5 Cara Menghapus File Sampah di HP Samsung dengan Mudah

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Penumpukan file seringkali berpengaruh pada menipisnya kapasitas penyimpanan HP. Tak jarang, pengguna jadi kebingungan ketika mendapat notifikasi bahwa penyimpanan internal HP sudah penuh. Hal ini tentu saja bisa mengganggu aktivitas yang dijalankan dengan memakai HP.

Contohnya, jika Anda ingin menginstal aplikasi lain. Anda harus repot menghapus satu demi satu file yang ada di HP. Memang, tak sulit menghapus file pada HP Anda. Apalagi bila Anda sudah familiar dengan penggunaan perangkat elektronik ini. Namun, terkadang masih ada pengguna yang kebingungan soal cara menghapus file di HP. 

Pada kesempatan ini, saya akan mengulas tentang cara menghapus file sampah, khususnya di HP Samsung. Nah, untuk Anda yang penasaran, silakan simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Hapus File Sampah di HP Samsung via Folder My Files

Cara pertama yang akan saya bahas adalah langkah menghapus file sampah di HP Samsung via folder My Files atau File Manager. Cara satu ini terbilang sangat umum dan mudah untuk dipraktikkan. Simak ulasan berikut untuk mengetahui langkah-langkahnya.

cara hapus file sampah di hp samsung 1-1_
  • Cari folder “My Files” atau “File Manager” di HP Anda. Pada HP Samsung terbaru, cukup ketikkan “Files” di kolom pencarian aplikasi. Nanti, akan muncul rekomendasi aplikasinya. 
cara hapus file sampah di hp samsung 2_
  • Buka folder “My Files” dan cari file yang ingin Anda hapus. Sebagai contoh, saya memakai file berupa foto yang terduplikasi. Jadi, saya memilih folder “Images”. Seperti yang terlihat pada gambar di atas, ada beberapa file foto yang sama di dalam folder. Saya akan menghapus beberapa dan menyisakan satu buah foto saja.
cara hapus file sampah di hp samsung 3-1_
  • Nah, untuk menghapus file-nya, cukup centang foto-foto/file yang ingin dihapus. Tekan foto/file tersebut selama beberapa detik sampai tanda centangnya muncul.
cara hapus file sampah di hp samsung 4-1_
  • Kalau ingin menghapus semua foto/file, cukup tekan tombol bertuliskan “All” di pojok kiri atas layar. Nantinya, semua file akan terpilih secara otomatis.
cara hapus file sampah di hp samsung 6-1-side_
  • Untuk menghapus file-nya, cukup tekan ikon bergambar tong sampah di bagian bawah layar. Lalu, pilih “Move to trash” atau “Pindahkan ke tong sampah”. File akan masuk ke dalam tong sampah di HP Anda. Dari sini, Anda bisa membiarkannya selama 30 hari untuk kemudian dihapus oleh sistem secara otomatis. 
hapus file sampah samsung 10-1_
  • Bila Anda ingin menghapusnya dari folder sampah, tekan tombol titik tiga di pojok kanan atas layar, kemudian pilih “Trash”.
cara hapus file sampah di hp samsung 7-1__1
  • Anda akan dibawa ke folder berisi file sampah. Untuk menghapus file yang ada di dalamnya, silakan tekan titik tiga di pojok kanan atas layar. Lalu, pilih “Empty” untuk mengosongkan tempat sampah.
hapus file sampah di hp samsung 9__3
  • Nah, kalau Anda hanya ingin menghapus file tertentu, pilih dan tekan file-nya sampai muncul tanda centang. Lalu, tekan ikon bergambar tong sampah di pojok kanan bawah layar.

Sekadar info, file yang sudah terhapus dari folder sampah ini tak bisa dikembalikan. Jika masih ragu untuk benar-benar menghapusnya, Anda bisa mengembalikan file tersebut ke folder asal dengan menekan tombol “Restore”.

Oh iya, cara menghapus file sampah di HP Samsung ini juga berlaku untuk jenis file lain. Di antaranya aplikasi, video dan dokumen.

Cara Menghapus File Sampah di Galeri HP

Anda juga bisa menghapus file sampah di HP Samsung via Galeri HP. Caranya sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya.

cara hapus file samsung 1-side 1_
  • Buka Galeri di HP Anda. Lalu, cari album/folder sampah. Pada HP Samsung terbaru, silakan tekan ikon tiga garis di pojok kanan layar HP. 
  • Setelah itu, buka folder sampah dengan menekan ikon bergambar tong sampah bertuliskan “Trash”.
  • Dari sini, akan tampil foto-foto/video yang telah dihapus. Biasanya, file ini akan bertahan selama 30 hari sebelum akhirnya dihapus secara otomatis oleh sistem.
  • Untuk menghapus semua file sampahnya, cukup tekan ikon tiitk tiga di pojok kanan atas layar. Lalu, pilih “Empty”
  • Kalau hanya ingin menghapus sebagian file, silakan pilih dan centang file-nya. Lalu, tekan ikon bergambar tong sampah di bagian bawah layar. 

Seperti biasa, foto dan video yang telah dihapus dari folder sampah akan terhapus secara permanen. Anda tak dapat mengembalikan file-nya lagi. Namun, di luaran sana ada aplikasi untuk mengembalikan file yang terhapus. Anda bisa mengandalkan aplikasi-aplikasi tersebut.

Menghapus Cache Aplikasi di HP Samsung

Penumpukan cache akan menimbulkan residu yang akan ‘mengotori’ dan mempengaruhi kinerja HP Anda. Oleh karena itu, Anda bisa membersihkan file sampahnya supaya aplikasi bisa dijalankan dengan lancar. Cara menghapus cache di HP Samsung tidaklah sulit. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

hapus file samsung 7-1_
  • Buka menu Pengaturan di HP Anda. Lalu, pilih “Apps” atau “Aplikasi”
hapus file samsung 8-1_
  • Dari sini, cari aplikasi yang ingin Anda hapus cache-nya. Sebagai contoh, saya pilih aplikasi Alliance Shield X. 
hapus file samsung 9-1_
  • Tekan aplikasi tersebut sampai muncul informasi tentang aplikasinya. Selanjutnya, pilih “Storage” atau “Penyimpanan”
hapus file samsung 10-1_
  • Untuk menghapus cache, silakan tekan ikon bergambar sapu bertuliskan “Clear cache” atau “Hapus cache”.  Anda bisa mengulangi step ini pada beberapa aplikasi yang ingin dihapus cache-nya.

Pakai Device Care

battery device care 2-side__1

Samsung menyematkan fitur Device Care di HP terbarunya. Fitur ini bisa membantu Anda untuk mendeteksi malware dan menaikkan performa ponsel. Caranya mudah. Cukup buka Settings > Battery and Device Care > Optimize now. Device Care juga dapat membantu memantau pemakaian baterai berlebihan dan menutup aplikasi tertentu secara otomatis. 

Hapus File Sampah dengan Aplikasi 

Selain mengandalkan cara-cara di atas, ada aplikasi penghapus file sampah yang bisa Anda pakai. Saya akan merekomendasikan beberapa aplikasinya untuk Anda. Berikut daftarnya.

1. CC Cleaner

cc cleaner_

Salah satu aplikasi penghapus file sampah terbaik di Android adalah CC Cleaner. Jika Anda pengguna PC Windows, tentu sudah tak asing dengan aplikasi satu ini. CC Cleaner dapat membantu membersihkan file sampah dalam hitungan detik saja. Bahkan, cache tersembunyi pun dapat dihapus dengan mudah.

Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi CC Cleaner di HP Samsung. Setelah itu, buka aplikasinya. Lalu, tekan tombol “Quick Clean”. Jangan lupa pilih jenis file yang ingin dihapus. Kalau sudah, tekan tombol “Finish Cleaning”. Nah, barulah HP Anda bisa bersih dari file sampah yang menumpuk.

Aplikasi ini dibekali user interface simpel, sehingga mudah untuk digunakan oleh siapa saja. Ada dua jenis layanan yang bisa digunakan: gratis dan premium. Versi premiumnya ditawarkan dengan harga Rp8000-an per bulan (tagihan dikirim per tahun). Salah satu keunggulan versi premium adalah layanan bebas iklan.

2. AVG Cleaner

avg cleaner_

Selanjutnya, ada AVG Cleaner. Secara tampilan dan fungsi, aplikasi ini serupa dengan CC Cleaner. Malah, keduanya sangat mirip. Cara penggunaannya juga sama. Anda hanya perlu melakukan quick scan. Lalu, pilih jenis file sampah yang ingin dihapus.

Salah satu perbedaan AVG dan CC Cleaner mungkin ada pada harganya. AVG Cleaner versi premium ditawarkan dengan harga Rp9000-an per bulan (tagihan dikirim per tahun). Lagi, aplikasi ini juga membawa user interface yang sangat simpel, dengan tampilan super minimalis. Tak butuh waktu lama untuk menghapus seluruh file sampah di HP dengan memakai AVG Cleaner. Tertarik?

Sampai di sini pembahasan saya mengenai cara menghapus file sampah di HP Samsung. Cara mana yang menurut Anda lebih mudah untuk dipraktikkan? Silakan sampaikan pendapat Anda di kolom komentar, ya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram