carisinyal web banner retina

10 Aplikasi Pemotong Video Terbaik untuk PC dan laptop

Ditulis oleh Amalia Kaskita - Diperbaharui 22 April 2021

Sebagai pengguna internet, video sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk dikonsumsi. Mulai dari hiburan, edukasi, sampai hal-hal yang belum pernah terlihat divisualisasikan dalam bentuk gambar bergerak dan bersuara ini. Kebanyakan orang lebih memilih video dibandingkan teks karena visualnya yang lebih hidup dan berwarna.

Banyak pengguna internet yang membuat video dan mengunggahnya ke berbagai situs. Maka dari itu, hadirlah bermacam aplikasi edit video mulai dari yang kompleks hingga simpel. Akan tetapi, yang esensial di antara semua edit video terletak pada pemotongannya. Pasalnya, beberapa situs mempunyai batas waktu untuk videonya sendiri.

Banyak yang belum mengetahui kalau memotong video tidak harus dengan aplikasi yang rumit. Nyatanya, banyak aplikasi yang sangat simpel dan memudahkan pengguna hanya untuk sekedar potong video.

Jangan khawatir, dengan spesifikasi PC yang rendah sekalipun, kalian bisa memotong video tanpa harus takut kena hang. Berikut aplikasi terbaik dan tersimpel potong video versi Carisinyal!

1. Free Video Cutter Joiner

10 Aplikasi Pemotong Video Terbaik untuk PC dan laptop 1

Aplikasi pemotong video yang paling simpel dan populer adalah Free Video Cutter Joiner. Bukan hanya gratis, aplikasi ini memiliki ukuran kecil dan bisa memotong waktu yang sangat detail. Pasalnya alat yang ada memudahkan kalian untuk memotong sepersekian detik. Tanpa harus dipelajari, dengan sendirinya kalian bisa menggunakan aplikasi ini dengan baik.

Walaupun sangat sederhana, Free Video Cutter Joiner juga bisa menggabungkan beberapa video dan hasilnya pun tetap sama dengan video aslinya. Free Video Cutter Joiner hanya didukung oleh perangkat OS Windows. Aplikasi ini bisa membaca beragam format video seperti AVI, 3GP, MKV, MP4, FLV dan lainnya. Unduh aplikasinya di sini.

2. Media Cope

10 Aplikasi Pemotong Video Terbaik untuk PC dan laptop 3

Aplikasi untuk memotong video gratis selanjutnya adalah Media Cope. Media Cope sebenarnya tidak hanya menyuguhkan potong video saja, namun mereka juga bisa mengkonversi ke format yang lain. Format video yang didukung adalah format populer seperti MP4, FLV, AVI, MOV dan lain-lain.

Bukan hanya fokus di video saja, Media Cope juga bisa mengedit pemotongan audio. Jadi, kalian bisa mengubah suara atau hanya fokus memotong suara tanpa harus memotong klip di dalam videonya. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis dan hanya bisa digunakan komputer Windows. Jadi, tunggu apa lagi? kalian bisa kunjungi situsnya di sini.

3. Boilsoft Video Cutter

10 Aplikasi Pemotong Video Terbaik untuk PC dan laptop 5

Boilsoft Video Cutter alah aplikasi pemotong video OS Windows yang sangat mudah digunakan. Pasalnya alat yang digunakan tidak banyak dan sangat mudah dipahami. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini mendukung berbagai format populer seperti AVI, MPEG, VOB, WMV dan lain-lain. Aplikasi ini hanya mendukung perangkat OS Windows.

Pemotongannya pun bisa dilakukan dengan cepat dan efisien tanpa harus memakan waktu karena teknik pemotongan dilakukan tanpa proses re-encoding. Hasil pemotongannya pun sama dengan video aslinya. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis di sini.

4. WinX Free Video Converter

10 Aplikasi Pemotong Video Terbaik untuk PC dan laptop 7

Aplikasi WinX Free Video Converter adalah aplikasi menggabungkan, memotong hingga mengonversi video sekaligus. Dikembangkan oleh WinX DVD, Free Video Converter adalah salah satu produk yang memudahkan kalian untuk mengedit video dengan format seperti MP4, HEVC, MKV, AVI, dan lain-lain.

Jika aplikasi sebelumnya hanya didukung oleh OS windows, namun kali ini berbeda. WinX Free Video Converter juga bisa digunakan untuk macOS. Selain itu, kelebihan dari aplikasi ini juga mendukung format DVD PAL atau NTSC untuk bisa di-burning. Kalian bisa mendapatkannya secara gratis di sini.

5. Moo0 Video Cutter

10 Aplikasi Pemotong Video Terbaik untuk PC dan laptop 9

Bagi kalian yang spesifikasi laptopnya rendah, jangan khawatir karena kalian tetap bisa edit video di aplikasi satu ini. Moo0 Video Cutter adalah aplikasi potong video untuk komputer Windows dengan tampilan yang simpel dan sederhana. Aplikasi ini hanya memakan ruang sebesar 22,5 MB dan bisa didaptkan secara gratis di sini.

Tanpa perlu panduan, dengan mudahnya kalian bisa memahami penggunaannya. Kelebihan dari aplikasi ini terletak pada double slider dan memiliki tombol maju dan mundur dengan sepersekian detiknya. Namun sayangnya, hasil dari pemotongan video tidak bisa ditampilkan kecuali dalam keadaan tersimpan.

6. Weeny Free Video Cutter

10 Aplikasi Pemotong Video Terbaik untuk PC dan laptop 11

Aplikasi untuk memotong video yang mudah dan gratis lainnya adalah Weeny Free Video Cutter. Aplikasi ini digunakan untuk memotong file video yang besar menjadi kecil.

Beberapa format video yang mendukung aplikasi ini adalah VOB, MP4, MPG, ASF, RM, AVI, WMV dan 3GP. Tampilannya pun sederhana dan terdapat spesifikasi waktu untuk memotong segmen video itu sendiri.

Jangan cemas dengan spesifikasi PC yang rendah karena aplikasi ini tidak memakan banyak ruang. Ruang yang dibutuhkan hanya sekitar 20,9 MB. Freeware yang dikembangkan oleh Weenysoft ini sangat berguna untuk kalian yang ingin memotong video tanpa ribet.

7. Joyoshare Media Cutter

10 Aplikasi Pemotong Video Terbaik untuk PC dan laptop 13

Joyoshare Media Cutter adalah aplikasi pemotong video hingga audio yang tersedia untuk OS Windows dan macOs. Aplikasi ini mendukung banyak format seperti AVI, WMA, MP3, MP4, M4R dan banyak lagi. Selain itu, yang membuat spesial dari aplikasi ini adalah bisa menggabungkan rekaman ke dalam bentuk video baru.

Tampilannya pun minimalis dan terlihat lebih modern ketimbang aplikasi yang lain. Selain potong video, hebatnya aplikasi ini juga bisa menjadi screen recorder yang berguna untuk membagikan proses edit video ke berbagai platform. Sayangnya, aplikasi ini hanya gratis dalam masa percobaan saja.

8. Gihosoft Free Video Cutter

10 Aplikasi Pemotong Video Terbaik untuk PC dan laptop 15

Gihosoft Free Video Cutter bisa didapatkan secara cuma-cuma untuk OS Windows dan macOs. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk memotong video secepat mungkin. Banyak format video yang didukung oleh aplikasi ini seperti MOV, MPEG, MP4, W4A, MP3 WAV dan lain-lain.

Selain itu, Gihosoft Free Video Cutter memiliki tampilan yang modern dan friendly untuk memudahkan pemakaian yang walaupun kalian tidak memiliki skill komputer sama sekali. Aplikasi ini sangat cocok dan ramah untuk digunakan pada PC rendah sekalipun.

9. Bandicut Video Cutter

10 Aplikasi Pemotong Video Terbaik untuk PC dan laptop 17

Aplikasi mudah untuk memotong video selanjutnya adalah Bandicut Video Cutter. Aplikasi ini diperuntukkan untuk OS Windows saja. Bandicut memiliki tampilan yang modern dan kamu wajib punya aplikasi ini. Pasalnya, Bandicut juga memiliki fitur yang lengkap seperti menggabungkan video, memisahkan segmen, ekstrak dan konversi ke banyak format.

Langkah-langkahnya pun sangat sederhana. Kalian hanya tinggal memasukkan video yang akan dipotong. Lalu tentukan option waktu untuk scene yang akan dipotong. Kemudian jika sudah, bisa klik tombol Start dan video berhasil dipotong. Waktu pemotongan video tentunya dilihat dari seberapa besar ukuran video itu sendiri.

10. BeeCut

10 Aplikasi Pemotong Video Terbaik untuk PC dan laptop 19

Simpel tapi profesional, itulah BeeCut. Aplikasi yang bisa menyulap video kalian menjadi bagus hanya dengan mengklik saja. Walaupun fokus pada fitur pemotongan video, BeeCut menyuguhkan beberapa fitur yang berguna seperti mempercepat dan memperlambat waktu, warna latar belakang, perbesar gambar, efek, dubbing, dan banyak lagi.

Aplikasi ini bisa kalian dapatkan secara gratis. Bahkan, di websitenya pun bisa kalian bisa edit video secara online. BeeCut bisa digunakan di OS Windows, Mac, dan Android. Yups, bukan hanya PC, BeeCut juga bisa digunakan di ponsel kalian. Kalian juga bisa membagikan video edit ke berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook dan YouTube.

Itulah 10 aplikasi sederhana untuk memotong video di PC. Walaupun sekarang sudah banyak aplikasi yang menyuguhkan canggihnya fitur edit video, namun aplikasi pemotong video adalah aplikasi yang banyak dicari. Terlebih pemotongan adalah fitur esensial dalam mengedit video.

Semakin sederhana sebuah aplikasi semakin disukai oleh orang-orang karena spesifikasinya yang ringan dan mudah dimengerti. Jadi, apa kalian sudah menentukan mau pilih aplikasi potong video yang mana? Atau mungkin kalian punya rekomendasi aplikasi lainnya?

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram