carisinyal web banner retina
Carisinyal / Games / 10 Game Petualangan Terbaik dan Paling Seru di PC & laptop

10 Game Petualangan Terbaik dan Paling Seru di PC & laptop

Ditulis oleh Yanyan Andryan - Diperbaharui 16 Juni 2021

Game bertemakan petualangan memang selalu menjadi fokus utama dalam setiap genre video game seperti survival, open world, RPG, action, dan yang lainnya. Memainkan jenis permainan ini tentunya sangat seru dan tidak membosankan. Dalam game ini, para pemain dituntut untuk menyelesaikan berbagai misi sembari menjelajahi dunia fantasi yang terdapat dalam permainan.

Bagi gamer sepertinya sangat dimanjakan dengan adanya beragam konsol video game seperti PlayStation dan Xbox yang menyediakan game adventure. Meski begitu, para developer pun telah mengkonversi beberapa game tersebut untuk bisa dimainkan di platform PC.

Nah, kali ini Carisinyal akan merekomendasikan 10 game petualangan yang bisa kamu mainkan di PC. Supaya tidak penasaran dengan daftar pilihannya, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini ya. Selamat membaca!

1. Sekiro: Shadows Die Twice (2019)

Shadows Die Twice
*

Sekiro: Shadows Die Twice adalah sebuah game aksi-petualangan yang dimainkan dengan sudut pandang orang ketiga. Permainan ini mengambil latar waktu pada periode Sengoku di Jepang. Diceritakan bahwa seorang shinobi yang dikenal sebagai Wolf berusaha membalas dendam kepada klan Samurai yang menyerangnya dan menculik gurunya bernama Ukonzaemon Usui.

Gameplay dari permainan ini berfokus pada stealth, eksplorasi, serta pertempuran antara samurai dan ninja. Meski latar tempat game ini terjadi di area fiksi, namun beberapa area lainnya terinspirasi dari bangunan nyata yang ada di Jepang.

Permainan yang satu ini juga ternyata mengambil seluruh referensi ke mitologi dan filosofi agama Buddha. Sekiro: Shadows Die Twice selama tahun 2019 telah berhasil menjual 3,8 juta copy di seluruh dunia. Game ini kemudian dinominasikan untuk kategori game of the year di tahun tersebut.

2. Assassin's Creed Valhalla (2020)

Hampir tidak ada yang bisa mengalahkan asyiknya berkelana di dunia Viking pada game se-immersive Assassin's Creed. Game petualangan PC ini dibesut oleh Ubisoft yang telah merilis beragam game Assassin's Creed lainnya.

Pada seri Valhalla, pemain akan memerankan seorang Assassin yang ikut serta dalam perang antara Assassin dan Templar. Ada banyak aktivitas petualangan yang bisa dilakukan di game ini, termasuk menjelajahi perairan menggunakan kapal, berburu, melakukan raid, dan sebagainya.

Berpindah lokasi juga menjadi begitu menyenangkan, soalnya kamu bisa bebas memanjat medan apapun seperti tembok, dataran tinggi, dan sebagainya. Selain punya mekanisme parkour, kamu juga bisa menghampiri musuh secara diam-diam (stealth) dengan cara menyumput di semak-semak.

3. Cyberpunk 2077 (2020)

Di tahun 2020, tema Cyberpunk sempat-sempatnya ngetren. Ini dikarenakan rilisnya Cyberpunk 2077, game petualangan garapan CD Projekt Red yang juga menaungi pembuatan The Witcher 3.

Pengembang CD Projekt Red terkenal akan karyanya yang selalu memiliki ciri khas seperti pemberian lore yang mendalam, desain quest yang sungguh menggugah, dan juga pengemasan cerita yang menyenangkan. Ini semua tercermin pada Cyberpunk 2077, di mana pemain akan memerankan karakter bernama V di kota metropolitan bernama Night City.

Di kota tersebut, implan untuk meningkatkan fungsi tubuh sudah jadi hal biasa. Nah, V yang merupakan seorang mercenary harus menyusuri kota demi mendapatkan implan langka yang bisa membuatnya hidup selamanya.

Dengan menggunakan attachment pada senjata dan penggunaan implan, pemain sungguh akan rasakan combat yang seru dan berpacu cepat.

4. Valheim (2021)

Selain Assassin's Creed Valhalla, ada game petualangan lainnya yang terinspirasi dari budaya Viking, yakni Valheim. Game Valheim memiliki gaya permainan yang berbasiskan online co-op, di mana pemain bisa berpartisipasi dengan 9 orang lainnya pada mode PvE.

Valheim mengusung mekanisme generasi dunia secara prosedural, sehingga map yang dieksplorasi akan selalu berbeda setiap melakukan playthrough yang baru. Pemain juga bisa membangun beragam bangunan seperti istana dan juga ladang persawahan.

Saat artikel ini ditulis, Valheim punya lima bos yang sangat sulit dikalahkan dan misimu untuk "menamatkan" game adalah dengan mengalahkan kelima bos tersebut. Kendati demikian, Valheim masih menyuguhkan permainan yang menyenangkan sekalipun sudah kalahkan bos terakhir.

5. Tell Me Why (2020)

Game petualangan ini merupakan besutan dari Dontnod Entertainment yang juga telah meriliskan beragam game petualangan yang banyak disukai orang, seperti Life is Strange, Remember Me, dan juga Vampyr.

Tell Me Why berkisah tentang dua orang remaja yang kembar, memiliki kekuatan telepati yang bisa membuatnya berkomunikasi satu sama lain. Selain itu keduanya juga bisa melihat masa lampau dalam bentuk detail yang begitu jelas.


Si kembar yang bernama Tyler dan Alison Ronan ini kembali ke kota masa kecilnya setelah puluhan tahun terpisah, dan semenjak ibunya meninggal. Mereka berencana untuk menjual rumah masa kecilnya, namun rupanya malah terlibat ke investigasi lebih dalam mengenai misteri di balik meninggalnya sang ibu tersebut.

Game ini merupakan salah satu yang pertama yang menghadirkan karakter transgender, dan kerap kali membahas topik-topik seputar trans dan juga mental illness. Tell Me Why juga merupakan game yang terbilang berhasil dalam mempresentasikan topik transgender sekalipun isu ini cukup sensitif.

Sebagai game petualangan, pemain pun nantinya akan dihadapkan dengan pilihan yang akan mempengaruhi ending dari cerita. Penasaran bagaimana keseruannya?

6. Life is Strange True Colors (2021)

Setelah sukses menghadirkan Life is Strange: Remastered Collection dan LiS Before the Storm sang developer bernama Deck Nine pun kembali hadirkan sequel terbarunya yakni Life is Strange True Colors.

Mengusung mekanisme pengemasan gameplay yang serupa, Life is Strange True Colors masih sama-sama hadirkan elemen third person dan bisa memilih dialog dengan NPC menggunakan "pohon dialog".

Dari segi cerita, Life is Strange True Colors juga masih berkisahkan seputar protagonis yang memiliki kekuatan super. Kali ini, kamu akan memerankan Alex Chen yang merupakan seorang anak angkat di keluarganya. Lalu ia pun bertemu kembali dengan Gabe yang merupakan saudaranya.

Rupanya setelah bertemu, Gabe mengalami kecelakaan yang cukup misterius sehingga menggerak Alex untuk melakukan penyelidikan. Kekuatan Alex adalah bisa melihat aura orang lain berdasarkan emosi yang dirasakan orang tersebut.

7. A Plague Tale: Innocence (2019)

A Plague Tale Innocence
*

Berlatar di tahun 1348, Amicia de Rune adalah seorang gadis keturunan bangsawan yang desanya berada dalam masa peperangan selama 100 tahun dengan Angkatan Darat Inggris. Pada saat itu juga, sebuah wabah penyakit yang dibawa oleh tikus tengah menyerang Kerajaan Prancis. Ia lalu berusaha menolong adiknya yang bernama Hugo karena menderita penyakit misterius.

Di sini, para pemain mengendalikan Amicia de Rune dari sudut pandang orang ketiga. Dalam game ini, pemain mesti memanfaatkan stealth untuk menghindari musuh agar tidak terbunuh secara instan. Karakter yang kamu mainkan dibekali oleh umban/selempang (sling) yang bisa melemparkan batu untuk menyerang lawan.

Di permainan ini juga terdapat serangkaian teka-teki rumit untuk tetap bertahan hidup. Selain itu, para pemain bisa mengalihkan gerombolan tikus-tikus lapar untuk diarahkan agar bisa menyerang musuh yang mengganggu.

8. Hitman 3 (2021)

Hitman 3 adalah game petualangan bertemakan stealth di mana pemain harus mengandalkan kemampuan bersembunyi untuk mengalahkan lawan. Seperti namanya, kamu akan memerankan seorang hitman alias pembunuh bayaran yang diharuskan untuk membunuh target.

Pada Hitman 3, pepatah "there's more than one way to skin a cat" sangat berlaku di game ini. Setiap misi berada pada lokasi-lokasi yang berbeda, dan selalu ada lebih dari satu cara untuk membunuh target.

Misalnya, kamu bisa langsung menghampiri target dan menembaknya, atau bisa juga dengan cara menyamar sebagai staff dan meracuni makanan, dan sebagainya.

9. Gears 5 (2019)

Gears 5
*

Melanjutkan cerita dari game sebelumnya, kali ini karakter bernama Kait diharuskan untuk mencari misteri dibalik asal usul keluarganya. Kait mesti melakukan hal tersebut karena dirinya ternyata mempunyai hubungan dengan musuh bebuyutannya bernama Swarm.

Ia bersama teman seperjuangannya, Del Waker, JD Fenix, serta robot pintar Jack menjelajahi berbagai tempat baru untuk menemukan kebenaran sejati. Dalam melintasi tempat-tempat penuh salju dan berpasir, pemain dibekali kendaraan seperti selancar yang dinamai dengan Skiff.

Gameplay dari permainan ini tetap mengedepankan tembak-menembak yang dimana para pemain diharuskan bertempur dengan penuh strategi. Musuh-musuh yang dihadapi jauh lebih kuat sehingga jangan sampai karakter yang dimainkan mati secara instan karena sebuah tindakan ceroboh.

10. The Walking Dead: The Final Season (2018)

The Final Season
*

Alur game ini berlangsung beberapa tahun setelah kejadian di seri sebelumnya, yaitu The Walking Dead: A New Frontier. Untuk game ini sendiri, para pemain akan mengendalikan seorang gadis bernama Clementine. Ia diharuskan membesarkan anak muda bernama Alvin Jr sembari bertahan hidup di tengah outbreak zombie yang melanda seluruh dunia.

Clementine kemudian bergabung bersama kelompok remaja yang hidup di sebuah sekolah asrama. Namun, ia dan teman-teman barunya itu harus berhadapan dengan gerombolan perampok yang dipimpin oleh seseorang yang berasal dari masa lalunya.

The Walking Dead: The Final Season merupakan game episodic adventure yang memiliki empat episode di dalam permainannya. Game ini adalah edisi terakhir dari series The Walking Dead yang didasarkan pada buku komik karya Robert Kirkman.

Itulah daftar pilihan game petualangan yang bisa kamu mainkan di PC kesayanganmu. Sebelum kamu memulai untuk mencobanya, jangan lupa pastikan spesifikasi gamenya sudah sesuai dengan kondisi dari PC yang kamu punya ya. Jika tidak ada kendala yang berarti, langsung saja install dan mainkan gamenya. Selamat bermain!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram