Carisinyal / Game PC / 10 Rekomendasi Game Perang Kerajaan Untuk Platform PC

10 Rekomendasi Game Perang Kerajaan Untuk Platform PC

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Game perang kerajaan memang menghadirkan nuansa kolosal yang begitu kental. Kalian tentunya akan diajak ke era klasik di mana kalian diharuskan untuk membuat sebuah koloni dengan menaklukkan wilayah jajahan. Lewat cara tersebut, supremasi kerajaan yang dibangun nantinya akan semakin kuat sehingga bisa mendominasi dunia.

Keseruan memainkan game dengan konsep seperti ini tidak hanya terletak dari aspek itu saja. Kalian dipastikan akan berperan sebagai raja yang bertugas untuk memakmurkan rakyatnya. Mereka adalah sumber daya utama yang harus kalian utamakan karena dapat dilatih untuk menjadi prajurit hebat, panglima perang, penasihat kerajaan maupun yang lainnya.

Selain menjadi seorang raja, kalian juga dapat berperan sebagai panglima perang maupun prajurit. Perang adalah hal yang krusial dalam peradaban klasik, maka tak heran jika genre permainan ini sangat seru untuk dimainkan. Nah, di bawah ini Carisinyal akan memberikan rekomendasi game-game perang kerajaan PC Windows yang seru dimainkan. Berikut ulasannya.

1. Total War: Shogun 2 (2011)

Total War Shogun 2

* sumber: www.rockpapershotgun.com

Game ini mengambil latar belakang Jepang di abad ke-16 setelah Perang Onin selama periode Shogun Ashikaga. Pada waktu tersebut, Jepang terbelah menjadi berbagai macam klan yang bersaing satu sama lain. Mereka kemudian dipimpin oleh masing-masing panglima perang yang nantinya dapat pemain kendalikan.

Pemain mempunyai kewenangan penuh untuk mengelola seluruh aset dan sumber daya dari klan yang nantinya akan dipilih. Tujuan game ini adalah pemain harus mendominasi atau menaklukkan semua klan yang ada sehingga dapat berkuasa di seluruh Jepang.

Gameplay dari Total War: Shogun 2 ini menggunakan mekanisme turn-based strategy dan real-time tactics. Pemain mengambil kendali penuh atas semua pasukan yang ada di medang perang. Selain melakukan pertempuran, pemain dapat terlibat dalam diplomasi politik dan penggunaan agen khusus untuk memata-matai lawan dengan menggunakan ninja atau geisha.

2. Total War: Rome II (2013)

Total War Rome II

* sumber: www.pcgamer.com

Permainan Total War: Rome II berfokus di wilayah Eropa, Mediterania dan Timur Dekat pada zaman klasik di tahun 272 SM. Seperti seri terdahulunya, game ini memadukan gameplay berbasis turn-based grand strategy dengan sistem civilization management dan mekanisme pertempuran real-time tactical battles.

Game ini menampilkan sejumlah negara atau kerajaan yang diwakili oleh faksinya masing-masing. Setiap kelompok ras/etnis yang terdapat dalam faksi tersebut memiliki gaya pertarungan yang unik. Salah satu contohnya adalah, etnis dari pasukan Romawi terlihat lebih disiplin dalam medan perang, sedangkan Inggris mempunyai ras yang barbar ketika bertempur.

Selain pertempuran daratan di tanah yang luas, berbagai jenis peperangan lainnya tersedia dalam game ini. Itu meliputi peperangan di lautan, pengepungan pelabuhan, pertempuran di pinggiran pemukiman, penyergapan dan masih banyak lagi.

3. Age of Empires II: Definitive Edition (2019)

Age of Empires II

* sumber: www.neowin.net

Age of Empires II: Definitive Edition adalah sebuah video game berbasis real-time strategy yang dikembangkan oleh Forgotten Empires dan diterbitkan oleh Xbox Game Studios. Permainan ini merupakan versi remaster dari game originalnya Age of Empires II: The Age of Kings yang rilis pada tahun 1999.

Edisi remaster ini menghadirkan sebuah kampanye tunggal teranyar yang disebut dengan The Last Khans, serta empat peradaban baru, yakni Bulgaria, Lithuania, Tatar, dan Cumans. Setiap peradaban dalam permainan ini akan dimulai dengan persediaan sumber daya terbatas. Maka dari itu, pemain dituntut untuk mengelola unit-unit sumber daya dengan baik sembari mengembangkan teknologi baru.

Pemain kemudian dapat memilih beragam skenario, seperti mengobarkan peperangan di benua Eropa, Asia, Afrika bahkan di Amerika sekalipun. Pemain selanjutnya bisa merekrut beberapa orang bar untuk dijadikan sebagai pasukan militer. Game ini juga mempunyai narasi peperangan yang sesuai dengan kejadian dalam sejarah peradaban klasik.

4. Civilization V (2010)

Civilization V

* sumber: www.strategygamer.com

Terdapat sekitar 18 peradaban yang tersedia sekaligus dapat dimainkan dalam game ini. Pemain memilih peradaban dan mengasumsikan dirinya sebagai seorang pemimpin berdasarkan pada tokoh sejarah terkemuka, seperti Napoleon Bonaparte, Oda Nobunaga, Alexander, Augustus, dan masih banyak lagi.

Pemain harus menjadi pemimpin bangsa tersebut dan memandunya untuk tumbuh sebagai peradaban yang paling maju serta tangguh. Pemain harus mengelola beberapa unit yang mewakili pasukan sipil dan militer. Pasukan sipil dapat diarahkan untuk menemukan kota-kota baru dan menyebarkan agama, sementara pasukan militer dapat diarahkan berperang untuk mengambil alih peradaban lawan.

Pemain akan mengontrol produksi di kota-kota mereka untuk menghasilkan unit dan bangunan baru, dan menangani diplomasi dengan peradaban lain. Civilization V sendiri selepas dirilis menerima pujian kritis, dengan nilai 90/100 di Metacritic, sedangkan di GameRankings mendapatkan skor 89,17%.

5. Mount & Bladе: Wаrbаnd (2010)

Mount & Bladе

* sumber: www.mobygames.com

Mount & Bladе: Wаrbаnd menawarkan iklim peperangan pada zaman pertengahan yang cukup kental. Di sini, pemain akan benar-benar merasakan pertempuran yang sebenarnya karena tidak akan berhadapan dengan makhluk-makhluk fantasi yang menyeramkan. Game ini menghadirkan lima kerajaan yang di antaranya saling bersekutu dan berperang satu sama lain.

Pemain dapat memulai aksinya dengan memilih jenis karakter yang akan dimainkan, seperti pengembara, perampok, tentara bayaran, dan berperan sebagai pahlawan. Pertempuran dalam game ini menggunakan sistem pertarungan jarak dekat dengan senjata pedang, tongkat, kapak, dan panah. Pemain juga dapat bergabung bersama pasukan berkuda (kavaleri), pasukan darat (infantri), dan pasukan pemanah.

6. Kingdom Come: Deliverance (2018)

Kingdom Come

* sumber: www.cgmagonline.com

Jalan cerita game ini terjadi pada perang di Bohemia tahun 1403. Saat itu, Raja Hungaria Sigismund menyewa tentara bayaran Cuman untuk menyerbu desa penghasil perak bernama Skalitz. Salah satu orang yang selamat dari pembantaian tersebut adalah Henry. Ia adalah putra dari seorang pandai besi, dan kini bergabung bersama pasukan Lord Radzig Kobyla untuk membalas dendam kepada Sigismund.


Pemain selanjutnya akan terlibat dalam upaya Henry untuk mengejar keadilan bagi keluarganya yang terbunuh. Pemain akan berperang dengan pasukan Raja Sigismund dan tentara bayaran Cuman, serta berusaha untuk mengembalikan tahta Kerajaan Bohemia kepada Wenceslaus IV.

Dalam game ini, pemain dapat menggunakan berbagai senjata termasuk pedang, pisau, kapak, palu atau busur. Selain itu, pemain juga dapat bertarung dengan menunggang kuda dan menggunakannya untuk membawa barang-barang jika membutuhkan ruang inventaris tambahan.

7. Mordhau (2019)

Mordhau

* sumber: www.newgamenetwork.com

Di game yang satu ini, pemain akan terlibat dalam peperangan sengit dengan sistem hand-to-hand combat. Senjata yang digunakan disesuaikan dengan latar kejadian game ini, yakni di sekitaran abad pertengahan. Pemain bisa menggunakan berbagai senjata mulai dari pedang, tombak, perisai, palu, busur, senjata pengepungan dan banyak lagi.

Ketika dalam pertempuran jarak dekat, pemain dapat mengalahkan lawan mereka dengan memanfaatkan teknik seperti serangan terarah, menusuk, menendang, menghindar, memblokir, dan menangkis. Pastikan untuk selalu melihat bar stamina dan kesehatan yang tertera di layar permainan jika karakter yang dimainkan ingin tetap hidup selama peperangan.

Pemain juga dapat menunggang kuda dalam pertempuran. Permainan dapat dimainkan dalam perspektif orang pertama atau orang ketiga. Saat pertama kali dirilis, Mordhau menjadi sukses dengan menjual 200 ribu unit dalam waktu kurang dari seminggu. Game ini juga memiliki nilai 81/100 pada Metacritic berdasarkan dari 21 ulasan.

8. Crusader Kings II (2012)

Crusader Kings II

* sumber: twinfinite.net

Permainan ini sendiri berisi banyak tokoh sejarah, seperti William Sang Penakluk, Charlemagne, Jenghis Khan, Harold Godwinson, Robert Guiscard, Robert the Bruce, Harald Hardrada, El Cid, Constantine X Doukas, Harun al-Rashid, Alexios I Komnenos, Richard the Lionheart, Ivar the Boneless, Alfred the Great, Baldwin I dari Yerusalem, Boleslaw the Bold dan Saladin.

Dalam game ini, pemain akan diajak untuk mengontrol berbagai macam pilihan dinasti mulai dari Abad Pertengahan di tahun 1066 hingga 1337. Tujuan dalam permainan ini adalah untuk mendapatkan poin prestige sebanyak mungkin untuk melampaui berbagai dinasti Eropa.

Poin tersebut dapat dicapai dengan melakukan peperangan, perkawinan antar aliansi, dan pembunuhan yang strategis. Di antara banyak hal lainnya, pemain mesti bekerja cermat untuk mencapai kesuksesan bagi dinasti yang dipilih nantinya.

9. Empire: Total War (2009)

Empire-Total War

* sumber: store.steampowered.com

Dalam Empire: Total War, pemain memilih faksi di abad ke-18 dan berusaha untuk menciptakan kerajaan global dengan mendominasi seluruh dunia. Untuk mencapai tujuan utama tersebut, pemain dapat menggunakan berbagai macam aspek dimulai dengan kekuatan militer, spionase, peperangan dan ekonomi.

Sistem antarmuka di game ini tidak jauh berbeda dari edisi sebelumnya dengan kampanye berbasis turn-based, dan pertempuran secara real-time. Dengan mode pertempuran tersebut, pemain dapat memerintahkan pasukan militer dalam peperangan baik di daratan maupun di lautan.

Empire: Total War mempunyai sebuah gameplay dengan mode kampanye geopolitik. Dalam area tersebut, pemain dapat menggerakkan tentara dan angkatan laut di seluruh dunia, melakukan diplomasi, perdagangan, dan mengelola politik dalam negeri.

10. Napoleon: Total War (2010)

Napoleon Total War

* sumber: www.mobygames.com

Napoleon: Total War berisi empat kampanye yang dua di antaranya berfokus pada karir militer dari Napoleon Bonaparte. Narasi pertama terjadi di Italia pada tahun 1796, dan selanjutnya berada di Mesir saat Prancis menjajah negara tersebut.

Dalam mode kampanye Prancis, pemain diharuskan untuk menguasai semua wilayah Eropa. Sedangkan untuk pilihan kampanye koalisi, pemain dapat memerintah Kerajaan Inggris, Rusia, Prusia atau Kekaisaran Austria untuk mengalahkan dominasi Napoleon di Eropa.

Game ini sendiri mengusung mekanisme gameplay turn-based strategy dan real-time tactic. Napoleon: Total War dikembangkan oleh The Creative Assembly dan diterbitkan oleh Sega untuk platform Microsoft Windows dan Mac OS X.

Memainkan game perang kerajaan tidak terlalu sulit jika kalian terbiasa dengan permainan-permainan bergenre strategi. Game jenis ini membutuhkan pengelolaan sumber daya yang apik dan perencanaan perang yang matang.

Meski ada yang mengusung pertempuran secara langsung dan intens, pola strategi seperti itu tetap diperlukan untuk dapat bermain dengan baik dan menyenangkan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *