carisinyal web banner retina

Gampang! Inilah Cara Scan Barcode dan QR Code di HP Android

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 8 Juni 2021

Di era digital saat ini, kita sudah tidak asing lagi bertemu baik sengaja maupun tidak sengaja dengan sebuah Barcode atau QR Code. Bagi kamu yang belum tahu istilah kedua tersebut mari kita kenali dulu bersama.

Menurut Kemenperin, Barcode merupakan suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin. Pengumpulan data diambil dari lebar garis dan spasi garis pararel atau disebut juga kode batang.

Sementara, QR Code atau Quick Response adalah sebuah dua dimensi yang dapat menyimpan banyak informasi hingga ribuan karakter alfanumerik. QR Code terdiri dari berbagai titik-titik dan suatu spasi yang telah tersusun di dalam bentuk kotak. Lalu, setiap elemen di dalamnya mempunyai maksud masing-masing.

Kedua teknologi ini membawa tugas yang sama yaitu menyimpan sebuah informasi. Keduanya juga kini dapat ditemukan dengan mudah di berbagai media massa mulai dari poster, koran, majalah, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, pernahkah terbesit di pikiranmu gimana caranya untuk memindai Barcode dan QR Code dengan sendiri khususnya melalui ponsel pintar berbasis Android?

Maka dalam kesempatan yang berbahagia ini Carisinyal akan membagikan beberapa metode untuk memindai Scan Barcode dan QR Code. Supaya tidak tambah penasaran, langsung saja simak pemaparan lengkapnya di bawah ini dan selamat mencoba!

1. Menggunakan Aplikasi Bawaan

Metode ini dapat dikatakan sangat mudah untuk memindai Barcode dan QR Code dengan catatan ponsel pintar Android milikmu telah dilengkapi dengan aplikasi bawaan seperti Scanner atau pemindai.

Nah, kali ini Carisinyal akan mencoba memindai QR Code dan Barcode menggunakan HP Xiaomi Redmi 9T. Yuk, simak bagaimana aplikasi Scanner ponsel pintar ini bekerja!

  • Langkah yang paling penting ialah memastikan kalau kamu sudah menemukan QR Code atau Barcode untuk dipindai dengan aplikasi Scanner. Sebagai contoh Carisinyal akan menggunakan sebuah QR Code untuk dilakukan pemindaian dengan aplikasi Scanner milik HP Xiaomi Redmi 9T.
  • Berikutnya, temukan dan bukalah aplikasi Scanner yang ada di ponsel pintar tersebut.
  • Kamu akan berhadapan dengan dua opsi antara lain QR Code dan Document. Lalu, pilihlah opsi QR Code.
  • Selanjutnya, fokuskan kamera utama ponsel pintar tersebut pada QR Code yang ingin kamu pindai.
  • Dalam hitungan detik, kamu akan dialihkan ke halaman hasil yang berupa sebuah tautan atau portal. Untuk mengetahui lebih lanjut informasi apa yang sebenarnya ingin disampaikan oleh QR Code, kamu bisa menekan tombol "Go to Website".
  • Setelah itu, kamu akan menuju mesin pencarian dan berkunjung ke portal dari hasil QR Code tadi. Bagaimana mudah bukan?

2. Memindai dengan Google Lens

Adapun metode lain yang dapat kamu coba untuk mengetahui informasi di balik Barcode ataupun QR Code yaitu dengan Google Lens. Baru dengar?

Jadi, Google Lens adalah salah satu teknologi image recognition besutan Google yang berfungsi untuk menampilkan informasi mengenai objek yang diindentifikasi lewat proses analisis visual atau grafis merujuk pada jaringan saraf/neural.

Lalu, bagaimana cara menggunakan Google Lens untuk memindai Barcode atau QR Code? Langsung saja perhatikan tahapannya berikut ini:

  • Sebelumnya pastikan terlebih kalau ponsel pintar milikmu support pemasangan aplikasi Google Lens. Untuk memastikan apakah ponsel pintarmu dapat memasang aplikasi Google Lens, kamu dapat mengeceknya di Play Store.
  • Apabila aplikasi tersebut muncul segeralah unduh dan pasang sebaliknya, bila tidak ada maka ponsel pintarmu belum support aplikasi ini.
  • Setelah ponsel pintarmu sudah terpasang Google Lens, bukalah aplikasi tersebut.
  • Dilanjutkan dengan membawa produk yang terlampir sebuah Barcode atau QR Code. Kali ini Carisinyal akan mencoba memindai salah satu produk krim masker.
  • Pada halaman aplikasi Google Lens, kamu akan berjumpa dengan beberapa menu antara lain Translate, Text, Search, Homework, Shopping, Place, dan Dining. Dikarenakan ingin mengetahui informasi secara umum atau general maka pilihlah opsi Search atau pencarian.
  • Kemudian, dekatkan ponsel pintar yang sudah terbuka aplikasi Google Lens pada Barcode produk.
  • Tidak lama, secara otomatis aplikasi tersebut akan fokus pada Barcode dan tekan ikon lup yang bernama "Tap the shutter button to search".
  • Voila! Selanjutnya akan muncul beberapa informasi mengenai produk tersebut dari Google.

3. Memasang Aplikasi QR & Barcode Scanner

Apabila ponsel pintarmu tidak mempunyai aplikasi bawaan pemindai dan tidak bisa menggunakan Google Lens maka ada metode lain untuk memindai QR Code dan Barcode yaitu dengan memasang aplikasi bernama QR & Barcode Scanner.

Aplikasi besutan Gamma Play ini telah diunduh oleh 1,5 juta pengguna ponsel pintar di seluruh dunia. Aplikasi pemindai ini mampu memindai segala jenis atau bentuk QR Code dan Barcode mulai dari text, url, ISBN, produk, kontak, kalendar, surat elektronik, lokasi, bahkan Wi-Fi. Lalu, bagaimana langkah-langkah menggunakan aplikasi ini? Simak pembahasannya berikut ini:

  • Tahapan awal yang paling penting adalah mengunduh terlebih dahulu aplikasi QR & Barcode Scanner di Play Store atau di sini.
  • Setelah mengunduh berikan akses pemasangan pada ponsel pintar milikmu. Kemudian, dilanjutkan dengan membuka aplikasi tersebut.
  • Pada halaman aplikasi tersebut, kamu akan menjumpai beberapa menu mulai dari flash, zoom in, zoom out, gambar, pindai, pindai gambar, menciptakan QR, pengaturan, dan masih banyak lagi.
  • Untuk kesempatan ini Carisinyal akan mencoba memindai barcode dari sebuah produk.
  • Dekatkan sensor kamera pada Barcode produk tersebut. Lalu, secara otomatis akan keluar hasil berupa deretan angka.
  • Selain itu, kamu juga akan disuguhkan beberapa menu mulai dari Web Search, Share, Copy, dan Shop Now.
  • Pilihlah Web Search untuk mengetahui informasi lebih lanjut dari Barcode produk tersebut.
  • Kemudian, secara otomatis kamu akan dialihkan ke mesin pencarian dengan menunjukkan informasi terkait produk tersebut.

4. Mengunjungi Barcode Reader

Jika ketiga metode di atas tidak bisa diimplementasikan karena alasan spesifikasi ponselmu kurang mendukung, kamu tetap masih bisa memindai QR Code dan Barcode melalui sebuah situs bernama Online Barcode Reader. Langsung saja simak langkah-langkahnya di bawah ini:

4 Barcod Reader a
  • Pertama kamu harus membuka mesin pencarian seperti Google Chrome, Mozilla, dan sejenisnya di ponsel atau laptop.
  • Langkah kedua dilanjutkan dengan mengetik Online Barcode Reader di kolom pencarian atau klik tautannya di sini.
  • Di halaman portal tersebut kamu akan berhadapan dua pilihan yaitu mengunggah data (QR Code atau Barcode) atau memasukan sebuah URL. Kali ini Carisinyal akan meng-input sebuah poster QR Code pada portal tersebut.
4 Barcode Reader b
  • Setelah poster berhasil diunduh, kliklah tombol Start.
  • Tunggulah proses pemindaian sampai selesai.
  • Tidak lama maka kamu akan mendapatkan hasilnya dalam berupa tautan dan kamu dapat mengunjungi tautan tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memindai Barcode dan QR Code di ponsel pintar berbasis Android. Apakah kamu punya cara lain untuk memindai Barcode dan QR Code? Jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar yah!

Terakhir, jangan lupa untuk selalu mengikuti Carisinyal supaya kamu tidak ketinggalan informasi seputar perkembangan teknologi.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram