Carisinyal / Barcode / Tutorial Cara Membuat QR Code dengan Mudah dan Praktis

Tutorial Cara Membuat QR Code dengan Mudah dan Praktis

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Agustus 2018

QR Code atau yang bisa disebut dengan kode QR merupakan teknologi evolusi dari barcode atau yang disebut dengan kode batang. Awalnya, kode batang sendiri mengusung satu dimensi. Sedangkan QR Code mengusung dua dimensi.

QR Code sendiri sangat sering digunakan oleh Negari Sakura, Jepang. Mereka percaya bahwa QR Code memiliki kemampuan yang lebih canggih dibandingkan dengan barcode. QR Code tercatat mampu untuk menyimpan data yang lebih besar dibandingkan dengan barcode.

Namun saat ini Indonesia sendiri pun juga sudah mengusung QR Code untuk keperluan bisnis ataupun registrasi. Nah, tahukah Anda bahwa QR Code bisa dibuat sendiri? Kemudahan dari QR Code ini juga bisa Anda ciptakan sendiri lho. Maka dari itu, kali ini Carisinyal akan membahas bagaimana cara membuat QR Code. Ingin tahu juga? Yuk cek artikel Carisinyal ini sampai akhir.

Sejarah QR Code

Sejarah QR Code

* sumber: kuwaitiful.com

QR Code pertama kali diusung oleh sebuah Corporation bernama Denso Wave. Denso Wave Corporation berhasil mempublikasikan teknologi QR Code pertama kali pada tahun 1994. Denso Wave sendiri merupakan perusahaan Jepang yang ingin membuat alat pindai dengan respon yang cepat.

Maka dari itulah, mereka membuat alat pindai QR. QR sendiri merupakan singkatan dari quick response atau respon cepat. Sesuai dengan singkatannya, QR Code diharapkan mampu menyampaikan informasi dengan cepat juga meresponnya secara cepat.

Fungsi awal dari QR Code sendiri dimanfaatkan sebagai pelacakan kendaraan bagian manufaktur. Namun saat ini, QR Code memiliki fungsi yang lebih luas. Jika Anda perhatikan, Jepang sangat mengandalkan QR Code untuk mempermudah segala aktivitas.

Hampir setiap ponsel selular yang ada di Jepang memiliki tekonologi QR Code untuk memudahkan promosi produk, jasa, ataupun perdangan lainnya. Sedangkan di Indonesia, QR Code pertama kali digunakan oleh KOMPAS agar para pembacanya lebih mudah untuk mengakses berita, memberikan komentar atau memberikan masukan kepada KOMPAS.

Fungsi dan Manfaat QR Code

Di bagian sejarah QR Code sudah dipaparkan sekilas mengenai fungsi dan manfaat dari QR Code yakni menyimpan data dan mempermudah akses. Untuk fungsi dari QR Code bisa dibagi ke dalam dua macam yakni berfungsi sebagai komersial dan juga sebagai kepentingan umum.

1. QR Code Untuk Komersial

QR Code Untuk Komersial

* sumber: royananda.blogspot.co.id

Untuk kepentingan komersial ini bisa dijadikan ajang promosi produk, jasa, ataupun periklanan lainnya. Seperti yang diketahui QR Code mengefesiensikan kemudahan dalam menyimpan dan mengakses data. Contohnya ada iklan yang mengirimkan QR Code saja. Jika Anda memindai QR Code tersebut maka secara otomatis Anda akan masuk ke halaman situs iklan tersebut.

Hal tersebut pernah digunakan oleh penyanyi asal Inggris yakni Pet Shop Boys di tahun 2007. Mereka memanfaatkan kode QR agar orang-orang memindai kode tersebut dan langsung diarahkan ke situs sang penyanyi.

Juga, QR Code pernah digunakan untuk pemasaran Movie 9. Saat itu, para pelanggannya diberikan kartu yang menampilkan sebuah kode QR. Nah, cukup dengan pindai QR Code, maka pelanggan bisa langsung mengakses filmnya secara cepat.

2. QR Code untuk Kepentingan Umum

QR Code Untuk Kepentingan Umum

* sumber: hmjmfeunsoed.wordpress.com

Tahukah Anda bahwa QR Code bisa membantu untuk keamanan makanan? Di Jepang, salah satu fungsi QR Code untuk menampilkan kandungan nutrisi dan masa kadaluwarsa makanan. Jadi, Jepang menerapkan kode QR yang bisa dipindai. Ketika Anda memindai kode QR yang ada pada kemasan makanan, maka secara otomatis Anda bisa mengetahui kandungan yang ada pada makanan.

Hal tersebut digunakan oleh salah satu tempat makan McDonald di Jepang. Ada sekitar 19 jenis roti isi atau sandwich yang dibubuhkan oleh teknologi kode QR. Kode tersebut mampu dipindai dan akan menampilkan informasi alergi, jumlah kalori, serta nutrisi yang ada pada sandwich.

Tak hanya digunakan untuk mengetahui nutrisi makanan, Anda juga bisa mengetahui posisi bus dengan menggunakan QR Code. Ketika Anda sedang menunggu bus di halte maka terdapat sebuah kode QR yang dapat dipindai. Kode QR tersebut akan menampilkan posisi bus yang sedang Anda tunggu. Jadi, QR Code benar-benar bermanfaat dan sangat membantu para manusia.

Cara Membuat QR Code Secara Online

Nah, saat ini Anda sudah memahami mengenai kode QR beserta fungsi dan manfaatnya. Kini Anda juga bisa lho membuat QR Code sendiri. Pasalnya, cara membuat QR Code pun tergolong mudah. Banyak sekali situs pembuat QR Code dengan mudah hanya dengan melakukan copy paste link website ataupun link yang akan dibuatkan kode QR.

Cara yang satu ini cukup mudah. Anda bisa membuat QR Code secara online. Ada beberapa situs penyedia dalam membuat QR Code. Anda bisa cek dan kunjungi situs atau web yang menjadi penyedia jasa membuat QR Code. Tidak ribet lho, cukup ikuti cara membuat QR Code berikut ini:

1. Pilih QR Code Generator yang Cocok untuk Anda

Ada empat situs atau website yang menjadi QR Code Generator. QR Code Generator bisa dibilang sebuah teknologi yang menyediakan jasa untuk membuat QR Code. Anda bisa mengunjungi situs Kaywa, GOQR.me, Visualead, dan QR Stuff. Semua QR Code Generator sebut memiliki fasilitas yang membebaskan Anda untuk mendapatkan kode QR yang unik.

2. Buat QR Code-nya dan Masukan Link

Anda ingin membuat QR Code dengan bentuk yang menyerupai logo brand Anda sendiri? Anda bisa membuatnya dengan 4 QR Code Generator yang telah disebutkan sebelumnya. Atau Anda ingin menunjukan QR Code sebagai gambaran website Anda? Tentu saja bisa. Begini cara membuat QR Code dengan mudah. Di sini, Kami akan memberikan tutorial menggunakan GOQR.me :

  • Langkah Pertama

    1 GOQR cara membuat qr code

Anda bisa masuk ke halaman GOQR.me dengan klik di sini. Setelah itu GOQR akan menampilkan halaman utama seperti gambar di bawah ini. Ada tiga step yang harus lakukan untuk membuat QR Code di GOQR ini.

2 GOQR

Pertama Anda bisa memilih tipe QR Code yang ingin dibuat. Ada 9 tipe QR Code beberapa di antaranya adalah website/url, text, kontak, SMS, telepon, atau lokasi. Di sini kami akan mendemonstrasikan QR Code dengan tipe url. Maka, Kami akan mengklik tipe url seperti di gambar di atas.

  • Langkah Kedua

    3 GOQR

Langkah berikutnya adalah memasukan link url yang Anda ingin buat kode QR-nya. Anda hanya perlu melakukan copy paste untuk link website atau url Anda.

  • Langkah Ketiga

    4 GOQR

Setelah Anda selesai memasukan link, maka Anda bisa masuk ke tahap selanjutnya yakni Live Preview. Pada bagian ketiga ini, Anda bisa langsung mengklik “Download.”

  • Langkah Keempat

    5 GOQR

Setelah mengklik “download” maka akan muncul beberapa pilihan. Anda bisa mengubah warna QR Code, mengubah ukuran QR Code dan lainnya. Setelah Anda merasa cukup, silahkan langsung klik salah satu pilihan dari “Download QR Code as.”

Terdapat beberapa pilihan untuk mendownload QR Code yang sudah dibuat. Anda bisa memilih dengan format PNG, JPEG, SVG, atau EPS. Langsung klik di format yang diinginkan.

3. Tes Keberhasilan QR Code yang Telah Dibuat

Setelah beberapa tahap dan Anda berhasil membuat QR Code sendiri, maka selanjutnya adalah mengetes keberhasilan QR Code yang telah dibuat. Anda bisa menggunakan “Google search by Image” atau Anda bisa menggunakan aplikasi QR Code Reader & Scanner, download aplikasinya di sini.

Namun biasanya mengetes QR Code dengan “Google Search by Image” seringkali mengalami kegagalan. Meskipun begitu, Anda masih bisa menggunakan aplikasi QR Code Reader yang telah Kami rekomendasikan sebelumnya. Bagaimana, apakah QR Code yang Anda buat berhasil? Sangat mudah untuk cara membatu QR Code, bukan?

Cara Membuat QR Code di Android

QR Code Generator

Ada cara lain dalam membuat QR Code secara mudah. Jika Anda mengunjungi PlayStore, maka Anda menemukan aplikasi yang dinamakan dengan QR Code Generator, klik di sini untuk mendownload aplikasinya. Cara membuat QR Code dengan menggunakan aplikasi di Android juga sama-sama gampang seperti membuat QR Code secara online. Begini caranya:

1. Masuklah ke dalam aplikasi QR Code Generator. Kemudian Anda akan dihadapkan dengan beragam tipe konten untuk QR Code. Di sini, Carisinyal akan memilih tipe URL. Maka, Anda bisa mengklik tulisan “URL.”

1 QR Code Generator

2. Setelah itu Anda bisa menuliskan link URL yang ingin Anda buatkan QR Code. Jangan lupa untuk menuliskan “Tittle” yang berada di bawah link URL. Kemudian, Anda bisa menekan kata “GENERATE” yang ada di bagian kanan atas.

2 QR Code Generator

3. Setelah Anda melakukan GENERATE, maka secara otomatis QR Code muncul dan bisa langsung Anda save. Kini Anda berhasil membuat QR Code sendiri. Silahkan cek keberhasilannya dengan menggunakan aplikasi QR Code Reader & Scanner.

3 QR Code Generator

Nah berikut tadi adalah cara membuat QR Code sendiri dengan mudah dan praktis. Anda tidak perlu repot untuk mengcopy link untuk dibagikan kepada orang lain. Buat saja QR Code dan bagikan QR Code kepada orang lain. Mudah bukan? Anda berhasil melakukannya?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

7 pemikiran pada “Tutorial Cara Membuat QR Code dengan Mudah dan Praktis”

  1. Terima kasih, Informasinya sangat bermanfaat, lugas dan jelas.

  2. Comment…thank’$ sangat membantu..

  3. mantap infonya….. saya mau tanya, apa QR Code ini bisa juga digunankan untuk pengaman / legalitas sebuah kartu ID Card

  4. Wah makasih de.. sangat bermanfaat..

Tinggalkan komentar