carisinyal web banner retina

3 Cara Menghapus Sorotan (Highlight) di Instagram

Ditulis oleh Aris Wibowo

Instagram memiliki sebuah fitur menarik yang diberi nama ‘Highlights’ atau Sorotan. Fitur ini cukup banyak dilirik pengguna IG karena memiliki cukup banyak manfaat, salah satunya adalah untuk menampung Instagram Story agar tidak hilang.

Meskipun membuat tampilan profil IG lebih menarik, namun tak jarang Anda ingin menghapus Sorotan tersebut terutama jika sudah menumpuk terlalu banyak. Nah, di bawah ini saya coba ulas cara menghapus fitur Sorotan tersebut agar profil IG Anda menjadi lebih segar dan Sorotan lama tidak terlalu menumpuk.

1. Menghapus Sorotan Secara Keseluruhan

Berikut saya jabarkan cara menghapus Sorotan atau Highlight Instagram secara keseluruhan. Ini langkah-langkahnya:

HAPUS-SOROTAN-IG-1-1
  • Masuk ke profil IG seperti biasa. Pilih Sorotan yang hendak dihapus. Sebagai contoh, saya pilih sorotan seperti pada gambar berikut. 
  • Tekan dan tahan Sorotan tersebut sampai muncul opsi untuk menghapus dan mengedit Sorotan.
  • Klik "Delete Highlight" jika Anda ingin menghapus Sorotan tersebut. 
  • Selesai. Sorotan berhasil dihapus beserta Story di dalamnya.

2. Menghapus Sorotan Sebagian Saja

Adakalanya Anda hanya ingin menghapus sebagian Story yang ada dalam sebuah Sorotan dan menggantinya dengan Story baru. Simak cara menghapus sebagian Story di Sorotan IG berikut:

hapus-highlight-iG-3
  • Masuk ke profil IG seperti biasa. Klik Sorotan yang ingin dibersihkan Story-nya.
  • Setelah masuk, pilih Story yang akan dihapus. Pilih "Remove from Highlight". Story pun akan terhapus dari Sorotan.

3. Menghapus Melalui Menu Edit

menghapus-highlight-ig

Ada juga cara lain untuk menghapus Sorotan di Instagram yakni melalui menu edit. Pertama-tama, silakan masuk ke profil Instagram Anda. Kemudian Tekan dan tahan fitur Sorotan/Highlight milik Anda yang ingin dihapus. Nanti akan muncul opsi dan pilih "Edit Highlight".

Dalam menu edit ini, Anda bisa mengedit sampul, judul Sorotan bahkan menghapus Story. Untuk menghapus Sorotan, Anda cukup menghilangkan tanda centang pada semua Story yang ada di Sorotan tersebut.

Anda bisa menghapus satu Story saja atau semua Story dalam Sorotan ini. Klik "Done" untuk menyimpan perubahan.

Demikian pembahasan mengenai cara menghapus Sorotan di Instagram. Tentukan langkah yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya. Sebagai catatan, Sorotan yang sudah dihapus umumnya tak dapat dipulihkan kembali. Jadi, sebelum menghapusnya, silakan pertimbangkan matang-matang terlebih dulu. 

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram