carisinyal web banner retina

4 Cara Membagikan Link Instagram yang Gampang Dilakukan

Ditulis oleh Jihan Fauziah
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Bagi para pengguna Instagram, membagikan link dapat menjadi cara efektif untuk mengajak orang lain mengeksplor profil atau konten mereka. Instagram menyediakan fitur khusus yang memungkinkan pengguna untuk membagikan tautan dengan cepat. 

Proses ini dapat dilakukan dengan mudah melalui langkah-langkah sederhana yang akan saya bahas dalam artikel ini.

Berikut adalah beberapa cara untuk membagikan link atau tautan Instagram. Salah satunya adalah langkah-langkah untuk membagikan tautan profil IG Anda.

1. Membagikan Link Profil Sendiri

Ada beberapa cara yang dapat diikuti untuk membagikan tautan profil Instagram Anda, atau bahkan milik orang lain. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Jalankan aplikasi Instagram di perangkat Anda dan login seperti biasa.
  • Masuk ke profil akun Anda, lalu tekan tombol "Share profile".
membagikan link instagram 1-1_
  • Akan ada laman berisi kode batang atau barcode dari profil Anda. Dari sini, Anda bisa langsung bagikan profil dengan menekan ikon "Share profile" atau menyimpan tautannya dengan tap di opsi "Copy link".
  • Pengguna lain juga dapat memindai barcode yang Anda bagikan tadi.
membagikan link instagram 2-1_
  • Jika ingin menggunakan opsi "Share profile", silakan tekan tombolnya, lalu "Copy URL" dan pilih ke aplikasi mana Anda akan membagikan link Instagram-nya.
membagikan link instagram 5-1_

2. Membagikan Link Profil Orang Lain

Nah, buat Anda yang ingin membagikan tautan profil Instagram milik orang lain, caranya tak jauh berbeda. Tapi, ada satu cara lain yang bisa Anda terapkan. Ini langkah-langkahnya:

  • Buka laman pengguna Instagram yang ingin Anda bagikan profilnya.
  • Tap foto profil pengguna tersebut. Akan muncul tiga opsi untuk membagikan profil pengguna: melalui tombol share, QR Code, dan juga menyalin tautannya. 
membagikan link instagram 5-1_
  • Anda tinggal pilih caranya sesuai dengan kebutuhan. Link profil Instagram dapat dibagikan di beberapa aplikasi, baik itu Instagram sendiri (lewat fitur Story), aplikasi WhatsApp, atau bahkan LinkedIn.
membagikan link instagram 4-1_

3. Membagikan Link Konten Video atau Foto

Berbagi link postingan berupa konten video dan foto di Instagram tidaklah sulit. Tapi, bisa jadi cukup membingungkan buat sebagian dari Anda. Terlebih bila Anda adalah pengguna baru dari aplikasi media sosial ini. Nah ada beberapa cara yang akan saya jabarkan untuk berbagi link postingan di Instagram.

  • Untuk membagikan link postingan Instagram, pertama-tama silakan cari konten yang diinginkan.
  • Tekan ikon pesawat yang ada di ujung kanan bawah postingannya.
membagikan link instagram 10-1_
  • Pilih atau cari nama pengguna Instagram yang Anda tuju. Postingan akan terkirim langsung melalui DM (Direct Message) Instagram. Jika sudah, tekan "Send".
membagikan link instagram 7-1_
  • Kalau mau berbagi dalam bentuk tautan atau link, silakan tekan ikon "Copy link" dan tempel pada pesan singkat di DM Instagram secara manual.
membagikan link instagram 6-1_

4. Berbagi Link Produk di Instagram Story

Buat Anda yang punya bisnis online, membagikan link produk di Instagram sudah pasti jadi kebutuhan. Ini akan membantu Anda untuk meraih lebih banyak konsumen dan membuat produk laku terjual.

Berbagi link di Instagram Story kini sudah bisa dilakukan oleh setiap pengguna, tak lagi dikhususkan untuk kalangan tertentu saja. Silakan ikuti cara ini untuk berbagi link di Instagram Story:

  • Pilih foto atau video yang ingin Anda jadikan latar belakang. 
  • Tekan ikon template yang ada di sebelah ikon untuk teks.
membagikan link instagram 11-1_
  • Scroll layar ke bawah dan temukan opsi "Link". Tap di opsi tersebut.
membagikan link instagram 12-1_
  • Silakan tempel tautan dari produk yang Anda jual di kolom URL.
  • Tekan tombol "Customize sticker text" untuk memodifikasi nama tautan. 
  • Kalau sudah, silakan tekan "Done".
membagikan link instagram 13-1_

Stiker untuk link produk sudah berhasil dibuat. Dari sini, Anda bisa melakukan ubahan pada ukuran dan warna stiker. Untuk mengubah ukuran, silakan pinch atau cubit stiker dengan dua jari. Sementara itu, untuk mengubah warna stiker, lakukan tap selama beberapa kali.

membagikan link instagram 15-1_

Nah, dari sini, Anda bisa langsung membagikan link tadi melalui Instagram Story seperti biasanya.

Beberapa cara di atas akan sangat mudah untuk dilakukan bila Anda sudah terbiasa. Berbagi link dan postingan di Instagram terasa semakin mudah, bukan?

Oh iya, bukan hanya berbagi dari Instagram saja, Anda pun dapat membagikan konten dari aplikasi lain, seperti Netflix atau Spotify ke Instagram Story dengan mudah. Cara ini kemungkinan akan saya bahas di artikel selanjutnya. Selamat mencoba!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram