carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Games / Inilah 20 Game PC Online Terbaik di Dunia Tahun 2021

Inilah 20 Game PC Online Terbaik di Dunia Tahun 2021

Ditulis oleh Yanyan Andryan - Diperbaharui 23 Mei 2021

Game online PC sudah sangat populer di Indonesia sejak awal tahun 2000-an. Pada masa itu, dua di antara game yang paling digemari adalah Ragnarok Online dan GunBound. Model permainan game online hingga sampai saat ini terus berkembang karena didukung oleh teknologi yang lebih modern. Para developer selalu menawarkan variasi genre agar bisa terus bersaing dalam ketatnya industri gaming.

Keunggulan game online memungkinkan kita bermain bersama dengan banyak orang yang bisa diajak kerja sama dalam menyelesaikan misi tertentu. Walaupun dapat diakses lewat smartphone, akan tetapi bermain game online di PC lebih nyaman dan seru.

Koneksi internet yang lancar dan stabil adalah hal yang wajib kamu miliki jika ingin terus terhubung dengan para gamer lainnya di luar sana. Untuk kamu yang ingin merasakan suasana mabar dengan gamer lain, berikut ini Carisinyal akan memberikan rekomendasi game online PC terbaik yang dapat kamu coba.

Game Online PC Terbaik yang Gratis

Terbaik tidak harus mahal. Bahkan, beberapa game online PC berikut ini sangat menarik untuk dimainkan walaupun gratis. Berikut adalah 10 daftar game online PC terbaik yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma.

1. Fortnite Battle Royale

Fortnite Battle Royale
*

Dalam game ini, kamu beserta 99 pemain lainnya akan dikirim ke sebuah pulau. Di tempat tersebut, kamu dipaksa bertahan hidup dan berperang mengalahkan mereka sampai tidak ada yang tersisa, kecuali diri kamu sendiri.

Tidak ada kawan, dan semuanya adalah lawan yang saling bertempur. Jika kamu berhasil selamat dalam peperangan itu hingga akhir, maka otomatis dirimulah yang menjadi pemenangnya.

Terdapat banyak senjata yang dapat kamu crafting selama permainan berlangsung. Nantinya kamu akan dibekali sebuah kapak yang dapat digunakan untuk membuat dinding, tangga, pintu dan yang lainnya.

Agar dapat mengalahkan musuh dengan cepat, kamu bisa mencoba menggunakan sniper. Jika ingin berhadapan langsung dengan lawan, kamu bisa menggunakan senapan otomotatis ataupun shotgun.

2. DOTA 2

DOTA 2
*

Defense of The Ancients (DOTA) adalah sebuah game multiplayer online battle arena (MOBA) yang terus berkembang. Di seri keduanya ini, para gamer masih tetap setia dalam memainkannya.

Permainan dibagi menjadi dua tim, The Radiant dan The Dire. Setiap tim mempunyai lima hero yang dimainkan oleh masing-masing player. Kamu dapat mengendalikan satu karakter dari total 111 hero yang telah tersedia.

Setiap karakter hero dikelompokkan menjadi tiga kemampuan, yakni strength, agility dan intelligence. Misi utama permainan ini adalah untuk menghancurkan bangunan Ancient lawan serta mempertahankan bangunan Ancient sendiri.

DOTA 2 sendiri menyediakan fitur training untuk para player baru yang belum pernah mencoba game ini. Mode tersebut sangat bermanfaat sebagai pengenalan mekanisme gameplay.

3. Counter Strike: Global Offensive

Counter Strike Global Offensive
*

Mekanisme gameplay dari Counter Strike: Global Offensive ini tidak banyak perubahan dari edisi-edisi sebelumnya. Masih sama dengan yang terdahulu, kamu diberikan opsi untuk memilih bergabung dengan kelompok terrorist maupun counter terrorist.

Setelah itu, kamu dan pemain lainnya akan terlibat dalam sebuah peperangan tembak menembak untuk memastikan kemenangan kelompok masing-masing.

Jika kamu cukup hebat dalam bermain counter strike, tidak ada salahnya mencoba mode competitive. Pada mode ini, kamu akan dihadapkan dengan suasana peperangan yang lebih sengit dan rumit.

Kamu harus menguasai peta lokasi arena battle agar bisa menempatkan posisi yang jitu untuk menembak lawan. Pengaturan strategi adalah langkah utama untuk memenangkan peperangan di setiap rondenya.

4. Tom Clancy's Rainbow Six Siege

Tom Clancy's Rainbow Six Siege adalah salah satu game first person shooter dengan mekanisme yang unik dan mengesankan. Soalnya, sekalipun kamu bermain round yang berbeda dengan tim/lawan yang sama, kamu tetap bisa mengaplikasikan taktik dan strategi yang benar-benar berbeda.

Tidak seperti Point Blank atau CS:GO, di game ini, tembakan kamu bisa menembus tembok (namun damage-nya jadi berkurang). Dan juga kamu didorong untuk berinteraksi dengan struktur bangunan seperti tembok, pintu, dan lain-lain. Menjadikan permainan terasa lebih real dan bervariatif.

Setidaknya ada enam mode yang bisa dimainkan, beberapa di antaranya ada yang kompetitif dan juga non-kompetitif. Misalnya, pada mode Hostage, kamu diharuskan untuk bekerja sama dalam tim untuk menyelamatkan tawanan yang disandera musuh.

Juga ada mode Bomb, di mana pemain dibagi menjadi dua tim yang berbeda. Yang satu harus memasang bom, dan tim satunya lagi harus mematikan bom tersebut. Masih ada beberapa mode lainnya yang tak kalah menarik.

Kalau kamu bosan dengan first person shooter biasa dan ingin mencoba sesuatu yang unik dan punya gameplay yang mulus, Tom Clancy's Rainbow Six Siege bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu bisa membelinya dari Steam (klik di sini) seharga Rp205.000,-.

5. StarCraft II

Starcraft II
*

StarCraft 2 adalah game strategi yang dimainkan secara real time dalam arena pertempuran. Sebelum mulai memainkannya, kamu disuruh memilih satu dari tiga bangsa yang akan dikendalikan.

Bangsa Terrans terkenal dengan etos kerjanya. Sedangkan bangsa Protoss pandai membuat teknologi canggih. Terakhir adalah bangsa Zerc. Mereka semacam serangga cerdas yang memiliki naluri membunuh yang kejam.

Saat memulai permainan, kita akan mengontrol unit pekerja yang bertugas untuk mengumpulkan berbagai macam sumber daya. Nantinya, sumber daya tersebut bisa digunakan dalam membuat bangunan dengan fungsi yang berbeda-beda.

Agar dapat memenangkan peperangan, kamu perlu komposisi unit pasukan yang tepat. Dengan demikian, strategi yang dijalankan nantinya dapat menghancurkan pasukan musuh.

6. Eve Online

Eve Online
*

Sebelum masuk ke dalam permainan, kamu akan dituntun untuk memilih salah satu dari empat ras yang ada dalam dunia game Eve Online. Mereka di antaranya adalah ras Amarr, Gallente, Minmatar dan Caldari.

Setelah selesai ditentukan, maka kamu dapat membentuk karakter baru yang nantinya akan dimainkan olehmu sesuai ras yang telah dipilih sebelumnya. Kini, petualanganmu menjelajahi galaksi akan dimulai.

Eve Online pada dasarnya adalah sebuah game open world yang jalan ceritanya ditentukan oleh pemain itu sendiri. Karakter yang dimainkan dapat kamu arahkan untuk menjalani bermacam peran, seperti penjahat, penambang, ataupun seorang penjelajah.

Dalam game ini, kamu dapat mengendalikan pesawat ruang angkasa untuk berpergian melewati satu galaksi ke galaksi lainnya dengan menembus jump gate.

7. Valorant

Valorant adalah game tembak-tembakkan online 5 lawan 5 yang bisa dimainkan secara gratis, dengan beberapa elemen permainan yang menjadikannya unik dibandingkan FPS biasa. Di game ini, kamu bisa menggunakan beragam skill yang berbeda selayaknya game MOBA, seperti Overwatch atau Paladin.

Dengan art style animasi dan efek-efek visual mengagumkan, Valorant juga menjadi salah satu game online dengan grafis yang enak dilihat di mata.

Masing-masing karakter atau yang disebut sebagai agent, memiliki role masing-masing yang menjadikannya unik. Kamu dan anggota tim lainnya harus melakukan mix and match terhadap masing-masing karakter untuk menciptakan gaya permainan yang mematikan lawan agar berhasil memenangkan pertandingan.

Yuk kunjungi laman ini untuk mengunduh game secara gratis. Tenang saja, game ini bisa dimainkan sekalipun pada PC atau laptop low-end.

8. Apex Legends

apex legends

Selain Fortnite dan PUBG, ada satu lagi game battle royal yang sungguh unik. Apex Legends memiliki enam karakter dengan skill dan kemampuan yang berbeda-beda, sehingga kamu pun bisa memilih karakter berdasarkan gaya bermain yang Anda kuasai.

Map atau area yang dihadirkan juga tidak begitu besar seperti PUBG, karena itu kamu tidak butuh waktu yang cukup lama untuk mencari musuh dan memenangkan permainan.

Berbagai kemampuan yang berbeda ini sungguh mendukung permainan tim yang lebih fleksibel, karena kamu bisa mengambil role tertentu seperti support, tank, ataupun scout.

Selain itu juga, tidak perlu khawatir jika mati di dalam permainan karena teman satu tim bisa mengambil banner dari lokasi kematianmu dan membawanya ke suatu tempat supaya kamu bisa respawn.

9. League of Legends

league of legends

Ini dia salah satu game MMO terbaik yang ada di PC. Grafisnya yang memukau, sistem multiplayer yang baik, serta bisa dimainkan secara gratis, membuat popularitas League of Legends melejit sejak kali pertama dirilis pada tahun 2010.

Ketika kamu memainkan League of Legends, kamu akan menemukan berbagai karakter dengan masing-masing kemampuannya yang unik dan saling melengkapi karakter lain.

Ini adalah pilihan game yang dijamin akan membuat ketagihan, terutama jika kamu termasuk ke dalam sebagian besar orang yang hobi bermain Mobile Legend di HP.

10. Destiny 2

destiny 2

Pernahkah membayangkan menjadi superhero tangguh di luar angkasa? Di game Destiny 2, kamu bisa mewujudkan impian tersebut. Di sini kamu akan memerankan seorang Guardian yang memiliki kekuatan supernatural yang bisa menjelajahi alam semesta sembari mengumpulkan senjata dan gear baru untuk melawan musuh.

Kustomasi karakter yang mendalam serta jalan cerita yang seru bukanlah satu-satunya nilai jual dari permainan ini. Pasalnya, Destiny 2 juga menawarkan sisi permainan kooperatif dan juga kompetitif. Kamu bisa bergabung dengan teman untuk melawan musuh-musuh jahat dalam mode PvE, atau bertarung dengan satu sama lain pada mode PvP.

Meskipun game online umumnya tidak menghadirkan cerita yang mendalam, Destiny 2 sungguh menawarkan cutscene yang sangat sinematis dengan jalan cerita yang membuatnya terlihat seperti film.

Selain itu, kamu pun tidak akan bosan-bosannya membuat karakter baru karena Destiny 2 memberikan beberapa pilhan class seperti itan, Warlock, dan juga Hunter.

Game PC Online Terbaik yang Berbayar

Selain daftar game online PC terbaik yang gratis, kamu pun tidak ada salahnya mencoba game berbayar. Pasalnya, game yang bebayar umumnya menghadirkan fitur-fitur dan pengalaman bermain yang lebih baik dan beragam.

1. Among Us

among us

Kamu sudah pasti sering melihat permainan yang memiliki genre-genre umum, entah itu RPG ataupun shooter. Among Us merupakan permainan dengan gameplay yang inovatif, memerlukan kejelian dan kemampuan untuk membaca gerakan karakter lain agar bisa menang.

Among Us adalah permainan semacam Werewolf di mana kamu dan 9 orang lainnya merupakan anggota kru pesawat luar angkasa. Akan tetapi, 3 orang di antara kalian adalah impostor yang diam-diam bisa membunuhmu satu per satu.

Tugasmu adalah mencoba menebak siapa yang jadi impostor, sekaligus berusaha mencegah impostor ini untuk membunuhmu. Permainan ini tersedia juga secara gratis untuk smartphone.

Namun jika memainkannya di PC, kamu bisa mendapatkannya dari Steam seharga Rp40.000,-. Berbeda dengan versi mobile, Among Us versi PC tidak ada iklannya dan kamu bisa mendapatkan fitur eksklusif berupa voice chat dan beberapa kostum karakter. Klik di sini untuk membelinya.

2. Final Fantasy XIV: A Realm Reborn

Final Fantasy XIV
*

Final Fantasy XIV menampilkan sistem pertarungan yang kompetitif di antara semua pemain yang telah terkoneksi. Layaknya sebuah game berkonsep MMORPG, kamu diharuskan terlebih dahulu menciptakan karakter yang nantinya akan menjadi protagonist utama.

Game ini menampilkan delapan ras yang dapat dipilih pemain. Mereka adalah ras Elezen, Lalafell, Roegadyn, Miqo’te, Hyur, Au Ra, Viera dan Hrothgar.

Kamu dapat meningkatkan karakter dengan mendapatkan poin pengalaman (EXP) lewat berbagai cara. Namun, langkah yang paling efektif adalah dengan menyelesaikan setiap misi, menjelajahi ruang bawah tanah dan membunuh para monster.

Ketika poin tersebut berhasil didapatkan, karaktermu akan naik level dan berpengaruh terhadap statistik untuk mengatur kekuatan dan sistem pertahananmu saat bertempur.

3. Tom Clancy’s The Division 2

the division 2

The Division 2 yang merupakan sequel dari seri game best-seller Ubisoft sungguh menawarkan mode permainan tembak-tembakan dengan latar tempat yang realistis. Di sini kamu akan bertugas sebagai salah satu agen The Divison pada kota Washington DC setelah merebaknya virus mematikan. Para warga pun menjadi panik dan bersedia melakukan berbagai cara untuk bertahan hidup.

Nah, berbagai warga ini kemudian mempersenjatai diri mereka dan membangun berbagai macam faction yang tersebar di seluruh penjuru kota. Mampukah kamu menstabilkan situasi agar Washington DC bisa kembali menjadi kota yang aman?

Ini adalah salah satu permainan RPG shooter terbaik yang mengusung perspektif orang ketiga. Kamu akan merasakan serunya menaikkan level dan meng-upgrade senjata ataupun menemukan senjata baru dari para bos musuh yang berhasil dikalahkan.

Lagipula, kapan lagi kamu bisa menjelajahi kota Washington DC dari jauh? The Division 2 sungguh menawarkan permainan dengan level kualitas sebaik game offline AAA. Dan jika kamu mulai merasa kesulitan dengan musuh-musuhnya, kamu tinggal perlu bergabung dengan pemain lain agar bisa menyerbu segerombolan musuh dari berbagai sisi.

4. PUBG

pubg

PUBG adalah singkatan dari Player Unknown's Battle Ground yang merupakan permainan battle royal. Di awal permainan, kamu akan terjun payung dari sebuah pesawat dan menentukan sendiri mau mendarat di mana.

Ini adalah permainan survival di mana kamu harus mengumpulkan berbagai sumber daya seperti senjata, armor, dan item untuk healing. Nantinya, kamu harus melawan 99 orang lainnya agar bisa menjadi pemain terakhir yang berada di medan tempur.

Salah satu keunikan dari permainan ini adalah mapnya yang begitu luas sehingga kamu benar-benar memiliki ruang yang banyak untuk menghabisi musuh satu per satu. Ingin meng-ambush musuh ataupun menembak pakai sniper, semuanya sah dilakukan.

Yang penting kamu tidak menjadi orang yang duluan mati. Soalnya kalau kamu mati, kamu tidak akan respawn dan harus mengulang sesi permainan dari awal lagi.

5. Overwatch

overwatch

Bisa dibilang, Overwatch adalah permainan yang menghasilkan genre baru, yakni menggabungkan genre MOBA seperti Dota 2 atau League of Legend dengan genre first person shooter seperti Call of Duty ataupun Destiny 2.

Hasilnya? Overwatch langsung menuai banyak pujian dengan gaya permainan unik yang tidak pernah ada sebelumnya. Di sini kamu bisa memilih beragai karakter dengan role tertentu, dan misi kamu adalah mengeksekusi strategi tim untuk membasmi tim musuh tanpa ampun.

Ada beragam mode game yang bisa kamu mainkan seperti berlatih melawan AI, berlatih di shooting range, bermain secara kasual pada mode Quick Play dan juga permainan kompetitif. Kamu juga bisa membuat stage sendiri dengan peraturan yang bisa dikostumasi sesuka kamu.

6. Worms W.M.D

Nah, ini dia permainan yang sungguh asyik dimainkan oleh beberapa orang sekaligus. Merupakan game turn based, kamu akan memerankan beberapa ekor cacing yang harus berperang melawan tim cacing lainnya.

Saat giliran kamu tiba, lawan benar-benar tidak akan bisa bergerak. Inilah saatnya kamu mencoba memilih senjata dengan damage output paling besar untuk membasmi lawan. Worms W.M.D juga membutuhkan taktik jitu agar kamu bisa membasmi beberapa cacing milik lawan dalam sekali serangan.

Yang sungguh menariknya, efek ledakan dari serangan karakter bisa memengaruhi lingkungan sekitarnya. Alhasil kamu juga bisa meledakkan medan perang yang mengelilingi lawan untuk membuatnya terjatuh. Ya, game ini punya mekanisme fall damage juga.

Sebagai salah satu game online PC terbaik di dunia, Worms W.M.D tentu tidak kalah menarik dengan game lain yang lebih populer seperti CS:GO ataupun Dota 2. Yuk mainkan game strategi ini dengan mengunduhnya di Steam. Harganya cuman Rp219.000,- saja.

7. Call of Duty: Black Ops 4

black ops 4

Siapapun yang penggemar game tembak-tembakkan pasti setidaknya pernah mendengar nama Call of Duty. Seri franchise ini sudah lama berkutat di dunia game FPS, dan sekarang publisher Activison telah merilis Black Ops 4 pada tahun 2018 untuk platform PC, PlayStation 4, dan juga Xbox One.

Berbeda dengan seri-seri pendahulunya, Black Ops 4 tidak menghadirkan mode campaign bagi Anda yang ingin mendalami cerita dari game. Walau masih menghadirkan mode Solo Mission, terlihat bahwa Black Ops 4 memang sengaja dibuat sebagai permainan multiplayer.

Selain menghadirkan mode multiplayer biasa, nampaknya Activison menyadari tren battle royale yang kian berkembang belakangan ini sehingga mereka pun menambahkan mode battle royale bernamakan Blackout.

Yang menjadikannya unik adalah Black Ops 4 memiliki tampilan grafis yang aesthetic serta menawarkan gameplay yang sungguh mulus. Di tengah-tengah permainan juga kamu bisa melakukan manual healing dengan item-item yang ada, juga melakukan kustomasi mendalam terhadap persenjataan yang dimiliki.

8. Rocket League

rocket league

Apakah kamu menyukai mobil dan permainan sepak bola sekaligus? Mengapa tidak memainkan game yang menggabungkan keduanya? Ini dia Rocket League, di mana kamu akan memainkan sebuah mobil untuk memasukkan bola ke gawang tim lawan.

Kamu harus berusaha untuk meluncurkan mobil ke udara dengan melakukan thrust agar bisa mengenai bola. Layaknya permainan seperti FIFA atau PES, tentu saja kamu harus berusaha "menendang" bola untuk masuk ke gawang. Siapapun tim yang paling banyak memasukkan bola ke gawang lawan, dia yang menang.

Rocket League begitu banyak digemari, terlebih lagi karena permainan ini menghadirkan beragam DLC yang berhubungan pada berbagai franchise lainnya di ranah pop culture seperti Batmobile, kendaraan yang dipakai di film Ghostbusters, mobil penjelajah waktu dari Back to The Future, dan masih banyak lagi. Tertarik untuk mencobanya?

9. Mordhau

Kalau kalian salah satu pecinta berat zaman medieval, pastinya akan betah banget memainkan game bernama Mordhau. Sebagai info, di game ini kamu bisa berperan sebagai prajurit perang dengan berbagai persenjataan yang tersedia pada zamannya.

Permainan berlangung pada perspektif orang pertama, sehingga immersion yang bisa dirasakan pada game ini menjadi maksimal. Namun kamu perlu ketahui, agak sulit untuk casual player membiasakan diri dengan kontrolnya.

Untungnya Mordhau juga menyediakan mode single player di mana kamu bisa melawan AI untuk melatih skill pertempuranmu. Apakah kamu siap melalui challenge dari game kompetitif ini? Dapatkan Mordhau di Steam seharga Rp139.000,- saja. Klik di sini untuk kunjungi laman unduhan.

10. Overcooked 2

overcooked 2

Overcooked 2 juga layak dinobatkan sebagai game online terbaik di PC, karena menyuguhkan pengalaman bermain interaktif yang berbeda dari kebanyakan game lain.

Jangan terkecoh dengan desain art style-nya yang menggemaskan. Pasalnya, Overcooked 2 ternyata punya tingkat kesulitan yang cukup tinggi, terlebih saat dimainkan secara solo.

Butuh sedikit kesabaran untuk mempelajari peraturan dan mekanisme permainan. Namun kalau sudah terbiasa, dijamin Overcooked 2 akan membuat siapaun ketagihan.

Game ini sendiri mengambil tema masak-masakkan di mana pemain harus bekerja sama untuk bekerja di dapur dalam menghasilkan menu masakan. Karenanya, tidak sedikit juga yang menganggap Overcooked 2 membuatmu merasa seperti sedang jadi kontestan di Hell's Kitchen.

Pelataran tempat di Overcooked 2 juga tidak hanya beragam namun juga unik. Selain memasak di dapur, kamu juga bisa bermain di tempat-tempat tidak lazim seperti di balon udara, di tengah rawa-rawa, di atas sungai, dan sebagainya. Pastinya, masing-masing tempat ini punya rintangannya sendiri-sendiri.

Harga game-nya juga cukup murah, hanya di kisaran Rp100 ribuan saja. Kamu bisa mendapatkannya melalui Steam atau dengan klik link ini.

Itulah daftar game online yang bisa kamu coba untuk mabar bersama gamer lainnya di PC. Pastikan juga akses internetmu lancar agar tidak mengganggu keseruan saat bermain game. Selamat mencoba!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram