carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Games / 15 Game Web Terbaik yang Bisa Dimainkan Lewat Browser

15 Game Web Terbaik yang Bisa Dimainkan Lewat Browser

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 15 Juni 2021

Setiap hari ada banyak game baru bermunculan, entah itu game web atau game untuk smartphone. Bahkan, game tersebut bisa Anda peroleh secara gratis dengan genre game yang berbeda. Ada game perang, game strategi, dan masih banyak lagi.

Beragam game yang menarik ini tentu saja akan membuat aktivitas gaming Anda menjadi lebih menyenangkan. Bahkan, banyak orang yang lupa waktu saat memainkan game-game tersebut.

Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa pengembang yang berhasil menggagas game web terbaik di dunia? Game-game tersebut sering diklaim sebagai game terbaik dan terfavorit sepanjang masa. Walaupun game ini sudah dirilis semenjak beberapa tahun silam, tapi popularitas game tersebut seakan tidak pernah padam. Hmm, kira-kira adakah game web yang dibuat di Indonesia? Jika ingin tahu, yuk, simak daftar game web yang dianggap terbaik di dunia berikut ini!

1. Freeciv

Pernah bermain Civilization di PC? Seri game Civilization tersedia juga dalam versi web browser dan bisa dimainkan secara gratis.

Mekanisme permainannya tidak berbeda jauh dengan versi PC. Pemain diharuskan untuk menyusun strategi yang tepat dalam membangun kerajaan yang terinspirasi dari sejarah dunia.

Secara grafis, FreeCiv memang tidak sebagus permainan seri Civilization originalnya. Namun untuk seukuran game browser, kami cukup terpuaskan dengan art style-nya. Silakan klik link ini untuk coba memainkannya.

2. Pokemon Showdown

Seri game Pokemon terkenal sebagai game RPG petualangan yang juga memiliki aspek battle dengan sistem turn based. Walau menawarkan sisi petualangan yang seru, sebagian besar orang hanya tertarik pada mekanisme pertarungannya.

Sambutlah Pokemon Showdown, game browser Pokemon yang memungkinkan pemain untuk melakukan simulasi battle tanpa harus melalui intro ataupun jalan cerita. Pada game ini, pemain bisa langsung battle dengan pemain lain tanpa harus memilik Pokemon. Ya, tim Pokemon dan jurus-jurusnya akan dipilih secara acak.

Tapi jika ingin menentukan sendiri Pokemon yang ingin dipakai, Pokemon Showdown juga menyediakan fitur Team Builder. Keberadaan Pokemon Showdown sungguh jadi cara alternatif yang praktis untuk berlatih kemampuan strategi bagi pemain yang ingin mengalami sisi kompetitif dari dunia Pokemon. Klik di sini untuk mulai bermain.

3. Slither.io

Bagi generasi milenial, tentu tidak asing dengan permainan Snake di HP Nokia jadul era '90-an. Bayangkan jika Snake mendapatkan upgrade dari segi gameplay dan grafis, maka jadilah Slither.io.

Berbeda dengan Snake yang mengharuskan pemain untuk menghindari tubuh sendiri, Slither.io justru menuntut pemain agar tidak mengenai badan dari ular lainnya. Ya, pemain bisa memasuki pertarungan ular melawan ratusan orang lainnya di internet, dan ular yang punya ukuran tubuh terpanjang yang akan jadi juaranya.

Berusahalah untuk melahap kumpulan titik-titik yang jadi makanan si ular tanpa mengenai ular musuh. Atau, pemain juga bisa menjebak musuh agar mereka menabrak ular yang kita mainkan agar mereka tereliminasi. Cukup kunjungi Slither.io, pemain sudah bisa merasakan permainan Snake dengan gaya royal battle.

4. A Dark Room

Baiklah, permainan bernama "A Dark Room" ini mungkin akan terdengar membosankan bagi pemain karena genre-nya yang mengusung text based adventure. Tapi jangan salah, A Dark Room bisa jadi salah satu game paling adiktif di daftar ini, lho!

Pada mulanya, pemain diharuskan untuk mengumpulkan banyak resource seperti kayu dan daging hewan. Lalu resource ini harus diolah menjadi gubuk-gubuk untuk ditempati warga desa. Semakin banyak gubuk yang dibuat, semakin banyak pula warga desa yang berhasil dikumpulkan.

Semakin banyak warga desa, maka semakin besar peluang pemain dalam mengumpulkan resource dengan jauh lebih cepat. Game browser ini juga memungkinkan pemain untuk menjelajah area luas yang berisikan banyak musuh dan monster.

Saat menjelajah, berusahalah untuk menemukan tambang besi dan arang dan hancurkan musuh-musuh di dalamnya. Setelah menguasai tambang, pemain bisa menyuruh warga desa untuk mengumpulkan besi dan arang yang bisa diolah lagi menjadi armor dan senjata. Tertarik mencobanya? Tunggu apalagi? Langsung saja klik link ini untuk memainkannya.

5. Catan Universe

Catan merupakan salah satu permainan board game yang cukup populer di dunia. Di sini, pemain akan mengambil peran sebagai pendatang baru di sebuah pulau. Nah, tugas pemain adalah berusaha menguasai wilayah di pulau tersebut sebelum dikuasai oleh pemain lainnya.

Di Catan Universe, pemain bisa bermain secara single player maupun multiplayer. Pemain bisa berusaha untuk mencuri resource yang dimiliki pemain lain ataupun melakukan perdagangan. Ini adalah cara yang paling mudah dan praktis untuk memainkan boardgame Catan.

Pasalnya, game Catan memiliki harga yang cukup mahal yakni mencapai ratusan ribu rupiah. Berkat adanya Catan Universe, pemain hanya perlu bermodalkan kuota internet dan web browser saja untuk bisa memainkannya.

Plus, pemain bisa bermain bersama 3 hingga 5 orang lainnya yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Kunjungi lamannya ini untuk mulai memainkan Catan.

6. Skribbl.io

Skribble.io adalah game browser yang pas bagi para pemain yang jago menggambar. Game ini merupakan hasil adaptasi dari charades alias permainan tebak-tebakkan. Alih-alih melakukan gerakan yang mewakili sebuah kata, pemain diharuskan menggambar dan pemain lain harus menebak sebuah kata yang dimaksud dari gambar tersebut.

Pemain yang berhasil menebak paling cepat akan mendapatkan poin paling besar juga. Besaran poin akan semakin berkurang jika kita semakin terlambat dalam memberikan jawaban yang benar. Siap jadi yang nomor satu di permainan ini? Yuk klik tautan ini untuk memainkannya!

7. UNO with Friends

SIapa yang tidak mengenal game UNO? Permainan kartu ini menjadi salah satu yang paling populer di dunia setelah kartu remi karena memiliki aturan dan mekanisme yang engaging. Permainan kartu UNO ini mengharuskan pemain untuk mencocokkan kartu yang dipegang dengan kartu yang diberikan lawan berdasarkan angka dan warna.

Ketika jumlah kartu yang dipegang pemain tinggal satu, pemain tersebut wajib mengatakan UNO atau menekan tombol UNO. Jika tidak, pemain diharuskan untuk mengambil kartu dari deck. Pemain baru akan dinyatakan sebagai pemenang kalau kartu di tangan sudah habis.

Permainan kartu ini juga tersedia pada versi web dengan nama UNO with Friends. Hanya saja, pastikan Anda punya RAM 8 GB atau lebih dan prosesor yang memadai agar permainan berlangsung tanpa lag.

8. Drakensang

Drakensang

Salah satu genre game RPG ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Drakensang disebut sebagai salah game web terbaik di dunia karena menawarkan grafis 3D dan efek yang sangat menakjubkan.

Di dalam Drakensang, karakter yang akan dimainkan disesuaikan dengan keterampilan dan kekuatan Anda. Hal seperti ini tentu saja sangat jarang Anda temukan di game RPG sejenis lainnya. Anda akan berperang melawan kejahatan bersama teman-teman Anda di abad pertengahan sembari menjelajahi dunia visual yang menakjubkan. Yuk, mainkan Drakensang sekarang juga!

9. Stormfall: Age of War

Stormfall Age of War

Game strategi RPG gratis yang satu ini akan membawa Anda pada pencarian dengan tujuan untuk menyatukan kembali kekaisaran Stomrfall dan melawan kejahatan Darkshine yang telah menaklukannya.

Stormfall: Age of War adalah game web terbaik di dunia yang akan mengajak Anda untuk mengontrol istana sendiri dan menyusun strategi untuk mengalahkan dan mengambil alih pemerintahan musuh.

Tak perlu khawatir untuk menyelesaikan game ini, karena di setiap level terdapat tutorial lengkap mengenai apa yang harus Anda lakukan. Siap untuk memainkan Stormfall: Age of War yang penuh dengan tantangan ini?

10. Airmech

Airmech

Yuk, saatnya kita melakukan penerbangan dengan Airmech, sebuah game gratis yang mengusung tema Sci-fi dan 3D ini. Game RTS ini hadir dengan mekanisme transformasi yang luar biasa. Dengan gameplay ala DotA Anda dapat mengambil penerbangan dalam game ini berdasarkan strategi.

Bertempur di tanah atau beralih terbang ke udara adalah sejumlah aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika memainkan Airmech. Selain itu, Airmech juga menawarkan tiga mode permainan yang berbeda, yakni kompetitif, kooperatif, atau solo. Anda sendiri yang menentukan alur permainan dari game web yang fantastis ini.

11. Sparta: War of Empires

Sparta War of Empires

Sparta: War of Empires adalah game web strategi gratis yang sangat menantang, latar belakang dari game ini mengambil tempat di sebuah kota pada zaman Yunani kuno. Tugas Anda sebagai pemain utama adalah membela dan memimpin kota untuk bertahan terhadap Raja Xerxes. Ya, Anda harus membangun kerajaan dan tentara Anda sendiri.

Desain gameplay pada Sparta: War of Empires ini digagas berdasarkan peristiwa sejarah yang sebenarnya. Ketika memainkan game ini, Anda akan mendapatkan pengalaman baru dalam memainkan game web otentik yang mungkin tidak Anda temukan di game sejenis lainnya.

12. Pirates: Tides of Fortune

Pirates Tides of Fortune

Jika Anda terobsesi dengan permainan yang bertemakan bajak laut, maka Pirates: Tides of Fortune ini adalah game web strategi gratis yang nampaknya cocok dengan selera Anda. Anda akan berada di dalam kehidupan liar bajak laut di mana Anda akan berperan sebagai kapten untuk berlayar ke sebuah pulau yang ada di Pasifik.

Kemudian, Anda harus mengumpulkan tim bajak laut sendiri sehingga Anda dapat menaklukan laut dan menjadi seorang bajak laut yang terhebat sepanjang masa. Anda membutuhkan tim dalam Pirates: Tides of Fortune karena ada banyak tantangan menanti Anda ketika mengarungi lautan yang luas.

13. Forge of Empires

Forge of Empires

Apa yang membuat Forge of Empires pantas diklaim sebagai game web terbaik di dunia? Sudah sangat jelas, ada sekitar 1 juta pengguna terdaftar dalam kurun waktu satu minggu saja sejak game ini dirilis. Ya, tidak salah jika Forge of Empires diklaim sebagai game web strategis terhebat yang pernah ada.

Di dalam game ini, Anda akan membangun sebuah kerajaan di abad pertengahan di mana Anda harus melindungi diri sendiri, tapi Anda juga berkewajiban untuk mengurus pekerja dan warga kerajaan. Anda memiliki misi yang lengkap dan harus memberi makan orang-orang Anda untuk dapat beralih ke era sejarah berikutnya.

14. Wartune

Wartune

Ini adalah game fantasi dan strategi yang dikemas dalam sebuah game web RPG. Di Wartune Anda akan memainkan prajurit atau penyihir nakal dengan kemampuan yang unik dan super kuat.

Wartune akan membawa Anda flashback ke dunia fantasi 2D di mana akan ada pertempuran melawan monster yang mengamuk dan membangun sebuah kota hingga mencapai status sebagai kota metropolis yang berkembang. Berani terlibat dalam fantasi di dunia Wartune?

15. 4STORY

4STORY

Ketika memainkan 4STORY, Anda akan masuk ke dalam petualangan dunia sihir fantastis. Game web MMORPG ini mengharuskan Anda untuk memutuskan jalan mana yang harus diambil untuk menyelesaikan permainan.

Jelajahi Iberia dan menantang diri untuk mengakhiri perang sehingga Anda akan menjadi pahlawan sejati dalam game ini. Pemain harus berjuang untuk satu dari dua negara dan mempertahankan negaranya dengan kemampuan yang akan diperoleh ketika memainkan game ini. 4STORY adalah game yang menyenangkan sekaligus berbahaya.

Berpikir untuk mencari kegiatan yang bisa mengisi waktu luang Anda? Daftar game web terbaik di dunia ini mungkin bisa menjadi referensi yang menyenangkan bagi Anda karena game-game ini tidak kalah seru dari game konsol ataupun game PC.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram