carisinyal web banner retina

3 Cara Keluar dari Grup Facebook dengan Mudah

Ditulis oleh Ananda Ganesha M
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Siapa yang tidak mengenal Facebook? Layanan pertemanan dan networking tersebut sudah lama terkenal dan memiliki banyak pengguna dari seluruh penghujung dunia. Salah satu alasan Facebook masih digemari hingga saat ini adalah keberadaan grup dan komunitas yang bisa diikuti.

Baik itu untuk keperluan hobi, mencari informasi, ataupun hal lainnya, keberadaan grup di Facebook memudahkan kita untuk memiliki waktu yang menyenangkan pada platform tersebut. Akan tetapi, ada kalanya kita ingin keluar dari grup lantaran ingin feed di Facebook terlihat lebih bersih.

Antarmuka Facebook sendiri sebenarnya cukup mudah untuk dipelajari. Namun cukup dimengerti bila tidak semua orang bisa mengulik sendiri untuk tahu caranya keluar dari grup. Oleh karena itu, saya akan beberkan langkah-langkah keluar grup Facebook dengan mudah dan praktis, yakni sebagai berikut.

Melalui Versi Web

Versi web sebenarnya bisa mengacu ke cara keluar dari grup melalui smartphone dan juga PC (bisa pakai browser di HP). Namun karena langkah-langkah web browser tidak akan berbeda dengan versi aplikasi, saya akan berikan tutorial keluar grup Facebook di web PC. Simak caranya berikut ini.

Pastikan Anda sudah masuk pada sebuah grup di Facebook dengan keadaannya sudah akun Facebook (logged in).

1. Buka grup

cara keluar dari fb grup 1_
cara keluar dari fb grup 2_

Langkah pertama, klik pada menu Groups. Ketik nama grup pada kolom pencarian, lalu tekan Enter. Sebagai contoh, saya berniat keluar grup "PC Builders Community". Grup yang memiliki Anda sebagai anggotanya akan menampilkan opsi Visit alih-alih Join. Klik pada tulisan Visit.

2. Pilih opsi leave group

cara keluar dari fb grup 3_

Klik pada menu Joined yang terletak di sisi sebelah kanan. Ketika muncul menu drop down, pilih opsi Leave group. Jendela konfirmasi akan muncul, pilih opsi Leave group sekali lagi.

cara keluar dari fb grup 4_

Apabila menu yang awalnya bertuliskan Leave group berubah menjadi Join group, tandanya Anda sudah berhasil keluar grup. Selamat!

cara keluar dari fb grup 5_

Melalui Aplikasi Facebook di HP

Pengguna Facebook juga tidak hanya dapat melakukan pengeluaran grup dari browser PC saja, melainkan lewat smartphone juga. Berikut ini langkah-langkah untuk keluar grup Facebook dari aplikasi Facebook di Android.

1. Buka menu group

cara keluar dari fb grup 6_

Buka aplikasi Facebook, log in akun Anda, lalu tap pada ikon hamburger di sisi pojok kanan atas. Lalu, tap pada menu Groups.

2. Cari group

cara keluar dari fb grup 7_

Pilih ikon pembesar gambar (ikon pencarian) di pojok kanan atas, lalu ketik nama grup yang dicari pada kolom pencarian. Sebagai contoh, nama grup yang saya niatkan untuk keluar adalah "PC Builders Community".

3. Pilih opsi leave group

cara keluar dari fb grup 8_

Tap menu Visit pada grup yang dituju, ketuk tulisan Joined lalu pilih Leave group. Pilih Leave group sekali lagi. Setelah itu akan muncul tulisan "You left the group", yang menandakan bahwa Anda sudah selesai keluar dari grup Facebook.

Melalui Aplikasi Facebook Lite

Selain menggunakan aplikasi Facebook reguler dan melalui laman web di browser, Anda juga dapat keluar dari grup Facebook melalui aplikasi Facebook Lite. Seperti namanya, aplikasi ini memiliki ukuran instalasi yang sangat kecil, yakni hingga 2 MB. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Buka menu group

cara keluar dari fb grup 9_

Buka Facebook Lite dalam kondisi terhubung dengan akun (logged in), lalu pilih ikon hamburger di pojok kanan atas dan pilih Groups.

2. Cari group

cara keluar dari fb grup 10_

Ketuk pada ikon pencarian di pojok kanan atas, lalu ketik nama grup yang dituju di kolom pencarian. Setelah itu, pilih Visit pada grup yang dimaksud.

3. Pilih opsi leave group

cara keluar dari fb grup 11_

Langkah di sini agak berbeda dengan aplikasi Facebook biasa. Ketuk pada ikon hamburger di pojok kiri atas, lalu pilih ikon tiga titik di kanan atas, kemudian pilih opsi Leave group.

Ketika ada jendela konfirmasi yang muncul, lakukan tap sekali lagi pada opsi Leave group.

cara keluar dari fb grup 12_

Selanjutnya, aplikasi akan menampilkan tulisan "Successfully left the group" sebagai pertanda sudah berhasil keluar dari grup Facebook. Mudah, bukan?

Demikianlah penjelasan tentang tiga cara keluar dari grup Facebook. Semoga bisa jadi solusi untuk Anda yang kesulitan keluar dari grup Facebook.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram