carisinyal web banner retina

20 Rekomendasi Game MMORPG Terbaik untuk PC dan Laptop

Ditulis oleh Yanyan Andryan - Diperbaharui 13 Juni 2021

Bagi para gamer veteran mungkin sudah tidak asing mendengar istilah Massively Multiplayer Online Role Playing Game atau yang disingkat MMORPG. Sebutan tersebut merupakan sebuah genre permainan yang di mana para pemain akan memerankan seorang karakter.

Setelah itu, pemain akan dihadapkan untuk melaksanakan serangkaian misi dan nantinya dapat bertemu dengan pemain lainnya yang terhubung secara online. Dengan kata lain, kamu yang memainkan game MMORPG ini akan bermain bersama para pemain lainnya lewat karakternya masing-masing.

Selain itu, kamu dan mereka bisa bersaing untuk mendapatkan reputasi sebagai pemain yang paling disegani. Jenis game ini menawarkan playthrough yang cukup panjang, sebab kamu diberikan kebebasan untuk mengembangkan karakter sesuai keinginan.

Hingga saat ini, tentu saja banyak sekali judul-judul game MMORPG yang beredar di industri gaming. Mungkin salah satu d iantaranya sudah ada yang pernah kamu mainkan.

Nah, dalam pembahasan kali ini, Carisinyal akan memberikan rekomendasi sepuluh game MMORPG yang seru untuk dimainkan di platform PC. Kira-kira apa saja gamenya? Berikut adalah ulasannya.

10 Game MMORPG Berbayar

Kamu punya budget berlebih yang bisa dialokasikan untuk membeli game? Kebetulan, kami punya beberapa rekomendasi game MMORPG berbayar yang pastinya worth buying banget. Yuk cek daftarnya di bawah ini!

1. World of Warcraft

20 Rekomendasi Game MMORPG Terbaik untuk PC dan Laptop 1

Sekalipun World of Warcraft telah dirilis pada tahun 2004, namun eksistensinya masih melanglangbuana hingga sekarang. World of Warcraft atau yang biasa disingkat WoW ini merupakan game MMORPG besutan Blizzard.

Ada banyak teori mengapa game ini sangat populer hingga sekarang. Salah satunya karena WoW merupakan salah satu game MMORPG besar pertama yang hadirkan gameplay menarik. Blizzard juga merupakan developer yang paling rajin mendengarkan feedback dari pemainnya, dan selalu menawarkan update menarik secara berkala dari tahun ke tahun.

Karena WoW termasuk dalam permainan MMORPG klasik yang berusia panjang, banyak pemain lama yang sulit berhenti dari game ini. Pasalnya, kebanyakan dari mereka enggan berpisah dengan komunitas dan teman-teman online yang ditemukan saat bermain WoW.

Saat bermain WoW, pengguna diminta untuk memilih faction antara The Alliance atau The Horde. Nantinya, pemain hanya akan dapat berkomunikasi antar sesama dan berpartisipasi dalam grup pada faction yang sama. Masing-masing faction juga punya ras-ras yang eksklusif, seperti Alliance yang memiliki ras Human, Dwarf, Night Elf, dan sebagainya.

Sementara itu, Horde punya ras eksklusif seperti Goblin, Orc, Troll, Undead, dan masih banyak lagi. Lalu, selain memilih ras, pemain juga harus memilih class yang ketersediaannya tergantung dari ras yang dipilih. Harga langganan dari WoW sebesar $12.99 per bulan. Yuk kunjungi link ini untuk mulai berlangganan!

2. Final Fantasy XIV

20 Rekomendasi Game MMORPG Terbaik untuk PC dan Laptop 3

Siapa yang tidak mengenal seri Final Fantasy? Game ini seringkali jadi ikon RPG sedunia, terutama karakter Cloud dari Final Fantasy VII yang seringkali dikenal oleh penggemar game di seluruh dunia. Nah, selain hadirkan game RPG secara offline, sang pengembang bernama Square Enix turut merilis beberapa game online juga untuk seri FF.

Salah satunya ya tentu saja Final Fantasy XIV yang dirilis untuk PC dan konsol Sony dari PS3 hingga PS5. Sama seperti MMORPG pada umumnya, pemain bisa mengalahkan musuh dengan kombinasi serangan sihir dan juga fisik. Tentunya, skill-skill ini bisa ditaruh pada salah satu slot yang tersedia.

Final Fantasy XIV sendiri tersedia dari tahun 2013 hingga sekarang, dan mendulang banyak popularitas berkat sistem RPG yang dikenal cukup baik oleh pemain setia seri Final Fantasy, juga karena mekanisme progression dan quest yang solid.

Final Fantasy XIV juga selalu menawarkan Expansion Pack secara berkala. Namun, Anda jangan khawatir ketinggalan. Soalnya, kapanpun Anda membeli game dengan Expansion Pack terbaru, pasti mencakup Expansion Pack yang sebelum-sebelumnya juga.

Untuk dapatkannya, game ini dibanderol dengan harga mulai dari 9,99 euro (Started Edition), sudah mencakup juga periode 30 hari pertama. Untuk bulan-bulan berikutnya, harus membayar secara berlangganan sebesar 13 dolar per bulan.

Anda juga bisa memainkan game ini secara trial tapi ada batasan level hingga level 30, dan beberapa fiturnya pun akan dibatasi. Kunjungi laman ini untuk membelinya.

3. The Elder Scrolls Online

20 Rekomendasi Game MMORPG Terbaik untuk PC dan Laptop 5

Kalau kamu ingin memiliki game online yang bisa di-launch menggunakan Steam dan tidak mengharuskan pembayaran setiap bulannya, maka The Elder Scrolls Online merupakan pilihan yang tepat.

Beberapa mekanisme pada game ini sungguh unik, menawarkan antarmuka yang familiar bagi pemain yang pernah memainkan Skyrim. Combat system yang terdapat pada game ini juga lebih mengingatkan kita akan game RPG offline ketimbang MMORPG, dan hal ini bisa jadi sebuah hal yang bagus.

Kamu bisa bebas memilih senjata apapun yang diinginkan, dan mulai mengembangkan skill senjata yang dipilih berdasarkan seberapa sering kamu menggunakannya. Cukup dengan membayarkan Rp266 ribu, The Elder Scrolls Online sudah bisa diunduh dan dimainkan. Kamu bisa klik link ini untuk kunjungi laman Steam-nya.

4. Temtem

20 Rekomendasi Game MMORPG Terbaik untuk PC dan Laptop 7

Apa jadinya kalau Pokemon ada versi MMORPG-nya? Well, sebenarnya Pokemon memang sering dapatkan versi MMO-nya kendati tidak resmi. Nah, kalau mau merasakan petualangan dan pengalaman mengadu makhluk piaraan seperti Pokemon, tidak ada salahnya mencoba TemTem.

Banyak yang bilang game ini meniru Pokemon, karena beberapa mekanismenya memang mirip. Di game turn based ini pemain akan memerankan seorang tamer yang harus berkelana dan membangun tim yang kuat. Para makhluk yang disebut sebagai TemTem ini bisa bertarung dengan TemTem liar, menangkapnya, serta bertarung dengan tamer lain.

Ada beberapa perbedaan mekanisme dibandingkan Pokemon. Contohnya saja seperti sistem MP. Kalau di Pokemon, masing-masing gerakan memiliki PP tersendiri yang akan berkurang semakin sering dipakai.

Tapi kalau TemTem, mekanismenya mirip seperti game RPG kebanyakan. Yakni, bar MP yang terletak di bawah bar HP akan berkurang setiap menyerang musuh menggunakan Technique apapun. Setiap giliran, MP akan naik sedikit demi sedikit. Kamu pun bisa gunkan opsi Rest supaya jumlah MP yang meningkat jadi lebih banyak.

Tertarik? Kamu bisa membelinya melalui Steam dengan harga Rp227.300. Oh iya, tidak lupa, game ini juga menyuguhkan TemTem legendaris yang langka dan sulit untuk ditangkap. Mampukah kamu menaklukkan semua TemTem langka yang ada di game ini? Yuk rasakan keseruannya dengan unduh melalui link ini!

5. New World

20 Rekomendasi Game MMORPG Terbaik untuk PC dan Laptop 9

Pada permainan New World yang diriils pada tahun 2021 ini, kamu akan memerankan seorang karakter yang perahunya terdampar pada sebuah pulau supernatural. Kamu diharuskan untuk mengumpulkan material dan bertarung melawan musuh yang ada.

Sistem kombat di game ini bukan point and click seperti kebanyakkan MMORPG, melainkan kombat action mirip seperti Dragon's Dogma dan juga Skyrim. Kamu juga tidak akan dihadapkan dengan sistem kelas seperti game lainnya. Kamu tinggal perlu pilih senjata seperti pedang, persenjataan jarak jauh, ataupun magic.

Barulah seiring waktu kamu bermain, kamu bisa memutuskan ingin memilih role sebagai apa dalam tim. Game ini tersedia di Steam seharga Rp249.999,-. Kunjungi link ini untuk membelinya.

6. Kingdom Under Fire 2

20 Rekomendasi Game MMORPG Terbaik untuk PC dan Laptop 11

Sebagai game MMORPG, Kingdom Under Fire II menawarkan sebuah mekanisme yang unik. Tidak hanya memiliki genre MMORPG, tapi developer Blue Side juga turut membubuhi game ini dengan sentuhan mekanisme RTS alias Real-Time Strategy.

Di sini, kamu akan memainkan seorang karakter yang bisa memimpin sebuah barisan prajurit. Selain bisa menggerakkan karakter utama secara bebas, kamu juga bisa memerankan prajurit dan mengatur taktik yang pas untuk melawan musuh.

Dibanding game MMORPG lainnya yang cenderung pakai elemen point and click untuk melawan musuh, game ini punya gameplay yang lebih fluid dan terasa seperti hack and slash.

Kamu bisa memilih salah satu dari 5 kelas yang tersedia, seperti Gunslinger, Spellsword, Berserker, Ranger, dan Elementalist. Untuk memainkan game ini, kamu bisa mengunjungi laman Steam-nya di sini dan membelinya seharga Rp149ribu. Cukup murah, bukan?

7. A Tale in the Desert

20 Rekomendasi Game MMORPG Terbaik untuk PC dan Laptop 13
Sumber: MMOGames.com

Kebanyakan game MMORPG punya mekanisme pertarungan yang mengharuskan pemainnya mengalahkan musuh. Nah, berbeda dengan game berjudul A Tale in the Desert yang satu ini.

Alih-alih melawan musuh, kamu hanya akan berkegiatan untuk membangun, berdagang, melakukan riset, dan juga menyelesaikan tantangan-tantangan yang disebut dengan "Tests".

Game ini pastinya akan cocok untuk kamu yang bosan bertarung dan hanya ingin rileks menyelesaikan misi tanpa adanya combat. A Tale in the Desert bisa diunduh secara gratis, tapi kamu harus melakukan pembayaran langganan jika sudah bermain lebih dari 48 jam (2 hari).

Permainan ini punya harga berlangganan yang dimulai dari $11.95 per bulannya. Kamu tinggal perlu mengklik tautan ini untuk mengunjungi laman pembelian.

8. Astellia Online

20 Rekomendasi Game MMORPG Terbaik untuk PC dan Laptop 15

Astellia Online adalah game MMORPG berbayar lainnya yang bisa kamu beli dari Steam. Kali ini kamu diajak untuk kembali menelusuri mekanisme game MMORPG klasik, juga dengan tema yang bertebaran dengan trope MMORPG klasik seperti pelataran tempat yang penuh dengan fantasi.

Di dunia fantasi tersebut, kamu akan memerankan seorang warga Astellia, pahlawan yang diberikan kekuatan oleh bintang-bintang sehingga kamu dan warga Astellia lainnya bisa memanggil sekutu bernama Astell.

Ada banyak dungeon yang bisa kamu masuki, dan kamu harus membasmi seluruh musuh secara solo ataupun bersama-sama. Nantinya kamu akan diberikan reward berdasarkan seberapa efektif kamu atau timmu dalam menyelesaikan dungeon.

Game MMORPG berbayar yang satu ini punya kelebihan di bagian grafisnya yang memukau dan juga keberadaan cutscene yang sinematis, membuat kegiatan questing berjalan dengan lebih imersif. Kamu bisa membeli game ini di Steam seharga Rp408ribu (Standard Plus). Yuk klik link ini untuk membelinya!

9. Project: Gorgon

20 Rekomendasi Game MMORPG Terbaik untuk PC dan Laptop 17

Project: Gorgon akan membuat pemainnya merasakan immersion luar biasa saat memainkannya. Cukup banyak mekanisme permainan yang dihadirkannya mampu membuat pemain merasa benar-benar sedang berinteraksi dengan dunia di dalamnya.

Game ini juga sunggu bukan MMORPG biasa, di sini kamu masih bisa bertarung melawan musuh walau tidak sedang menggunakan senjata. Kamu bisa juga mengajari hewan cara bertarung agar bisa membantumu saat melawan musuh, dan membuatnya berkembang biak agar anaknya bisa dijual ke pemain lain.

Mekanisme di game ini sungguh tidak restrictive seperti kebanyakan game MMORPG lainnya, sehingga membuat pemainnya merasakan permainan yang fleksibel. Project: Gorgon sendiri tersedia di platform Steam seharga Rp170ribu saja, klik di sini.

10. Final Fantasy XI

20 Rekomendasi Game MMORPG Terbaik untuk PC dan Laptop 19

Final Fantasy XI adalah seri online pertama yang hadir di seri FF dari Square Enix. Walau gameplay-nya tidak secepat atau semengalir FFXIV, tapi bukan berarti FFXI ini tidak menarik. Pasalnya, keseluruhan gameplay-nya masih dibuat lekat dengan elemen inti yang menjadikan seri FF sesukses sekarang.

Dengan desain antarmuka yang mirip Final Fantasy X, fans seri FF akan merasakan jalan permainan yang tidak asing. Kendati begitu, game ini tidak lagi hadirkan sistem kombat turn based seperti seri-seri sebelumnya.

Kamu akan melawan musuh secara point and click, dan bisa mengombinasikan serangan reguler dengan skill seperti sihir ataupun yang lainnya. Pilihan-pilihan skill ini tentu berdasarkan kelas yang dipilih. Final Fantasy XI memiliki sistem berlangganan dengan tarif $11.95 per bulan yang bisa kamu beli di sini.

Game MMORPG Gratis

Cukup banyak game MMORPG berbayar yang berkualitas tinggi dan sayang untuk dilewatkan. Tapi, game-game gratisan di bawah ini juga tidak kalah menariknya.

1. Guild Wars 2

Guild Wars 2
*

Guild Wars 2 menawarkan pengalaman baru dalam memainkan mekanisme MMORPG. Dalam game ini, kamu bisa berfokus untuk menjadi seorang legenda baru dan dapat memiliki reputasi hebat yang diakui oleh pemain lain.

Sebelum menuju ke hal tersebut, sebagai awal permulaan kamu diharuskan untuk membuat karakter yang akan dimainkan seperti pemilihan ras, gender, fisik, profesi dan latar belakang.

Terdapat delapan profesi yang bisa kamu pilih dan masing-masingnya memiliki senjata yang bervariatif. Setiap senjata tersebut memiliki skill dan ability yang bermacam-macam tergantung kepada pilihan profesi nantinya.

Salah satu contohnya, seorang Thief bisa menggunakan senjata dual-pistol, Elementalist dengan dual-dagger, atau seorang Ranger yang mampu menguasai great sword sebagai senjatanya.

2. The Secret World Legends

20 Rekomendasi Game MMORPG Terbaik untuk PC dan Laptop 22

Permainan Secret World Legends memiliki keunikan dan charm-nya tersendiri. Kamu tidak hanya bisa membasmi musuh dengan skill-skill pedang yang keren, tapi kamu juga diberikan persenjataan secondary berupa beragam jenis senjata api seperti pistol, assault rifle, dan shotgun.

Selain itu, pemain juga disuguhkan kekuatan-kekuatan magic juga untuk melawan musuh pada latar tempat yang terinspirasi dari dunia modern.

Ya, tidak seperti kebanyakan MMORPG yang memiliki pelataran fantasi, kamu bisa menjelajah kota-kota seperti London, Seoul, dan juga New York yang sedang diporakporandakan oleh makhluk-makhluk mitos.

Untuk bisa memainkan game RPG aksi online ini, kamu tinggal perlu mengunjungi laman Steam di PC dan unduh secara gratis. Atau, klik di sini untuk langsung menuju laman unduhannya.

3. Blade and Soul

Blade and Soul
*

Dalam game ini kamu akan berperan sebagai seorang murid dari perguruan Kungfu bernama Hongmoon School yang berada di Heaven’s Reach. Berkat latihan yang intens dari Master Hong, kamu memiliki kemampuan Kungfu yang kuat.

Pada suatu hari, seorang wanita sakti bernama Jinsoyun menyerang Hongmoon School dan berencana untuk mengambil pedang Twilight’s Edge dari tangan Master Hong.

Usaha penyergapan berjalan mulus karena salah satu murid kepercayaan Master Hong, Lusung, tiba-tiba mengkhianatinya. Pedang keramat miliknya kini telah berpindah tangan kepada pihak yang jahat.

Master Hong kemudian meninggal dan karakter yang kamu mainkan dibuang ke dalam lautan. Dari situlah petualanganmu akan dimulai dengan menelusuri berbagai misi untuk melawan kejahatan Jinsoyun.

4. Arche Age

Arche Age
*

Sebuah dunia bernama Auroria menjadi rumah yang nyaman bagi keenam ras, yaitu Nuian, Elf, Firran, Harani, Dwarf, dan Warborn. Hingga suatu hari, muncul perang dahsyat antara Dewa Kyrios dan Aranzeb yang akhirnya berdampak dengan kehancuran Auroria.

Mereka yang selamat kemudian bergegas mengungsi ke benua lain melalui portal antar dimensi yang dibuat oleh Dewi Kehidupan bernama Nui. Ras Nuian dan Elves kini tinggal di Pulau Nuia, sedangkan Firran dan Harrani menetap di Pulau Haranya.

Mereka memulai konflik satu sama lain dan menjadi salah satu lawan yang harus dihadapi. Untuk memulai memainkan game ini, kamu dapat memilih dari keempat ras tersebut. Setiap ras tentunya memiliki jalan ceritanya masing-masing.

Dalam sistem pertempuran, Arche Age menghadirkan serangan berbasis skill untuk mengalahkan musuh. Maka disarankan agar mengkombinasikan hal itu menjadi combo sehingga musuh cepat dikalahkan.

Untuk diingat, skill dengan serangan rendah memiliki waktu aktivasi yang cepat, sedangkan skill tinggi membutuhkan waktu pemulihan yang lama. Jadi, kamu harus mempergunakannya di saat yang tepat.

5. Phantasy Star Online 2

20 Rekomendasi Game MMORPG Terbaik untuk PC dan Laptop 26

Bosan dengan MMORPG yang berpacu lambat? Untungnya, kamu bisa memuaskan hasrat menghancurkan lawan dengan cepat pada permainan Phantasy Star Online 2. Mulai dari efek visualnya hingga dinamika permainannya yang cair, sungguh memberikan impresi hack and slash yang begitu kental.

Awal mulanya, Phantasy Star Online 2 hanya tersedia di negara Jepang pada tahun 2012. Baruh pada tahun 2021, game MMORPG ini tersedia di Amerika Serikat dan juga seluruh dunia. Aksi kombatnya yang real time memungkinkan pemain untuk menggunakan beragam jenis persenjataan dan juga gaya bermain yang berbeda.

Pemain juga bisa menggabungkan serangan standar dengan serangan-serangan yang lebih kuat bernama Photon Arts. Selain Photon Arts, kelas-kelas tertentu juga bisa mengerahkan gerakan khusus bernama Technique. Bersama dengan Photon Arts, keduanya sama-sama mengurangi PP (semacam istilah untuk MP, singkatan dari Photon Points).

Supaya kamu bisa mencoba beragam jenis gaya permainan, kamu pun dihadirkan dengan banyak pilihan class saat pertama kali bermain seperti Fighter, Hunter, Ranger, Force, dan masih banyak lagi. Masing-masing class tersebut punya gaya permainan close combat, serangan jarak jauh, atau kombinasi keduanya.

Selain class, pemain juga dihadapkan dengan empat opsi ras yakni Human, Newman yang punya kemiripan fisik seperti elf, Casts yang tampil dengan armor keren, dan juga Deuman yang memiliki tanduk di kepalanya serta punya keahlian khusus dalam mengerahkan Photon Arts.

Permainan seru ini sudah bisa diunduh, diinstal, dan dimainkan pada PC melalui Steam (klik di sini). Terlepas dari grafisnya yang menakjubkan dan mekanisme permainan yang modern, system requirement untuk jalankan game ini tidak begitu tinggi. Asalkan, pastikan kamu punya minimal 100 GB lebih di HDD atau SSD agar bisa menginstalnya.

6. Star Wars: The Old Republic

Star Wars The Old Republic
*

Star Wars The Old Republic akan membawamu ke dalam sebuah pilihan untuk melindungi atau menguasai galaksi. Kamu mesti memilih satu di antara delapan kelas karakter yang terbagi dalam dua sisi, yaitu Republic dan Empire.

Pihak Republic akan dilindungi oleh kekuatan The Light Side dari para ksatria Jedi. Sementara itu, The Dark Side yang kuat menetap hidup pada kekuatan Sith di kekaisaran Empire.

Jika memutuskan memihak pada Republic, maka kamu dapat memilih sebagai karakter Jedi Knight, Jedi Consular, Smuggler dan Trooper. Apabila hasratmu untuk menguasai galaksi cukup kuat, tak perlu ragu bergabung bersama pasukan Empire.

Di pasukan Empire kamu bisa menjadi Sith Warrior, Sith Inquisitor, Bounty Hunter, atau Imperial Agent. Masa depan Galaksi kini berada ditanganmu sendiri lewat karakter yang kamu mainkan.

7. EVE Online

20 Rekomendasi Game MMORPG Terbaik untuk PC dan Laptop 29

Hampir semua game MMORPG mengharuskan pemainnya memerankan sebuah karakter manusia ataupun ras lainnya, menggunakan persenjataan seperti pedang ataupun senjata tajam pada umumny. Namun, bagimana jika kamu memerankan sebuah kapal luar angkasa?

Itulah premis yang ditawarkan pada EVE ONLINE, di mana pemain berkesempatan mengunjungi lebih dari 7.000 sistem tata surya dan bertempur melawan pesawat luar angkasa lainnya. Pemain pun disuguhkan sekitar 350 jenis pesawat luar angkasa yang bisa dimodif secara mendalam.

EVE Online memiliki single shard universe yang menampung seluruh pemain dalam satu server, sehingga seluruh pemain bisa berkumpul dan berinteraksi sekalipun berada pada timezone yang berbeda.

Itu mengapa, apapun aksi yang kamu lakukan (seperti memenangkan pertempuran dan menguasai sistem tata surya), akan berdampak dan tercatat pada lingkungan New Eden. Ingin mencoba game MMORPG luar angkasa nomor satu di dunia? Klik di sini untuk menginstal game melalui Steam.

8. DC Universe Online

DC Universe Online
*

Untuk yang menggemari karakter hero dan villain dari komik DC wajib mencoba memainkan game yang satu ini. Selain bisa memerankan karakter jagoan, kamu pun bisa memilih menjadi seorang penjahat.

Jika super hero adalah pilihanmu, maka kamu harus menjalankan beberapa tugas untuk melindungi kota dari serangan para penjahat. Kamu dapat menjelajahi semua sudut kota yang ada dalam DC Universe Online.

Jika karakter jagoanmu telah mencapai level 30, maka kamu bisa mengikut mode PvP (Player Versus Player). Di mode tersebut, kamu bisa melawan para super hero lainnya yang online pada saat itu juga.

Game ini menyediakan fitur tutorial bagi yang kebingungan dalam bermain DC Universe Online. Fitur tersebut sangat berguna untuk melatih kemampuan menembak dan memukul saat menghadapi musuh.

9. Genshin Impact

20 Rekomendasi Game MMORPG Terbaik untuk PC dan Laptop 32

Kalau HP Android yang kamu punya tidak cukup kuat untuk memainkan game Genshin Impact, solusinya ya dengan memainkannya di PC. Genshin Impact adalah game open world yang sedang happening di tahun 2020 hingga 2021, di mana semua orang memujinya karena berhasil tampilkan sisi estetika tinggi pada atmosfirnya.

Meski kualitas grafisnya tidak serealistis game sekelas AAA, tapi kamu tetap akan terpukau dengan pelataran ladang hijau yang luas dan memanjakan mata. Game ini juga punya elemen gacha yang cukup berat, karena karakter-karakter dan senjata-senjata lain yang bias digunakan hanya bisa didapatkan secara random.

Game yang penuh dengan aksi ini juga mengedepankan sisi hack and slash sehingga pertarungan dengan musuh terasa begitu sengit dan juga mengalir.

Genshin Impact juga dikenal dengan karakter desain yang unik-unik serta seringkali mendatangkan update secara berkala seperti lokasi baru untuk dieksplor, kegiatan baru yang membuat penglaman bermain tetap fresh dan tidak membosankan.

Untuk seukuran game yang bisa dimainkan dengan gratis, Genshin Impact layak dianggap salah satu game MMORPG terbaik. Tidak heran game ini bisa mendulang banyak popularitas dengan waktu yang singkat. Kunjungi link ini untuk mengunduhnya.

10. Path of Exile

Path of Exile
*

Secara garis cerita, Path of Exile menawarkan kisah yang cukup sederhana dan tidak rumit. Dalam game ini, kamu menjadi seseorang yang ditangkap dan dibawa ke sebuah pulau misterius.

Di dalam pulau itu berisi makhluk mengerikan seperti monster, zombie dan manusia gila serta para kriminal. Di sinilah perlawananmu akan dimulai dengan menghadapi mereka dan sekelompok musuh jahat lainnya.

Meskipun Path of Exile mengusung konsep online dalam permainannya, ada beberapa perbedaan yang terdapat pada mode single player dan multiplayer.

Saat berada di sebuah kota untuk menjalankan misi, kamu bisa berinteraksi dan bertransaksi dengan pemain lainnya. Namun, saat dirimu pergi dari kota tersebut, maka secara otomatis akan masuk ke dalam mode single player dan harus bertempur sendirian.

Demikianlah rekomendasi game MMORPG yang dapat kamu mainkan di perangkat PC kesayanganmu. Jika kamu mulai tertarik, jangan lupa untuk langsung memasang gamenya dan memainkannya sekarang. Rasakan keseruan berpetualang di dunia fantasi lewat karakter yang kamu ciptakan. Selamat mencoba!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram