carisinyal web banner retina
Carisinyal / Aplikasi / 10 Aplikasi untuk Menggabungkan Video yang Mudah Digunakan

10 Aplikasi untuk Menggabungkan Video yang Mudah Digunakan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 6 April 2021

Ketika menonton koleksi video terkadang terlintas pemikiran bahwa sebagian video tersebut seharusnya bisa disatukan. Aktivitas menggabungkan video adalah satu hal yang mungkin ingin dilakukan oleh banyak penggemar video. Dengan teknologi canggih saat ini, kamu dengan cepat menggabungkan berbagai video yang dimiliki.

Dulu, untuk melakukan pengeditan video kamu harus menggunakan aplikasi yang mahal, tapi sekarang tersedia beragam aplikasi untuk menggabungkan video yang bahkan disediakan secara gratis. Aplikasi ini membuat proses pengeditan video lebih mudah karena dapat secara otomatis melakukan pengeditan video pasca-produksi. Berikut ini adalah pilihan aplikasinya.

1. Joyoshare Video Joiner

Joyoshare Video Joiner banyak menerima pujian dari banyak pengguna berkat kemudahan dan efisiensinya. Dengan menggunakan aplikasi untuk menggabungkan video atau audio ini, kamu bisa menggabungkan video dalam jumlah tak terbatas pada kecepatan 60 kali lebih cepat.

Kualitas hasil akhirnya masih 100% mempertahankan kualitas video awal. Yang terbaik dari semuanya, aplikasi ini sangat memudahkan pengguna dengan adanya pemutar media dan editor video bawaan.

Ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto, mengatur ulang urutan file, memotong klip, menambahkan watermark, menentukan konfigurasi, dan lain-lain. Joyoshare Video Joiner juga terkenal dengan kompatibilitas penuh untuk semua format audio video dan perangkat populer.

Aplikasi ini mendukung format, seperti MP4, MP3, M4V, MOV, AVI, AAC, OGG, APE, AC3, AIFF, PSP, Motorola Droid, Samsung TV, iPhone XS, Apple TV, dan lain-lain. Selain itu, Joyoshare Video Joiner memungkinkan pengguna untuk mengekstrak audio dari video dengan cara yang tidak merepotkan.

Untuk pengguna yang tidak berpengalaman, jangan ragu untuk memilih video joiner dan editor ini karena Joyoshare Video Joiner mudah untuk digunakan. Download Joyoshare Video Joiner.

2. Gihosoft Free Video Joiner

Gihosoft Free Video Joiner merupakan utilitas gratis untuk menggabungkan video dengan efek transisi dengan kecepatan super cepat. Aplikasi untuk menggabungkan video gratis ini powerful, tapi mudah untuk digunakan hingga semua bisa memanfaatkan fitur-fiturnya tanpa pengalaman teknis apa pun.

Aplikasi ini mendukung video dan audio dalam berbagai format, di antaranya MP4, WMV, AVI, MOV, MPEG dan banyak lagi. Untuk menggabungkan beberapa video menjadi satu, pengguna hanya perlu mengklik tombol Tambahkan File untuk mengimpor file video.

Kemudian pengguna bisa mengatur ulang urutan video tersebut dengan fitur drag and drop, atau memotong bagian yang tidak diinginkan dari video yang tidak ingin satukan. Terdapat pratinjau video untuk melihat hasil yang digabungkan apakah sudah sesuai dengan keinginan.

Sesudah itu pengguna bisa menggabungkan video-video ini menjadi lebih besar tanpa kehilangan kualitas aslinya. Download Gihosoft Free Video Joiner.

3. Xilisoft Joiner 2

Xilisoft Joiner 2 merupakan aplikasi untuk menggabungkan video yang sangat baik untuk digunakan menggabungkan video. Aplikasi ini kompatibel dengan berbagai format. Xilisoft Joiner 2 juga memungkinkan pengguna untuk mengedit video dengan mudah.

Pengguna bisa mengatur ukuran video, menyesuaikan kecepatan bingkai, kecepatan bit, dan resolusi agar bisa mendapatkan hasil terbaik. Mode pratinjau juga didukung untuk memberikan pengguna cara yang lebih langsung untuk menonton video target sebelum benar-benar digabungkan atau dipotong.

Walaupun Xilisoft Joiner 2 adalah program kecil, aplikasi ini sangat bisa diandalkan dan dapat dengan mudah menggabungkan video dalam berbagai format, termasuk MPEG, AVI, WMV, MP4, MOV, 3GP, ASF, H.264, SWF dan DAT ke satu video baru.

Xilisoft Joiner 2 juga dapat menggabungkan video ke dalam format MPEG, AVI, WMV, MP4, 3GP, MOV, H.264, ASF, SWF dan DAT ke video MPEG, AVI atau H.264 dengan mudah. Download Xilisoft Joiner 2.

4. Window Movie Maker

*Sumber: www.nextofwindows.com

Windows Movie Maker adalah perangkat lunak untuk menggabungkan video yang gratis. Aplikasi ini benar-benar sederhana dan hanya tersedia di windows. Selain itu, aplikasi Window Movie Maker memiliki alat pengeditan video yang luar biasa.

Dengan bantuan Windows Movie Maker, pengguna bisa dengan mudah menggabungkan dua video dalam satu klip. Seiring dengan kemudahan penggunaan, Windows Movie Maker mempunyai hal-hal luar biasa.

Window Movie Maker memiliki perekaman suara dan anti-goyang yang menjadikannya salah satu perangkat lunak unduhan gratis penggabungan video terbaik. Pengguna bisa membagikan video yang diedit langsung dari dalam aplikasi ini atau mengunduh video yang diedit dalam format file pilihan.


Terdapat beragam format file yang didukung oleh perangkat lunak pengeditan video ini. Cukup pindah ke jendela pengeditan perangkat lunak ini dan ekspor file dari hardisk. Jadi, sudah pasti, aplikasi ini merupakan pilihan yang sangat baik bagi pengguna. Download Window Movie Maker.

5. MediaJoin

*Sumber: www.mediajoin.en.softonic.com

Aplikasi untuk menggabungkan video ini menunjukkan bahwa alat ini dirancang khusus untuk menggabungkan klip media yang berbeda secara bersama-sama termasuk video dan audio. Selain itu, aplikasi MediaJoin bisa mengedit video dan juga mengedit foto.

Satu-satunya kekurangan dari alat penggabung video ini adalah perangkat lunak MediaJoin efek transisi dan pengeditannya minimal. Jika ingin menggabungkan dua klip media video yang berbeda, pengguna harus memilih opsi "Join" dari berbagai opsi yang tersedia di sisi kanan aplikas ini.

Setelah memilih semua opsi ini, pengguna harus mengimpor file video ke jendela pengeditan untuk melanjutkan proses mengedit. Setelah selesai dengan proses pengeditan, klik ikon Unduh. File tersebut dapat ditemukan di folder Download di PC pengguna.

Beberapa format file hasil akhir yang didukung oleh Media Join yaitu MPEG, MP3, WMV, WMA, MPEG 1, dan lain-lain. Download MediaJoin.

6. VideoGo

*Sumber: www.idealshare-videogo.id.uptodown.com

VideoGo merupakan aplikasi untuk menggabungkan video yang pilihan keren. Aplikasi ini adalah alat pengeditan video yang layak yang kompatibel dengan Windows dan Mac OS. VideoGo merupakan konverter video profesional, tapi juga memiliki fungsi-fungsi lain.

Fungsi tersebut di antaranya menggabungkan beberapa file video/audio menjadi satu. Di bagian atas jendela beranda alat VideoGo, dapat ditemukan opsi "Add File" yang bisa diklik untuk menambahkan file video yang ingin digabungkan di PC atau perangkat Mac pengguna.

Sesudah itu, pengguna bisa menambahkan file video ke video joiner ini dengan efek transisi. Pengguna akan menemukan bahwa berbagai alat pengeditan akan terbuka, termasuk "Merge" dan "Effect".

Kemudian pengguna bisa menambahkan transisi dan beberapa efek video lainnya dengan sangat mudah agar mendapatkan hasil akhir yang bagus. Download VideoGo.

7. VideoProc

VideoProc
*Sumber: https://fossbytes.com

Terdapat banyak opsi yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan beberapa video yang dimiliki mereka, tetapi pilihan ini justru bisa membuat beberapa pengguna kebingungan. VideoProc merupakan aplikasi untuk menggabungkan video yang serba bisa.

Aplikasi ini bisa membantu pengguna menggabungkan video dengan sangat mudah. Aplikasi Ini memiliki 370+ codec video dan audio built-in. Ini memungkinkan pengguna untuk mengimpor dan menggabungkan video SD, HD dan 4K/8K UHD ke dalam MKV, MP4, AVI, MOV, WMV, dan lain-lain.

Pengguna bisa mengekspor file yang digabungkan ke format video utama atau langsung ke iPhone, iPad, Android dan Windows Phone dengan kualitas yang bagus. Cara penggabungan videonya mudah, yaitu dengan mengklik tombol video yang ada pada VideoProc untuk mengakses pengelola video.

Di tab ini, pengguna akan bisa menggabungkan satu file atau bisa mengklik tombol + Folder Video untuk menggabungkan seluruh folder sekaligus. Setelah memilih video yang ingin digabungkan, pengguna hanya perlu mengklik tab Toolbox, lalu pilih opsi merge. Download VideoProc.

8. Format Factory

*Sumber: https://formatfactory.en.uptodown.com

Format Factory merupakan pilihan aplikasi untuk menggabungkan video yang gratis lain. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menggabungkan video dengan mudah. Format Factory juga bisa mengubah semua format audio dan video menjadi MP4, MPG, 3GP, WMV, FLV, AVI, dan SWF.

Fungsi terbaiknya meliputi bisa menggabungkan semua format video, mendukung file MP4 untuk iPod, iPhone, PSP, Blackberry, serta mendukung RMVB, watermark, AV Mux. Yang diperlukan setelah menginstal Format Factory adalah membuka program, pilih Advanced Mode -> Video Joiner.

Setelah dialog Video Joiner terbuka, pilih format video hasil yang diinginkan, klik tambahkan file atau folder dan kemudian klik ok. Kemudian klik mulai di bilah alat untuk menggabungkan video yang diinginkan. Download Format Factory.

9. iMovie

Aplikasi ini adalah alat bawaan yang tersedia di perangkat Mac secara default. iMovie mempunyai semua alat dan fungsi pengeditan video premium, yang membuatnya menjadi salah satu pilihan paling sesuai dan andal bagi semua pengguna Mac untuk menggabungkan video tanpa menginstal.

Alat pengeditan video ini memiliki grafis antarmuka pengguna yang menarik yang tentunya mempunyai salah satu grafis terbaik di dalamnya. Pengguna bisa dengan mudah menambahkan efek transisi, visual, dan efek latar belakang dalam video yang mereka edit.

Selain itu, iMovie mendukung berbagai format file hasil akhir. Namun bagian terbaik dari iMovie tentunya adalah kemampuannya untuk mengekspor video langsung ke iTunes. Download iMovie.

10. Kate’s Video Joiner

*Sumber: https://kates-video-joiner.de.softonic.com

Kate's Video Joiner merupakan aplikasi penggabung video yang hebat, yang bisa digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih video menjadi satu video besar atau menggabungkan file audio dan video menjadi satu.

Seperti Gihosoft Free Video Cutter, Kate's Video Joiner juga mempunyai antarmuka yang intuitif dan pengoperasian yang sederhana. Pengguna tinggal ketuk “add” untuk mengimpor video, klik “up and down” untuk menyesuaikan urutan video, dan tekan “clear” untuk menghilangkan semua aktivitas.

Aplikasi ini mendukung mengekspor video dari berbagai format, seperti MP4, MPEG, AVI, WMV & DVD dan lain-lain. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur kompresor video dan audio, saluran audio dan kecepatan audio, atau bahkan mengubah ukuran video.

Selanjutnya, pengguna bisa melihat video sebelum bergabung jika terjadi kesalahan agar bisa mendapatkan hasil akhir yang diinginkan. Download Kate’s Video Joiner.

Menggabungkan koleksi video yang kamu miliki kini bukan hal yang sulit lagi karena proses pengeditan video ini bisa dilakukan dengan mudah oleh beberapa aplikasi. Sekarang ini tersedia beragam aplikasi untuk menggabungkan video sehingga menghasilkan satu video yang tetap memiliki kualitas seperti aslinya.

Beragam pilihan aplikasi untuk menggabungkan video yang dibahas di artikel ini bisa membantu kamu yang hobi membuat video agar mendapatkan hasil akhir yang maksimal. Terdapat pilihan aplikasi gratis bahkan yang sudah langsung tersedia di gawai yang kamu miliki. Selamat berkarya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram