Carisinyal / Aplikasi / Tips Aplikasi / 10 Alasan Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Dibuka dan Solusinya

10 Alasan Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Dibuka dan Solusinya

Ditulis oleh

Anda aktif menggunakan media chatting whatsapp? Pernahkah Anda merasakan gangguan Whatsapp tidak bisa dibuka? Nah ,ada alasan dibalik mengapa aplikasi WA terkadang tidak dapat bekerja di HP Anda. Banyak faktor yang menyebabkan aplikasi WA tidak dapat bekerja secara optimal, namun Anda tak perlu khawatir.

Pasalnya, pada artikel Carisinyal kali ini akan membahas 10 alasan kenapa Whatsapp tidak bisa dibuka. Selain itu, Kami juga akan memberikan solusinya agar WA bisa bekerja secara normal dan Anda bisa menikmati aplikasi WA. Penasaran alasan kenapa Whatsapp tidak bisa dibuka? Berikut 10 alasannya, stay tune sampai akhir ya!

10 Alasan Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Dibuka

1. HP Sudah Tidak Support Whatsapp

Alasan kenapa Whatsapp tidak bisa dibuka yang pertama adalah HP yang Anda gunakan sudah tidak support dengan aplikasi Whatsapp. Seperti yang diketahui bahwa setiap aplikasi yang Anda gunakan pada smartphone akan selalu mengalami pembaharuan atau yang disebut dengan update.

Sistem update inilah yang mengharuskan Anda selalu mendownload versi terbaru dari WA. Nah, jika HP Anda terlalu jadul, kemungkinan aplikasi WA dengan update-an terbaru tidak akan bekerja di ponsel Anda. Lantas HP apa saja yang support aplikasi Whatsapp?

Ada beberapa HP yang sudah bisa menggunakan aplikasi Whatsapp seperti iPhone 3Gs, Nokia 5233, Nokia Asha 306, Nokia C5 03, Nokia E6, Nokia E52, dan beberapa deret HP yang masih mengusung OS Android Froyo. Untuk itu Kami menyarankan untuk mengganti ponsel dengan menggunakan HP yang memiliki OS lebih baru.

Anda tidak perlu membeli ponsel mahal untuk berbincang di WA. Pasalnya, HP seharga kisaran 2 jutaan saja sudah cukup mumpuni untuk menjalankan aplikasi Whatsapp.

2. Masalah di Whatsapp

Jika Anda merasa HP Anda masih layak menggunakan WA namun Anda tetap tidak bisa login, kemungkiknan aplikasi Whatsapp sedang error. Errornya aplikasi Whatsapp bisa saja terjadi mengingat Whatsapp juga seringkali melakukan update untuk aplikasi yang lebih baik lagi.

Namun Anda tidak perlu khawatir dengan masalah yang satu ini. Sebab, Anda masih bisa mengatasinya dengan cara menutup aplikasi Whatsapp secara paksa atau yang disebut dengan force close. Tunggulah beberapa menit, kemudian Anda bisa coba masuk lagi ke dalam aplikasi Whatsapp. Beberapa berhasil menggunakan cara ini lho.

3. Masalah di Cache Aplikasi

Masalah di Cache Aplikasi

* sumber: jalantikus.com

Selanjutnya untuk alasan kenapa Whatsapp tidak bisa dibuka yakni bermasalah pada cache aplikasi. Kemungkinan Anda membuka aplikasi WA bersamaan dengan aplikasi lainnya sehingga hal tersebut akan membuat WA akan berhenti.

Namun ketika Anda mencoba untuk menutup aplikasi WA saja dan masih tetap tidak bisa bekerja, maka solusinya Anda bisa menghapus cache aplikasi yang sedang berjalan. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu buka menu Settings –> Apps atau juga biasa disebut dengan Aplication Manager.

Kemudian Anda bisa memilih aplikasi yang ingin Anda hapus cache-nya. Setelah itu tekanlah tombol “Clear Cache.” Mudah bukan? Untuk cara menghapus Cache hingga bersih, Anda bisa membacanya di sini.

4. Masalah Pada HP

Ketika Anda sedang asyik membuka whatsapp namun sayangnya Whatasapp telah berhenti secara mendadak. Hal tersebut bisa saja terjadi ketika HP Anda mengalami masalah lagging. Hal ini juga bisa disebabkan akibat spesifikasi HP yang tidak mampu menahan banyaknya aplikasi bersamaan saat Anda sedang membuka Whastapp.

Maka dari itulah, Whatsapp secara otomatis tidak bisa digerakan atau berhenti secara tiba-tiba. Solusinya mudah, Anda bisa melakukan restart pada ponsel Anda. Setelah di-restart, secara otomatis HP Anda akan kembali seperti semula dan Anda bisa menggunakan aplikasi Whatsapp lagi. Tidak sulit bukan?

5. Aplikasi Whatsapp yang Out of Date

Aplikasi Whatsapp yang Out of Date

* sumber: sobatinfo.com

Seperti yang sudah dikatakan pada paragraf pembuka bahwa setiap aplikasi yang Anda miliki akan selalu ada waktu untuk melakukan update. Jika Anda tidak melakukan update sesuai dengan yang disarankan oleh pihak Whatsapp, maka kemungkinan Whatsapp Anda tidak akan bisa dibuka.

Maka dari itulah, Anda wajib dan harus selalu update aplikasi Whatsapp secara rutin. Biasanya akan ada pemberitahuan bahwa Whatsapp harus update dan mendownload sistem yang baru. Anda bisa mendownloadnya dan setelah itu Anda bisa menikmati WA tanpa adanya gangguan.

6. Aplikasi Bermasalah

Pernahkah Anda mengalami aplikasi bermasalah dimana Anda sudah melakukan restart, update aplikasi, bahkan menghapus cache namun WA tetap tidak bisa dibuka? Mungkin aplikasi Whatsapp yang Anda miliki sedang bermasalah. Lantas bagaimana caranya agar aplikasi WA tida bermasalah?

Caranya mudah, Anda bisa mencoba untuk menguninstall atau menghapus aplikasi Whatsapp di ponsel Anda. Setelah itu, cobalah untuk menginstall kembali aplikasi Whatsapp ke dalam ponsel pintar Anda. Kebanyakan cara ini berhasil dan sukses untuk menangani masalah pada Whastapp yang tidak bisa dibuka.

7. Masalah Pada Jaringan Internet

Untuk alasan lainnya kenapa Whatsapp tidak bisa dibuka, mungkin terletak pada masalah jaringan internet yang Anda miliki. Whatsapp merupakan aplikasi chatting dimana Anda membutuhkan akses internet untuk memanfaatkan semua fitur yang ada pada aplikasi WA.

Nah, maka dari itulah Anda harus memperhatikan jaringan internet yang Anda miliki. Jika Anda masih bermasalah tidak bisa masuk WA karena internet yang buruk, mungkin Anda bisa mencoba jaringan internet 4G atau menggunakan WiFi. Sudah banyak HP dengan jaringan 4G LTE yang murah dengan harga yang tidak mencekik.

8. Masalah Pada Router WiFi

Masih pada jaringan internet. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan WiFi sebagai jaringan internet namun Whatsapp masih tidak bisa dibuka, kemungkinan ada masalah pada WiFi. Anda bisa cek router WiFi yang Anda gunakan. Pastikan WiFi-nya terkoneksi dengan baik.

Namun, jika WiFI tidak terkoneksi internet dengan baik, maka kemungkinan Anda harus melakukan restart pada router WIFi. Anda bisa mematikan router WiFi terlebih dahulu untuk kemudian Anda nyalakan lagi. Namun biasanya Anda bisa menunggu sekitar 10 menit untuk menunggu jaringan internet kembali normal.

Jika masih memiliki masalah pada WiFi, cobalah Anda menghubungi penyedia layanan WiFI yang Anda gunakan. Bisa jadi penyedia layanan internet WiFi tersebut sedang mengalami gangguan. Jadi, Anda bisa memastikannya ke pusat layanan jaringan WiFi yang Anda pakai.

9. Memory Card yang Tidak Mencukupi

Aplikasi Whatsapp bisa jadi berhenti bekerja ketika Anda tidak memiliki ruang yang cukup dalam memory card baik untuk memori internal maupun memori eksternal. Pastikan ketika Anda ingin menggunakan aplikasi, memori yang Anda miliki harus memadai.

Memori internal memang tidak bisa diupgrade, namun Anda masih bisa menambahkan memori eksternal dengan kapasitas yang lebih besar. Dengan begitu, Anda bisa memindahkan beberapa data atau beberapa aplikasi ke memori eksternal. Jadi, HP Anda tidak terlalu berat menampung banyak aplikasi dan juga data yang Anda miliki.

10. Kartu SIM yang Error

Bagi Anda yang mengandalkan Whatsapp menggunakan kuota internet, pasti Anda snagat bergantung pad SIM Card yang digunakan. Namun terkadang Anda menemukan masalah kartu SIM yang tidak terbaca. Hal tersebut juga menyebabkan jaringan internet mati sehingga membuat aplikasi Whatsapp tiba-tiba berhenti.

Solusinya mudah saja, cobalah Anda untuk mematikan ponsel Anda. Setelah Anda mematikannya, Anda bisa copot kartu SIM yang Anda gunakan untuk kemudian bisa Anda pasang lagi ke dalam ponsel Anda. Pastikan kartu SIM yang akan Anda gunakan terpasang dengan baik di dalam ponsel Anda dan ponsel Anda bisa membaca kartu SIM.

Itu dia 10 alasan kenapa Whatsapp tidak bisa dibuka. Meski banyak alasan WA tidak bisa bekerja, namun selalu ada solusi untuk permasalahan aplikasi Whatsapp. Bagaimana, Anda berhasil mencobanya? Jika Anda memiliki solusi lainnya, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

13 Comments

  1. Dio Ananda at - Reply

    WhatsApp saya ketika dibuka tidak bisa… hp saya malah mati… gimana cara memperbaikinya..?

    • Listiorini
      Listiorini at - Reply

      Halo Dio, mungkin Anda harus update OS terbaru Android jika memungkinkan ^^

  2. Dwie at - Reply

    Wa tidak bisa di buka…sudah di hapus dan di install ulang juga tidak bisa

  3. danan at - Reply

    kode 6 digit belum juga dikirim udah 1 bulan lo…knp ini yah?

  4. priyo anggoro, st at - Reply

    sama dengan saya diminta kode 6 digit gak dikirim juga.. padahal pesan sms lain bisa aja masuk setiap waktu.. seharusnya pesan tersebut dikirim lebih aman lagi melalui Whatsapp sehingga langsung kepada kami gitu…

  5. Febry at - Reply

    Kartu saya masih aktif tapi kok gak bisa digunakan untuk membuka wa…..(no anda di blokir dari penggunaan whatsapp) kira”gmn cara mengatasinya ???

  6. Tika at - Reply

    Saya masuk dengan nomer yang telah di verifikasikan suami saya.. Setelah itu saya bisa masuk tpi setelah mencadangakn ada tulisan pencadangan di lanjutkan untuk beberapa saat.sebelum selesai login nya aplikasinya gk sengaja di hpus sama anak ku… Suami ku mau verifikasi lagi smpek sekrang msih blom masuk… Udah 3 jam…jga udah pakek wifi
    Mohon solusinya

  7. Maulida Fijriah at - Reply

    WA saya tida bisa dibukaa ,Pas diklik “Sayangnya whatshap tlh berhenti” Mluu dan seringmati.Knp yaa?Tolong bantuin dong mas mba

  8. Thia surya at - Reply

    WA saya tidak dapat dibuka. Tiap kali dibuka selalu tertulis, sayangnya WA telah berhenti.
    Trus muncul tulisan WA bermasalah tidak dapat mengakses pesan.
    Ini sering terjadi. Setiap kali terjadi, saya menghapus aplikasi WA lalu menginstal ulang.
    Tapi lama2 kan sebel soalnya dalam seminggu bisa 2 atau 3 kali terjadi.
    Tolong bantu saya ya mas, mba.
    Terimakasih.

  9. Thia surya at - Reply

    WA saya tidak dapat dibuka. Tiap kali dibuka selalu tertulis, sayangnya WA telah berhenti.
    Trus muncul tulisan WA bermasalah tidak dapat mengakses pesan.
    Ini sering terjadi. Setiap kali terjadi, saya menghapus aplikasi WA lalu menginstal ulang.
    Tapi lama2 kan sebel soalnya dalam seminggu bisa 2 atau 3 kali terjadi.
    Tolong bantu saya ya mas, mba.
    Terimakasih.

  10. Yohana at - Reply

    Kak saya sudah menginstal WhatsApp ke versi terbaru tapi pas saya mau login malah ada tulisannya play store tidak menanggapi silahkan unduh WhatsApp versi terbaru di play store

  11. Yusrina at - Reply

    Whastap saya bermasalah di vidio callnya.
    Saya tidak bisa melihat mereka Sedangkan mereka bisa melihat saya kira kira bagaimana cara memperbaikinyA

  12. M.rizqy Pratama at - Reply

    Mas,kok kenapa ya WhatsApp saya tidak dapat dipasang.

Leave A Comment