carisinyal web banner retina

Pengertian dan Cara Menggunakan eSIM di HP Android dan iOS

Ditulis oleh Aris Wibowo

Mengikuti perkembangan teknologi saat ini, smartphone menghadirkan desain yang kian tipis namun tetap nyaman digunakan. Sayangnya, perubahan desain smartphone ini juga berimbas pada komponen lainnya, termasuk SIM card. Hal ini terlihat dari desain fisik kartunya yang mengecil, dan kini mulai berganti dengan eSIM atau embedded SIM.

Di Indonesia sendiri, sejumlah operator seluler mulai menggunakan teknologi eSIM. Smartfren jadi yang pertama menawarkan layanan eSIM. Selanjutnya disusul Indosat. XL dan Telkomsel pun bakal turut serta hadirkan eSIM.

Hadirnya eSIM Ini seiring dengan dirilisnya sejumlah smartphone baru. Contohnya iPhone varian teranyar yang sudah mendukung eSIM. 

Dengan adanya eSIM, pengguna smartphone bisa berkomunikasi tanpa repot harus memasukkan atau mengeluarkan kartu SIM. Sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami eSIM bahkan belum tahu cara menggunakan eSIM. Kali ini tim Carisnyal sajikan soal pengertian eSIM dan cara menggunakan eSIM baik di HP Android maupun iOS

Pengertian eSIM

ESIM 1_Sumber: choosers.club

Kalau Anda perhatikan, bentuk SIM card berkembang mulai dari makro, mikro hingga nano SIM. Nah, kini muncul inovasi baru bernama eSIM. eSIM merupakan kartu SIM digital yang tidak lagi memiliki bentuk fisik.

Dengan eSIM, pengguna smartphone hanya cukup mengunduh atau scan QR Code saja tanpa repot memasang kartu fisik. Walaupun bentuknya digital, fungsi eSIM tetap sama dengan fungsi kartu SIM konvensional. eSIM juga bisa digunakan untuk menyimpan nomor kontak. Bedanya, nomor tersebut akan tersimpan dalam sistem cloud.

eSIM pertama kali digunakan di perangkat iPhone XS pada 2018 silam. Awalnya, teknologi ini menjadi solusi untuk pengguna iPhone seri baru yang ingin memiliki iPhone dual sim yakni 1 nanoSIM dan 1 eSIM.

Cara Menggunakan eSIM

Pembahasan utama artikel adalah tentang cara menggunakan eSIM. Namun, kami juga hadirkan penjelasan soal pengertian eSIM. Selain itu, kamu juga sajikan info soal kelebihan memakai eSIM serta daftar memakai eSIM. Namun, tentu setelah menyimak tentang cara menggunakan eSIM berikut ini.

1. Untuk Android

  • Masuk ke pengaturan telepon > ‘Koneksi’
  • Pilih ‘pengaturan SIM Card’ > ‘Tambahkan paket seluler’
  • Klik ‘Scan QR Code’
  • Pindai QR Code pada kartu perdana eSIM
  • Di ponsel Anda akan muncul pemberitahuan ‘Paket Selular Terdeteksi’, kemudian pilih ‘Lanjutkan’
  • Pilih saluran default yang ingin digunakan > klik ‘Lanjutkan’ atau ‘Continue’ untuk aktiviasi eSIM.

2. Untuk iOS

iphone esim_
  • Masuk ke pengaturan telepon > ‘Koneksi’
  • Pilih ‘pengaturan SIM Card’ > ‘Tambahkan paket seluler’
  • Klik ‘Scan QR Code’
  • Pindai QR Code pada kartu perdana eSIM
  • Saat muncul pemberitahuan ‘Paket Selular Terdeteksi’, kemudian pilih ‘Lanjutkan’
  • Nantinya eSIM akan mengirim kode konfirmasi. Masukkan kode tersebut.
  • Setelah terdaftar, klik ‘OK’ untuk aktiviasi.

Kelebihan Menggunakan eSIM

Seperti yang sudah disinggung di atas, eSIM memiliki sejumlah kelebihan. Salah satunya adalah bentuk kartu non-fisik. Hal ini memungkinkan kartu SIM bisa diprogram dalam perangkat smartphone. Lalu apa saja kelebihan lain menggunakan eSIM? Ini daftarnya.

1. Tidak Mudah Hilang

SIMCARD 1_Sumber: t-mobile.com

Kartu SIM jenis ini tidak mudah rusak atau hilang. Bentuk eSIM yang digital  membuat Anda tidak takut lagi kehilangan kartu SIM karena sering gonta-ganti. Pasalnya, ukuran kartu SIM fisik yang kian kecil membuat benda ini cenderung lebih mudah hilang atau rusak. 

2. Bisa Menggunakan Banyak Nomor

Dengan menggunakan eSIM, Anda bisa menggunakan banyak nomor dalam 1 smartphone. Walaupun bisa menggunakan banyak nomor, tetap saja eSIM hanya bisa digunakan satu per satu.

Pada beberapa ponsel tertentu, Anda juga bisa menggabungkan kartu SIM fisik dan eSIM untuk mempermudah kegiatan komunikasi. Anda bisa memilih untuk menggunakan satu nomor untuk bisnis dan nomor lain untuk urusan pribadi.

3. Jauh Lebih Murah dan Praktis

sim card tidak terbaca 3

Kelebihan menggunakan eSIM selanjutnya ialah, eSIM dipasarkan dengan harga yang lebih murah. Beberapa operator juga menawarkan paket data yang relatif lebih terjangkau harganya dibandingkan kartu biasa.

Seperti yang sempat diulas di atas, eSIM memiliki memori penyimpanan yang tersimpan di cloud. Hal ini membuat Anda bisa lebih praktis kala ingin berganti smartphone. Anda cukup memindahkan program eSIM saja ke HP yang baru, maka otomatis nomor kontak juga ikut pindah. Kini Anda tidak perlu lagi memindahkan nomor kontak satu per satu.

4. Keamanan Data

Hadirnya eSIM membuat sejumlah operator seluler juga melakukan peningkatan keamanan data. eSIM sudah dilengkapi sistem enkripsi dan data kredensial yang membuat nomor pengguna dapat terjaga dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kekurangan Menggunakan eSIM

Selain memiliki kelebihan, ternyata menggunakan eSIM juga memiliki kekurangan. Berikut daftarnya.

1. Aktivasi Lama

eSIM memang memiliki bentuk digital, sehingga tidak membutuhkan tempat di smartphone. Namun, karena ini bersifat digital, eSIM tidak bisa digunakan langsung. Anda membutuhkan waktu sedikitnya 15 menit setelah proses scan kode QR. Hal ini cukup mengecewakan bila dibandingkan dengan kartu SIM bentuk fisik yang bisa langsung aktif saat dimasukkan ke smartphone.

2. Mudah Dilacak

sim card tidak terbaca featured image

Karena tertanam di smartphone dan memakai sistem cloud, maka eSIM tidak mudah dihapus. Pengguna eSIM akan terus aktif di jaringan dan hal ini membuat eSIM mudah dilacak. Sementara saat menggunakan kartu SIM bentuk fisik, Anda hanya perlu melepas kartu SIM dari smartphone agar tidak bisa dilacak.

Daftar Ponsel yang Bisa Menggunakan eSIM

Berikut adalah daftar tipe HP yang sudah mendukung penggunaan eSIM. HP-HP ini berasal dari beberapa brand populer di Indonesia:

1. Apple

apple iphone 14 pro max G
  • iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max
  • iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max
  • iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max
  • iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR
  • iPhone SE 2020, iPhone SE 2022

2. Samsung

Samsung Galaxy S22
  • Samsung Galaxy S22 Ultra 5G, Samsung Galaxy S22+ Ultra 5G, Samsung Galaxy S22 5G
  • Samsung Galaxy S21 Ultra 5G, Samsung Galaxy S21+ Ultra 5G, Samsung Galaxy S21 5G
  • Samssung Galaxy S20, Samsung Galaxy S20+
  • Samsung Galaxy Note 20 Ultra, Samsung Galaxy Note 20+, Samsung Galaxy Note 20
  • Samsung Galaxy Z Flip, Samsung Galaxy Z Flip3 5G, Samsung Galaxy Z Fold3, Samsung Galaxy Z Fold2, Samsung Galaxy Z Fold

3.OPPO

OPPO find X5
  • OPPO Find X5, OPPO X5 Find X5 Pro

4. Huawei

Huawei P40 Pro_
  • Huawei P40, Huawei P40 Pro, Huawei Mate P40 Pro

Demikian bahasan tentang cara menggunakan eSIM baik untuk ponsel Android maupun iOS. Silakan pilih operator eSIM yang sesuai kebutuhan Anda. Selamat mencoba.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram