Carisinyal / Game PC / 10 Rekomendasi Game MMORPG Terbaik Untuk Platform PC

10 Rekomendasi Game MMORPG Terbaik Untuk Platform PC

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Januari 2020

Bagi para gamer veteran mungkin sudah tidak asing mendengar istilah Massively Multiplayer Online Role Playing Game atau yang disingkat MMORPG. Sebutan tersebut merupakan sebuah genre permainan yang di mana para pemain akan memerankan seorang karakter.

Setelah itu, pemain akan dihadapkan untuk melaksanakan serangkaian misi dan nantinya dapat bertemu dengan pemain lainnya yang terhubung secara online. Dengan kata lain, kamu yang memainkan game MMORPG ini akan bermain bersama para pemain lainnya lewat karakternya masing-masing.

Selain itu, kamu dan mereka bisa bersaing untuk mendapatkan reputasi sebagai pemain yang paling disegani. Jenis game ini menawarkan playthrough yang cukup panjang, sebab kamu diberikan kebebasan untuk mengembangkan karakter sesuai keinginan.

Hingga saat ini, tentu saja banyak sekali judul-judul game MMORPG yang beredar di industri gaming. Mungkin salah satu d iantaranya sudah ada yang pernah kamu mainkan.

Nah, dalam pembahasan kali ini, Carisinyal akan memberikan rekomendasi sepuluh game MMORPG yang seru untuk dimainkan di platform PC. Kira-kira apa saja gamenya? Berikut adalah ulasannya.

1. Blade and Soul

Blade and Soul

* sumber: www.imdb.com

Dalam game ini kamu akan berperan sebagai seorang murid dari perguruan Kungfu bernama Hongmoon School yang berada di Heaven’s Reach. Berkat latihan yang intens dari Master Hong, kamu memiliki kemampuan Kungfu yang kuat.

Pada suatu hari, seorang wanita sakti bernama Jinsoyun menyerang Hongmoon School dan berencana untuk mengambil pedang Twilight’s Edge dari tangan Master Hong.

Usaha penyergapan berjalan mulus karena salah satu murid kepercayaan Master Hong, Lusung, tiba-tiba mengkhianatinya. Pedang keramat miliknya kini telah berpindah tangan kepada pihak yang jahat.

Master Hong kemudian meninggal dan karakter yang kamu mainkan dibuang ke dalam lautan. Dari situlah petualanganmu akan dimulai dengan menelusuri berbagai misi untuk melawan kejahatan Jinsoyun.

2. Arche Age

Arche Age

* sumber: www.archeagegame.com

Sebuah dunia bernama Auroria menjadi rumah yang nyaman bagi keenam ras, yaitu Nuian, Elf, Firran, Harani, Dwarf, dan Warborn. Hingga suatu hari, muncul perang dahsyat antara Dewa Kyrios dan Aranzeb yang akhirnya berdampak dengan kehancuran Auroria.

Mereka yang selamat kemudian bergegas mengungsi ke benua lain melalui portal antar dimensi yang dibuat oleh Dewi Kehidupan bernama Nui. Ras Nuian dan Elves kini tinggal di Pulau Nuia, sedangkan Firran dan Harrani menetap di Pulau Haranya.

Mereka memulai konflik satu sama lain dan menjadi salah satu lawan yang harus dihadapi. Untuk memulai memainkan game ini, kamu dapat memilih dari keempat ras tersebut. Setiap ras tentunya memiliki jalan ceritanya masing-masing.

Dalam sistem pertempuran, Arche Age menghadirkan serangan berbasis skill untuk mengalahkan musuh. Maka disarankan agar mengkombinasikan hal itu menjadi combo sehingga musuh cepat dikalahkan.

Untuk diingat, skill dengan serangan rendah memiliki waktu aktivasi yang cepat, sedangkan skill tinggi membutuhkan waktu pemulihan yang lama. Jadi, kamu harus mempergunakannya di saat yang tepat.

3. Maple Story 2

Maple Story 2

* sumber: maplestory2.nexon.net

Secara jalan cerita, Maple Story 2 adalah sebuah prequel dari game pertamanya yang telah dirilis pada tahun 2003 lalu. Dalam game ini, dikisahkan awal mula terciptanya dunia bernama Lapenta yang dijaga oleh tiga manusia bijak yang disebut sebagai Sages.

Ketiganya berusaha menjaga keseimbangan ruang dan waktu di Lapenta. Namun, kekuatan gelap yang disebut Balrog berhasil mengacaukan semuanya.

Para Sages dan pahlawan lainnya mencoba melawan Balrog, namun rencana itu tetap tidak membuahkan hasil. Akhirnya para Sage mengorbankan dirinya untuk mengunci kekuatan gelap milik Balrog di Lapenta.

Alur permainan menjadi seru saat kamu telah memilih karakter pahlawan yang akan dimainkan. Kini, kamu bersama para pemain lainnya akan bekerjama dan bertarung melindungi Lapenta dari kekuatan jahat Balrog.

4. Star Wars: The Old Republic

Star Wars The Old Republic

* sumber: www.gamivo.com

Star Wars The Old Republic akan membawamu ke dalam sebuah pilihan untuk melindungi atau menguasai galaksi. Kamu mesti memilih satu di antara delapan kelas karakter yang terbagi dalam dua sisi, yaitu Republic dan Empire.

Pihak Republic akan dilindungi oleh kekuatan The Light Side dari para ksatria Jedi. Sementara itu, The Dark Side yang kuat menetap hidup pada kekuatan Sith di kekaisaran Empire.

Jika memutuskan memihak pada Republic, maka kamu dapat memilih sebagai karakter Jedi Knight, Jedi Consular, Smuggler dan Trooper. Apabila hasratmu untuk menguasai galaksi cukup kuat, tak perlu ragu bergabung bersama pasukan Empire.

Di pasukan Empire kamu bisa menjadi Sith Warrior, Sith Inquisitor, Bounty Hunter, atau Imperial Agent. Masa depan Galaksi kini berada ditanganmu sendiri lewat karakter yang kamu mainkan.

5. Lineage 2

Lineage 2

* sumber: sensortower.com

Kerajaan Elmoreden tengah memasuki zaman kegelapan dengan ancaman keruntuhan di depan mata. Akibat hal itu, berbagai wilayah mulai menyatakan kemerdekaannya. Lewat kondisi itu, kamu ditugaskan bergabung menjadi Silverlight Mercenary untuk mengakhiri era kegelapan.

Terdapat empat ras yang bisa kamu pilih sebagai karaktermu, mereka di antaranya adalah Human, Elf, Dark Elf, dan Dwarf. Setiap ras memiliki kemampuannya masing-masing. Ras Human (Manusia) memiliki adaptasi yang baik di arena peperangan, sementara Elf sangat lincah serta gesit saat menghadapi musuh. Sedangkan, Dark Elf dan Dwarf mempunyai kekuatan yang kuat untuk mendominasi pertempuran.

Setelah menentukan ras yang akan dimainkan, nantinya kamu mesti memilih satu dari tiga kelas karakter yang tersedia. Pertama adalah Warrior yang menyerang dari jarak dekat. Kedua Rogue yang terampil menggunakan senjata pisau dan panah. Ketiga Mystic, mereka menggunakan sihir untuk menyerang lawan.

6. Guild Wars 2

Guild Wars 2

* sumber: welcome.guildwars2.com

Guild Wars 2 menawarkan pengalaman baru dalam memainkan mekanisme MMORPG. Dalam game ini, kamu bisa berfokus untuk menjadi seorang legenda baru dan dapat memiliki reputasi hebat yang diakui oleh pemain lain.

Sebelum menuju ke hal tersebut, sebagai awal permulaan kamu diharuskan untuk membuat karakter yang akan dimainkan seperti pemilihan ras, gender, fisik, profesi dan latar belakang.

Terdapat delapan profesi yang bisa kamu pilih dan masing-masingnya memiliki senjata yang bervariatif. Setiap senjata tersebut memiliki skill dan ability yang bermacam-macam tergantung kepada pilihan profesi nantinya.

Salah satu contohnya, seorang Thief bisa menggunakan senjata dual-pistol, Elementalist dengan dual-dagger, atau seorang Ranger yang mampu menguasai great sword sebagai senjatanya.

7. DC Universe Online

DC Universe Online

* sumber: www.dcuniverseonline.com

Untuk yang menggemari karakter hero dan villain dari komik DC wajib mencoba memainkan game yang satu ini. Selain bisa memerankan karakter jagoan, kamu pun bisa memilih menjadi seorang penjahat.

Jika super hero adalah pilihanmu, maka kamu harus menjalankan beberapa tugas untuk melindungi kota dari serangan para penjahat. Kamu dapat menjelajahi semua sudut kota yang ada dalam DC Universe Online.

Jika karakter jagoanmu telah mencapai level 30, maka kamu bisa mengikut mode PvP (Player Versus Player). Di mode tersebut, kamu bisa melawan para super hero lainnya yang online pada saat itu juga.

Game ini menyediakan fitur tutorial bagi yang kebingungan dalam bermain DC Universe Online. Fitur tersebut sangat berguna untuk melatih kemampuan menembak dan memukul saat menghadapi musuh.

8. Riders of Icarus

Riders of Icarus

* sumber: store.steampowered.com

Riders of Icarus menawarkan konsep open world dengan sistem pertarungan di atas udara. Dalam game ini, kamu dapat terbang dengan mengendarai binatang mitologi fantasi seperti kuda bersayap atau pegasus.

Selain itu, kamu bisa menunggangi seekor naga yang dapat menyemburkan kobaran api. Kamu juga akan berpetualang untuk menjinakkan dan mengoleksi para mahkluk tersebut yang masih liar.

Setelah berhasil menjinakkannya, kamu bisa melatihnya agar menjadi lebih kuat lagi. Ketika saatnya tiba, kamu dapat menunggangi makhluk tersebut dan bersiap berpetualang menjelajahi dunia.

Jangan lupa juga untuk selalu waspada terhadap para monster raksasa yang menjadi musuhmu. Jika kamu cukup bosan dengan tantangan game MMORPG yang monoton, tidak ada salahnya mencoba bermain game ini

9. Path of Exile

Path of Exile

* sumber: thegamerhq.com

Secara garis cerita, Path of Exile menawarkan kisah yang cukup sederhana dan tidak rumit. Dalam game ini, kamu menjadi seseorang yang ditangkap dan dibawa ke sebuah pulau misterius.

Di dalam pulau itu berisi makhluk mengerikan seperti monster, zombie dan manusia gila serta para kriminal. Di sinilah perlawananmu akan dimulai dengan menghadapi mereka dan sekelompok musuh jahat lainnya.

Meskipun Path of Exile mengusung konsep online dalam permainannya, ada beberapa perbedaan yang terdapat pada mode single player dan multiplayer.

Saat berada di sebuah kota untuk menjalankan misi, kamu bisa berinteraksi dan bertransaksi dengan pemain lainnya. Namun, saat dirimu pergi dari kota tersebut, maka secara otomatis akan masuk ke dalam mode single player dan harus bertempur sendirian.

10. Revelation Online

Revelation Online

* sumber: www.kaskus.co.id

Pada awal permainan, kamu akan dibawa untuk mengkostumisasi karakter yang akan dimainkan nantinya. Terdapat enam kelas yang dapat dipilih dalam game ini, di antaranya adalah Swordmage, Vanguard, Occultist, Gunslinger, Blademaster dan Spirit Shaper.

Setiap kelas tersebut mempunyai keunikannya masing-masing ketika berada dalam arena pertempuran. Sebagai contoh, kelas Gunslinger harus lincah menggunakan skill untuk menghindar dari serangan musuh. Sedangkan Ocultist mesti gesit dan cepat dalam berganti mode menyerang dan penyembuhan.

Game ini memiliki peta yang cukup luas, sehingga menawarkan fitur yang menarik. Kamu dapat berpetualang di dunia fantasi ini dengan terbang atau menyelam ke dalam lautan.

Demikianlah rekomendasi game MMORPG yang dapat kamu mainkan di perangkat PC kesayanganmu. Jika kamu mulai tertarik, jangan lupa untuk langsung memasang gamenya dan memainkannya sekarang. Rasakan keseruan berpetualang di dunia fantasi lewat karakter yang kamu ciptakan. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *