carisinyal web banner retina

Ini Dia Kumpulan Cheat dan Tips Devil May Cry 3 (PS2)!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 10 Agustus 2021

Apakah kamu pencinta game hack and slash sejati? Jika iya, kamu tidak boleh melewatkan kesempatan untuk memainkan game legendaris Devil May Cry 3: Dante's Awakening yang hadir untuk konsol PlayStation 2.

Game ini dirilis pertama kali pada tahun 2005 di Jepang dan Amerika Serikat, dan merupakan sebuah prequel dari game Devil May Cry yang pertama. Game ini berlatar satu dekade sebelum seri pertama Devil May Cry, mengisahkan seorang pemburu iblis bernama Dante yang harus menjawab tantangan yang diberikan saudaranya, Vergil.

Karakter Dante pada waralaba Devil May Cry banyak mencuri perhatian dunia game berkat sifatnya yang cocky serta memiliki kemampuan-kemampuan supernatural. Selain itu, banyak yang memuji gameplay dari seri Devil May Cry karena tingkat kesulitannya yang tinggi serta menantang.

Devil May Cry 3: Dante's Awakening yang merupakan besutan Capcom ini nampaknya hanya dapat dinikmati oleh pemain dengan skill motorik tinggi, karena berfokus pada aksi berpacu cepat yang sekaligus mengharuskan kamu untuk memberikan input kombo yang rumit.

Tapi jika kamu selalu gagal mengalahkan demon atau bos tertentu pada game ini, jangan khawatir. Carisinyal akan membantumu dengan cara membeberkan cheat-cheat yang bisa membantumu dalam mengalahkan lawan. Kami juga akan memberikan trik untuk meng-unlock beberapa hal dalam game ini.

Unlockables pada Devil May Cry 3 (PS2)

Ini Dia Kumpulan Cheat dan Tips Devil May Cry 3 (PS2)! 1Sumber: cnet.com

Devil May Cry tidak hanya menyuguhkan satu mode saja, melainkan ada banyak. Mulai dari mode dengan tingkat kesulitan tertentu, juga hal-hal lain yang layak di-unlock seperti kostum dan ending tambahan. Berikut ini adalah daftar unlockable yang bisa kamu dapatkan di Devil May Cry 3: Dante's Awakening.

1. Easy Mode

Mengingat nature game ini yang begitu sulit dimainkan, wajar jika kamu mencari-cari Easy Mode pada Devil May Cry 3. Pasalnya, mode ini tidak langsung tersedia, melainkan harus di-unlock dulu.

Nah, cara meng-unlock-nya, kamu hanya perlu memainkan Normal Mode dan mati tiga kali. Barulah setelah itu, kamu bisa memilih untuk memainkan Easy Mode.

Pada Easy Mode, musuh-musuh seperti lesser demon dan boss memiliki nyawa yang 50% lebih sedikit dibanding Normal Mode, begitu pun dengan damage yang mereka berikan ke Dante. Di mode ini, kamu juga hanya perlu menekan tombol serangan secara acak untuk dapat menghasilkan kombo.

2. Hard Mode

Apakah kamu sedang memainkan Normal Mode dan merasa tingkat kesulitannya terlalu mudah? Itu tandanya, kamu harus mencoba Hard Mode dengan tingkat kesulitan yang ditingkatkan lagi.

Masalahnya, Hard Mode juga sama seperti Easy Mode, dia tidak langsung tersedia saat pertama kali bermain. Untuk membukanya, kamu cukup hanya perlu menamatkan game sekali pada Normal Mode.

Pada mode ini, nyawa para musuh bertambah sebanyak 200% dari normal, dan dapat menghasilkan damage ke karakter kamu sebanyak 125% lebih besar.

3. Dante Must Die

Rupanya masih ada tingkat kesulitan yang lebih tinggi di atas Hard Mode, lho! Namanya adalah Dante Must Die. Nah, mode ini bisa kamu dapatkan setelah menamatkan game pada Hard Mode.

Jika kamu memainkan game ini, bersiap-siaplah menghadapi kejamnya musuh. Pasalnya, musuh-musuh kamu juga bisa melakukan Devil Trigger, yakni semacam buff yang dapat meninggikan stat seperti pertahanan dan juga damage serangan.

4. Heaven or Hell

Kalau Dante Must Die masih belum cukup sulit bagi kamu, mengapa tidak coba meng-unlock Heaven or Hell? Kamu hanya perlu menamatkan game Devil May Cry 3 pada mode Dante Must Die dan Heaven or Hell akan tersedia untuk dimainkan.

Saat mainkan mode ini, usahakan jangan pernah terserang musuh, ya! Soalnya mereka semua akan melakukan one-hit-kill pada karaktermu. Akan tetapi, kamu juga bisa menghabisi mereka dalam satu serangan juga.

5. Unlimited Devil Trigger

Mode Heaven or Hell bukanlah satu-satunya yang bisa kamu unlock ketika sudah menamatkan mode Dante Must Die. Ya, kamu juga bisa mendapatkan Devil Trigger tidak terbatas!

Artinya, Dante atau karakter apa pun yang kamu mainkan bisa selalu memicu Devil Trigger untuk bertransformasi menjadi demon dan mendapatkan peningkatan beragam stat.

6. Unlock Kostum & Karakter

Pada game Devil May Cry 3, kamu berkesempatan memainkan karakter-karakter selain Dante. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuka kostum atau karakter tertentu.

  • Shirtless Dante. Kamu bisa memainkan Dante yang tidak mengenakan atasan. Cara membuka kostum ini cukup mudah, kamu tinggal perlu menamatkan game dalam Easy Mode.
  • Devil May Cry 1 Dante. Desain karakter Dante pada DMC3 dan DMC1 berbeda. Nah, jika kamu ingin bermain sebagai Dante versi DMC1 pada game ini, kamu bisa meng-unlock kostumnya dengan cara menamatkan game pada mode normal.
  • Shirtless Dante DMC 1. Kostum berikutnya yang bisa kamu unlock adalah Dante tanpa atasan dengan desain karakter original dari Devil May Cry 1. Jika ingin membuka kostum ini, tamatkan game pada Hard Mode.
  • Legendary Dark Knight. Untuk bisa bermain sebagai Sparda atau yang biasa disebut juga sebagai Legendary Dark Knight, kamu harus mengalahkan game pada mode hard. Sebenarnya ini adalah kostum dan tidak akan mengubah gameplay. Namun kamu akan langsung menggunakan senjata bernama Yamato saat awal permainan.

7. Unlock Semua Hal

Duh, daripada harus repot-repot menamatkan game pada beragam mode, apa tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk membuka semuanya sekaligus? Jawabannya: tentu saja ada!

Kamu hanya perlu berada pada title screen, lalu menahan tombol L1 + R1 + R2 + L2 secara bersamaan. Sambil menahan tombol-tombol tersebut, putarkan stik analog kiri searah jarum jam. Jika berhasil, kamu akan mendengar suara yang berkata "Devil May Cry". Mudah, bukan?

Tips dan Trik Devil May Cry 3 (PS2)

Ini Dia Kumpulan Cheat dan Tips Devil May Cry 3 (PS2)! 3Sumber: cnet.com

Oke, Devil May Cry 3 memang tidak menyediakan cheat seperti nyawa tak terbatas ataupun hal lainnya. Akan tetapi, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar permainan bisa berlangsung lebih mudah.

1. Cara Mengalahkan Cerberus

Cerberus merupakan salah satu musuh tersulit yang ada di game Devil May Cry 3, dan kamu akan bertemu dengannya pada akhir Mission 3. Cara mengalahkannya tidak bisa hanya dengan memencet tombol serang secara acak, karena hal ini tidak akan memberikan damage kepada Cerberus. Ada strategi tertentu yang harus kamu lakukan.

Pertama-tama, pastikan untuk menggunakan pistol (handgun) untuk menghancurkan bongkahan es di kepala Cerberus lalu serang tangan/kaki-nya menggunakan pedangmu. Barulah saat Cerberus tersebut pingsan, ini kesempatanmu untuk mengeluarkan kombo terbaikmu. Ulangi terus hingga sang monster anjing berkepala tiga tersebut terkalahkan.

Cerberus juga merupakan musuh yang akan memberikanmu Devil Arm, yakni sebuah senjata yang merupakan manisfetasi kekuatan dari demon yang sudah dikalahkan.

2. Lokasi Devil Arm

Sebelumnya telah disebutkan kalau kamu bisa mengalahkan Cerberus untuk mendapatkan Devil Arm. Nah, ada banyak musuh-musuh lain yang juga bisa menghasilkan Devil Arm juga.

Sebagai informasi, Devil Arm akan mengubah style serangan dan mengalami peningkatan pada damage dan juga jangkauannya. Siapa saja musuh-musuh tersebut? Simak yang di bawah ini.

  • Cerberus. Kamu berkesempatan mengalahkan Cerberus pada ujung Mission 3.
  • Agni dan Rudra. Dua kawan sejoli ini berada pada akhir Mission 5.
  • Nevan. Kalau yang satu ini, kamu harus mengalahkannya pada akhir Mission 9.
  • Beowolf. Musuh ini bisa kamu kalahkan pada Mission 11, dan kamu bisa memungut Devil Arm-nya pada awal Mission 14.

3. Cara Bermain sebagai Player 2

Apakah kamu tahu? Rupanya Devil May Cry 3 tidak hanya bisa dimainkan sendirian. Kamu juga bisa bermain bareng teman atau saudara jika kamu punya kontroller kedua. Nah, ada dua momen dalam game di mana kamu bisa bermain berdua, yakni seperti berikut.

  • Saat Dante memiliki kemampuan memunculkan bayangannya sendiri, sang bayangan akan terus mengikuti gerakan dari Dante. Kamu cukup perlu menekan tombol Start pada kontroler kedua, dan bayangan Dante bisa dimainkan oleh temanmu.
  • Kamu juga berkesempatan bermain sebagai Vergil, lho! Saat menjalankan misi untuk mengalahkan Arkham, kamu bisa menekan tombol Start pada stik PS2 ke-2 untuk bisa mengontrol Vergil.

Bermain dengan seorang teman secara splitscreen memang salah satu yang paling mengasyikkan saat memainkan konsol PlayStation 2. Dengan memainkan Devil May Cry 3 secara berdua, temanmu bisa menawarkan bantuan untuk mengalahkan sang musuh.

4. Ending Alternatif

Pernah melihat ending rahasia yang muncul setelah credit di film Marvel? Pada Devil May Cry 3, kamu juga bisa menemukan ending alternatif. Kamu diharuskan untuk mengalahkan 100 musuh saat adegan credit berlangsung.

Agar dapat mengalahkan banyak musuh dengan mudah, kamu bisa coba menggunakan senjata rocket launcher bernama Kalina Ann. Pasalnya, senjata yang juga dipakai karakter bernama Lady tersebut memiliki damage yang sungguh menyakitkan pada area yang begitu luas.

Nah, sekian cheat, tips dan trik, dan cara-cara membuka akses pada unlockable yang ada di Devil May Cry 3. Sebagai informasi, banyak yang menganggap DMC 3 sebagai yang paling sulit ketimbang game Devil May Cry lainnya. Semoga dengan menggunakan informasi dari kami, kamu bisa menamatkan game ini dengan lancar. Selamat mencoba!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram