10 Aplikasi Scan Barcode untuk Pengguna Android dan iPhone

Ditulis oleh Siti Hasanah

Barcode atau kode batang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Saat kita berbelanja di supermarket, barang-barang yang dijual umumnya ditempeli barcode. Kode ini memudahkan kita ketika akan mengecek harga barang. Kita akan mengetahui harga barang apapun yang memiliki barcode.

Selain barcode, kita juga mengenal QR Code atau Quick Response Code. Ternyata Kode QR juga adalah sejenis barcode. Seperti barcode, Kode QR juga berisi informasi yang dapat dibaca mesin mengenai item yang dilampirkan.

Sekarang ini telepon pintar yang dijual di pasaran memiliki kemampuan untuk membaca barcode atau Kode QR menggunakan aplikasi tertentu. Apa saja aplikasinya? Ini jawabannya.

1. NeoReader

NeoReader

* sumber: www.appsapk.com

NeoReader merupakan pembaca Kode QR universal yang bisa memindai semua jenis barcode standar, seperti Kode QR Data, Matrix, EAN, Kode Aztec, UPC, PDF 417, dan Kode 128. Aplikasi ini dianggap sebagai pemain papan atas di antara aplikasi pemindai Kode QR terbaik untuk Android dan iPhone.

Aplikasi ini dapat mendeteksi tipe barcode secara otomatis juga memindai Kode QR dari segala arah. Pengguna bisa membuat Kode QR sendiri dan membagikannya menggunakan SMS, email, Twitter atau Facebook. NeoReader menyimpan riwayat pemindaian Kode QR untuk referensi di masa mendatang.

NeoReader mendukung pemindaian memakai kamera depan dan belakang. Untuk URL eksternal, aplikasi mengkonfirmasi situs web sebelum mengunjungi situs tersebut. Aplikasi ini mudah sekali untuk digunakan. Satu klik dan pengguna akan diarahkan ke halaman web khusus.

2. QR Droid Private dan QR Droid

QR Droid Private dan QR Droid

* sumber: apkpure.com

Pengembang DroidLa telah mengembangkan aplikasi QR Droid Private dan QR Droid. Yang menjadi satu-satunya pembeda di antara keduanya yaitu jumlah izin yang diperlukan untuk bisa menggunakan aplikasi di mana QR Droid Private membutuhkan izin lebih sedikit dibandingkan QR Droid.

Dengan QR Droid pengguna bisa membuat Kode QR untuk berbagi kontak, bookmark, jalur lokasi, dan aplikasi yang dipasang. Untuk mengatur dan mengakses riwayat pemindaian Kode QR dibantu oleh fungsi sortir dan grup dari aplikasi ini.

Aplikasi ini dilengkapi dengan widget QR Droid agar bisa melakukan akses on-screen secara instan. Kebanyakan telepon pintar sudah mendukung pemindaian Kode QR asli. Konsumen dengan telepon versi lama bisa menggunakan aplikasi pemindai QR untuk bisa akses konten yang terhubung dengan Kode QR.

3. QR & Barcode Scanner

QR & Barcode Scanner

* sumber: www.amazon.co.uk

Aplikasi ini merupakan aplikasi pemindaian barcode lainnya yang memungkinkan pengguna untuk bisa mendapatkan hasil pemindaian dengan cepat. Tak hanya bisa mengungkap detail kode, aplikasi ini juga dapat mengarahkan pengguna ke halaman web, lokasi, detail Wi-Fi, juga informasi produk yang lengkap.

Ada juga elemen belanja yang menempel pada aplikasi ini. Ketika pengguna memindai barcode produk, aplikasi ini bisa menunjukkan harga online langsung dari beberapa pengecer untuk membantu pengguna menentukan pilihan.

Selain itu, QR & Barcode Scanner juga bisa membantu pengguna menghemat banyak uang melalui belanja online. Aplikasi ini memiliki fungsionalitas yang sederhana. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi, mengarahkan kamera ke kode, dan hanya itu saja.

Pengguna juga bisa mengecek riwayat pemindaian agar dengan cepat bisa kembali ke barang yang telah dipindai sebelumnya. Yang terbaik dari aplikasi ini adalah tidak berbayar alias gratis untuk diunduh, tapi ada iklannya.

4. ShopSavvy

ShopSavvy

* sumber: gallery.mobile9.com

Aplikasi ini, seperti namanya, memiliki fitur belanja bawaan, membuatnya menjadi salah satu aplikasi terbaik untuk penggemar belanja online. ShopSavvy bisa dipakai untuk memindai kode di belakang produk serta memberikan informasi mengenai produk tersebut.

Tak hanya hasil, pelanggan juga mendapatkan pandangan komprehensif mengenai ketersediaan produk di gerai ritel online dan tentu dengan harganya. Aplikasi ini membantu pengguna membandingkan produk dari beragam pengecer dan mendapatkan opsi terbaik tanpa harus meninggalkan aplikasi.

Lebih lanjut, para pengembang aplikasi ini menyebutkan bahwa mereka memiliki basis data pengecer, harga terbesar, dan produk, yang memungkinkan pembeli mendapatkan penawaran terbaik untuk hampir setiap produk setiap saat.

Selain mencari produk melalui barcode atau QR, ShopSavvy juga memungkinkan pengguna mencari dengan kata kunci, sehingga membantu mereka memperluas kemampuan pencariannya. ShopSavvy merupakan aplikasi gratis di Play Store tapi tentu di sana muncul iklan.

5. Goodreads

Goodreads

* sumber: www.goodreads.com

Bagi para pencinta buku, Goodreads menawarkan kemampuan untuk memindai hampir seluruh buku yang dapat ditemukan di dunia untuk bisa mendapatkan ulasan serta informasi lain di dalamnya. Pengguna juga bisa melihat harga buku di layanan online.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram