carisinyal web banner retina

15 Game untuk Anak SD Terbaik di Smartphone Android

Ditulis oleh Listiorini

Orang tua sering merasa khawatir ketika memberikan smartphone atau tablet kepada anak, terutama pada anak-anak yang masih di bawah umur. Bahkan, ketika anak bermain game, orang tua takut bila game tersebut mengandung unsur kekerasan, pornografi, atau bahkan perilaku kriminal lainnya.

Lantas, adakah game yang benar-benar bebas dari hal-hal negatif tersebut sehingga cocok dimainkan oleh anak-anak?

Nah, solusi bagi orang tua yang selalu merasa khawatir ketika memilih game untuk buah hatinya adalah beberapa game yang edukatif. Tim Carisinyal akan memberikan rekomendasi mengenai game untuk anak SD di Android yang sangat mendidik. Jadi, para orang tua tidak perlu khawatir saat si kecil memainkan game ini.

1. Toca Life World

Toca Life World _

Toca Life World adalah game untuk anak SD yang bisa dimainkan di ponsel Android. Nantinya, anak-anak akan memainkan sebuah karakter lucu. Sang karakter harus menjelajahi dunia Toca dan mengelola sebuah kota bernama Bop.

Di Kota Bop, anak-anak akan bertemu dengan banyak karakter lainnya dan berinteraksi dengan mereka. Anak-anak pun dapat mengunjungi beberapa tempat di Kota Bop, seperti salon, mall, apartemen, dan masih banyak lagi.

Anak-anak juga dapat mempelajari cara mendesain rumah dan membangun sebuah kota. Coba unduh game Toca Life World di Google PlayStore untuk memainkannya.

2. Strawberry Shortcake Sweetshop

Strawberry Shortcake Sweetshop_

Strawberry Shortcake Sweetshop adalah sebuah game memasak untuk anak-anak yang dikembangkan Budge Studios.

Dalam game ini, anak akan mempelajari cara mengelola sebuah toko makanan penutup milik Strawberry Shortcake. Mereka harus membantu Strawberry untuk membuat hidangan manis yang lezat. 

Resep makanan yang ada di game Strawberry Shortcake ini bahkan bisa dipraktikkan di dunia nyata, lho. Game ini dirilis di tahun 2014 lalu dan hingga kini sudah ada lebih dari 50 juta pengguna Android yang mengunduhnya.

3. Coloring and Learn

Coloring and Learn_

Ini adalah game mewarnai yang dapat dimainkan oleh anak-anak SD. Mereka dapat mencoba untuk mewarnai lebih dari 100 objek berbeda. Ada hewan, mobil, huruf, dinosaurus, dan masih banyak lagi.

Selagi mewarnai, anak-anak dapat mempelajari nama-nama objeknya juga. Di dalam game ini juga tersedia opsi mewarnai neon, lho. Oh iya, kemampuan menulis halus anak juga bisa ditingkatkan lewat game seru ini. Unduh game Coloring and Learn di Google PlayStore.

4. Hello Kitty’s Nail Salon

Hello Kitty’s Nail Salon _

Selanjutnya, ada Hello Kitty’s Nail Salon. Ini adalah permainan salon-salonan untuk anak-anak yang populer di Android. Dalam permainannya, anak-anak dapat belajar menghias kuku tangan dengan cat-cat yang cantik. Mereka pun bisa menambahkan stiker-stiker lucu di atas kukunya.

Uniknya, kuku yang dihias dalam game ini bisa memakai kuku tangan sungguhan. Caranya, tinggal unggah foto kuku tangan anak, lalu mulai hias kuku sesuai keinginan. Coba game Hello Kitty’s Nail Salon dengan mengunduhnya di Google PlayStore.

5. LEGO® DUPLO® WORLD

LEGO® DUPLO® WORLD _

Game satu ini sebenarnya ditujukan untuk anak usia dini. Akan tetapi, bukan berarti anak-anak SD tidak bisa memainkannya. Ya, game Lego ini juga tentu dapat dimainkan oleh anak Anda yang berusia di atas 5 tahun.

Game ini akan mengajak anak untuk belajar memahami keterampilan sosial dengan misi penyelamatan, sampai mengasah imajinasi dan kreativitas mereka. 

LEGO® DUPLO® WORLD adalah game edukasi untuk anak yang sudah memenangkan banyak penghargaan. Salah satunya adalah KAPI Awards untuk kategori Aplikasi Terbaik. Download gamenya lewat Google PlayStore.

6. PAW Patrol Rescue World

PAW Patrol Rescue World _

Karakter-karakter lucu yang ada di game ini terinspirasi dari kartun berjudul PAW Patrol yang sempat tayang di televisi Indonesia. Anak-anak dapat mencoba membantu para anjing jagoan untuk menyelesaikan misi mereka.

Ya, PAW Patrol Rescue World akan mengajak anak Anda untuk menjalankan misi penyelamatan di kota dan mendapatkan reward. Game ini bisa diunduh secara gratis, akan tetapi terdapat pembelian di dalam aplikasinya. Coba PAW Patrol Rescue World di Google PlayStore.

7. My Chicken - Virtual Pet Game

my chicken pet_

 My Chicken - Virtual Pet Game memungkinkan anak-anak untuk belajar merawat dan membesarkan hewan peliharaan virtual berupa ayam yang lucu. Anak dapat mengajak ayamnya bermain, mandi, juga memberinya makanan.

Selain membesarkan si ayam, anak-anak pun dapat mencoba memainkan lebih dari 20 mini games yang ada di dalam permainan ini. Anak juga dapat mengetahui tata cara bercocok tanam di kebun, lho. Coba keseruan My Chicken - Virtual Pet Game di Google PlayStore.

8. Game matematika anak usia 5-12

game matematika anak usia 5-12_

Belajar matematika kini semakin seru sejak hadirnya berbagai jenis game edukasi untuk mata pelajaran ini. Salah satu game tersebut adalah Game matematika anak usia 5-12 yang dirilis oleh RV AppStudios.

Dalam game, anak akan mempelajari tentang operasi hitung, seperti pengurangan, penjumlahan, pembagian dan perkalian dengan lebih seru. Ada beberapa tipe permainan yang dapat dicoba juga oleh mereka. 

Agar permainan semakin menyenangkan, anak dapat mengajak temannya untuk bermain game ini dengan mode multiplayer. Unduh gamenya lewat Google PlayStore.

9. Train Conductor World

Train Conductor World _

Game satu ini akan membawa anak-anak untuk mengetahui bagaimana rasanya menjadi seorang masinis. Ya, anak akan ditugaskan untuk membawa kereta penumpang dari tempat asal ke tujuannya.

Game yang dirilis oleh The Voxel Agents dapat diunduh secara gratis, namun terdapat pembelian dalam aplikasi. Coba unduh gamenya di Google PlayStore.

10. Doctor Kids (Dokter Anak)

doctor kids_

Doctor Kids adalah game untuk anak SD di Android lainnya yang dapat dimainkan anak-anak. Game ini mengharuskan anak untuk berperan sebagai dokter di sebuah klinik. Sang dokter akan membantu beberapa pasien anak-anak yang sakit.

Lewat game ini, anak dapat belajar untuk mengenal profesi dokter dan apa saja yang dilakukannya untuk menyembuhkan penyakit. Contohnya, menangani pasien yang sakit gigi. Unduh gamenya melalui Google PlayStore.

11. Jurassic Rescue:Games for kids

Jurassic Rescue-Games for kids _

Yateland merekomendasikan game ini untuk anak-anak. Ya, di dalam game ini, anak akan mengikuti petualangan seru bersama T-Rex untuk mencari beberapa dinosaurus yang terperangkap.

Selain dapat bermain, mereka juga bisa belajar mengenai berbagai jenis dinosaurus. Game ini dibekali dengan grafis dan efek suara yang ramah untuk anak. Jurassic Rescue: Games for kids bisa diunduh di Google PlayStore

12. Monster Truck Games for Kids

Monster Truck Games for Kids _

Game satu ini datang dari developer Yateland juga. Monster Truck Games for Kids adalah game balapan mobil ramah anak dengan truk monser sebagai kendaraannya.

Anak akan mengikuti petualangan dan balapan seru di tiga peta yang berbeda. Tentu, setiap peta lokasi ini dijaga oleh bos menyeramkan. Anak-anak dapat memilih satu di antara 12 truk monster keren dalam game. Hebatnya lagi, game ini dapat dimainkan secara offline.

13. Lingokids

lingokids_

Lingokids berisi berbagai macam game interaktif yang dapat dimainkan anak. Satu di antaranya adalah permainan untuk belajar menulis. Anak akan diminta untuk menuliskan kata-kata tertentu dengan menggunakan jarinya sendiri. 

Selain itu, ada pula game untuk ketangkasan, penghapalan vocabulary, matematika, dan masih banyak lagi. Biar tidak bosan, Anda pun dapat mengajak mereka bernyanyi dengan koleksi lagu anak yang ada di sini. 

Setiap permainan interaktif di Lingokids akan terbuka setelah Anda menyelesaikan satu persatu game secara berurutan. Oh iya, seluruh konten di dalam permainan ini berbahasa Inggris. Jadi, si kecil dapat mengasah skill berbahasa asingnya.

Lingokids membatasi akses untuk seluruh konten dan game-nya di layanan gratis. Namun, bila Anda tertarik untuk berlangganan, ada tarif khusus untuk Lingokids Plus senilai Rp139.000. Di sini, Anda akan mendapat akses ke seluruh permainan tanpa terganggu iklan. Lingokids cocok untuk digunakan oleh anak SD berusia 7-9 tahun.

14. Cooking Master Food Games

Cooking Master Food Games _

Game memasak tidak hanya bisa dimainkan oleh orang dewasa, tapi juga anak-anak. Nah, untuk Anda yang ingin mengajari si kecil memasak, coba ajak ia main Cooking Master Food Games.

Di dalam permainan ini, ada tujuh level yang dapat diselesaikan. Seperti memasak donat, waffle, macaron, dan masih banyak lagi. Anak-anak akan belajar memasak dengan memasukkan bahan, menggoreng, menyiapkan piring, bahkan menghias makanannya.

Permainan ini sebenarnya memiliki koleksi lebih dari 50 level. Hanya saja, akses penuh diberikan pada mereka yang berlangganan versi plus. Tarif langganannya Rp159.000 per bulan. Dengan berlangganan, Anda juga akan terbebas dari iklan.

15. Belajar Membaca Lancar

Belajar Membaca Lancar_

Supaya anak lancar membaca, Anda bisa mengajaknya untuk mencoba game ini. Di dalamnya, terdapat empat permainan belajar membaca. Salah satunya adalah mencocokkan huruf dengan gambar yang tampil. Huruf-huruf tersebut akan diacak untuk kemudian disusun oleh si kecil. 

Di permainan ini ada pula pelafalan dalam bentuk audio, agar digunakan sebagai contoh untuk membaca.

Selain permainan seru, Belajar Membaca Lancar pun punya koleksi materi belajar membaca yang lengkap. Ada pelajaran melafalkan huruf vokal, konsonan, belajar membaca satu dan dua suku kata, pelafalan huruf konsonan tertentu, hingga nama-nama warna.

Permainannya dapat diunduh secara gratis di Google PlayStore. Akan tetapi, terdapat iklan yang tampil. Jika Anda ingin menghapus iklan dan membuka fitur-fitur unggulan aplikasi, ada tarif yang dipatok, yakni sebesar Rp13.000 saja.

15 game untuk anak SD ini bukan sekedar game yang biasa. Game edukatif ini akan membantu anak belajar dan meraih prestasi yang cemerlang. Yuk, ajak anak-anak Anda untuk memainkan semua game di atas ini.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram