Carisinyal / Aplikasi Edit Musik / 10 Aplikasi Edit Audio Terbaik yang Bisa Anda Coba di PC

10 Aplikasi Edit Audio Terbaik yang Bisa Anda Coba di PC

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Agustus 2019

Saat ini, ada banyak program, software atau aplikasi yang membantu keseharian kita atau membantu pekerjaan kita sebagai manusia. Salah satunya yang sedang digemari adalah aplikasi edit video seiring dengan berkembangnya ekosistem Youtube.

Selain edit video, ada satu lagi yang sedang berkembang, yakni edit audio. Terlebih di era sekarang ini, popularitas konten audio seperti podcast mulai banyak digemari. Nah, edit audio juga berfokus pada produksi musik, produksi konten audio dan lainnya.

Nah, aplikasi edit audio sendiri ada banyak pilihan yang bisa digunakan. Jika Anda bingung, tenang karena Carisinyal telah merangkum daftar aplikasi edit audio pilihan yang patut Anda coba. Berikut daftarnya!

1. Audacity 

audacity

Aplikasi edit audio PC yang paling terkenal adalah Audacity. Aplikasi ini sangat direkomendasikan oleh banyak orang, baik oleh kalangan profesional, maupun kalangan pemula yang baru terjun di dunia edit audio. Hal ini karena Audacity adalah aplikasi edit audio yang mudah digunakan. 

Ada beberapa keunggulan yang membuat Audacity sering direkomendasikan. Salah satunya adalah karena aplikasi ini dapat diinstal di berbagai perangkat. Selain itu, aplikasi ini menawarkan keunggulan dengan berbagai plugin ataupun berbagai efek lainnya.

Keunggulan lainnya adalah fitur editnya. Aplikasi ini dapat memotong suara, menggabungkan musik atau lagu, menghilangkan suara vokal, memberi tambahan efek pada vokal, dan juga bisa digunakan untuk merekam. Yang paling menarik, Audacity gratis karena sifatnya open source. Silakan kunjungi situs resmi Audacity untuk mendapatkan aplikasi ini.

2. MP3 Cutter 

mp3 cutter

Aplikasi edit audio lainnya adalah MP3 Cutter. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memotong lagu, memotong suara, dan memotong musik berformat MP3. Tidak hanya mendukung format MP3, aplikasi ini juga mendukung format audio lain dan bisa mengkonversi dari satu format audio ke format audio lain.

Selain itu, Anda bisa memperkecil ukuran file audio yang dirasa terlalu besar. Misalnya, ukuran satu lagu berdurasi 5 menit memiliki ukuran 30 MB bisa diperkecil ukurannya menjadi ukuran standar atau di bawah 10 MB. Oh yah, keunggulan MP3 Cutter adalah aplikasi ini online, jadi tidak perlu instal terlebih dulu. Langsung saja coba dengan mengunjungi  situs resminya.

3. Power Sound Editor Free 

power sound editor free

Aplikasi edit audio lainnya adalah Power Sound Editor Free. Aplikasi ini membawa banyak fitur yang tergolong mirip dengan Audacity. Anda bisa memotong lagu, membuat rekaman, mengedit rekaman, mengubah tempo lagu, menghilangkan bagian lagu, dan melakukan berbagai tugas pengeditan audio lainnya.

Selain itu, aplikasi ini menyediakan berbagai efek menarik agar audio bisa menjadi lebih bagus. Yang paling menarik, jelas aplikasi ini tersedia secara gratis. Tertarik mencoba aplikasi ini? Silakan download aplikasi ini di sini.

4. OcenAudio 

ocenaudio

Aplikasi edit audio lainnya adalah OcenAudio. Aplikasi ini hadir dengan tampilan yang sederhana sehingga membuat Anda sebagai pengguna lebih mudah memakai aplikasi ini. Terlebih aplikasi ini tersedia di berbagai sistem operasi.

Beberapa fitur menarik yang ditawarkan aplikasi ini diantaranya adalah dukungan mengedit file audio berukuran besar, fitur spectrogram, dan dukungan VTS plugins, yakni plugin agar Anda bisa mengakses berbagai efek. Selain itu, aplikasi ini mendukung fitur untuk pengeditan audio yang kompleks. Tertarik? Silakan kunjungi situs resmi OcenAudio untuk mengunduhnya.

5. Adobe Audition 

adobe audition

Aplikasi edit audio lainnya adalah Adobe Audition. Aplikasi ini adalah aplikasi edit audio berkualitas dan bisa jadi pilihan yang tepat untuk kalangan profesional. Mengapa? Karena aplikasi memiliki banyak fitur menarik dan premium. 

Wajar aplikasi ini memiliki fitur lengkap karena Adobe Audition bukanlah aplikasi gratisan. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda harus berlangganan dan biasanya satu paket dengan program editor lainnya. Tetapi sebelum membeli versi berbayar, Anda bisa mencoba gratis selama 7 hari memakai aplikasi ini. Silakan kunjungi situs resminya untuk info lebih lanjut.

6. WavePad 

wavepad

Aplikasi edit audio lainnya adalah WavePad. Aplikasi ini merupakan aplikasi besutan NCH Software yang terkenal dengan berbagai produk editing. Aplikasi ini sendiri tersedia gratis dan dapat dipasang di berbagai platform seperti Windows, MacOS, iOS, dan Android.

Salah satu kelebihan dari WavePad adalah dukungan format audio dan kemudahan penggunaannya. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur menarik seperti efek-efek luar biasa, pengeditan yang cepat, dan berbagai tools menarik seperti batch processing, scrub & search audio, dan masih banyak lagi. Download aplikasi ini disini.

7. MP3 SPLT  

mp3 splt

Aplikasi edit audio lainnya yang bisa Anda coba adalah MP3 SPLT. Aplikasi ini adalah aplikasi yang mudah digunakan. Selain itu, tampilan antarmuka aplikasi ini juga sederhana sehingga membuat aplikasi ini memang gampang digunakan oleh pengguna sekalipun.

Aplikasi ini sendiri mendukung berbagai format audio seperti ogg, flac, dan lain-lain. Selain itu, aplikasi ini bersifat open source dan mendukung di berbagai komputer seperti Windows dan MacOS. Banyak juga distro Linux yang dapat menjalankan aplikasi ini. Anda dapat mengunduh MP3 SPLT disini jika Anda tertarik menggunakannya.

8. Qtractor  

qtractor

Selanjutnya ada aplikasi bernama Qtractor. Aplikasi ini adalah aplikasi yang tidak hanya untuk mengedit audio tetapi lebih dari itu. Aplikasi ini bisa digunakan untuk memproduksi musik sendiri berkat dukungan MIDI Controller. Jadi, Anda bisa menciptakan musik sendiri menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, aplikasi ini sudah mendukung fitur seperti Multi Track Audio MIDI recording, dan MIDI Sequencing. Aplikasi ini juga memiliki banyak fitur lengkap sehingga aplikasi ini tergolong kategori aplikasi edit audio yang benar-benar bagus. Tertarik mencoba? Silakan kunjungi situs  Qtratctor untuk mengunduhnya.

9. Wavosaur  

wavosaur

Aplikasi edit audio lainnya yang bisa Anda coba adalah Wavosaur. Anda  bisa mengunduh aplikasinya disini. Wavosaur adalah aplikasi edit audio yang sederhana dan mudah digunakan. Meskipun sederhana, aplikasi ini memiliki banyak fitur layaknya aplikasi edit audio profesional.

Dengan Wavosaur, Anda bisa dengan mudah mengedit musik atau menambahkan berbagai efek suara yang unik dan menarik. Anda juga bisa dengan mudah untuk memotong lagu, menggabungkan lagu atau suara, dan melakukan berbagai pengeditan seperti aplikasi edit audio pada umumnya.

10. Audio Tool 

Audio Tool

Audio Tool adalah aplikasi edit audio lainnya yang bisa Anda coba. Aplikasi ini merupakan aplikasi edit foto yang menawarkan kemudahan penggunaannya. Kemudahan tersebut malah bisa ditemukan dari cara aplikasi ini bekerja, yakni secara online dan gratis diakses.

Bisa dibilang, aplikasi ini mirip dengan MP3 Cutter yang bisa digunakan secara online tanpa perlu menginstal terlebih dulu. Anda hanya perlu mengunjungi situs www.audiotool.com, membuat akun dan mulai mencoba menikmati berbagai fitur menarik yang disajikan aplikasi ini. Salah satunya adalah fitur kolaborasi memproduksi musik dengan editor lain.

Sebenarnya, masih banyak aplikasi edit audio lainnya yang bisa Anda pilih. Ada yang menyediakan secara gratis dan ada juga yang tersedia premium. Namun, apapun aplikasi edit audio yang Anda pilih, sebaiknya gunakan sesuai kebutuhan saja. Jika Anda butuh yang lengkap dan fitur mumpuni, tentu tidak ada salahnya Anda menggunakan aplikasi edit audio yang berbayar. 

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar