasi penyunting video yang biasa digunakan oleh para profesional. Ingin mengedit menggunakan Adobe Premiere Pro? Klik di sini untuk download aplikasinya.

5. Corel VideoStudio Ultimate

VideoStudio Ultimate memungkinkan Anda untuk mengubah foto dan video Anda menjadi film dengan masking dan gradasi warna yang ditingkatkan, alat video pintar baru, kinerja yang dioptimalkan, dan efek premium. Aplikasi ini tergolong intuitif, sehingga bisa dipelajari dan digunakan dengan mudah oleh semua tingkat keahlian.

Salah satu kelebihan Corel VideoStudio Ultimate dibanding versi Pro-nya (dibahas di bawah) adalah Anda dapat menerapkan stabilisasi video untuk memperbaiki rekaman yang goyah dengan proDad Mercalli. Fitur ini tentu sangat berguna untuk memperbaiki video genggam yang goyah dan pengambilan gambar aksi bergelombang, sehingga hasilnya lebih baik.

Lisensi penuh Corel VideoStudio Ultimate bisa Anda dapatkan dengan harga $99,99 atau sekitar Rp 1,4 jutaan. Jika tertarik, Anda bisa mencoba percobaan gratis selama 30 hari. Dapatkan aplikasinya di sini.

6. CyberLink PowerDirector

*

CyberLink PowerDirector adalah aplikasi editor video lain yang banyak dipilih oleh para kreator di banyak negara di dunia. memotong, memperbaiki, menambahkan efek, dan menerbitkan - PowerDirector menawarkan alat pengeditan yang hebat dengan alur kerja yang intuitif.

Dengan PowerDirector, Anda membuat konten yang menarik dengan efek-efek baru yang kuat, antarmuka pengguna yang efisien, dan pustaka sumber daya yang terus berkembang. Dengan berbagai kelebihannya, tak heran aplikasi ini mendapatkan sejumlah award dari beberapa media teknologi kelas dunia.

Anda mungkin menyangka kalau lisensi aplikasi ini dijual di atas $100. Namun nyatanya Anda bisa mendapatkan PowerDirector dengan budget hanya $69,99 atau kurang dari Rp 1 juta untuk rencana tahunan dan $19,99 atau sekitar Rp 280 ribu untuk rencana bulanan. Tertarik menggunakan PowerDirector?

7. Apple Final Cut Pro X

Seperti namanya, aplikasi editor video yang satu ini dikembangkan oleh Apple untuk produk Mac mereka. Final Cut Pro menggabungkan pengeditan video revolusioner dengan pengaturan media yang kuat dan kinerja yang luar biasa untuk memungkinkan Anda membuat dengan kecepatan pemikiran.

Dengan alur kerja proxy yang ditingkatkan, Final Cut Pro memungkinkan Anda untuk mentranskode media resolusi penuh Anda, membawa proyek 4K atau 8K Anda, dan berbagi perpustakaan tanpa hambatan dengan editor di mana pun di dunia. Selain itu, ia menampilkan alat pembelajaran mesin modern yang secara otomatis mengubah proyek layar lebar Anda menjadi ukuran khusus untuk media sosial.

Anda bisa membeli lisensi Apple Final Cut Pro X seharga $299,99 atau sekitar Rp 4,2 jutaan. Harganya memang mahal, namun kualitas yang ditawarkannya berada di kelas profesional tingkat selanjutnya. Ingin mencoba sebelum membeli? Anda bisa mencoba percobaan gratis selama 90 hari, lho!

8. Corel VideoStudio Pro

*

VideoStudio Pro adalah aplikasi edit video yang diakui karena kemudahan penggunaan dan kreativitas terobosan untuk membuat pengeditan video menjadi lebih menyenangkan! Ini adalah perangkat lunak yang cocok untuk semua tingkat keahlian; belajar saat Anda mengedit dan membuat video yang mengesankan sejak awal.

Sebagai editor video yang intuitif, Anda dapat mengakses berbagai pilihan alat dasar, koreksi video, filter kreatif, dan fitur yang lebih canggih yang mudah dipelajari dan digunakan. Anda tidak harus membayar mahal untuk aplikasi ini. Corel VideoStudio Pro bisa Anda dapatkan mulai $79,99 atau sekitar Rp 1,1 juta. Anda bisa mencoba gratis selama 30 hari sebelum membeli.

9.  DaVinci Resolve

DaVinci Resolve
*

Membutuhkan aplikasi edit video PC yang support di segala OS? Kalau begitu, Anda perlu coba aplikasi DaVinci Resolve. Aplikasi ini bisa digunakan di Windows, iOS, hingga Linux. Selain kelengkapan OS, DaVinci Resolve juga memiliki berbagai fitur yang mumpuni dimana penggunanya bisa melakukan custom timeline settings, adjusments clip, facial recognation, hingga adudio scrubbing.

Meski punya banyak fitur, namun DaVinci Resolve juga tetap memerhatikan antarmukanya. Mereka mendesain interface dengan sangat simpel sehingga pengguna baru pun tidak akan kesulitan menggunakan DaVinci Resolve. Tapi, perlu diketahui bahwa ini bukanlah aplikasi edit video dengan skala profesional, ya.

10. HitFilm Pro

Kami juga merekomendasikan HitFilm Pro sebagai perangkat lunak yang dapat diandalkan oleh para artis. HitFilm menawarkan alat pengeditan, pengomposisian, pembuatan judul, dan alat 3D dalam satu produk.

HitFilm Pro memiliki beragam fitur canggih yang mampu membawa alur kerja penggunanya ke level berikutnya. Aplikasi ini menggabungkan beragam fitur dengan mulus, memberikan semua yang dibutuhkan editor amatir dan profesional untuk menyelesaikan proyek mereka hingga akhir.

Dengan segala kehebatan yang ditawarkannya, Anda harus menyediakan dana yang tidak sedikit jika ingin bekerja dengan HitFilm Pro. Terdapat tiga pilihan lisensi yang bisa Anda pilih dengan harga mulai dari $349 atau sekitar Rp 4,9 jutaan. Anda dapat memilih salah satunya di sini.

11. Pinnacle Studio

Pinnacle studio

Anda seorang pemula yang ingin atau baru belajar mengedit video? Butuh software yang murah dengan fasilitas terlengkap yang bisa Anda manfaatkan? Carisinyal merekomendasikan software Pinnacle Studio. Aplikasi edit video untuk PC satu ini memang untuk pemula dengan berbagai macam fitur-fitur editing video dasar.

Anda bisa mengedit video bahkan sambil belajar mengedit video. Penggunanya bisa mengasah kreativitas penyuntingan video dengan aplikasi Pinnacle Studio. Kualitas yang disajikan oleh Pinnacle studio terbilang cukup baik juga lho. Anda mau belajar editing video? Download aplikasi Pinnacle Studio di sini.

12. Adobe After Effects

*

Adobe After Effects adalah aplikasi efek visual digital, grafik gerak, dan pengomposisian yang dikembangkan oleh Adobe Systems dan digunakan dalam proses pasca produksi pembuatan film, video game, dan produksi televisi. Antara lain, After Effects dapat digunakan untuk penguncian, pelacakan, pengomposisian, dan animasi.

Dengan aplikasi edit video ini, Anda dapat membuat judul, intro, dan transisi film sinematik, menghapus objek dari klip, menganimasikan logo atau karakter, dan bahkan menavigasi dan mendesain dalam ruang 3D. Adobe After Effects menawarkan beberapa pilihan lisensi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dapatkan aplikasinya di sini.

13. Lightworks

Lightworks
*

Satu lagi aplikasi edit video PC terbaik yang Kami rekomendasikan yakni Lightworks. Aplikasi satu ini diklaim mampu mengedit video layaknya Anda seorang editor video profesional. Ya, tentu saja hal tersebut karena berbagai macam fitur yang tersemat di dalam aplikasinya.

Uniknya, Lightworks mampu untuk mengedit dengan dukungan resolusi HD, PAL, dan NTSC. Dan hal yang paling mengesankan adalah, aplikasi ini sudah diuji oleh para editor video profesional lho. Mau coba juga? Download di sini.

14. HitFilm Express

hitfilm express

Gratis? Tentu saja Anda bisa memilih HitFilm Express sebagai aplikasi edit video untuk PC tanpa bayar. Aplikasi ini dirancang dan dibuat untuk memberikan hasil suntingan video yang keren dan juga berkualitas. Tak hanya avail untuk Windows, HitFilm Express juga mampu dijalankan di Mac juga.

Fitur yang ditawarkan oleh pihak aplikasi HitFilm Express pun sangat berguna untuk menunjang pembuatan dan pengeditan video. Anda tertarik untuk mengedit video menggunakan HitFilm Express? Jika tertarik, bisa langsung download aplikasiny dengan klik di sini.

15. Shotcut

Shotcut

Shotcut menjadi salah satu aplikasi edit video di PC yang paling bisa dindalkan. Dalam aplikasinya, Shotcut menawarkan interface yang sangat friendly. Jadi, untuk Anda yang baru mulai mencoba mengedit video, bisa pakai aplikasi Shotcut. Selain antarmukanya yang simpel, fitur di dalamnya juga sangat beragam dimana bisa melakukan trimming pada setiap video klip yang ada.

Tidak hanya itu saja, penggunanya juga bisa melakukan Append, insert, overwrite, lift, danripple delete editing pada satu timeline video yang sedang diedit. Yang menariknya lagi, Anda juga bisa mendeteksi audio di video yang akan diedit. Lalu, hasilnya bisa Anda simpan dengan berbagai resolusi. Bahkan, bisa di-save dengan resolusi 4K lho!

16. VSDC

VSDC

Masih dengan aplikasi edit video terbaik untuk PC pilihan Carisinyal, kali ini aplikasi bernama VSDC hadir menjadi salah satunya. Dengan aplikasi ini, Anda mampu untuk mengedit video tanpa watermark. Tak hanya itu saja, bahkan software ini bisa diinstall dan dipasang dengan cepat juga mudah di PC.

Istimewanya lagi, Anda tak perlu merasa kebingungan untuk mengedit atau menambahkan transisi. Pasalnya, VSDC siap dengan interface yang mudah dan juga aman. Menarik dan cukup lengkap, ya? Segera unduh aplikasinya di sini.

Itulah bahasan beragam aplikasi edit video untuk PC yang paling bagus dengan hasil yang berkualitas. Jika Anda membutuhkan aplikasi yang sederhana untuk menyunting video vlog, maka Anda juga bisa membaca ulasan kami mengenai 10 aplikasi edit video vlog terbaik.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram