Carisinyal / Game PC / 10 Game Role Playing Game (RPG) Terbaik untuk PC & Laptop

10 Game Role Playing Game (RPG) Terbaik untuk PC & Laptop

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Desember 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Role Playing Game (RPG) adalah salah satu genre permainan yang digemari para gamer. Sistem walkthrough yang disajikan di dalamnya berkonsep open world, sehingga memainkan game yang satu ini membutuhkan waktu yang lama.

Jalan cerita yang rapih ditambah dengan konflik yang kuat merupakan daya tarik dari game yang mengusung RPG. Maka tak heran, jika para developer selalu menyediakan ruang untuk membuat permainan tersebut.

Di semua platform, khususnya pada PC, game RPG telah tersedia untuk dimainkan. Jenis game ini banyak muncul ke pasaran dengan beragam kualitas. Untuk kamu yang ingin memainkan game RPG di PC, berikut adalah beberapa rekomendasi game RPG PC terbaik.

1. The Elder Scrolls V: Skyrim

The Elder Scrolls V

* sumber: www.express.co.uk

Sebagai permulaan cerita, karakter yang kamu mainkan akan menjadi seorang tahanan. Kamu akan dibawa ke sebuah desa untuk dieksekusi mati. Seekor naga besar tiba-tiba datang dan menghancurkan tempat tersebut hingga menjadi lautan api.

Setelah itu, kamu dapat memilih untuk ikut kabur bersama kelompok pemerintah atau pemberontak. Petualangan dalam dunia Skyrim dimulai saat itu juga.

Setiap misi yang dijalankan secara langsung akan mempengaruhi alur cerita dan nasib karakter yang dimainkan. Selama pertempuran dengan musuh, kamu dapat menggunakan berbagai senjata seperti pedang, kapak, dan busur panah.

Untuk membunuh naga dan makhluk-makhluk buas, kamu bisa mengeluarkan kekuatan magis dengan melepaskan serangan bola api, pecahan es dan jurus hebat lainnya.

2. Fallout: New Vegas

Fallout New Vegas

* sumber: store.steampowered.com

Pada awal permainan, kamu diarahkan dalam mode kustomisasi untuk membuat karakter yang akan dimainkan. Setelah selesai mengurus semuanya, kamu akan memulai petualangan di Mojave Wasteland.

Kamu juga akan membalas serangan yang dilakukan oleh para perampok saat berada di New Vegas. Kamu ditugaskan untuk mengambil kembali platinum poker chip yang telah dicuri oleh para perampok tersebut.

Mekanisme cara bermain dari game yang satu ini tidak berbeda jauh dari seri terdahulunya. Sistem pengembangan statistik karakter dengan nama SPECIAL masih tersedia dalam Fallout: New Vegas.

SPECIAL sendiri merupakan singkatan dari Strength, Perception, Endurance, Charm, Intelligence, Agility dan Luck. Komponen tersebut berperan penting dalam pembentukan kekuatan dan karakter yang kamu mainkan.

3. The Witcher 3: Wild Hunt

The Witcher 3

* sumber: www.pocket-lint.com

Geralt of Rivia (The Witcher) kembali menjadi tokoh utama dalam game ini. Ia harus berhadapan dengan rombongan misterius yang menamakan dirinya Wild Hunt.

Setelah diselidiki, mereka ternyata memburu seorang anak yang sangat akrab dengan Geralt, yakni Ciri. Anak tersebut tiba-tiba menghilang dan sulit untuk ditemukan. Ia pun kini harus melakukan perjalanan panjang agar dapat mencari keberadaan Ciri.

Selama dalam permainan ini, ada beragam tantangan yang bisa kamu hadapi. Kamu akan bertemu dengan musuh-musuh, seperti bandit, manusia liar, hingga monster-monster mengerikan.

Selama menghadapi mereka, kamu akan dipersenjatai dengan dua pedang hebat, yakni Steel Sword dan Silver Sword. Selain itu juga, sebuah crossbow bisa kamu gunakan saat melawan monster yang memiliki kemampuan terbang.

4. Pillars of Eternity 2: Deadfire

Pillars of Eternity 2

* sumber: store.steampowered.com

Sang dewa cahaya bernama Eothas telah hidup kembali dan muncul sebagai makhluk yang sangat besar. Ia kemudian pergi menuju Kepulauan Deadfire untuk merencanakan misi misteriusnya.

Dewa kematian yang bernama Berath lalu menghidupkan The Watcher, dan mengirimkannya ke pulau tersebut untuk mencari kebenaran daripada rencana Eothas. Dalam game ini kamu akan berperan sebagai The Watcher.


Untuk menjelajahi Kepulauan Deadfire, kamu dapat mengarungi lautan menggunakan kapal. Maka dari itu, kamu diharuskan mempunyai awak kapal serta sumber daya yang cukup untuk mendukung kelancaran setiap melakukan quest.

Manajemen sumber daya adalah hal penting yang harus diperhatikan. Semakin banyak awak kapal yang berada di kapal, maka semakin besar pula pengeluaran yang harus dikeluarkan.

5. Divinity: Original Sin 2

Divinity Original Sin 2

* sumber: store.steampowered.com

Dalam game yang satu ini, kamu mempunyai kebebasan untuk memilih karakter yang akan dimainkan. Walaupun begitu, setiap karakter memiliki benang merah cerita yang sama.

Kamu akan menjadi tawanan di sebuah kapal asing. Namun kamu berhasil meloloskan diri akibat bencana yang menimpa kapal tersebut. Kamu pun melenggang bebas dan petualanganmu di dunia fantasi ini dimulai saat itu juga.

Selama dalam pengembaraan, kamu dapat menemui kelompok misterius bernama Voidwalker. Mereka adalah ras menyeramkan dengan kekuatan magisnya. Voidwalker akan terus memburumu sepanjang game ini berjalan.

Pada akhirnya, kamu mendapatkan sebuah misi suci untuk menjadi seorang Godwoken. Takdir tersebut harus kamu jalani dengan menjadi seorang ksatria yang membunuh para monster.

6. Diablo 3: Reaper of Soul

Diablo 3

* sumber: smartcdkeys.com

Tyrael yang kini bersama dengan kelompok Horadrim ingin mengembalikan Black Soulstone ke Sanctuary. Mereka ingin menyegelnya, sehingga tidak bisa digunakan oleh orang-orang jahat.

Namun dalam perjalanannya, batu tersebut berhasil dicuri oleh Malthael, anggota dari Angiris Council. Mereka kemudian mencari Nephalem, meminta bantuan untuk mengambil benda yang telah dicuri oleh Malthael.

Dalam memainkan game yang satu ini, kamu harus mengenal betul kekuatan karakter yang dipunya. Kamu sepatutnya piawai dalam mengkombinasikan skill agar dapat memenangkan setiap pertempuran.

Hal itu bisa dilakukan supaya musuh tidak menyerangmu dengan mudah. Setelah itu, jika ingin mendapatkan persediaan sumber daya yang berkualitas, kamu harus berani untuk menyusuri seluruh area Dungeon.

7. Dragon Age: Origins

Dragon Age Origins

* sumber: www.amazon.co.uk

Sebagai permulaan dalam memainkan game ini, kamu diharuskan memilih karakter terlebih dahulu. Ada tiga opsi yang bisa menjadi pilihan, yakni manusia, peri dan kurcaci.

Latar belakang cerita akan berjalan sesuai karakter yang telah ditentukan sebelumnya. Kamu akan menjadi seorang Grey Wayden, sebuah klan yang bertugas untuk memusnahkan sekelompok silumat jahat yang dikenal dengan nama Blight.

Semua dialog yang dilakukan dalam game ini sangat berpengaruh dalam menentukan nasib karaktermu. Maka dari itu, perhatikan betul setiap pembicaraan antar kelompok.

Hal itu perlu dilakukan, karena sering sekali muncul misi yang harus dilakukan saat obrolan terjadi. Jangan sampai dilewatkan, sebab misi tersebut akan membuka skenario cerita yang lebih besar lagi dalam memainkan game yang satu ini.

8. Dark Souls 3

Dark Souls 3

* sumber: www.humblebundle.com

Seri ketiga dari Dark Souls ini menawarkan cara bermain dengan konsep sudut pandang orang ketiga. Kamu dapat melihat karakter secara luas dan nyaman ketika bertarung melawan musuh.

Untuk memainkan game ini, kamu bisa memilih sepuluh karakter yang berbeda. Karakter tersebut adalah, Assassin, Cleric, Deprived, Herald, Knight, Mercenary, Pyromancer, Sorcerer, Thief dan terakhir adalah Warrior.

Game ini tidak mengusung hack and slash yang bisa membunuh musuhmu dengan sekali tebas. Maka dipastikan jika kamu asal menyerang, karaktermu akan mati sia-sia.

Musuh yang kamu lawan memiliki pergerakan yang sulit ditebak. Saat dalam pertempuran, kamu harus mengatur strategi terbaik saat menyerang dan menggunakan kombinasi item yang tepat untuk bisa mengalahkan musuh-musuhmu.

9. Final Fantasy XII: The Zodiac Age

Final Fantasy XII

* sumber: www.gamespot.com

Final Fantasy XII mengisahkan konflik antara Kerajaan Dalmasca dan Archadia. Kerajaan Archadia mempunyai ambisi untuk menguasai wilayah seterunya tersebut.

Peperangan pun terjadi, dan berlangsung berkepanjangan mewarnai situasi politik keduanya. Dalam game ini, kamu mempunyai misi untuk mengembalikan kembali kemerdakaan Dalmascha yang telah diambil oleh Kerajaan Archadia.

Dua kerajaan tersebut berada dalam dunia yang disebut Ivalice. Walaupun digambarkan dengan sangat indah, namun Ivalice menyimpan misteri yang besar.

Misteri tersebut dapat terungkap ketika kamu mulai berpetualang memainkan game ini. Monster-monster mengerikan yang selama ini bersembunyi akan menjadi lawan tangguhmu. Mereka termasuk musuh-musuh yang sangat sulit untuk dikalahkan.

10. Kingdom Come: Deliverance

Kingdom Come Deliverance

* sumber: gameoffers.co.uk

Henry adalah tokoh utama dalam game ini, ia memiliki seorang ayah yang bekerja sebagai pandai besi. Saat ayahnya menyelesaikan sebuah pedang, kota tempat tinggal mereka diserang oleh pasukan Cuman.

Kedua orang tua Henry menjadi korban dalam aksi tersebut. Saat melarikan diri dalam penyerangan itu, pedang yang telah dibuat oleh ayahnya kemudian dirampok oleh sekelompok bandit liar. Merasa diliputi rasa dendam yang kuat, kini Henry mempunyai dua misi besar dalam hidupnya.

Pertama ia harus mengambil kembali pedang ayahnya yang telah dicuri oleh bandit, lalu membalaskan dendam kepada Markvart Von Auliz, pimpinan dari Pasukan cuman yang telah membunuh kedua orang tuanya. Perjalanan karakter sebagai Henry pun dimulai.

Kamu dapat memainkan game ini dengan menyelesaikan setiap tantangan yang ada. Beberapa misi yang dijalankan tidak selamanya harus berakhir dengan pertempuran. Kamu dapat menyelesaikannnya secara damai jika ingin menghindari pertarungan yang tidak perlu. Sebagai sebuah permainan RPG kolosal, game yang satu ini perlu dicoba oleh para gamer.

Demikianlah rekomendasi game berkonsep RPG yang menarik untuk kamu mainkan di PC. Pastikan spesifikasi komputermu sudah sesuai jika ingin menginstall game-game tersebut.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Hi,

    My name is Matthew and I am an outdoor enthusiast and a blogger. I co-own and write at GearDisciple.

    I was researching “crossbow” posts and came across your article “10 Game Role Playing Game (RPG) Terbaik untuk PC & Laptop”.

    My partner and I have a very active presence on Pinterest. We have boards with over 1 million followers.

    I would be happy to promote the blog post on our Pinterest boards. I will drip feed the post across our 40 boards (over 1 million followers) over the next one month so you get consistent and regular traffic.

    In return, would it be possible to edit the article “https://carisinyal.com/game-rpg-pc-terbaik/” and add the line “You can also check an interesting article on crossbows” and add a link to my article “https://geardisciple.com/best-pse-crossbows/”? 

    I’ll share it about 100 times over the month on Pinterest. As you may know, Pinterest links too are counted by Google as a ranking factor and it will help the page get Google traffic too.

    If it works well i.e. you see a significant increase in traffic, we can start working on a regular basis on blog posts and social media promotion in the future.

    Looking forward to your reply.

    Regards
    Matthew

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *