carisinyal web banner retina

Ini Dia Jenis Layanan Transportasi Motor dan Mobil Grab

Ditulis oleh Linda

Grab merupakan salah satu platform layanan transportasi dan logistik terkemuka di Asia Tenggara yang menyediakan berbagai pilihan layanan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas penggunanya. Dua layanan populer yang ditawarkan oleh Grab adalah GrabBike dan GrabCar.

Kedua layanan ini memiliki kelebihan masing-masing dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan transportasi yang berbeda. Dari motor yang gesit di tengah kemacetan kota hingga mobil yang nyaman untuk perjalanan lebih jauh, Grab menyediakan pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi penggunanya.

Artikel ini akan menjelaskan secara rinci tentang jenis motor dan mobil yang ditawarkan oleh Grab, mencakup GrabBike dan GrabCar dalam berbagai variannya.

GrabBike

GrabBike merupakan layanan ojek motor yang menawarkan solusi cepat dan efisien untuk mengatasi kemacetan lalu lintas yang sering terjadi di banyak kota besar di Asia Tenggara. Layanan ini sangat cocok untuk perjalanan jarak dekat atau saat pengguna perlu sampai ke tujuan mereka dengan cepat.

Berikut adalah jenis layanan transportasi dari GrabBike.

1. Grabbike (Regular)

Grabbike (Regular)

Dalam jagat transportasi online, GrabBike (Regular) menawarkan solusi yang tidak hanya praktis tapi juga ekonomis, terutama jika dibandingkan dengan opsi lain seperti GrabBike XL.

GrabBike (regular) ini memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan XL. Sehingga, ini menjadikannya pilihan yang ideal bagi penumpang yang ingin berhemat.

Sebagai gambaran, saya akan berikan pengalaman yang saya punya. Memesan GrabBike (regular) dari Komplek Puri Melia Asri (Sapan, Kabupaten Bandung) ke Stasiun Kereta Api Bandung (sekitar 22 KM) membutuhkan biaya sebanyak Rp65 ribu, sementara GrabBike XL butuh biaya Rp78 ribu.

Jadi, GrabBike (regular) memiliki harga Rp13 ribu lebih murah. Namun besaran biaya ini tergantung ke promo yang digunakan dan/atau pada jam berapa Anda memesan layanan.

Berbeda dengan GrabBike XL yang mungkin hanya tersedia di lokasi-lokasi tertentu, GrabBike (Regular) memiliki jangkauan yang lebih luas sehingga memudahkan penumpang untuk mendapatkan layanan ini di mana saja.

Dari segi kendaraan, GrabBike (Regular) tidak terbatas pada jenis tertentu; mulai dari Honda Beat, Yamaha Fazzio, hingga motor yang lebih besar seperti Yamaha NMAX atau Honda PCX, semua bisa menjadi pilihan transportasi Anda.

Keunggulan lain dari menggunakan GrabBike (Regular) adalah waktu pemesanan yang standar dan seringnya promo yang ditawarkan. Grab sering kali mengeluarkan berbagai jenis promosi yang membuat biaya perjalanan menjadi lebih murah dari waktu ke waktu.

Menyoal peraturannya, GrabBike (regular) hanya memperbolehkan jumlah penumpang sebanyak 1 (satu) orang, barang bawaan tidak boleh lebih dari 10 kg, dan tarif harga tidak termasuk biaya parkir (jika ada). Anda pun tentunya wajib mengenakan helm, baik yang disediakan driver maupun milik sendiri.

2. Grabbike Hemat

Grabbike Hemat

Ada opsi yang lebih terjangkau dibandingkan GrabBike (regular), yakni GrabBike Hemat. Seperti namanya, jenis layanan ini menawarkan harga yang lebih terjangkau.

Kekurangannya, layanan ini dijamin bakal jarang muncul di layar aplikasi Anda, terlebih jika Anda berniat menggunakan layanan GrabBike untuk menempuh jarak yang begitu jauh.

Saat mencoba memesankan GrabBike dari Komplek Puri Melia Asri ke Stasiun Kereta Api Bandung (jarak 22 KM), saya tidak menemukan opsi GrabBike Hemat sama sekali.

Awalnya saya pikir layanan ini sudah dihapus oleh aplikasi Grab. Namun, saya kepikiran untuk mengubah daerah tujuan ke tempat yang lebih dekat, yakni Summarecon Mall Bandung (jarak sekitar 9 KM). Barulah opsi GrabBike Hemat Bandung muncul.

Rupanya, jasa layanan GrabBike Hemat hanya berlaku untuk jarak kepergian maksimal 10-11 KM. Seperti pada GrabBike reguler, Anda diwajibkan menggunakan helm (baik itu milik sendiri maupun yang disediakan driver).

Selain itu, penumpang hanya boleh membawa barang bawaan dengan bobot di bawah 10 kg, dan hanya boleh digunakan untuk satu penumpang saja. Begitu pun jika ada tambahan biaya parkir dan lain-lain, harus ditanggung oleh penumpang.

tarif grab

Untuk menempuh jarak 9 KM dari Komplek Puri Melia Asri ke Summarecon Mall Bandung, tarif GrabBike Hemat Bandung adalah Rp22 ribu. Sedangkan, dengan jarak dan rute yang sama, GrabBike (regular) memasang tarif normal Rp27 ribu. Ya, selisihnya hanya Rp4 ribu.

Kendati GrabBike Hemat rata-rata lebih murah, saran saya jangan langsung tergesa-gesa pilih layanan ini. Mengapa? GrabBike Hemat jarang menyediakan promo yang bisa memangkas biayanya lebih murah lagi.

Saat saya coba memesan di waktu yang lain, rupanya sedang ada promo yang memangkas layanan GrabBike (regular) menjadi Rp17 ribu saja. Sedangkan, tarif GrabBike Hemat Bandung masih tetap menampilkan harga normal Rp23 ribu. Artinya, dengan promo, tarif GrabBike (regular) bisa lebih terjangkau dibandingkan GrabBike Hemat.

Kendati demikian, bukan berarti GrabBike Hemat akan selamanya memberlakukan tarif normal. Akan ada kondisi tertentu di mana GrabBike Hemat bisa memberlakukan harga promo yang membuatnya lebih murah dari GrabBike (regular). Jadi, pastikan untuk perhatikan tarif harga yang diberlakukan setiap kali memesan GrabBike, ya.

3. Grabbike XL

Grabbike XL

Jangan salah kaprah setelah melihat nama GrabBike XL, ya. Sebab, GrabBike XL tetap memberlakukan peraturan hanya boleh satu penumpang, dan bobot barang bawaan juga tetap tidak boleh melebihi 10 kg. Jadi, hanya karena ada nama "XL" bukan berarti boleh "bonceng tiga".

Lantas, apa makna "XL" yang ada dalam jenis layanan GrabBike XL ini? Well, penumpang kini dapat merasakan ekstra kenyamanan yang tidak disediakan jenis layanan GrabBike lain.

Jika memilih GrabBike XL, penumpang akan mendapatkan varian motor premium dengan jok motor yang lebih luas dan nyaman. Adapun beberapa jenis motor yang didapatkan adalah NMax, PCX, ADV, Aerox, Lexi, dan sejenisnya.

Adapun servis ekstra yang akan didapatkan penumpang GrabBike XL mencakup tambahan asuransi kecelakaan dengan maksimal perlindungan hingga Rp400.000.000. Penumpang juga bakal dikasih voucher sebagai kompensasi jika terjadi keterlambatan penjemputan.

Namun perlu diingat, tambahan servis ekstra tersebut hanya berlaku bagi pemesanan dari aplikasi berversi v5.292.0 ke atas. Jadi, pastikan update dulu aplikasi Anda sebelum memesan, ya!

tarif layanan grab

Oh ya, soal harga, tentu saja GrabBike XL ini tarifnya lebih mahal. Dengan jarak tempuh sekitar 9 KM dari Komplek Puri Melia Asri ke Summarecon Mall Bandung, GrabBike XL menampilkan tarif normal Rp35 ribu.

Sebagai pengingat, tarif normal untuk GrabBike (regular) dengan jarak yang sama adalah Rp32 ribu. Jadi, selisihnya cuman Rp3 ribu lebih mahal.

Seperti pada layanan lain, GrabBike XL juga kemungkinan akan memberikan harga promo yang membuatnya lebih murah.

GrabCar

Sebagai alternatif untuk mereka yang mencari kenyamanan dan privasi, GrabCar menyediakan layanan transportasi mobil dengan supir yang dapat diandalkan. Layanan ini ideal untuk perjalanan jarak menengah hingga jauh, perjalanan keluarga, atau saat pengguna membutuhkan ruang yang lebih besar untuk penumpang atau barang bawaan.

Malah menurut saya, GrabCar ini cenderung kuat secara branding sebagai taksi online dibandingkan GoCar, atau layanan pemesanan mobil online lainnya.

GrabCar menawarkan berbagai jenis kendaraan, mulai dari sedan biasa hingga mobil mewah, memenuhi kebutuhan beragam pengguna. Berikut adalah jenis layanan yang ditawarkan:

1. GrabCar (Regular)

GrabCar (Regular)Sumber: atmago.com

GrabCar (Regular) merupakan salah satu layanan yang paling sering digunakan oleh pengguna Grab untuk keperluan transportasi harian. Sebagai layanan paling standar dalam segmen GrabCar, opsi ini menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam bepergian di perkotaan, bahkan kadang ke pinggiran kota.

Dengan tarif yang lebih terjangkau dibandingkan dengan GrabCar XL, GrabCar (Regular) menjadi pilihan yang ekonomis bagi kebanyakan orang, terutama bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan dengan budget yang terbatas.

Dalam hal kapasitas, GrabCar (Regular) dapat mengakomodasi hingga maksimal 4 orang penumpang dalam satu waktu. Hal ini membuat layanan ini ideal bagi individu, pasangan, atau keluarga kecil yang ingin bepergian bersama.

Saya sendiri termasuk orang yang sering memakai layanan GrabCar reguler. Pernah sendirian atau bareng keluarga. Umumnya, saya memakai pembayaran digital OVO. Keuntungan memakai OVO, bakal ada poin yang didapatkan ketika memesan layanan di Grab. Contohnya seperti riwayat perjalanan teman saya yang sering memakai GrabCar berikut ini.

Dari gambar tersebut, terlihat kalau setiap pemesanan, ada poin yang didapatkan yang nantinya masuk ke OVO Point. Sederhannya, poin-poin ini semacam cashback karena melakukan transaksi tertentu.

Balik lagi ke soal GrabCar. Kendaraan yang digunakan dalam layanan GrabCar sangat beragam. Mulai dari Toyota Calya, Daihatsu Ayla, Honda Brio, Daihatsu Sigra, hingga Toyota Avanza. Pilihan mobil-mobil ini tidak hanya memberikan variasi namun juga menjamin kenyamanan penumpang selama perjalanan.

Proses pemesanan untuk GrabCar (Regular) juga dirancang untuk kemudahan pengguna. Dengan waktu pemesanan yang standar, pengguna dapat dengan cepat mendapatkan konfirmasi dan segera bertemu dengan driver yang akan mengantarkan mereka ke tujuan.

Sistem ini dirancang untuk efisiensi sehingga meminimalisir waktu tunggu penumpang dan memaksimalkan kepuasan pengguna. Dengan kombinasi kepraktisan, kenyamanan, dan harga yang ekonomis, GrabCar (Regular) terus menjadi pilihan favorit di antara pengguna Grab.

Selain itu, tarif yang tertera juga mencakup biaya jasa aplikasi seperti asuransi perjalanan, inovasi fitur keselamatan terbaru, pelatihan pengemudi, hingga biaya operasional lainnya.

Jika menggunakan layanan ini, Anda harus pastikan bahwa anak di bawah usia 10 tahun memiliki pendamping yang bisa menemaninya menuju tujuan. Jadi, tidak diperkenankan anak kelas 5 SD ke bawah untuk pergi sendirian pakai GrabCar.

Tarif GrabCar (regular) yang berlaku untuk menuju Summarecon Mall Bandung dari Komplek Puri Melia Asri (sekitar 9 KM) adalah Rp63 ribu. Cukup mahal? Belum tentu.

Di beberapa kesempatan, harga GrabBike (regular) bahkan bisa lebih murah dari GrabBike Hemat. Sebab, mayoritas pemesan pasti akan memilih GrabBike Hemat sehingga harganya menjadi lebih mahal (akibat demand yang tinggi). Jadi, Anda mesti fleksibel dalam memilih jenis layanan, karena GrabBike Hemat tidak selamanya lebih murah.

2. GrabCar Hemat

GrabCar Hemat

GrabCar Hemat adalah jawaban bagi Anda yang mencari solusi perjalanan ekonomis menggunakan layanan Grab. Diakui sebagai layanan yang paling ekonomis di segmen GrabCar, GrabCar Hemat menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan opsi lain seperti GrabCar (Regular) dan GrabCar XL.

Alternatif ini sangat cocok untuk pengguna yang ingin meminimalkan biaya perjalanan mereka tanpa mengurangi kenyamanan dan keamanan selama di perjalanan.

Meskipun harganya terjangkau, GrabCar Hemat tetap memberikan kapasitas yang memadai dengan maksimal empat orang penumpang per trip. Pilihan mobil yang digunakan dalam layanan ini juga luas, meliputi berbagai jenis mulai dari Toyota Calya, Daihatsu Ayla, Honda Brio, Honda Mobilio, hingga Toyota Avanza.

Fleksibilitas dalam pemilihan model mobil ini memungkinkan penumpang untuk menikmati perjalanan yang nyaman sesuai dengan kebutuhan mereka, baik itu untuk perjalanan singkat maupun lebih lama.

Namun, perlu diingat bahwa waktu pemesanan untuk GrabCar Hemat bisa jadi lebih lama dibandingkan dengan pilihan layanan lainnya, karena layanan ini memiliki banyak peminat. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh tarifnya yang ekonomis, sehingga membuatnya sangat populer di kalangan pengguna yang budget-conscious.

Bagi yang ingin memesan GrabCar Hemat, pastikan Anda tidak sedang terburu-buru. Anda juga bisa memilih untuk mulai memesan beberapa jam sebelum waktu keberangkatan untuk memastikan tidak ada waktu yang terbuang.

tarif grab

Pada kondisi tertentu, harga GrabCar Hemat bisa saja lebih mahal ketimbang GrabCar reguler. Saat mencoba memesan GrabCar Hemat dari Komplek Puri Melia Asri ke Summarecon Mall Bandung (sekitar 9 KM), harga yang tertera adalah Rp74 ribu. Hanya lebih murah Rp2 ribu dibandingkan GrabCar regular seharga Rp76 ribu (harga promo menjadi Rp63 ribu).

Tergantung dari waktu dan kondisi, bisa jadi GrabCar regular bisa jadi lebih murah lantaran ada promo. Di waktu yang sama, GrabCar Hemat bisa saja sedang tidak ada promo. Ditambah dengan tingginya demand, ini akan membuat tarif GrabCat Hemat jadi membengkak, bahkan bisa melampaui tarif GrabCar regular.

3. GrabCar XL

GrabCar XL

Berbeda dengan GrabBike XL yang tidak berbeda dengan GrabBike regular dalam hal jumlah penumpang, GrabCar XL memungkinkan jumlah penumpang yang lebih banyak.

Ya, di kala GrabCar regular dan Hemat cuman bisa muat empat penumpang, GrabCar XL ini bisa muat enam penumpang. Tak hanya itu saja, apabila jumlah penumpangnya cuman empat, Anda dimungkinkan untuk bawa barang bawaan hingga seberat 80 kg yang normalnya hanya boleh 10 kg.

Menggunakan mobil-mobil berukuran besar seperti Toyota Innova, Honda CR-V, Mitsubishi Pajero, dan Toyota Fortuner, GrabCar XL tidak hanya memberikan kenyamanan tetapi juga kemewahan dalam setiap perjalanannya.

Walaupun memiliki banyak kelebihan, waktu pemesanan untuk GrabCar XL mungkin sedikit lebih lama dibandingkan layanan lainnya. Ini karena kebutuhan untuk mencari armada yang sesuai dengan spesifikasi mobil besar.

Untuk menarik lebih banyak pengguna, Grab sering kali menyediakan promo khusus untuk layanan ini, yang menjadikannya lebih terjangkau bagi lebih banyak orang. Promo-promo tersebut berhasil membuat GrabCar XL tetap menjadi pilihan populer, meskipun dengan harga yang lebih tinggi.

Pada saat saya coba pesan, harga normal yang tertera untuk GrabCar XL (dari Komplek Puri Melia Asri sampai Summarecon Mall Bandung - 9 KM), adalah Rp86 ribu. Akan tetapi, kebetulan sedang ada promo yang memangkas harganya menjadi Rp73 ribu saja.

Sebagai perbandingan, GrabCar regular mematok harga normal Rp76 ribu dengan jarak yang sama. Harga ini menjadi Rp63 ribu setelah mengaplikasikan kupon promo. Jadi, dibandingkan GrabCar regular, Anda bisa mengekspektasikan harga Rp10 ribu lebih mahal saat memakai GrabCar XL.

GrabCar XL menurut saya lebih cocok kalau dipesan bareng teman-teman ke satu tujuan yang sama. Jatuhnya bakal lebih murah karena bisa pakai sistem urunan. Misalnya dengan tarif Rp86 ribu dari Komplek Puri Melia Asri sampai Summarecon Mall Bandung, bisa urunan masing-masing Rp15 ribu.

4. GrabCar Bareng

GrabCar Bareng

GrabCar Bareng merupakan inovasi terbaru dari Grab dalam rangka menyediakan opsi perjalanan yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan. Layanan ini memungkinkan penumpang untuk berbagi tumpangan dengan penumpang lain yang memiliki rute perjalanan yang sama.

Layanan ini memiliki keterbatasan operasional yang jelas. Misalnya, di Kota Bandung, layanan ini hanya tersedia antara jam 08:00 hingga 20:00 WIB (pukul 8 pagi hingga 10 malam WIB) untuk menjamin keamanan bersama.

Kapasitas penumpang yang dibatasi hingga maksimal dua orang perjalanan adalah salah satu langkah keamanan yang diterapkan.

Kendaraan yang digunakan dalam layanan ini beragam, termasuk Toyota Calya, Daihatsu Ayla, Honda Brio, Mitsubishi Xpander, dan Toyota Avanza, yang semuanya telah teruji kenyamanan dan keamanannya.

Waktu pemesanan untuk GrabCar Hemat bisa relatif lama karena proses harus mencocokkan rute antar penumpang yang ingin berbagi tumpangan. Sistem ini diatur untuk memaksimalkan efisiensi rute, tetapi ada pembatalan otomatis jika tidak ditemukan cocok rute dalam waktu 15 menit.

Adapun peraturan khusus lainnya turut berlaku. Yaitu, untuk satu kali pemesanan, maksimal penumpang yang diizinkan hanya dua orang. Anda pun tidak diperbolehkan melakukan perubahan titik pick up dan titik tujuan untuk memastikan rute yang dilewati adalah yang paling efektif dan efisien.

Sesuai namanya, GrabCar Bareng akan mempertemukan Anda dengan dua atau tiga penumpang lain yang tidak Anda kenal. Maka dari itu, seluruh penumpang disarankan untuk berperilaku secara sopan dan saling menghargai agar tidak menimbulkan masalah.

Dalam satu perjalanan, maksimal penumpang hanya dibolehkan sebanyak empat orang. Jika di antara empat penumpang ini terjadi tukar-tukaran kontak dan data pribadi, maka konsekuensi yang mungkin bisa timbul menjadi tanggung jawab masing-masing penumpang.

tarif grab
Tarif GrabCar Bareng lebih murah Rp16 ribu dibanding GrabCar biasa

Saya pun penasaran apakah GrabCar Bareng ini memiliki harga yang lebih murah. Saat saya coba pesan, perjalanan 9 KM dari Komplek Puri Melia Asri menuju Summarecon Mall Bandung menampilkan harga normal Rp49 ribu (menjadi Rp47 ribu karena lagi ada promo).

Harga GrabCar Bareng tersebut lebih murah ketimbang harga promo Rp63 ribu pada GrabCar regular. Lumayan, Anda jadi bisa berhemat sekitar Rp16 ribu.

GrabBike dan GrabCar telah membuktikan diri sebagai pilihan transportasi yang andal dan nyaman di tengah perkembangan dinamis kota-kota besar di Asia Tenggara.

Dengan mengutamakan kecepatan, efisiensi, kenyamanan, dan keamanan, Grab telah berhasil mengatasi banyak tantangan transportasi yang dihadapi masyarakat modern. Melalui inovasi dan komitmen terhadap layanan pelanggan, Grab terus memperkuat posisinya sebagai pemimpin di industri transportasi regional.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram