carisinyal web banner retina

Inilah Cara Menonaktifkan WA Sementara di Android dan iOS

Ditulis oleh Dian Rahmawati - Diperbaharui 7 September 2021

Notifikasi WhatsApp yang bertubi-tubi seringkali mengganggu, terlebih jika kita masih dikejar pekerjaan di hari libur. Rasanya ingin sekali menonaktifkan semua sosial media, salah satunya WhatsApp.

Keberadaan sosial media seperti Instagram, Twitter, dan WhatsApp tentu sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi sebagian orang. Namun entah karena penggunaan yang terlalu berlebihan, atau karena ada hal yang membuat kita tidak nyaman, tidak sedikit orang yang akhirnya memilih menonaktifkannya untuk sementara waktu.

Bukan berarti kita meninggalkan tanggung jawab kita terhadap pekerjaaan, namun kita juga mempunyai tanggung jawab terhadap ketenangan dan kesehatan mental kita.

Jadi tidak ada salahnya jika kamu ingin menenangkan diri, atau menghilang untuk sementara dari hiruk pikuk pekerjaan. Hanya saja WhatsApp tidak seperti Instagram, Twitter, Facebook dan sosial media lainya, yang ketika kita ingin berhenti menggunakan kita hanya perlu logout saja.

Lalu bagaimana cara menonaktifkan WhatsApp sementara, tanpa harus meng-uninstall aplikasi tersebut? Berikut ini adalah beberapa cara menonaktifkan WhatsApp sementara, bagi pengguna Android dan iPhone. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Cara Menonaktifkan WA Sementara di Android

Inilah Cara Menonaktifkan WA Sementara di Android dan iOS 1Sumber: PxHere

Bagi kamu pengguna Android, di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan WhatsApp sementara. Dengan cara ini kamu bisa menonaktifkan WhatsApp tanpa harus mematikan data internet. Ingin tau caranya? Yuk, simak langkah-langkah nya.

1. Paksa Berhenti Aplikasi WhatsApp (Force Stop)

Jika media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter bisa kita logout kapan pun sesuka hati kita, lain halnya dengan WhatsApp. Dibutuhkan cara khusus untuk bisa me-logout WhatsApp.

Daripada kamu harus repot-repot me-logout WhatsApp karena tidak ingin menerima notifikasi yang menumpuk, ada cara lebih praktis yang bisa kamu lakukan, loh! Salah satunya yaitu dengan force stop atau paksa berhenti aplikasi WhatsApp.

Dengan cara ini kamu bisa menonaktifkan WhatsApp, tanpa harus mematikan data internet. Ingin tau caranya? Yuk, simak langkah-langkah di bawah ini!

  • Masuk ke Pengaturan / Setting lalu pilih Aplikasi.
  • Pilih aplikasi WhatsApp pada menu aplikasi atau Manage Apps.
  • Pilih tombol Paksa berhenti WhatsApp.

2. Batasi Penggunaan Data Aplikasi WhatsApp

Dengan membatasi penggunaan data pada aplikasi WhatsApp, maka kamu tidak akan mendapatkan notifikasi pesan serta panggilan. Adapun langkah-langkah yang harus kamu lakukan di antaranya yaitu:

  • Buka menu Pengaturan.
  • Selanjutnya buka menu Manage Apps.
  • Pilih Mobile data lalu matikan Allow background data usage.

3. Nonaktifkan Notifikasi Melalui Pengaturan

Mendapatkan notifikasi chat yang begitu banyak dari rekan kerja, teman, atau grup yang bertubi-tubi terkadang cukup mengganggu. Jika kamu ingin cara yang simpel dan mudah, kamu hanya perlu menonaktifkan notifikasinya saja. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

  • Buka Pengaturan.
  • Masuk ke aplikasi atau System Apps lalu cari aplikasi WhatsApp.
  • Selanjutnya pilih Notification dan control center.
  • Nonaktifkan notifikasi WhatsApp.

4. Hapus data

Perlu diketahui sebelumnya dengan melakukan hapus data, tentunya data-data yang kamu miliki akan terhapus secara otomatis. Maka dari itu, ada baiknya sebelum menggunakan cara yang satu ini kamu harus memcadangkan chat dan data-data lainnya terlebih dahulu.

Dengan begitu, baik chat personal maupun dari grup, nantinya bisa kamu kembalikan seperti semula ketika kita hendak menggunakan WhatsApp lagi. Untuk mempermudah proses pencadangan data, pastikan bahwa nomor telepon yang digunakan adalah nomor telepon yang aktif.

Lalu bagaimana cara untuk melakukan hapys data? Nah, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk melakukan hapus data pada ponselmu.

  • Buka menu Pengaturan.
  • Klik pada menu Apps lalu cari aplikasi WhatsApp.
  • Pada App Info tekan tombol storage lalu akan muncul tulisan hapus atau clear data.
  • Tekan tombol Clear data dan tunggu hingga proses penghapusan selesai.

Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, akun WhatsApp-mu sudah berhasil dinonaktifkan. Dengan begitu kamu tidak akan menerima notifikasi pesan atau panggilan telepon.

Lalu bagaimana jika sewaktu-waktu kita hendak membukanya kembali? Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah membuka kembali aplikasi WhatsApp, lalu login ulang menggunakan nomor telepon yang sama.

Hanya saja jika kamu ingin menonaktifkan WhatsApp dalam jangka waktu yang sebentar, ada baiknya kamu memilih cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jadi kamu tidak perlu repot-repot mem-backup ataupun melakukan login ulang.

5. Menonaktifkan WhatsApp Menggunakan Bantuan Aplikasi

Selain menggunakan beberapa cara yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menonaktifkan WhatsApp. Di antaranya yaitu Datally, Hibernator, Pause It, Nights Keeper, game mode, do not disturb – call blocker, dan aplikasi lainnya.

Namun yang ingin Carisinyal jelaskan di sini yaitu menggunakan aplikasi Datally. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

  • Download terlebih dahulu aplikasi Dattaly di APKPure.
  • Beri akses atau izin melalui menu Pengaturan.
  • Ketuk pada bagian Manage data, lalu gulir ke bawah dan pilih menu Apps with low usage.
  • Selanjutnya cari aplikasi WhatsApp.
  • Tekan tombol slider di sebelah kanan dan ubahlah posisinya menjadi on.
  • Selesai, aplikasi WhatsApp sudah berhasil dinonaktifkan.

Lalu bagaimana caranya jika kita ingin mengaktifkan kembali akun WhatsApp yang sudah di nonaktifkan? Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

  • Masuk lagi ke aplikasi Datally.
  • Cari lah fitur data server, lalu geser kembali tombol slide ke “on”.
  • Dengan begitu WhatsApp-mu akan kembali seperti semula.

Menonaktifkan Notifikasi WA di iPhone

Inilah Cara Menonaktifkan WA Sementara di Android dan iOS 3Sumber: Pixabay

Cara menonaktifkan notifikasi WhatsApp di iPhone, sebenarnya hampir sama dengan di Android. Untuk lebih jelasnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama buka menu Setting.
  • Cari aplikasi WhatsApp, dis ana kamu akan melihat tulisan “Show notification”.
  • Nonaktifkan-lah toggle tersebut. Dengan begitu notifikasi WhatsApp-mu tidak akan muncul lagi di tampilan layar!

Itulah beberapa cara dan langkah-langkah yang bisa kamu lakukan, untuk menonaktifkan WhatsApp sementara di Android dan iPhone. Pada umumnya, baik menggunakan Android maupun iPhone sebenarnya caranya hampir sama. Kamu hanya perlu menyesuaikan letak pengaturan, atau ikon yang tersedia pada ponselmu.

Setiap orang tentunya mempunyai alasan tersendiri, mengapa ingin menonaktifkan WhatsApp sebagai saluran komunikasi. Tentu manusia membutuhkan adanya komunikasi dan interaksi sosial. Namun ada kalanya, justru penggunaan media sosial yang berlebihan akan membawa dampak tersendiri, salah satunya memicu stres.

Tidak heran jika sebagian orang memutuskan ingin menonaktifkan WhatsApp, atau media sosial lainya untuk sementara waktu, karena kita juga membutuhkan ketenangan. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu ingin menonaktifkan WhatsApp untuk sementara.

Dari beberapa cara di atas, menurutmu cara mana yang paling efektif dan mudah untuk dilakukan? Jika kamu memiliki informasi lain atau trik serta tips lainnya, jangan sungkan untuk menuliskan di kolom komentar. Semoga saja, beberapa informasi yang sudah Carisinyal rangkum diatas bisa membantumu, ya. Selamat mencoba!

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram