Carisinyal / Game Konsol / 10 Rekomendasi Game RPG Terbaik di PSP yang Seru Dimainkan

10 Rekomendasi Game RPG Terbaik di PSP yang Seru Dimainkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ingatkah zaman dulu ketika kita berharap PS2 bisa dimainkan secara portabel? Nah, untuk menjawab keinginan pasar tersebut, terciptalah PSP yang merupakan singkatan dari PlayStation Portable. Dulu pada masa peluncurannya secara global di tahun 2005, seketika dunia video game berubah.

Pasalnya, cukup jarang ada konsol portabel yang bisa menghasilkan kualitas grafis sebaik PSP. Saingannya PSP dulu, yakni Nintendo DS, sama-sama merupakan konsol handheld yang praktis dan inovatif.

Tapi, jenis gamenya memang dikhususkan untuk segmentasi pasar tertentu, tidak seperti PSP yang mengantongi beragam judul yang sebelumnya telah dipopulerkan pada konsol PS2. Ya, apalagi kalau bukan God of War? Hal ini, ditambah dengan balutan grafis yang superior, mampu membuat PSP cenderung lebih digemari oleh pecinta game Tanah Air.

Nah, beragam genre pun bisa dinikmati pada konsol PSP, seperti fightingbeat ’em up, shooter, dan tentu saja game RPG. Malahan, banyak sekali game-game RPG di PSP yang tidak kalah serunya dengan seri God of War ataupun Grand Theft Auto. Sehingga kalau kamu pecinta RPG, pasti akan serasa di surga karena saking banyaknya RPG berkualitas yang bisa dimainkan di PSP. Apa sajakah itu? Yuk simak daftar game RPG di PSP terbaik berikut ini!

1. Shin Megami Tensei: Persona 3 Portable

persona 3 portable

Kalau kamu mengaku fans RPG sejati, pasti tidak asing dengan seri Persona, bukan? Ya, Persona memang merupakan salah satu RPG paling fenomenal dan setiap serinya selalu ditunggu-tunggu oleh jutaan gamer di seluruh dunia. Persona merupakan cabang dari seri permainan Shin Megami Tensei yang juga merupakan sebuah game RPG juga.

Kemiripan dari Shin Megami Tensei dan Persona adalah sama-sama memunculkan berbagai jenis makhluk yang terinspirasi dari legenda-legenda di dunia. Kalau di Shin Megami Tensei bernama demon, di game Persona ya para makhluk ini dinamakan Persona.

Persona 3 Portable adalah seri permainan yang bisa dimainkan di PSP. Sebelumnya, Persona 3 sendiri sudah tersedia di PS2, baik berupa seri Persona 3 original ataupun Personal 3 FES (versi yang memiliki konten tambahan).

Nah, kalau kamu ingin bernostalgia dengan Persona 3 atau justru baru pertama kali memainkannya, bersiaplah bersitegang dengan plot-nya yang cukup dark. Persona 3 Portable menggabungkan elemen membangun hubungan dengan orang lain dan segi permainan dungeon crawling.

Di sini kamu akan memerankan seorang protagonis yang bisa ditentukan jenis kelaminnya. Kamu akan memasuki “dunia lain” bernama Dark Hour, sebuah waktu tersembunyi di antara jam 12 dan jam 1 pagi keesokkan harinya. Nah, di Dark Hour ini kamu harus menjelajahi sebuah menara bernama Tartarus untuk membasmi para Shadow yang berkeliaran.

Persona? Shadow? Kok mirip istilah-istilah yang ada di teori psikologinya Carl Jung? Tepat sekali, karena game Persona memang mengambil inspirasi dari sana. Di game ini, Persona adalah sebuah badan pencitraan dari seseorang yang akan membantumu melawan Shadow di Tartarus, sisi gelap seseorang yang selalu disembunyikan atau tidak diakui oleh manusia.

Di sini kamu akan bertemu kembali dengan Igor selaku karakter yang selalu muncul di awal setiap permainan Persona, ditemani oleh asistennya Elizabeth. Kamu bisa mengoleksi seluruh Persona dengan cara menggabungkannya atau mendapatkannya secara random saat berhasil melawan musuh.

Tidak hanya kental dengan elemen RPG saja, Persona 3 Portable juga punya karakter pendamping dengan kisah-kisah yang menarik untuk disimak. Kamu akan menemani sang karakter menjalin Social Link dengan teman-temannya supaya kamu bisa “menciptakan” Persona yang langka.

Karena ini adalah versi portablenya, maka wajar jika Persona 3 Portable ini melalui beberapa pengurangan fitur. Contohnya saja, kamu tidak bisa menjelajahi dunia di luar Tartarus dengan pergerakkan 3D, melainkan melalui antarmuka point and click.

Dan juga, tidak ada cuplikan anime yang bisa disaksikan, beda dengan versi PS2-nya. Tapi secara keseluruhan Persona 3 Portable ini tetap salah satu game RPG terbaik di PSP. Dijamin, kamu bakalan memainkan game ini hingga ratusan jam tanpa merasa bosan.

2. Final Fantasy IV: The Complete Collection

final fantasy iv complete collection

Ada pula RPG lainnya yang begitu klasik, yakni Final Fantasy IV. Berawal sebagai game RPG berbalutkan grafis 2D di konsol SNES pada tahun 1991, Final Fantasy IV kemudian dibuatkan versi remake 3D untuk konsol portabel Nintendo DS dan juga PSP.

Nah, khusus untuk versi di PSP ini, kamu bisa menikmati game FF IV pada seluruh versinya, termasuk yang klasik dan remake. Tidak hanya itu, di sini kamu juga akan bisa memainkan Final Fantasy IV: The After Year, di mana kamu akan memerankan anak dari Cecil, sang prajurit kegelapan yang berubah jadi paladin untuk membasmi lawan.

Mengusung cerita ala-ala medieval kerajaan, dibalut dengan gaya permainan turn-based RPG yang telah dikembangkan, Final Fantasy IV merupakan seri RPG terbaik yang akan membuat perasaan kamu bercampur aduk.

3. Crisis Core: Final Fantasy VII

crisis core final fantasy vii

Bosan dengan gaya permainan seri utama Final Fantasy yang mengusung turn-based? Jika iya, kamu pasti akan menyukai Core Crisis: Final Fantasy VII yang cenderung menghadirkan gameplay lebih aktif. Ya, tidak lagi mengusung turn-based, kali ini kamu bisa menggerakkan pemain dan melakukan serangan pada musuh secara real-time.


Crisis Core Final Fantasy VII ini sendiri merupakan sebuah prekuel langsung dari Final Fantasy VII, dan kali ini kamu tidak memerankan Cloud, melainkan seorang anggota SOLDIER bernamakan Zack.

4. Trilogi The Legend of Heroes: Trails in The Sky

trails in the sky

Ini adalah satu game RPG terbaik lainnya yang bisa dimainkan pada konsol PSP. Seri The Legend of Heroes memang sudah pasti menawarkan jalan cerita dan world building yang menakjubkan, dan ini juga tercermin pada seri Trails in The Sky yang ada di PSP.

Trails in the Sky yang pertama ini pertama kali hadir di Jepang pada tahun 2004 pada PC, di-port ke PSP pada tahun 2006. Nah, barulah pada tahun 2011, pengembang XSeed melokalisasi game ini ke bahasa Inggris dan merilisnya pada tahun 2011.

Menyusul Trails in the Sky yang pertama, kemudian muncul sekuel bernama Trails in the Sky SC pada tahun 2015, tentu merupakan versi bahasa Inggrisnya. Terakhir, ada juga Trails in the Sky 3rd yang merupakan sekuel ketiga di seri ini.

Fakta menariknya, versi bahasa Inggris dari ketiga game tersebut lebih banyak waktu untuk dirilis ketimbang versi Jepangnya, karena ada banyak sekali dialog dan teks yang harus diterjemahkan.

Ini sebuah pertanda kalau kamu dijamin akan mendapatkan jalan cerita yang kaya akan interaksi antar karakter. Untuk gaya permainannya sendiri, seri Trails memiliki sistem turn-based dengan kemampuan-kemampuan unik di setiap karakternya. Tertarik?

5. YS: Seven

ys seven

Siap menemani perjuangan Adol dalam petualangan yang panjang dan juga sengit? Inilah seri YS: Seven yang hadir untuk para pemain PSP. Tentu saja, permainan ini masih sama dengan seri Ys lainnya, mengusung tipe permainan real-time dengan gaya hack and slash, membuat pertarungan terasa lebih dinamis dan menegangkan.

Uniknya, terdapat sistem senjata yang menambah variasi pada gaya permainan kamu. Jangan hanya asal menyerang musuh, tapi kamu juga harus menentukan jenis senjata yang efektif dengan tipe musuh tertentu. Game Ys: Seven yang dikembangkan oleh perusahaan Nihon Falcom ini juga telah banyak mendapatkan pujian dari segi mekanisme gameplay serta soundtrack-nya yang enak didengar.

6. Final Fantasy Tactics: War of the Lions

ff tactics psp

Apa ya jadinya kalau bisa memainkan Final Fantasy dengan sistem grid seperti Fire Emblem? Daripada penasaran, mengapa tidak coba memainkan Final Fantasy Tactics: War of the Lions ini?

Mungkin kamu sudah pernah memainkan game ini di PS 1 pada zamannya tidak akan tertarik untuk memainkannya kembali, tapi jangan salah. Port PSP ini punya banyak tambahan konten lho ketimbang versi originalnya! Kamu bisa menikmati beragam cutscene baru dengan beberapa tambahan penyetelan gameplay yang lebih balanced.

Ditambah lagi, kali ini Final Fantasy Tactics memiliki full voice acting alias setiap dialog yang ada pada game memiliki suara masing-masing karakter. Juga, ada penambahan dua jobs bernama Onion Knight dan juga Dark Knight. Menarik, bukan?

7. Kingdom Hearts: Birth by Sleep

kingdom hearts birth by sleep psp

Masih ingatkah kamu dengan game Kingdom Hearts di PS2? Nah, rupanya, seri Kingdom Hearts yang di PS2 bukanlah yang pertama dari sisi kronologisnya. Melainkan, seri Birth by Sleep inilah yang memulai keseluruhan cerita dari seri Kingdom Hearts.

Soal kelayakannya sebagai RPG, Kingdom Hearts sih sangat seri dimainkan, apalagi karena kamu bisa bertemu dengan berbagai macam tokoh Disney. Tapi kalau kamu ingin menikmati cerita yang simpel dan mudah dimengerti, rasanya Kingdom Hearts kurang cocok untuk kamu, beda halnya kalau kamu justru suka jalan cerita yang kompleks dan tidak biasa.

Berbalutkan gameplay ala hack and slash, dengan karakter ikonik seperti Donald Duck dan Goofy dari Disney serta Zack Flair dari seri Final Fantasy VII, ini merupakan game aksi RPG di PSP yang akan membuatmu ketagihan.

8. Wild Arms FX

wild arms fx

Ada yang berbeda dengan game RPG taktikal yang satu ini. Kalau kamu bosan dengan game ala Fire Emblem yang grid-nya berbentuk kotak, di Wild Arms FX ini kamu akan menikmati berbagai pengalaman baru dengan grid berbentuk segi enam alias hexagonal.

Sekilas, gaya permainannya cukup standar sehingga tidak akan terasa sulit untuk kalian yang sudah familiar dengan game taktikal RPG lainnya seperti Final Fantasy Tactics ataupun Fire Emblem.

Di sini, kamu harus berusaha untuk memposisikan karakter-karakter kamu pada formasi tertentu supaya bisa mendapatkan damage tambahan saat melawan musuh.

Berbagai karakternya bisa berganti-ganti class, dan mendapatkan skill permanen kalau kamu rajin melakukan grinding pada karakter kamu. Nah kalau skillnya sudah didapatkan, skill tersebut bisa dipakaikan pada karakter walaupun sudah berganti menjadi class yang berbeda.

Wild Arms FX termasuk salah satu game RPG terbaik di PSP yang punya mekanisme class system dan penulisan cerita yang solid. Kalau emang kamu pecinta RPG, wajib banget mencicipi Wild Arms FX.

9. Star Ocean: Second Evolution

star ocean 2nd evolution

Yang satu ini memang punya grafis 2D dengan kualitas sprite yang terbilang jadul. Ya wajar saja, karena Star Ocean: Second Evolution memang merupakan sebuah remaster dari Star Ocean: The Second Story yang hadir pada konsol PS1.

Beberapa penambahan kontennya juga tidak begitu banyak, hanya sekadar sedikit modifikasi pada soundtrack, cuplikan anime baru, dan sedikit penambahan elemen cerita.

Tapi kalau kamu orangnya tidak sabaran untuk bisa menikmati tipe permainan turn-based, Star Ocean Second Evolution bisa jadi obat bagi kamu yang mendambakan pertarungan berpacu cepat. Ya, combat pada RPG ini merupakan real-time.

Oh, dan yang paling menarik, Star Ocean: Second Evolution ini punya jalan cerita yang bercabang, memungkinkan kamu untuk mendapatkan hingga 100 akhir cerita yang berbeda!

10. Monster Hunter Freedom Unite

monster hunter freedom unite psp

Banyak yang bingung soal seri Monster Hunter. Apakah seri ini layak dianggap sebagai RPG? Atau lebih masuk ke genre action? Jawabannya tergantung dari perspektif kamu.

Kalau RPG kental dengan perkembangan karakter yang kita mainkan, maka Monster Hunter Freedom Unite sudah layak dianggap RPG. Memang sih tidak ada sistem levelling di sini, tapi karakter yang kalian mainkan akan semakin kuat seiring dengan gear yang berhasil didapatkan dari hasil crafting.

Di sini kamu akan mendapatkan berbagai macam quest untuk mengalahkan monster super besar dan kuat, menggunakan tipe persenjataan yang sangat beragam pula seperti great sword, long sword, panah, pedang ganda, dan masih banyak lagi. Siap-siap kerahkan kemampuan terbaikmu, karena monster di game ini sangat sulit untuk ditaklukkan. Apakah kamu merasa tertantang?

Itulah tadi 10 game RPG terbaik yang bisa kamu mainkan di PSP. Kebanyakkan dari mereka memang merupakan port dari konsol lain. Tapi, ini justru jadi kesempatan yang bagus untuk merasakan game jadul secara portabel. Toh, banyak konten tambahan yang bisa membuat kamu serasa memainkan game baru. Jadi, game RPG di PSP mana yang kamu ingin coba duluan?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *