carisinyal web banner retina
Carisinyal / Games / 20 Game Seru dan Ringan untuk PC Dengan Spek Kentang

20 Game Seru dan Ringan untuk PC Dengan Spek Kentang

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 29 Maret 2021

Ada banyak  gim menarik di PC. Ada gim perang, gim RPG, gim petualangan, dan gim dengan gameplay lainnya yang beredar di pasaran. Mulai dari gim sangat ringan seperti bermain Solitaire sampai game kelas AAA seperti Assassin Creed, DOTA 2, Battlefield dan masih banyak gim PC lainnya.

Sebagai gim kelas atas, gim kelas AAA tersebut biasanya membutuhkan spesifikasi kelas atas. Terutama gim kekinian yang hadir dengan grafis kelas atas. Tentu saja hal ini jadi masalah besar, terutama bagi Anda yang hanya memiliki PC Desktop atau laptop dengan spesifikasi "kentang" alias pas-pasan.

Namun, Anda tidak usah khawatir. Dengan spesifikasi komputer yang pas-pasan, Anda masih bisa memainkan berbagai gim ringan menarik di komputer atau laptop Anda. Apa sajakah itu? Berikut daftar gim PC ringan menarik yang bisa Anda mainkan diantaranya sebagai berikut.

1. Disco Elysium

Yang satu ini adalah game RPG unik, tidak seperti game RPG lain yang pernah kamu mainkan sebelumnya. Pada Disco Elysium, pemain bisa merasakan serunya immersion dari RPG open world yang membebaskan karakter melakukan apapun.

Kamu bisa memutuskan untuk jadi detektif yang baik dengan memecahkan misteri ataupun menjadi polisi yang jahat. Namun kamu perlu tahu kalau game ini mengandung banyak teks monolog dan dialog, sehingga membuat pemainnya merasa seperti sedang baca buku.

Kalau kamu mencari RPG dengan tingkat kebebasan maksimal sebagai seorang detekif, Disco Elysium sungguh tidak boleh dilewatkan. Game ini bisa dimainkan pada PC atau laptop yang menggunakan Intel Core 2 Duo, RAM berukuran 2 GB, dan VGA 512 MB. Yuk klik link ini untuk kunjungi laman unduhannya di Steam.

2. Terraria

terraria

Game yang bagus tidak selalu dinilai dari grafisnya. Buktinya ada Terraria yang mengusung desain 2D namun masih tetap menawarkan pengalaman bermain yang menenangkan sekaligus menantang.

Ini adalah permainan open world sandbox yang memungkinkan Anda menjelajahi area yang dimunculkan secara acak, sehingga menawarkan replayability yang cukup tinggi.

Di sini Anda bisa melawan berbagai musuh yang ada untuk mengumpulkan data entri di Bestiary ataupun membuat berbagai macam item dengan fitur crafting.

Anda bisa membeli Terraria melalui Steam seharga Rp 89.999,-. Dan lagi, selain murah, Terraria juga merupakan game yang sungguh ringan. Anda bisa memainkan game ini dengan PC ataupun laptop yang memiliki RAM sebesar 2,5 GB serta VGA dengan memori 128 MB saja. Terlebih lagi, Terraria juga hanya memakan space di hardisk sebanyak 200 MB.

3. Untitled Goose Game

untitled goose game

Pernahkah Anda membayangkan sedang melakukan aktivitas seperti biasa, lalu tiba-tiba ada seekor angsa yang membuat hari Anda berantakan? Nah, di permainan absurd bernama Untitled Goose Game, Anda bisa menjadi angsa tersebut.

Sebagai angsa, Anda bisa bertemu dengan orang-orang tidak bersalah yang hanya ingin menjalani hari seperti biasa. Inilah kesempatan Anda untuk membuat mereka kaget dan menjatuhkan barang.

Jangan kasih kendor, Anda juga bisa memungut barang tersebut dan berlari sejauh mungkin sebelum manusia-manusia ini berhasil menangkap Anda. Pokoknya, misi Anda sebagai angsa di sini adalah untuk membuat orang-orang sekesal mungkin. Daripada jahil di dunia nyata, lebih baik jahil di game, bukan?

Memainkan game ini juga tidak perlu PC mahal. Jika PC Anda memiliki sistem operasi minimal Windows 7 dan masih tersisa 820 MB di hardisk, dijamin game ini bisa dimainkan pada PC Anda.

4. Minecraft

minecfraft

Minecraft adalah salah satu gim PC paling populer. Kepopuleran gim ini bukan hanya di perangkat PC tetapi juga di perangkat lainnya. Gim ini bisa dibilang gim paling memorable dan paling banyak dimainkan. Video Youtube yang berkaitan dengan Minecraft pun cukup mendapat views yang besar.

Minecraft sendiri menawarkan konsep bermain kreasi membangun sesuatu dengan tampilan visual kotak-kotak. Gim ini sendiri tergolong ringan untuk kebutuhan zaman sekarang. Dengan spesifikasi minimal prosesor Intel Core i3, grafis Intel HD 4000, dan RAM 8 GB, gim ini bisa dimainkan. Tentu spesifikasi lebih tinggi lebih baik.

5. Stardew Valley

stardew-valley

Siapapun pasti bisa menduga kalau Stardew Valley ini adalah game yang sangat ringan. Bahkan laptop dengan prosesor minim pun bisa memainkannya dengan lancar jaya. Salah satu penyebabnya adalah gaya visual retro yang diusungnya, sehingga pengguna tidak memerlukan VGA gahar.

Game karya ConcernedApe ini mengusung tema perkebunan seperti Harvest Moon. Banyak elemen-elemen yang bahkan tidak dimiliki oleh seri Harvest Moon ataupun Story of Seasons, inilah yang membuatnya begitu unik dan layak dijajal kendati merupakan hasil dari pengembang indie.


Di sini kamu bisa bercocok tanam, memancing, mengurus hewan ternak, berinteraksi dengan NPC, menjalani hubungan romantis dengan beberapa lajang di desa, dan bertarung melawan monster sekaligus mencari hasil tambang. 

Kamu bahkan bisa mengolah hasil panen menjadi minuman anggur ataupun selai agar nilai jualnya menjadi lebih tinggi. Dengan mengumpulkan banyak uang, kamu juga bisa melakukan upgrade terhadap ukuran rumah dan sebagainya.

Permainan ini juga mendorong pemain untuk mengumpulkan beragam collectibles supaya bisa meng-unlock lokasi baru dan mendapatkan akses ke item-item eksklusif. Interaksi karakter yang menarik, representasi visual yang retro namun juga berestetika, membuat para fans menganggap Stardew Valley lebih baik ketimbang seri SoS.

Selama kamu punya OS di atas Windows Vista, RAM 2 GB, memori VGA 256 MB dan CPU 2 GHz, kamu bisa mencicip pengalaman bermain Stardew Valley yang menyenangkan. Klik di sini untuk kunjungi laman Steam-nya.

6. Among Us

among us

Siapa di antara kalian yang pernah memainkan permainan Werewolf saat berkumpul dengan teman-teman? Well, kini kamu bisa merasakan kembali asyiknya party game tersebut pada permainan bertemakan luar angkasa bernama Among Us.

Permainan ini sungguh simpel, namun sangat membuat ketagihan. Intinya kamu dan kru lain harus menyelesaikan task bersama-sama di kapal luar angkasa, seperti memperbaiki kabel, menghancurkan asteroid, dan sebagainya.

Terdengar mudah? Tunggu dulu. Rupanya, ada beberapa impostor yang berusaha untuk membunuh kalian satu per satu. Tugasmu adalah melakukan emergency meeting untuk melakukan voting. Jika pelakunya sudah ditentukan, maka kalian bisa membunuhnya dengan cara mengusir dari kapal atau membuang impostor ke kubangan lava.

Ini adalah game interaktif yang sangat ringan, hanya butuh OS Windows 7 SP1 ke atas, RAM 1 GB, dan kapasitas storage sebanyak 250 MB. Beli gamenya seharga Rp39.999,- melalui Steam. Murah sekali, bukan? Klik di sini untuk kunjungi laman Steam-nya.

7. The Elder's Scroll V: Skyrim

Kalau kamu pecinta RPG pasti sudah tidak asing lagi dengar kata Skyrim. Ya, bagaimana tidak? Bahkan permainan Skyrim ini sudah di-port berkali-kali pada platform ternama, seperti PS3, PS4, dan Nintendo Switch

Mungkin kamu pernah mencari Skyrim di Steam dan menemukan kalau game ini butuh spec besar untuk memainkannya. Nah, game yang kamu temukan itu adalah versi remaster-nya yang dinamakan Special Edition.

Game RPG open world ini sebenarnya punya system requirement yang sungguh kecil, karena pertama kali dirilis pada tahun 2011. Sebagai seorang Dragonborn, kamu harus berupaya untuk mengalahkan bos naga yang senantiasa memporakporandakan kota, juga berpartisipasi dalam beragam side quest menarik.

Versi original dari Skyrim hanya butuh prosesor dual core 2 GHz, VGA minimal 512 GB, RAM sebesar 1 GB, dan juga kapasitas HDD/SDD sebanyak 6 GB. Klik tautan ini untuk kunjungi laman unduhannya. Oh iya, harganya cuman Rp135.999,- lho!

8. Dragon Age: Origins

Nama "Dragon's Age" mungkin memang kurang menggema di kalangan pemain RPG Indonesia. Kendati demikian, sebenarnya game ini sungguh tidak boleh dilewati, apalagi kalau kamu menyukai opsi romance pada game dan menyukai mekanisme Create Your Own Adventure.

Soalnya, banyak pilihan pada game ini yang bisa menentukan outcome atau jalannya cerita. Kamu bisa membuat NPC penting mati atau hidup, dari pilihan-pilihan yang kamu buat. 

Game besutan BioWare ini memang punya charm-nya tersendiri, di mana pemain akan dilibatkan dengan perpolitikan yang pelik sekaligus harus berusaha menyelamatkan dunia dari serangan Darkspawn.

Pemain bisa memilih karakter berdasarkan ras dan gender, dan game pun akan menyesuaikan dialog berdasarkan latar belakang karakter yang kamu pilih.

Dragon Age Origins juga lebih mengedepankan sisi taktik dan strategi karena mengusung pertarungna berbasiskan giliran. Pemain bisa melakukan pause dan memilih beragam skill yang ditempatkan pada skill bar. Beberapa skill ini kalau dipadukan bisa menjadi serangan maut yang bisa membunuh lawan dengan cepat.

Persenjataan yang ada juga bisa di-upgrade serta dibubuhi enchantment supaya bisa memberikan efek tertentu pada musuh, seperti poison, freeze, ataupun burn. Dragon Age Origins bisa kamu download dari Steam seharga Rp282ribu, dan hanya membutuhkan CPU Intel Core 2 Single 1,6 GHz atau AMD 64 2.0 GHz. 

Untuk VGA-nya, Dragon Age Origins tidak memerlukan tenaga grafis yang kuat. VGA dengan memori grafis 256 GB juga sudah cukup untuk mengangkat game RPG yang terbilang klasik ini.

9. Grand Theft Auto: San Andreas

Grand Theft Auto San Andreas

Salah satu gim PC paling populer adalah Grand Theft Auto: San Andreas atau GTA: San Andreas.. Gim ini cukup jadul. Karena itu spesifikasi yang dibutuhkan untuk memainkan gim ini tergolong sangat rendah. Kebutuhan minimum untuk menjalankan gim ini adalah prosesor Pentium III. Jelas untuk komputer zaman sekarang gim ini bisa berjalan dengan baik.

Meskipun gim lama, Grand Theft Auto: San Andreas adalah gim seri GTA yang paling berkesan dan bisa dibilang salah satu seri GTA terbaik. Konsep permainannya yang memungkinkan Anda untuk bebas melakukan apa saja di kota dengan segala resiko menjadikan gim menawarkan formula yang tergolong menarik.

10. Call of Duty: Modern Warfare 2

Call of Duty Modern Warfare 2

Call of Duty: Modern Warfare 2 adalah salah satu seri Call of Duty terbaik n berkesan. Gim ini menjadi salah satu masterpiece yang membuat franchise Call of Duty banyak dikenal seperti sekarang ini.

Call of Duty: Modern Warfare 2 sendiri menawarkan permainan tembak-tembakan dengan sudut pandang orang pertama. Grafisnya juga termasuk bagus pada zamannya. Gim ini dapat dimainkan di komputer dengan prosesor Intel Pentium 4 3.2 GHz atau AMD Athlon 64 3200+ dan minimal RAM 1 GB. Untuk perangkat komputer zaman sekarang, gim ini bisa berjalan dengan baik.

11. Hotline Miami

Hotline Miami

Gim PC ringan lainnya adalah Hotline Miami. Gim ini menawarkan pengalaman bermain yang seru dengan nuansa 80-an yang sangat kuat. Gimnya sendiri menghadirkan banyak kekerasan dengan tutur cerita bertema surealis.

Hotline Miami hadir pertama kali pada 2012. Sekuelnya berjudul Hotline Miami 2: Wrong Number hadir 3 tahun kemudian alias 2015. Kedua gim tergolong cukup sukses di pasaran. Yang menarik spesifikasi yang dibutuhkan Hotline Miami 1 dan 2 tergolong kecil. Hotline Miami 1 malah bisa berjalan dengan minimal RAM 512MB saja.

12. Age of Empires III

Age of Empires III

Age of Empires III adalah gim besutan  Ensemble Studio dan Microsoft yang dirilis pada 2005. Gim ini merupakan penerus dari Age of Empires II yang tergolong sukses di pasaran. Gimnya sendiri mengusung konsep permainan RTS atau Real Time Strategy.

Anda akan memainkan beberapa bangsa di era penjelajahan dunia baru. Ada Perancis, Jerman, Ottoman (Turki), bahkan, Anda juga bisa memainkan suku Indian. Gimnya sendiri tergolong cukup menarik dengan tampilan visual yang mengesankan pada masanya.

Untuk menjalankan Age of Empires, dibutuhkan spesifikasi komputer minimal dengan prosesor Intel Pentium 4 2,0 GHz atau AMD Athlon XP 2000+. Kartu VGA yang dibutuhkan untuk menjalankan gim ini adalah AMD Radeon X300 atau Nvidia GeForce FX 5500. Untuk komputer atau laptop zaman sekarang, jelas Age of Empires III bisa berjalan dengan baik.

13. Sid Meier’s Civilization IV

civilization iv

Game simulasi kerajaan rupanya ada yang bisa dimainkan di PC kentang. Sid Meier's Civilization IV mengharuskan Anda untuk terjun ke dunia simulasi untuk membangun sebuah kerajaan sebagai salah satu dari berbagai pemimpin bersejarah seperti Roosevelt ataupun Victoria.

Jangan khawatir jika Anda tidak familiar dengan game strategi seperti ini, karena sudah ada tutorial in-game yang komprehensif sehingga cocok dimainkan oleh pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Anda bisa memainkannya secara solo ataupun meminta bantuan teman dalam mode co-op multiplayer. Untuk memainkannya, pastikan PC Anda memiliki prosesor minimal Intel Core i3 atau AMD Phenom II, nVidia 450 1 GB atau yang setara, serta RAM 4 GB.

14. Night in the Woods

Night in the Woods

Night in the Woods adalah gim yang dikembangkan oleh Infinite Fall, sebuah pengembang indie yang digawangi Alec Holowka. Gim ini menawarkan konsep permainan petualangan dengan gaya visual novel.

Anda akan memainkan seekor kucing yang menjalani hari-harinya di kampung halaman setelah lulus kuliah. Anda akan menjalani petualangan ala kehidupan sehari-hari seperti bangun tidur, bertemu dengan yang lain, dan hal-hal lainnya. Tiap tindakan dan dialog yang Anda lakukan jelas bakal berpengaruh pada konsep cerita. Gim yang cukup menarik tentunya.

Gim yang dirilis pada tahun 2017 ini dapat dimainkan di komputer dengan prosesor Intel Dual-Core. Hanya saja, gim ini membutuhkan RAM yang cukup besar, yakni 4 GB. Untungnya, gim ini bisa dimainkan dengan pengolah grafis minimal Intel HD 4000, pengolah grafis terintegrasi yang ada di prosesor Intel.

15. Left 4 Dead 2

Left 4 Dead 2

Left 4 Dead 2 adalah gim PC ringan lainnya yang layak Anda mainkan, terutama jika Anda menyukai gim dengan tema survival dan tembak-menembak. Gim ini cocok juga dimainkan bersama-sama karena gim ini menawarkan mode co-op multiplayer secara online

Gim besutan Valve ini berfokus pada misi dalam menyelamatkan diri dari kejaran zombie. Tergolong cukup menarik bukan? Untuk memainkan gim ini, spesifikasi komputer yang dibutuhkan tidak berat. Anda hanya perlu komputer dengan prosesor Intel Pentium 4 3.0GHz dengan RAM 2 GB dan pengolah grafis minimal Nvidia GeForce 6600 atau ATI Radeon X800

Sayangnya, gim ini membutuhkan kapasitas penyimpanan yang tergolong besar untuk sebuah gim dengan spesifikasi rendah. Dibutuhkan ruang penyimpanan 13 GB di storage komputer atau laptop Anda untuk memainkan gim ini.

16. Don't Starve dan Don't Starve Together

Dont Starve

Gim PC ringan lainnya yang bisa Anda mainkan adalah Don't Starve. Gim ini merupakan gim yang  dibesut oleh sutradara film kenamaan, Tim Burton. Dalam gim ini, Anda akan memainkan karakter tertentu yang mengharuskan Anda untuk berpikir agar karakter tersebut tetap hidup. Hal ini berarti gim ini merupakan gim dengan tema survival. 

Don't Starve juga memungkinkan Anda untuk bermain secara online dengan banyak orang di dunia lewat gim berjudul Don't Starve  Together. Untuk memainkan Don't Starve, Anda hanya perlu komputer dengan prosesor berkecepatan 1.7 GHz dan RAM 1 GB saja.

17. Night in the Woods

night in the woods

Jika Anda lebih menyukai game petualangan ketimbang yang penuh aksi, Night in The Woods adalah salah satu pilihan seru yang layak dicoba. Anda akan memeraknkan seorang karakter bernama Mae Borowski yang kembali pulang ke kota asalnya yang bernama Possum Springs. Saat ia berusaha menghubungi kembali teman-teman lamanya, ia menyadari kalau kota ini menyimpan sebuah misteri.

Anda akan bertemu dan berinteraksi dengan karakter-karakter unik di sini. Berbalutkan gaya visual yang ciamik dan nyaman di mata, Night in The Woods adalah game eksplorasi yang sungguh engaging dengan ceritanya yang mengagumkan.

Selain itu, saking ringannya game ini, laptop murah sekalipun bisa menjalankan Night in The Woods selama memiliki RAM 4 GB, Intel HD 4000, serta minimal Intel i5 Quad Core.

18. Into the Breach

into the breach

Into the Breach adalah sebuah game ringain PC lainnya yang bisa Anda dapatkan. Mengusung gaya permainan turn based, Anda harus mengerahkan taktik jitu untuk menghabiskan seluruh musuh yang ada di masing-masing stage.

Game yang menghadirkan area secara acak ini memiliki latar futuristik. Anda pun bisa memerankan berbagai macam mech untuk menghentikan serangan alien.

Karena visualnya yang hanya 2D, tidak diperlukan VGA yang gahar untuk bisa memainkan game ini. Cukup dengan Intel HD 3000, prosesor 1.7 GHz, dan RAM 1 GB, Into the Breach sudah bisa dimainkan dengan lancar.

19. Doom 3

doom 3

Doom 2016 dan Doom Eternal sudah dirilis untuk platform PC. Apakah PC Anda cukup kuat untuk memainkannya? Jika tidak, sebaiknya Anda beralih ke Doom 3 yang sama-sama menghadirkan permainan first person shooter melawan demon dan juga sudah dibalutkan grafik 3D.

Game yang dirilis pada tahun 2004 ini mengisahkan seorang survivor yang harus mempertahankan diri dari serangan monster-monster jahat. Pastikan Anda tidak mudah takut saat memainkannya ya, karena akan ada banyak momen-momen horor yang harus dilewati.

Uniknya lagi, Doom 3 dapat dimainkan pada sistem operasi Windows 2000 dan Windows XP dan hanya membutuhkan RAM sebesar 384 MB saja. Doom 3 juga bisa dimainkan pada VGA manapun asalkan masih mendukung DirectX 9.0b.

20. Far Cry

far cry

Game ini adalah awal dari suksesnya franchise Far Cry. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2004, Far Cry adalah salah satu game terbaik yang berhasil mengimplementasikan elemen FPS dan open-world dengan baik.

Game aksi besutan Ubisoft ini mengisahkan seorang freelancer bernama Jack Carver yang harus bertahan hidup di sebuah pulau yang berisikan orang-orang jahat. Gunakan segala pesenjataan yang ada seperti pistol dan granat. Di sini Anda pun bisa memilih approach yang diinginkan seperti menghadang musuh secara terang-terangan atau membunuh musuh satu per satu diam-diam.

Salah satu aspek yang selalu hadir dari setiap game Far Cry adalah tokoh antagonis yang maniak, dan di sini Anda pun harus menghentikan rencana tokoh tersebut dari niat jahatnya.

Untuk memainkan Far Cry, pastikan PC Anda sudah dibekali dengan Pentium III atau lebih dan memiliki sistem operasi Windows 2000 atau Windows XP.

Itulah tadi deretan gim PC ringan yang bisa Anda mainkan di komputer atau laptop dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Anda tertarik memilih salah satunya?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram