carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Games / Inilah Berbagai Kode Cheat Lengkap Game Empire Earth

Inilah Berbagai Kode Cheat Lengkap Game Empire Earth

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 9 Juli 2021

Cukup banyak developer yang menawarkan game real-time strategy (RTS) saat pamornya mulai mengemuka pada akhir 90-an sampai awal 2000-an. Salah satunya yang cukup fenomenal adalah Empire Earth, sebuah gim RTS dengan nuansa sejarah peradaban.

Gim ini adalah garapan Stainless Steel Studios yang dipublikasikan oleh Sierra Entertainment (dulu Sierra On-Line) pada 2001. Empire Earth diluncurkan khusus untuk platform Windows.

Sekilas, Empire Earth punya kemiripan dengan gim RTS kenamaan milik Microsoft, Age of Empires. Maklum, otak di balik dua permainan tersebut adalah desainer gim asal Amerika Serikat, Rick Goodman.

Maka dari itu, seseorang yang terbiasa dengan Age of Empires mungkin tak akan canggung memainkan Empire Earth. Di sisi lain, meski mirip dengan Age of Empires, Empire Earth nyatanya mampu meraih kesuksesan. Pada 2002 atau satu tahun setelah perilisannya, gim ini mampu mencatat penjualan lebih dari satu juta unit di seluruh dunia.

Kesuksesan itu tentu tak lepas dari tanggapan positif dari berbagai kritikus. Seperti GameSpy yang memberi rating 94 dari 100. Bahkan, GameSpy menobatkan Empire Earth sebagai "PC Game of the Year" edisi 2001.

Nah, dalam artikel ini, Carisinyal akan mengulas seluruh hal menarik tentang Empire Earth. Termasuk kode cheat yang mungkin akan berguna saat kamu hendak bernostalgia dengan gim fenomenal ini. Karena itu, nikmati dengan santai poin per poin sajian yang kami berikan.

Spesifikasi Rekomendasi Empire Earth

  • OS: Windows XP, Vista, 7 , 8, 8.1, 10 | 32 bit atau 64 bit
  • Prosesor: Intel Pentium III, AMD Duron (2,0 GHz), atau yang lebih tinggi
  • RAM: 128 MB
  • Ruang simpan minimal: 500 MB
  • Kartu Grafis: AMD Radeon Xpress 1200, NVidia GeForce 6200 LE, atau yang lebih baik
  • Sound card: kompatibel dengan DirectX 8.0 ke atas
  • Perangkat lain: Keyboard dan mouse

Tentang Empire Earth

sumber: gog.com

Dalam sebuah wawancara pada 1998, Rick Goodman mengakui bahwa mendirikan Ensemble Studios bersama Tony Goodman (saudara) dan John Boog-Scott (rekan) adalah mimpinya. Bagi Goodman, bekerja di Ensemble Studios untuk menciptakan Age of Empires (AoE) adalah kelanjutan dari kegemarannya saat kecil.

Pria kelahiran 1955 ini mengaku saat masih kecil sering mengutak-atik aturan sejumlah gim papan tradisional seperti Wooden Ships and Iron Men. Kemunculan AoE pada 1997 yang cukup menggemparkan dunia saat itu pun langsung membuat nama Rick Goodman naik daun.

Bahkan, antarmuka AoE banyak dicontoh gim-gim RTS yang muncul setelahnya. Meski begitu, AoE bukanlah gim RTS 3D karena masih menggunakan engine grafis dua dimensi. Kesuksesan Goodman pada proyek AoE ternyata tak mampu membuatnya bertahan di Ensemble Studios.

Alih-alih ikut mengembangkan AoE 2 di Ensemble Studios, Goodman keluar lalu mendirikan Stainless Steel Studios. Ia diduga tak sependapat dengan tim dalam mengembangkan AoE 2. Membuat studio sendiri akhirnya menjadi jalan yang ditempuh Goodman untuk kemudian melahirkan Empire Earth.

"Saya keluar dari Ensemble Studios untuk mengejar mimpi, mimpi itu adalah Empire Earth. Gim ini adalah permainan yang benar-benar epik, yang membuat saya tak pernah berpuas diri," kata Goodman.

"Gim ini adalah puncak dari segala sesuatu yang saya pelajari selama 1000 hari dalam mengembangkan Age of Empires. Saya pun ingin orang mengatakan pada Empire Earth, 'Gim ini luar biasa', ketimbang mengatakan 'Gim ini tidak jelek'. ...Saya berharap Empire Earth dapat menjadi standar gim RTS pada masa mendatang," ucapnya saat itu.

Gameplay

sumber: gog.com

Perenungan panjang Goodman pada AoE berujung pada keputusan yang tepat soal tampilan Empire Earth. Ya, Empire Earth sudah mengadopsi engine grafis 3D. Meskipun begitu, gim ini bukanlah permainan RTS pertama yang memakai grafis 3D. Apalagi, situs kritikus gim, Game Spot masih tak begitu terkesan dengan kualitas grafisnya.

Di luar itu, Empire Earth mendapat pujian habis-habisan karena kedalaman game-play-nya. Dalam gim ini terdapat 14 zaman yang jika ditotal memiliki jarak masa 500 ribu tahun. Kemudian, ada 21 peradaban yang mewakili bangsa dari berbagai tempat. Di antaranya adalah Yunani kuno, Kerajaan Asiria, Babilonia, dan Byzantium Roma.

Jika kurang puas dengan opsi yang ada, kamu bisa menciptakan peradaban sendiri dengan mencomot beberapa karakteristik dari peradaban yang tersedia. Ada banyak hal menarik dan sebagian besar baru di Empire Earth.

Salah satunya adalah sistem moral dari tiap prajurit yang tentu memengaruhi statistik suatu unit. Gim ini juga memperkenalkan sistem "hero" sebagai tokoh kunci.

Ada hero yang bertindak sebagai ahli strategi yang mampu menyembuhkan pasukan sendiri dan melemahkan spirit musuh. Ada juga hero yang berperan sebagai pejuang perang dan meningkatkan daya serang pasukan.

sumber: gog.com

Pemain Empire Earth akan mulai membangun dinastinya mulai zaman prasejarah. Kemudian, pemain akan mengalami peralihan zaman sebanyak 13 kali hingga memasuki zaman nano. Peningkatan item selalu terjadi pada setiap peralihan zaman tersebut. Bangunan, industri, dan pasukannya pun semakin maju seiring peralihan zaman.

Gim ini bisa dimainkan sendiri melawan komputer atau dimainkan secara multiplayer hingga delapan orang. Delapan orang itu bisa seluruhnya manusia, bisa juga sebagian komputer.

Saat bermain sendiri, kamu akan menemukan menu permainan campaign sebagaimana gim RTS lainnya. Namun, campaign di Empire Earth berbeda karena setiap misi yang dipilih memiliki jalan ceritanya masing-masing, dan kamu akan terlibat dalam cerita tersebut.

Ada lima campaign di gim ini: Learning campaign, Greek campaign, English campaign, German campaign, dan Russian campaign. Untuk yang ingin belajar bermain Empire Earth, pilih saja Learning campaign. Sebab, di situ kamu akan diajari bagaimana memainkan gim ini dari nol.

Kode Cheat Empire Earth

sumber: gog.com

Bagaimana pendapatmu setelah tahu mengenai seluk beluk Empire Earth, tertarik untuk segera memainkannya? Sebagaimana game pada umumnya, Empire Earth memiliki kode cheat yang dapat memudahkan pemain untuk memenangi pertandingan.

Entah itu memang sengaja disiapkan pengembangnya atau tidak, yang jelas kode cheat ini memang legal. Hanya saja, tidak semua orang tahu karena si pengembang tidak mengumbarnya. Nah, Carisinyal telah mengumpulkan beberapa kode cheat Empire Earth yang bisa kamu coba.

Sebagai catatan, kode cheat tidak bisa dipakai di mode campaign. Kode cheat berikut hanya bisa dipakai di mode random map. Pastikan juga kamu mencentang enable pada kolom "Cheat Codes" pada tampilan pengaturan. Cara pengaplikasiannya pun simpel. Cukup tekan enter, lalu masukkan beberapa kode cheat di bawah ini, dan tekan enter lagi.

Kode CheatFungsi
boston food sucksTambahan 1000 daging
atmTambahan 1000 emas
creatineTambahan 1000 besi
rock&rollTambahan 1000 batu
you said woodTambahan 1000 kayu
all your base are belong to usTambahan 100.000 untuk seluruh sumber daya
coffee trainSelesaikan pembangunan seluruh gedung
display cheatTampilkan seluruh kode cheat
asus driversTampilkan peta secara penuh
my name is methosTampilkan peta dan sumber daya secara penuh
brainstormMempercepat pembangunan dan riset
ahhhcoolMenyerah dalam pertandingan
slimfastkosongkan daging
boston rentkosongkan emas
girlymankosongkan besi
mine your own businesskosongkan batu
uh, smoke?kosongkan kayu
the big digkosongkan seluruh sumber daya
friendly skiesMengisi bahan bakar pesawat saat di udara
headshotHilangkan sejumlah objek di peta
i have the powerMengembalikan seluruh energi sihir
bamMenghilangkan kabut di peta
the quotable patellaUpgrade seluruh unit ke level 10
ColumbusMelihat ikan dan semua binatang di peta
somebody set up us the bombMenangi pertandingan

Tips Lain yang Bisa Dicoba

sumber: gog.com

Selain kode cheat yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa tips strategi yang juga bisa kamu coba. Tips strategi di bawah ini bisa dipakai sesuai dengan situasi dan kebutuhannya.

1. Russian campaign

Menyelesaikan Russian campaign tidak terlalu sulit jika kamu tahu kuncinya. Salah satu kunci yang bisa kamu pakai adalah dengan mendukung markas terlebih dahulu, lalu jalin aliansi. Kemudian, ambil beberapa tank dan upgrade. Keluarkan tank tersebut ke area luar sebanyak jumlah menara pertahanan.

Selanjutnya, upgrade peradabannya dan bangun rumah Titan bomber. Upgrade juga hit point dan kecepatannya. Terakhir, bawa seluruh pasukan ke markas musuh menggunakan pesawat dan hancurkan ibu kota. Lokasi ibu kota musuh ada di belakang pangkalan, yakni sisi kiri atas peta.

2. Bertahan

Kemenangan tentu tidak akan bisa kamu raih jika kastil kerajaan yang kamu bangun porak poranda duluan. Karena itu, kamu juga harus memperhatikan sisi ketangguhan pertahanan agar musuh selalu mengalami kegagalan ketika menyerang.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membangun tiga landasan terbang beserta pesawat tempurnya. Lalu, tempatkan rally point di luar pangkalan, sehingga pesawat tempur dapat berpatroli di area sekelilingnya.

Maka ketika ada musuh yang mendekat, mereka akan terkepung oleh serangan udara dari pesawat tempurmu. Jika kamu punya banyak sumber daya, buatlah 10 antrean pesawat tempur di setiap landasan terbang sehingga saat ada satu pesawat yang mati, penggantinya sudah siap sedia.

3. Menang dengan Lebih Mudah

Saat bermain secara normal, siapkan operator sebanyak mungkin lalu buatkan mereka pesawat. Setelah itu, kirim pesawat ke kerajaan yang ingin kamu hancurkan. Pesawat punya efektivitas tinggi dalam penyerangan.

4. Hancurkan French Forts dengan Mudah

Saat memainkan campaign ketiga, yakni German (The Red Baron), kamu akan diminta menghancurkan tiga forts (benteng). Pasukan yang disediakan untuk menghancurkannya adalah balon pengintai artileri. Nah, bagaimana cara paling efektif menuntaskan misi ini?

Pertama, hancurkan benteng yang ada di pojok kiri bawah peta. Lalu, bawa balon artileri kastil, jaga agar tetap di tengah benteng. Tak lama berselang, artileri akan menuntaskan pekerjaan dalam sekali serangan.

Itulah sekilas informasi mengenai Empire Earth beserta kode cheat-nya. Bagaimana, tak sabar untuk mencobanya? Oh iya, jika kamu punya info dan tips lain mengenai gim ini, tulis saja di kolom komentar supaya teman-teman yang lain jadi tahu.

Nah, kalau kamu ingin mengetahui informasi kode cheat dari gim-gim lain yang tak kalah seru, baca saja artikelnya di sini, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram