Carisinyal / Aplikasi Video / 10 Aplikasi Android Terbaik untuk Membuat Video dari Foto

10 Aplikasi Android Terbaik untuk Membuat Video dari Foto

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Maret 2019

Saat ini banyak aplikasi editing video yang dapat digunakan untuk smartphone ataupun tablet Android, mulai dari aplikasi untuk membuat video stop motion hingga video animasi. Salah satu yang cukup diminati saat ini adalah aplikasi untuk membuat video dari kumpulan foto.

Aplikasi pembuat video dari foto tersebut akan mengemas beberapa foto menjadi tampilan video kecil. Nantinya, foto akan ditampilkan dalam bentuk slideshow secara otomatis dalam format video. Setiap foto yang ditampilkan bisa diberikan efek transisi dan waktu tampil sesuai dengan keinginan Anda.

Ketika Anda melihat gambar atau foto dalam bentuk video animasi tersebut, maka Anda serasa sedang menonton video dokumenter karena gambar dan foto yang dimasukkan ke dalam video dapat didesain sesuka Anda, mulai dari diberi efek suara, efek animasi, dan tulisan.

Tak perlu menggunakan software khusus pada PC atau laptop untuk membuat video dari foto tersebut. Pasalnya kali ini Carisinyal akan mengulas 7 aplikasi untuk membuat video dari foto yang bisa digunakan di Android. Apa sajakah itu?

10 Aplikasi Android untuk Membuat Video dari Foto

1. VivaVideo

aplikasi pemotong video VivaVideo

Nah, yang satu ini bukan sekedar aplikasi membuat video dari foto biasa, lho. Karena dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa membuat video yang tampak sangat profesional. VivaVideo adalah sebuah aplikasi cerdas yang memampukan Anda untuk membuat video tidak hanya dari foto-foto yang terdapat di galeri smartphone Anda saja, tapi juga dari kamera Anda langsung.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menambahkan teks, stiker, transisi, musik, filter, dan alat-alat lainnya untuk mempercantik hasil video Anda. Untuk memperoleh semua kemudahan dalam membuat video ini, Anda bisa langsung mengunduh VivaVideo secara gratis di Google Play Store.

2. KineMaster

aplikasi pembuat video KineMaster

Last but not least, salah satu aplikasi terbaik pilihan editor PlayStore ini juga bisa jadi pilihan yang tepat untuk membuat video dari foto. Caranya hampir sama dengan aplikasi lainnya di mana Anda akan diminta untuk memilih dan menyisipkan foto-foto yang ingin dijadikan video. Setelah itu, Anda bisa langsung mengeditnya dengan menambahkan filter, effect, dan juga tulisan. Tertarik? Download di sini.

3. PhotoGrid

PhotoGrid

Jangan dikira PhotoGrid hanya bisa untuk mengedit foto saja, ya. Pasalnya, aplikasi besutan Cheetah Mobile ini juga bisa membuat video dari kumpulan foto Anda lho. Tentu saja PhotoGrid menawarkan kemudahan dalam pembuatan video dari kumpulan foto.

Cara membuat video dari beberapa foto di PhotoGrid sangat mudah, pertama Anda hanya perlu pilih fitur VideoGrid. Kemudian, Anda bisa pilih foto mana saja yang ingin dijadikan sebuah video. Jika sudah memilih, editlah dengan menambahkan stiker, tulisan, efek, dan lain-lain. Di akhir, Anda bisa langsung save hasilnya. Mudah, kan?

4. Quik

membuat video dari foto Quik

Quik juga masuk ke dalam salah satu aplikasi terbaik yang Kami rekomendasikan untuk Anda. Selain sebagai aplikasi edit video, Quik juga bisa membuat video dari kumpulan foto-foto Anda lho. Bukan hanya membuat, karena Quik juga membolehkan penggunanya untuk mengedit hasil video dari foto dengan menambahkan tulisan, filter, dan berbagai macam efek unik. Lengkap, ya?

5. InShot

InShot

InShot adalah salah satu aplikasi yang bagus untuk membuat video. Dengan aplikasi ini Anda bisa membuat video yang menarik dari foto-foto. Foto apapun bisa dimasukan ke dalam video yang ingin Anda buat. Bahkan, tidak ada batas maksimal untuk menyisipkan foto ke InShot.

Selain bebas memilih gambar, Anda juga bisa menikmati beberapa tools yang bisa membuat video Anda semakin menarik. Beberapa tools tersebut seperti video effect, video filters, trim, merger, splitter, hingga menyisipkan lagu di video. Cukup lengkap, kan?

6. Biugo

Biugo

Tidak berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, di Biugo juga Anda bisa membuat video dari kumpulan beberapa foto. Tentu saja Biugo juga menawarkan fitur-fitur menarik, salah satunya adalah filter. Dengan filter, Anda bisa membuat video lebih menarik dan unik. Selain filter, ada juga fitur caption di mana Anda bisa menuliskan pesan singkat dalam video yang Anda buat.

7. Video Editor

Video Editor

Video Editor adalah sebuah aplikasi membuat video dari foto yang cukup populer dan sudah lama berada di Google Play Store. Maka jangan heran jika aplikasi ini memperoleh rating 4,1 bintang di Google Play Store.

Lantas, apa saja yang bisa Anda lakukan dengan Video Editor? Anda bisa mengedit foto untuk menjadi sebuah video dalam galeri smartphone Anda. Tak hanya itu saja, aplikasi ini turut menyediakan 30 tema video dan filter unik untuk membuat video Anda tampak lebih baik. Video Editor juga memungkinkan Anda untuk menambahkan efek dan transisi spesial sehingga pergeseran dari satu foto ke foto lainnya tampak lebih baik.

8. PicMotion

PicMotion

Dewasa ini, proses menggabungkan beberapa foto menjadi sebuah video bisa dilakukan semudah Anda membalikkan telapak tangan. PicMotion adalah salah satu aplikasi yang memudahkan Anda untuk membuat video dari menggabungkan beberapa foto. Tentu saja aplikasi ini menawarkan efek transisi yang membuat video menjadi terlihat lebih baik.

Interface yang ditawarkan oleh PicMotion sangat sederhana, sehingga orang awam sekalipun bisa langsung menggunakan aplikasi ini. Uniknya, Anda juga bisa menambahkan musik ke dalam video yang Anda buat ini. Usai mengedit foto-foto Anda menjadi video, segera bagikan video tersebut ke Instagram, Youtube, Facebook, Vine, Tumblr, dan media sosial lainnya langsung dari aplikasi PicMotion ini.

9. Picsvideo

Picsvideo Photomusic Slideshow

Salah satu aplikasi pembuat foto dengan tampilan slideshow ini memungkinkan Anda untuk menambahkan desain yang lucu, bentuk, efek musik, dan filter pada editing video Anda. Anda dapat mengubah ukuran, mengatur ulang, dan mengatur timer untuk setiap gambar yang tampil dengan aplikasi ini.

Seperti aplikasi membuat video dari foto dan lagu di Android lainnya, Picsvideo menyediakan fitur penambahan teks pada foto dengan berbagai jenis font dan warna. Teks tersebut dapat digunakan untuk memberikan keterangan pada foto yang sedang ditampilkan.

10. Photo Slideshow with Music

Photo Slideshow with Music

Membuat tampilan foto secara slideshow dengan musik, kenapa tidak? Tampilan video animasi kumpulan foto-foto akan terasa datar dan kuno jika tidak dilengkapi dengan musik. Tambahkan musik dan lagu favorit Anda ke dalam slideshow foto melalui aplikasi ini.

Photo Slideshow with Music memungkinkan Anda untuk mengedit, memutar, dan mengatur foto dalam bingkai yang indah. Anda juga diperkenankan untuk mengatur durasi tampilan di setiap foto, apakah ingin lebih lama atau tidak.

Setiap Anda memutar video foto yang diedit dengan aplikasi ini, maka secara otomatis lagu yang sudah diatur akan terputar dengan sendirinya. Photo Slideshow with Music akan membangkitkan kenangan indah yang ada pada video foto Anda.

Belum puas dengan 10 aplikasi di atas? Tenang saja, kami masih punya beberapa pilihan aplikasi bagus untuk membuat video dari kumpulan foto dengan mudah dan praktis. Jika Anda penasaran, maka bisa langsung cek ulasan selengkapnya di bawah ini.

11. Free Slideshow Maker

Free Slideshow Maker

Anda bisa menggunakan lebih dari 100 foto atau gambar untuk dijadikan video dengan menggunakan aplikasi ini. Free Slideshow Maker juga memungkinkan Anda untuk mengatur waktu atau durasi tayang dari setiap gambar.

Di samping itu, untuk membuat tampilan foto yang dikemas dalam bentuk video ini menjadi semakin nyata, Anda bisa menambahkan berbagai efek dan musik di dalamnya. Pastikan lagu yang Anda masukan tersebut sesuai dengan tema videonya.

Dengan aplikasi ini siapapun bisa membuat video foto yang indah hanya dalam waktu 1 menit saja. Aplikasi yang dibuat oleh FunMedia Studio ini sudah diunduh sebanyak 10 juta kali oleh Android user. Download Free Slideshow Maker secara gratis di Google Play Store sekarang juga.

12. Pixgram

Pixgram

Pixgram adalah aplikasi pembuat foto slideshow yang menyediakan fitur editing terlebih dahulu sebelum mengubah foto-foto tersebut menjadi tampilan slideshow yang menarik. Jadi, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi editing foto lainnya ketika hendak mempercantik tampilan foto karena Pixgram memungkinkan Anda untuk melakukan editing dengan mudah.

Penyaringan, pengeditan, dan penambahan efek animasi dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi ini. Di bawah foto, Anda bisa menambahkan keterangan ataupun lirik dari lagu yang digunakan untuk video foto ini.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat langsung membagikan hasil video ke teman-teman Anda melalui Twitter, Facebook, WhatsApp, dan media sosial lainnya. Pixgram bisa didownload melalui smartphone Android Anda di Google Play Store.

13. Scoompa Video

Scoompa Video

Serunya melihat foto-foto yang ditampilkan secara slideshow dengan diiringi lagu favorit Anda. Untuk memberikan hadiah kepada orang terkasih, Anda bisa menambahkan template ulang tahun atau efek lainnya yang sesuai dengan tema.

Scoompa Video menyediakan beberapa stiker unik untuk ditambahkan ke dalam setiap gambar. Selain itu, setiap foto juga bisa diberikan filter agar tampilannya jadi semakin menarik. Penambahan lagu ke dalam video juga bisa dilakukan melalui aplikasi ini.

Secara keseluruhan, Scoompa Video adalah aplikasi yang cukup baik untuk membuat video dari kumpulan foto-foto Anda. Scoompa Video dikembangkan oleh Scoompa dan bisa didownload melalui Google PlayStore.

14. VideoShow

VideoShow

Banyak pengunduh yang merasa puas dengan aplikasi besutan EnjoyMobi ini. Bagaimana tidak, pasalnya VideoShow ini punya banyak sekali fitur yang pastinya membuat video Anda lebih keren. Ya, memang aplikasi ini sebuah aplikasi untuk mengedit video, namun VideoShow juga bisa membuat video dari foto lho.

Fitur membuat video dari kumpulan foto ini juga cukup bagus digunakan karena mudah, praktis, dan yang paling penting gratis. Anda cukup memilih foto mana saja yang ingin dijadikan video. Nah, setiap foto tersebut bisa Anda edit terlebih dahulu, misalnya mau menambahkan tulisan. Setelah itu, pilihlah tema sesuai selera, jangan lupa untuk save videonya di akhir setelah selesai mengedit.

15. Video Maker with Music, Photos & Video Editor

Video Editor Of Photos With Song & Video Maker

Sesuai dengan nama aplikasinya, Video Maker with Music, Photos & Video Editor juga mampu untuk membantu Anda dalam membuat video dari kumpulan foto-foto. Bahkan, aplikasi ini juga mampu untuk menyisipkan lagu di dalam video yang Anda buat.

Jika merasa monoton hanya dengan menyisipkan lagu, maka Anda bisa menambahkan beberapa filter, tulisan, bahkan stiker yang bisa membuat hasil video Anda lebih menarik. Nah, apakah Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini? Jika tertarik, bisa langsung download aplikasinya di sini, gratis!

Mengemas foto ke dalam bentuk video tidak harus dilakukan dengan bantuan aplikasi profesional melalui PC atau laptop. Dengan beberapa aplikasi membuat video dari foto di Android di atas, smartphone atau tablet Anda dapat menjadi alat yang tepat untuk membuat video dengan tampilan slideshow. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

6 pemikiran pada “10 Aplikasi Android Terbaik untuk Membuat Video dari Foto”

  1. Misalna ni. Kita buat video ga bersuara. Trus kita mau nambahin suara kita ke video itu. Bisa ga? Mohon pencerahanna. Maklum pemula

  2. thanks infonya,,,tapi masih bingung karen hanya menampilkan aplikasinya saja hehe

Tinggalkan komentar