carisinyal web banner retina

Tutorial Cara Membuat QR Code Sendiri dengan Mudah

Ditulis oleh Jihan Fauziah

QR Code atau yang bisa disebut dengan kode QR merupakan teknologi evolusi dari barcode atau yang disebut dengan kode batang. Awalnya, kode batang sendiri mengusung satu dimensi. Sedangkan QR Code mengusung dua dimensi.

Saat ini, masyarakat Indonesia juga sudah marak menggunakan QR Code untuk keperluan bisnis, transaksi, ataupun registrasi. Kemudahan dari QR Code ini juga bisa Anda ciptakan sendiri. Maka dari itu, kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat QR Code.

Membuat QR Code Secara Online

QR Code Generator bisa dibilang sebuah teknologi yang menyediakan jasa untuk membuat QR Code. Salah satu situs yang populer adalah GOQR.me. Berikut langkah-langkah pembuatan QR Code dengan situsnya:

1. Pilih tipe QR Code

membuat qr code 1

Pertama, silakan masuk ke halaman GOQR.me lalu pilih tipe QR Code yang ingin dibuat. Ada 9 tipe QR Code-nya. Beberapa di antaranya adalah website/url, text, kontak, SMS, telepon, atau lokasi.

Di sini saya akan mendemonstrasikan QR Code dengan tipe url. Maka, saya mengklik tipe url seperti pada gambar berikut.

2. Masukkan link

membuat qr code 2

Cukup copy-paste tautan yang akan dibuat QR Code seperti pada gambar di bawah. Situs akan langsung membuatkan QR Code.

3. Tes QR Code yang sudah dibuat

membuat qr code 3

Selanjutnya, silakan tes QR Code yang sudah dibuat tersebut. Saya coba scan kodenya di live preview yang muncul di sebelah kanan layar dan berhasil. QR Code tersebut membawa saya ke laman Carisinyal.

4. Download QR Code

membuat qr code 3

Kalau sudah berhasil, tinggal unduh QR Code-nya. Tekan tombol "Download" tepat di bawah QR Code.

Setelah mengklik "Download” maka akan muncul beberapa pilihan. Di kotak dialog, kita bisa mengubah warna dan ukuran QR Code. Setelah merasa cukup, silahkan langsung klik salah satu pilihan dari “Download QR Code as".

Terdapat beberapa pilihan untuk mendownload QR Code yang sudah dibuat. Anda bisa memilih dengan format PNG, JPEG, SVG, atau EPS. Langsung klik di format yang diinginkan.Sebagai contoh, saya unduh QR Code-nya dalam format PNG.

Selesai! Oh iya, seperti keterangan di situsnya, Anda bisa pakai QR Code ini secara gratis. Tak terkecuali untuk keperluan komersil.

Membuat QR Code di Android

Ada cara lain dalam membuat QR Code secara mudah. Jika Anda mengunjungi Google Play Store, Anda menemukan aplikasi yang dinamakan dengan QR Code Generator. Aplikasinya bisa digunakan secara gratis, tapi menampilkan iklan selama saya gunakan. Kalau penasaran, begini cara buat QR Code-nya:

1. Pilih tipe QR Code

membuat qr code 4

Masuklah ke dalam aplikasi QR Code Generator. Tap pada bagian yang diberi kotak merah. Anda akan dihadapkan dengan beragam tipe konten untuk QR Code. Sebagai contoh, saya memilih tipe url. Kalau Anda, silakan sesuaikan jenisnya, ya.

2. Generate QR Code

membuat qr code 5

Setelah itu Anda bisa menuliskan link yang ingin Anda buatkan QR Code. Lalu, Anda bisa menekan tombol yang diberi tanda panah di bagian kanan atas.

Setelahnya, secara otomatis QR Code muncul dan bisa langsung Anda simpan dengan menekan ikon save. Kini Anda berhasil membuat QR Code sendiri.

Nah berikut tadi adalah cara membuat QR Code sendiri dengan mudah dan praktis. Anda tidak perlu repot meng-copy link. Buat saja QR Code dan bagikan QR Code kepada orang lain. Mudah bukan? Anda berhasil melakukannya?

Oh iyaselain tutorial membuat QR Code, ada pula cara membuat barcode dengan mudah. Jangan lupa simak artikelnya, ya. Selamat mencoba!

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram