carisinyal web banner retina

15 Game Edukasi Anak Paud Terbaik di Ponsel Android

Tidak hanya bertujuan untuk menghilangkan penat atupun menghibur para pemain. Beberapa game yang bisa dimainkan di perangkat Android pun bisa memberikan edukasi baik untuk anak-anak, orang dewasa bahkan anak yang dikategorikan paud.

Untuk anak paud, Carisinyal kini mengulas 15 game edukasi anak paud yang cocok dan sesuai dengan usianya.

Game edukasi anak paud memiliki fungsi serta tujuan yang sama seperti game matematika ataupun game asah otak.

Tujuan dari semua game tersebut adalah membuat anak agar merasa senang untuk mempelajari hal baru dan tentunya disesuaikan dengan usia mereka. Nah, kira-kira bagaimana game edukasi anak paud yang ada di Play Store? Simak artikel ini sampai akhir ya!

1. Baby Panda World

15 Game Edukasi Anak Paud Terbaik di Ponsel Android 1

Dengan rating 3+, Baby Panda World adalah game yang cocok dimainkan anak-anak usia 8 tahun ke bawah. Di dalam game ini anak-anak bisa memainkan peran apa saja seperti yang mereka inginkan, seperti polisi, dokter, koki, pilot, dan banyak lagi.

Di dalam permainan ini juga terdapat 100 area menyenangkan yang bisa dijelajahi oleh anak-anak! Mereka dapat menikmati berbelanja di supermarket atau pergi ke taman hiburan yang memiliki banyak fasilitas hiburan.

Jika anak-anak perempuan suka berdandan, mereka bisa menjadi penata gaya dan menciptakan penampilan bergaya. Atau jika mereka suka dengan kehidupan bertani, mereka bisa memelihara hewan ternak, dan menanam buah dan sayuran. Unduh Baby Panda World.

2. Coloring Games: Coloring Book, Painting, Glow Draw

Coloring Games- Coloring Book, Painting, Glow Draw_

Game satu ini dikhususkan untuk anak 3 tahun ke atas dan sudah disetujui oleh para pengajar. Coloring Games: Coloring Book, Painting, Glow Draw memungkinkan si kecil untuk belajar mengenal warna, dan menambahkan warna-warnanya pada gambar yang ada.

Tersedia tiga mode menggambar yang berbeda di dalam gamenya. Ada mode mewarnai dengan cat, glow pen, mode menggambar dan mode mewarnai dengan nomor. Game ini menyediakan lebih dari 50 objek yang dapat diwarnai. Coba gamenya di sini.

3. Baby Games: 2,3,4 y. Toddlers

Baby Games- 2,3,4 y. Toddlers_

Sesuai namanya, game ini ditujukan untuk anak-anak berusia dua, tiga dan empat tahun. Di dalam game, terdapat lebih dari 10 permainan yang bisa dicoba oleh si kecil. Salah satunya adalah merawat hewan yang lucu.

Game ini memiliki tampilan grafis dan kontrol yang simpel, sehingga cocok dan aman untuk dimainkan oleh anak-anak. Selain itu, Baby Games: 2,3,4 y. Toddlers sudah disetujui oleh para ahli di bidangnya. Unduh gamenya melalui link ini.

4. ABC Kids

game edukasi anak paud ABC Kids

Game edukasi anak paud kali ini hadir dan didatangkan oleh developer RV AppStudios. Game bernama ABC Kids ini memiliki konsep dan mengkhususkan diri dalam mengedukasi anak-anak untuk mengenal huruf saja.

Tidak ada konsep lainnya dan hal tersebut membuat game ini menjadi lebih fokus ke dalam satu bahasan saja.

Anak-anak akan dimudahkan dalam menghafal juga mengenal huruf-huruf. Tak hanya itu, interface serta sajian animasi yang menarik pun dirancang agar anak-anak merasa senang dan juga betah untuk mempelajari huruf.

Tak lupa juga ABC Kids menyematkan fitur untuk cara pengucapan setiap huruf yang sudah ditunjukan. Mau download? Klik di sini.

5.LEGO® DUPLO® WORLD

LEGO® DUPLO® WORLD _

LEGO® DUPLO® WORLD adalah sebuah game untuk anak usia dini yang akan membantu mengasah kreativitas mereka.

Anak-anak dapat memainkan lebih dari 5 permainan berbeda. Seperti menjelajah ruang, mengikuti adegan-adegan tertentu, melakukan misi penyelamatan, dan masih banyak lagi.
Game LEGO® DUPLO® WORLD meraih beberapa penghargaan, lho.

Salah satunya adalah 2021 Kidscreen Awards untuk kategori Aplikasi Edukasi Terbaik. Gamenya pun punya tampilan grafis yang colorful dan cocok untuk anak di usia 2-5 tahun. Coba gamenya di sini.

6. 384 Puzzles

384 Puzzles

Bermain puzzle adalah salah satu cara agar anak-anak bisa belajar sembari bermain. Hal inilah kemudian dijadikan sebagai sebuah konsep untuk membuat game edukasi anak paud. 384 Puzzles, mengambil konsep sederhana namun cukup diminati anak. Tak sulit dan cenderung sangat mengasyikan untuk anak.


384 Puzzles hanya meminta para anak untuk menyusuh potongan-potongan puzzle untuk kemudian disusun ke dalam gambar yang kosong. Misalnya ada sebuah gambar jerapah namun hanya kosong.

Nah, di bagian samping ada beberapa potongan gambar jerapah yang harus disusun. Mudah bukan? Jika tertarik untuk mendownloadnya bisa klik di sini.

7. ABC Song Rhymes Learning Games

ABC Song Rhymes Learning Games _

Ini adalah salah satu game edukasi untuk anak TK dan PAUD yang terbaik di Android. ABC Song Rhymes Learning Games dirilis oleh Kidzooly pada tahun 2016 dan sudah diunduh oleh lebih dari 3 juta pengguna.

Dengan memainkan game ini, si kecil bisa belajar banyak hal. Di antaranya mengenal angka dan huruf lewat lagu anak-anak, belajar mengenal instrumen musik, menyusun puzzle, hingga belajar matematika khusus untuk anak. Anda dapat mengunduh gamenya lewat tautan berikut

8. Permainan Anak-anak: KidloLand

Permainan Anak-anak- KidloLand _

Ingin mengajarkan anak Anda berbicara dengan menyenangkan? Cobalah game dari KidloLand ini. Lewat game ini, si kecil dapat mempelajari kata-kata pertamanya lewat kartu-kartu flash.

Tidak hanya itu, tersedia pula lagu anak-anak yang dapat dinyanyikan bersama-sama. Anak juga dapat mengenal alfabet dan angka lewat lagu-lagu yang tersedia. Anda juga dapat mengajarkannya untuk mewarnai berbagai jenis objek. 

Permainan Anak-anak: KidloLand telah teruji aman untuk dimainkan oleh anak di bawah usia 5 tahun. Game ini memperoleh beberapa penghargaan. Salah satunya adalah Mom’s Choice Award di tahun 2016.

9. Thomas & Friends: Go Go Thomas

Thomas & Friends- Go Go Thomas_

Tidak ada yang tidak mengenal tokoh kartun Thomas, bukan? Thomas adalah karakter utama dari kartun Thomas & Friends yang tayang sejak tahun 1984 sampai saat ini. Thomas sendiri merupakan tokoh kartun berupa kereta api.

Nah, tidak hanya lewat serial kartunnya, anak-anak juga dapat belajar banyak hal bermanfaat dari gamenya. Salah satu game yang dapat dimainkan adalah Thomas & Friends: Go Go Thomas. 

Dalam game ini, anak-anak akan diajak untuk bertualang bersama Thomas dan teman-temannya. Tugas mereka adalah mengemudikan kereta-kereta lucu tersebut. Ada beberapa map yang bisa si kecil jelajahi bersama Thomas dan teman-teman. Unduh game Thomas & Friend: Go Go Thomas di sini.

10. Math Kids: Math Games For Kids

Math Kids- Math Games For Kids _

Game ini cocok untuk Anda yang ingin mengajarkan si kecil tentang matematika. Math Kids: Math Games For Kids dari RV Apps memiliki beberapa mini games yang berhubungan dengan matematika. 

Dengan memainkannya, Anda dapat membantu si kecil untuk belajar mengenal angka, serta mengasah keterampilan logikanya. Si kecil akan belajar menghitung dengan media buah-buahan atau benda. 

Coba mainkan gamenya bersama anak Anda sekarang juga. Unduh game Math Kids: Math Games For Kids melalui link ini.

11. My Town: Preschool kids game

My Town- Preschool kids game _

Nah, kalau game ini bisa dibilang merupakan game simulasi prasekolah. Ya, dengan memainkan My Town: Preschool kids game, anak-anak dapat merasakan betapa menyenangkannya sekolah dan melakukan banyak kegiatan bersama guru dan teman.

Anak dapat menjelajahi beberapa tempat di sekolah, seperti ruang kelas, ruang perawat, kantin, dan masih banyak lagi. Tentu, di setiap ruangan tersebut ada kegiatannya tersendiri. Misalnya, di ruang perawat, si kecil dapat mengetahui bagaimana cara merawat temannya yang sakit. 

Game satu ini cocok untuk dimainkan anak usia di bawah 5 tahun dengan pendampingan orang tua. 

12. ABC Tracing Preschool Games 2+

ABC Tracing Preschool Games 2+_

Selanjutnya, ada ABC Tracing Preschool Games 2+. Sesuai namanya, game ini ditujukan untuk anak-anak usia 2 tahun ke atas.

Di dalam game, terdapat beberapa permainan seru untuk belajar angka dan huruf. Ada pula permainan yang akan mengenalkan anak pada bentuk-bentuk tertentu. Anak-anak pun bisa belajar mewarnai dan menggambar. 

Ada lebih dari 200 gambar yang dapat diwarnai oleh si kecil, lho. Unduh ABC Tracing Preschool Games 2+ di sini.

13. Learn to Read: Kids Games

Learn to Read- Kids Games _

Game yang satu ini fokus untuk mengajarkan anak-anak membaca. Di dalamnya, terdapat beberapa mode permainan seru. Satu di antaranya adalah Learn to Spell untuk mengenalkan anak pada ejaan.

Caranya mudah, anak tinggal mengisi space yang kosong dengan huruf tertentu. Ada pula Sentence Maker yang akan membantu anak-anak untuk belajar menyusun kalimat. Unduh game Learn to Read: Kids Games melalui tautan ini.

14. Aplikasi Belajar TK dan PAUD Lengkap

Aplikasi Belajar TK dan PAUD Lengkap _

Game ini dirilis oleh developer Solite Kids yang kerap merilis permainan untuk anak-anak. Anda dapat mengajak si kecil untuk mempelajari banyak hal, seperti membaca, belajar mengenal nama hewan, huruf hijaiyah, dan lain-lain.

Selain belajar, anak juga dapat bermain beberapa permainan, seperti mencocokkan objek, tebak hewan, latihan konsentrasi, tebak huruf dan angka, hingga merakit rel kereta api. Gamenya bisa diunduh secara gratis di sini.

15. Piano Kids

Piano Kids

Belajar bukan berarti berhitung atau menggambar saja. Anda juga bisa meningkatkan kreativitas anak Anda melalui musik. Nah, jika Anda ingin mengajari anak nada-nada dasar dalam musik, mungkin bisa mendownload game Piano Kids ini.

Mengapa? Di dalam permainan Piano Kids ini, anak akan dibebaskan untuk menekan-nekan tombol layaknya sedang bermain piano. Juga, setiap tombolnya diberikan nada-nada mulai dari do sampai do lagi. Bagaimana, tertarik untuk mendownloadnya?

Nah seperti itulah kumpulan game edukasi untuk anak usia paud yang paling bagus juga terbaik versi Carisinyal. Jadi, Anda tidak perlu repot membawa anak-anak ke sekolah paud.

Pasalnya, Anda pun bisa mengajarkan anak-anak sambil bermain salah satunya dengan cara memainkan 15 game yang telah disebutkan. Bagaimana menurut Anda?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram