carisinyal web banner retina

Cara Mudah Update Software di HP itel

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu melakukan update software pada HP itel. Yang pertama adalah untuk memastikan tersedianya fitur-fitur baru. Kedua, untuk memperbaiki bug yang mungkin Anda rasakan saat menggunakan ponsel.

Ketiga, melakukan update software juga diperlukan untuk meningkatkan keamanan ponsel secara keseluruhan. Baik itu menjaga data rahasia pribadi di HP maupun menghadang orang jahat membobol m-Banking, menggunakan versi software terbaru akan bantu kita terhindar dari hal-hal tak diinginkan.

Masalahnya, tidak semua orang tahu caranya melakukan update software di HP itel. Jangan khawatir, karena saya akan memberitahukan langkah-langkah yang tepat dan mudah agar software ponsel itel Anda ter-update ke versi terbaru.

Untuk tutorial kali ini, saya mengetesnya dengan perangkat itel RS4. Cek langsung langkah-langkahnya berikut ini.

1. Akses Menu "System Update" dari Pengaturan

itel update software

Mayoritas aspek yang bisa diatur pada sebuah smartphone terletak di menu pengaturan, atau yang biasa disebut Settings. Untuk membuka menu pengaturan, lakukan swipe down dari ujung atas layar untuk membuka panel Quick Settings. Lalu, tap pada ikon berbentuk di jajaran pojok kanan atas.

Setelah masuk ke menu pengaturan, scroll sampai paling bawah lalu pilih menu System. Sehabis itu, lakukan tap pada menu System update.

2. Lakukan Update Secara Online

itel update software

Cara paling mudah melakukan update adalah melalui OTA alias over the air. Itu artinya, Anda perlu mengaktifkan data internet. Sebelum melakukan update, saya sarankan Anda melakukan/memerhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pastikan perangkat Anda tidak dalam kondisi ter-root. Melakukan update pada HP yang ter-root bisa membuat HP nge-crash.
  • Pastikan baterai cukup sebelum memulai, minimal 40 persen. Di bawah itu, wajib sambil colok charger
  • Sisakan ruang yang cukup pada memori internal, setidaknya 2-3 GB
  • Gunakan data Wi-Fi dengan sisa kuota yang cukup, ekspektasikan penggunaan data hingga 3 GB untuk berjaga-jaga
  • Durasi update tergantung pada kecepatan internet. Kecepatan 10 Mbps mungkin akan menghabiskan waktu update software sekitar 40 menit (asumsinya ukuran file adalah 3 GB)
  • Ada kemungkinan update yang tersedia hanya berukuran kecil, misalnya tidak sampai 1 GB. Kalau ini kasusnya, durasi update tidak akan makan waktu lebih dari beberapa menit

Jika sudah siap, tap pada tulisan Online Update untuk memulai pembaharuan versi software. Bila muncul laman Installation Paused, tekan tombol Resume.

3. Hal yang Bisa Dilakukan saat Muncul Error

itel restart

Tidak semua proses berjalan mulus, kadang ada hal mengganggu yang bikin proses update jadi eror. Cara perbaikinya? Simak hal-hal berikut ini.

  • Anda bisa coba mengganti jaringan, kalau-kalau ada masalah pada jaringan yang Anda gunakan
  • Cek kembali apakah masih ada aplikasi di latar belakang yang berjalan
  • Lakukan restart

Dalam kasus saya, eror berhasil diatasi setelah melakukan restart. Saat saya coba update software untuk kedua kalinya, proses berjalan tanpa kendala.

4. Lakukan Restart Setelah Update Selesai

itel update software

Selain menunggu update selesai diunduh, sistem juga perlu melakukan instalasi update yang bisa makan waktu. Durasinya tergantung dari seberapa besar update yang dilakukan.

Setelah instalasi update selesai, akan muncul laman yang meminta Anda melakukan restart terhadap smartphone. Lakukan tap pada Restart now untuk memulai restart.

Setelah restart, Anda bisa coba cek fungsi-fungsi yang ada pada smartphone. Ini guna mengetahui apakah ada bug setelah update yang membuat fungsi smartphone jadi menurun, misalnya seperti Wi-Fi yang tidak menyala, aplikasi yang sering keluar tiba-tiba, kecepatan internet menurun, dan sebagainya.

itel update software

Jika semua sudah dicek dan fitur-fiturnya berjalan normal, tandanya tidak ada masalah. Anda pun bisa mengecek kembali apakah HP itel Anda sudah berada di versi software yang paling baru. Jika ada tulisan Your system is up to date, tandanya Anda sudah berhasil meng-update versi software ponsel. Semoga berhasil!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram