Carisinyal / Games / 10 Game Edukasi Anak Terbaik untuk Dimainkan di PC

10 Game Edukasi Anak Terbaik untuk Dimainkan di PC

Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini perkembangan teknologi begitu pesat. Bahkan, anak-anak sudah bisa mengoperasikan smartphone atau tablet. Tidak masalah sebenarnya jika anak Anda bisa mengoperasikan berbagai macam gadget. Akan tetapi, sebagai orang tua Anda harus tetap memantau anak-anak Anda agar tidak terlibat dalam penyalahgunaan teknologi.

Game adalah sarana untuk refreshing bagi orang dewasa maupun anak-anak. Bila Anda ingin memilih game yang tepat untuk anak, rekomendasi game edukasi anak untuk PC dari Carisinyal ini mungkin bisa menjadi referensi bagi Anda. Game ini sangat edukatif dan sangat cocok untuk anak-anak.

10 Game Edukasi Anak untuk PC yang Terbaik

1. Maze Book

Maze Book adalah salah satu permainan edukasi anak untuk PC yang Kami rekomendasikan untuk Anda. Game satu ini bukanlah game berat. Maze Book tergolong ringan dengan ukuran hanya 1.99MB saja. Selain itu juga, Maze Book bisa Anda mainkan secara offline. Jadi, Anda tidak perlu repot mengoneksikan jaringan internet untuk memainkan maze Book.

Dalam permainannya, Maze Book memiliki cara bermain dan kontrol yang mudah dimengerti anak. Selain itu juga, game ini memiliki konsep bermain dimana anak harus menemukan jalan keluar dari Maze. Meskipun game ini tidak menggunakan grafis animasi 3D, namun animasi yang disajikan cukup menarik untuk anak. Jika Anda ingin memainkan game ini, bisa langsung unduh gamenya di sini.

2. Coloring Book

Sudah tidak asing lagi dengan menggambar? Nah, kali ini game Coloring Book hadir di PC sebagai salah satu permainan mewarnai secara virtual. Tentu game ini sangat cocok untuk anak-anak khususnya anak yang hobi mewarnai. Juga, permainan ini available untuk PC dengan Windows 7, Windows 8, Windows 10, Windows XP, dan juga Windows Vista.

Cara bermainnya sangat mudah. Di game ini, anak akan diminta untuk mewarnai gambar yang sudah disediakan dari game. Juga, Coloring Book telah menyiapkan berbagai macam warna menarik agar anak bisa mengeluarkan imajinasi mereka. Tak hanya itu saja, Coloring Book juga menyediakan fitur menghapus warna lho. Mau main? Download di sini.

3. Game Edukasi Anak Lengkap

game edukasi anak lengkap

Jika dua game sebelumnya menggunakan bahasa Inggris, berbeda dengan game edukasi anak untuk PC yang satu ini. Permainan ini memiliki sebutan atau nama Game Edukasi Anak Lengkap. Ya, di game ini tidak hanya terdapat 1 game saja, melainkan beragam game yang dapat mengedukasi anak secara virtual.

Di game ini, pemainnya bisa belajar mengenai huruf, angka, berhitung bahkan ada juga game yang bisa mengasah memori anak. Selain lengkap dengan bermacam-macam game, permainan PC ini juga memiliki grafis animasi yang cukup menarik dengan berbagai warna-warni. Mau memainkannya di PC? Download di sini.

4. World of Zoo

world of zoo

Simulator kebun binatang yang satu ini dapat mengasah kreativitas anak-anak. World of Zoo adalah game edukasi anak untuk PC yang memungkinkan anak-anak membangun sebuah kebun binatang virtual dengan puluhan spesies fauna yang berbeda-beda.

Ada fitur “Animal Editor” yang fungsinya untuk mengubah warna dan pola bulu dari satwa-satwa yang ada di kebun binatang ini, bahkan ukuran telinga, hidung, ekor, dan cakar juga bisa diubah.

Biarkan anak-anak menciptakan satwa dengan kreasinya sendiri. Setelah semua satwa dibuat, anak akan berinteraksi dengan satwa di kebun binatang dengan merawat dan memberinya makan. World of Zoo dijual di Amazon dengan harga US $17,81.

5. Nancy Drew

Nancy Drew Game Edukasi Anak untuk PC

Jika buah hati Anda sedikit lebih besar, maka ajak mereka untuk bermain Nancy Drew. Ini adalah sebuah game bertema detektif, di mana Nancy Drew akan menyamar untuk menyelidiki sesuatu yang mencurigakan yang sedang terjadi di sekolah.

Dikisahkan ada seorang siswa yang benar-benar ingin menjadi pembaca pidato perpisahan dan mengancam untuk membunuh demi mewujudkan keinginannya tersebut. Anak Anda akan membantu Nancy Drew untuk bergerak, mengecek dari satu ruangan ke ruangan lainnya, dan berusaha memecahkan misteri ini. Nancy Drew bisa diperoleh dengan harga US $19,99.

6. Itzabitza

Itzabitza

Game yang satu ini nampaknya sangat cocok untuk anak usia balita yang baru saja belajar membaca. Pasalnya, Itzabitza akan mengetes kemampuan membaca anak dengan permintaan tulis yang meminta anak untuk menggambar sesuatu.

Objek yang mereka gambar harus semenarik mungkin karena nantinya gambar mereka akan menjadi bagian dari adegan animasi. Karakter di dalam game ini akan berinteraksi dengan objek yang digambar oleh anak-anak. Oleh karena itu, bimbing anak untuk menggambar sebaik mungkin agar mereka bisa menikmati hasil gambarnya sendiri sepanjang permainan ini.

7. Babysitting Mania

Babysitting Mania

Di dalam Babysitting Mania, anak akan memainkan karakter Stacy, seorang gadis remaja yang bekerja freelance sebagai pengurus anak-anak untuk memperoleh uang yang akan digunakannya membeli teleskop. Sayangnya, menjaga dan mengurus anak-anak bukan tugas yang mudah karena mereka akan membuat kekacauan di dalam rumah. Stacy akan mengepel tumpahan di lantai, mencuci baju, dan memungut sampah.

Game edukasi anak untuk PC ini adalah jenis permainan manajemen waktu yang menyenangkan. Di game ini, anak akan melatih kecepatan dan ketangkasannya untuk menyelesaikan pekerjaan Stacy sebelum waktu yang ditentukan habis. Hanya dengan US $6,99 saja Anda sudah bisa mendapatkan game Babysitting Mania.

8. Cake Mania 3

cake mania

Tidak ada yang lebih menyenangkan dari memainkan game yang mengelola usaha kita sendiri. Di Cake Mania 3, anak akan memerankan Jill Evans, seorang pastry chef yang luar biasa yang sedang mempersiapkan pernikahannya sekaligus harus mengelola toko kuenya.

Untuk bisa kembali ke rumah, Jill harus membangun toko kue di tempat-tempat yang mengagumkan, seperti di zaman Cina kuno, abad pertengahan Inggris, dan revolusioner Perancis. Game sci-fi ini sangat menarik untuk dimainkan.

Anak akan belajar untuk melatih kecepatannya karena keadaan di toko roti akan menjadi kacau setelah menerima pesanan kue, memanggang kue, dan memberi icing pada kue. Semua hal harus dilakukan untuk membuat para pelanggan merasa senang.

9. Star Wars The Complete Saga

Star Wars The Complete Saga

Game yang memulai revolusi lego akhirnya tersedia juga untuk PC. Star Wars The Complete Saga adalah sebuah game dengan karakter yang terbuat dari Lego dan menggabungkan keenam film Star Wars. Karakter pahlawan intergalaksi maupun penjahat di dalam game ini dibuat dalam bentuk Lego yang sangat lucu.

Anak-anak harus bertempur dan mempertahankan karakter yang mereka mainkan. Karakter dari Lego ini hanya akan hancur ketika mereka mati. Salah satu fitur yang menarik adalah Anda bisa memanfaatkan balok Lego untuk membangun item baru. Star Wars The Complete Saga juga tersedia di Wii, Xbox 360, dan PS3.

10. Lucidity

Lucidity

Bisakah Anda membayangkan bahwa ketika membaca buku cerita dongeng, tiba-tiba karakter di dalam buku tersebut hidup dan bergerak? Itulah yang terjadi di dalam game Lucidity. Di mana kita harus menolong tokoh muda yang harus melanjutkan perjalanannya. Apa yang akan kita lakukan?

Kita akan membantu untuk menempatkan barang, seperti tangga, jembatan, dan springboards. Dengan kata lain, sebagai pemain anak harus mencari akal agar tokoh pemuda tersebut bisa terus melanjutkan perjalanannya.

Akan tetapi, tugas pemain tidak sampai di situ saja. Pasalnya, anak harus membantu karakter menghindari perangkap dan hewan berbahaya. Nampaknya memang sederhana, tetapi Lucidity sangat menantang untuk dimainkan.

Rekomendasi Game Lainnya

Selain 10 game edukasi anak untuk PC di atas, Kami juga memiliki beberapa rekomendasi game edukasi lainnya. Rekomendasi game berikut ini juga sama bagusnya dengan 10 game yang telah disebutkan pada ulasan di atas. Apa sajakah itu? Berikut rekomendasinya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Referensi dan sumber gambar:

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

Leave A Comment