carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Games / 15 Game RPG Offline Terbaik di Smartphone Android

15 Game RPG Offline Terbaik di Smartphone Android

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 14 Juni 2021

Role Playing Game atau RPG merupakan salah satu genre game yang banyak diminati saat ini. Permainan RPG sendiri sebenarnya sudah ada semenjak kehadiran permainan tradisional seperti ular tangga, monopoli, halma, dan sejenisnya.

Kini seiring dengan perkembangan teknologi, permainan tersebut juga hadir di perangkat PC dan mobile dengan evolusi permainan yang sangat signifikan. Puluhan bahkan ratusan judul game RPG kini dapat Anda temukan dengan mudah di berbagai perangkat tersebut.

Nah pada kesempatan kali ini Carisinyal akan mengulas 10 game RPG Android offline terbaik yang ada saat ini. Berbagai game ini memiliki alur cerita yang beraneka ragam dan bisa Anda dapatkan secara gratis ataupun membayarnya terlebih dahulu.

1. Stardew Valley

stardew-valley

Jangan terkecoh dengan tampilan grafisnya yang tampak old-school. Nyatanya, Stardew Valley menawarkan sisi playability yang begitu solid, terutama bagi kamu yang menyenangi kegiatan RPG farming.

Tidak hanya sekadar bercocok tanam selayaknya permainan Harvest Moon atau Story of Seasons, di sini kamu juga bisa memasuki dungeon dan membasmi monster-monster yang berkeliatan di dalamnya. Dari segi persenjataan seperti pedang dan dagger, damage-nya bisa di-upgrade saat kamu menemukan atau membeli yang lebih langka.

Persenjataan tidak hanya sebatas pada yang dipegang di tangan, kamu juga bisa mengumpulkan material untuk melakukan crafting di dalam dungeon. Seperti membuat bom, membuat racikan makanan yang bisa memulihkan stamina, membuat tangga untuk bisa jadi jalan pintas, dan sebagainya.

Stardew Valley juga punya elemen social skill yang mendalam dengan warga-warga desa, bahkan ada beberapa warga yang bisa dijadikan pasangan hidup. Meskipun Stardew Valley termasuk pada game RPG offline, tapi ia masih menyediakan fitur multiplayer secara online.

Jangan lupa untuk gunakan gamepad agar dapat pengalaman maksimal. Soalnya, tidak begitu nyaman jika menggunakan touchscreen. Klik link ini untuk kunjungi laman unduhannya di Google Play Store.

2. Final Fantasy XV: Pocket Edition

Final Fantasy XV hadir sebagai game open world dengan gaya permainan third person perspective. Namun ini hanya berlaku bagi game yang diluncurkan pada konsol dan PC. Sedangkan untuk yang versi Android dan Nintendo Switch, tersedia dalam bentuk Pocket Edition.

Berbeda dengan versi konsol yang hadirkan grafis realistis, Pocket Edition memiliki tampilan grafis yang lebih sederhana dengan karakter desain chibi yang lebih ringan untuk dilahap perangkat mobile seperti Android.

Sudut pandangnya juga tidak lagi third person perspective tapi menggunakan fixed angle seperti seri-seri Final Fantasy sebelumnya. Walau begitu, dari segi cerita dan karakter, tidak ada yang berbeda di antara keduanya.

Ada beberapa side quest yang diubah dari seri originalnya, tapi kurang lebih pengalaman yang dirasakan dari segi cerita tetap sama. Ini adalah kesempatan kamu untuk merasakan lore menarik yang ditawarkan walau tidak punya konsol dan PC yang powerful.

Final Fantasy XV sendiri berkisah tentang seseorang bernama Noctis, sang pangeran negara Lucis yang dinikahkan dengan Lady Lunafreya sebagai simbol yang mempresentasikan janji perdamaian antara Lucis dan Niflheim.

Rupanya di saat perjalanannya menuju resepsi, ia dan teman-temannya bertemu dengan masalah-masalah yang membuat perjalanan semakin sulit. Apakah Noctis berhasil menikah dan menyatukan kedua negara yang sudah bertahun-tahun bertengkar ini? Klik di sini untuk mengunduh Chapter 1 secara gratis.

3. Monster Hunter Stories

Guys, kapan lagi bisa memainkan game Nintendo 3DS di ponsel Android? Ditambah lagi, game RPG yang satu ini datang dari seri Monster Hunter besutan Capcom yang reputasinya sudah dikenal dengan baik di kalangan gamer di dunia.

Namun kali ini, game Monster Hunter yang disuguhkan tidak termasuk dalam seri utamanya melainkan sebuah spin off dengan format yang agak berbeda. Alih-alih punya misi untuk menyerang dan berburu monster tanpa motif yang kuat, kali ini Monster Hunter Stories mengharuskan pemainnya untuk menjalani cerita dengan plot yang mendalam.

Di game ini, kamu akan melawan musuh dengan sistem pertarungan turn based seperti Dragon Quest atau Final Fantasy series.

Atmosfir yang unik, desain karakter yang berbeda dari seri Monster Hunter pada umumnya, membuat pendatang baru ataupun fans hardcore Monster Hunter sama-sama mampu merasakan keseruannya. Klik di sini untuk kunjungi laman Google Play Store-nya.

4. Chrono Trigger

Silakan lakukan riset mengenai RPG terbaik sepanjang masa, dan kamu akan menemukan banyak daftar yang menempatkan Chrono Trigger sebagai RPG nomor 1 di dunia.

Ini semua bukan tanpa alasan. Kendati punya grafis yang terbilang jadul, tapi Chrono Trigger benar-benar punya pengalaman RPG yang seimbang, bahkan untuk standar zaman sekarang.

Chrono Trigger memiliki salah satu jalan cerita terbaik di dunia RPG, juga sistem pertarungan yang unik karena bisa mengombinasikan semua serangan karakter menjadi satu jurus mematikan. Permainan yang mengusung jalan cerita mengenai penjelajahan waktu ini juga akan mempertemukan pemain dengan karakter-karakter unik dari masa-masa berbeda.

Misalnya saja kamu bisa bertemu dengan karakter kodok yang jago bermain pedang di masa medieval, bertemu dengan robot masa depan, serta perempuan tangguh yang berasal dari zaman purba. Ditambah lagi, art style dari game ini dibuat oleh desainer yang menggambar karakter Dragon Balls, tidak perlu diragukan lagi kualitas desain karakternya.

5. Eternium

game rpg offline android Eternium

Bermain game RPG Android offline dengan petualangan seru adalah salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh game yang dikembangkan developer Making Fun, Inc. Game ini menyajikan permainan yang tak perlu menggunakan internet. Di dalamnya, Anda bisa memilih karakter sebagai Mage, Warrior atau Bounty Hunter, wielding a sword, axe, staff atau gun.

Jika Anda sudah memilih, maka seperti game RPG lainnya, Anda harus melakukan leveling atau level up untuk memperkuat hero Anda. Pasalnya, Eternium ini memiliki ragam musuh yang siap Anda taklukan seperti naga, zombie, alien dan masih banyak lagi.

Juga, Eternium memberikan map yang cukup luas dan bervariasi. Anda bisa berkeliling di hutan, dungeon, pedesaan, bahkan kuburan. Jangan lupakan juga, banyak berbagai macam kotak harta karun yang siap memberikan items menarik. Penasaran? Yuk mainkan gamenya dengan klik di sini.

6. Final Fantasy Series

Selain dari Finaly Fantasy XV Pocket Edition, kamu juga bisa memainkan game lainnya dari Final Fantasy series. Mulanya, game FF 1 hingga IX hanya tersedia untuk PlayStation 1 namun semuanya sudah bisa dimainkan pada ponsel Android.

Kami sengaja memisahkan seri-seri terdahulu dari FF dengan FF XV Pocket Edition karena memiliki gameplay yang berbeda. Sementara Pocket Edition bermain selayaknya game RPG lainnya (point and click), game Final Fantasy 1 hingga IX mengusung sistem turn based sebagai mekanisme kombat.

Grinding adalah hal yang wajar dilakukan pada semua game di seri FF Android, supaya kamu bisa cepat naik level, mendapatkan skill baru berdasarkan job yang dimiliki, dan semakin mudah memenangkan boss battle. Masing-masing seri kurang lebih punya gameplay turn based yang sama, namun tetap memiliki keunikan.

Contohnya saja seperti FF IV hingga FF IX yang memiliki sistem ATB (Active Time Battle), di mana masing-masing karakter hanya bisa melakukan perintah jika meteran ATB terisi penuh. FF VI juga punya skill ultimate yang bisa dikerahkan dengan mekanisme QTE, seperti pada job bushido.

Square Enix juga turut menambahkan mekanisme pertempuran yang unik lainnya yang bisa dieksploitasi untuk memperbesar damage, seperti junction pada Final Fantasy VIII, penggunaan Materia pada Final Fantasy VII, dan juga Trance pada Final Fantasy IX. Dijamin, masing-masing game akan tetap tawarkan permainan yang tidak membosankan.

Pada FF III dan FF V, pemain diizinkan untuk mengubah-ubah job pada masing-masing karakter sesuai yang diinginkan, sedangkan pembagian job pada karakter FF IV, FF VI hingga FF IX sudah di-assign secara khusus sesuai jalan cerita.

Masing-masing game tawarkan cerita yang terpisah, jadi tidak masalah ingin memainkan yang mana dulu. Walau begitu, kami tetap sarankan kamu untuk memainkannya sesuai urutan angka agar bisa lebih terasa evolusi gameplay-nya.

7. Dragon Quest series

Selain Final Fantasy series, Square Enix lagi-lagi memanjakan kamu dengan menghadirkan port game-game Dragon Quest untuk smartphone Android. Pastinya, kontrol dan beberapa tweak sudah disesuaikan agar berjalan lebih teroptimasi pada layar touchscreen.

Kurang lebih, DQ punya gaya permainan turn based yang sama dengan Final Fantasy, namun memang sih DQ lebih mudah dipelajari. Di saat kamu berinteraksi dengan musuh di map, layar akan bertransisi dari mode eksplorasi menjadi battle screen.

Seperti RPG pada umumnya, kamu perlu mengalahkan semua musuh menggunakan serangan reguler atau dengan skill dan magic. Setelah berhasil mengalahkan musuh, kamu akan mendapat experience yang kalau rajin dikumpulkan bisa membuat karaktermu naik level.

Banyak yang suka bandingkan seri DQ dengan FF. Tapi bagi kami, keduanya punya sisi keunikan sendiri. Final Fantasy cenderung lebih suka bereksperimen dengan mekanisme cerita dan pertempuran, sedangkan masing-masing game Dragon Quest terasa begitu generik. Walau begitu, plot masing-masing game di seri ini tetap dibuat fresh.

Game-game seri tersebut yang tersedia untuk Android adalah Dragon Quest I hingga VIII. Namun, Dragon Quest VII hanya tersedia pada wilayah Jepang saja.

8. The Bard's Tale

The Bard's Tale

Game RPG Android offline terbaik kali ini datang dari remake game RPG klasik di tahun 1980. Game ini dinamakan dengan The Bard's Tale. Meski sebuah remake dari game tahun 80'an, namun The Bard's Tale sudah disajikan dengan grafis 3D yang memukau. Uniknya, game ini tidak akan selalu serius. Pasalnya, The Bard's Tale terkadang menyisipkan humor yang cukup menghibur.

Di sisi map, Anda bisa berkeliling di lokasi yang sudah tersedia. Pemainnya bisa menyusuri pedesaan, kota, hutan belantara, sungai, kastil, dungeon rahasia, dan masih banyak lagi. Lebih dari 50 tipe musuh yang akan dihadapi oleh pemain. Keunikan lainnya yakni Anda bisa memanggil 16 karakter magic yang akan membantu Anda. Ingin main? Download gamenya di sini.

9. Titan Quest

Titan Quest

Game RPG dengan menyajikan karakter serta latar kolosal ini merupakan salah satu game RPG PC terbaik pada tahun 2006 silam. Titan Quest membiarkan Anda untuk memilih salah satu Hero yang telah tersedia dalam game. Setiap Hero yang sudah Anda pilih mempunyai misi dan kekuatan masing-masing.

Uniknya, game ini menawarkan map yang bisa dibilang sangat luas. Anda bisa berkeliling di pedesaan berbaur dengan para warga sampai dapat pergi ke China. Anda bukan hanya berkeliling saja, pasalnya anda diminta untuk meningkatkan level. Setelah Anda berada di tahap master, maka Anda bisa melakukan unlock untuk special power. Penasaran dengan special power-nya? Yuk main gamenya di sini.

10. The Banner Saga

game rpg android offline The Banner Saga

The Banner Saga merupakan game RPG yang dibuat oleh Stoic Studio. Setelah sukses untuk perangkat PC, game yang terinspirasi dari pasukan Viking ini sekarang telah tersedia untuk Android dan juga iOS. Game ini menyuguhkan tampilan grafis yang cantik, pertarungan taktikal yang menegangkan, serta alur cerita yang sangat seru.

Dalam game ini Anda harus meminpin para petani, rakyat jelata, serta pasukan perang untuk menghadapi berbagai ancaman dari tentara musuh. Selama permainan Anda akan benar-benar disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan seperti pegunungan, tempat bersejarah, dan sisa-sisa reruntuhan arena peperangan.

Selama perjalanan Anda juga harus selalu menjaga agar pasokan makanan tetap mencukupi. Anda juga akan dihadapkan dengan beberapa pilihan yang dapat mengubah alur cerita dan juga mengubah seluruh dunia.

11. Baldur's Gate: Enhanced Edition

game rpg android offline Baldur Gate

Baldur's Gate: Enhanced Edition merupakan permainan yang terinspirasi dari game RPG klasik Dungeons & Dragons yang cukup populer di platform PC. Dalam versi Androidnya ini Anda dituntut untuk menjelajahi Forgotten Realms dan mengalahkan berbagai musuh yang ada.

Game ini tidak hanya sekedar portingan dari versi PC-nya saja, namun juga menyuguhkan berbagai macam perbaikan bugs. Dalam game ini juga terdapat berbagai tantangan dan karakter baru serta gameplay RPG klasik selama lebih dari 80 jam.

12. Knights of Pen and Paper

Knights of Pen and Paper

Jika Anda mencari game RPG yang unik dan berbeda dari yang lainnya, maka cobalah game Knights of Pen and Paper. Dengan mengusung tampilan 8-bit, game yang sempat memenangkan Indie Game Festival Award ini pasti akan mengingatkan Anda pada game berjudul Dungeons and Dragons.

Dalam permainan ini Anda akan memainkan sekelompok anak kecil yang sedang bermain game kartu. Menariknya, mereka akan tetap duduk di tempatnya namun latar belakangnya akan berubah sesuai dengan game yang mereka mainkan. Dalam game offline Android ini mereka akan menaikan level serta melawan berbagai macam monster yang ada.

13. Superbrothers Sword & Sworcery EP

Superbrothers Sword & Sworcery EP

SuperBrothers Sword & Sworcery EP merupakan game petualangan RPG ringan yang dibungkus dengan pengalaman audiovisual yang ciamik. Pada game ini Anda akan berperan sebagai Scythian yang berpetualang sambil melawan musuh dengan pedang dan magic untuk memecahkan berbagai misteri.

Salah satu kelebihan dari game ini adalah musik soundtrack-nya yang berbaur secara sempurna dengan gameplay dan tampilan visualnya. Game RPG Android offline ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan keselarasan antara audio dan juga grafik visualnya.

14. Thimbleweed Park

Thimbleweed Park

Pembunuhan, hotel berhantu, gedung tua, hingga mayat yang tiba-tiba ditemukan di desa tentu menjadi kasus yang menarik untuk dipecahkan. Nah, seperti itulah Thimbleweed Park, di mana pemain diajak berpikir untuk memecahkan kasus sesuai dengan alur cerita yang ada. Oh iya, pemain juga akan diminta untuk berhati-hati dengan orang-orang sekitar yang mencurigakan. Penasaran ingin bermain?

15. Planescape

Planescape

Terakhir, ada game Planescape yang dibesut oleh Beamdog. Game ini juga cukup populer dan salah satu yang terbaik dalam daftar game RPG untuk ponsel Android. Pasalnya, Planescape ini memang memiliki cerita yang menarik dan unik.

Bahkan, pemainnya tidak akan kebosanan dengan mapping serta lokasi yang ada di Planescape. Belum lagi, cara bermain game ini bukan hanya petarungan namun juga berbentuk puzzle yang cukup menantang. Jika tertarik untuk memainkannya, maka Anda bisa beli game Planescape di sini.

Itulah deretan game RPG Android offline yang sangat seru Anda mainkan di smartphone Android. Anda bisa memainkannya tanpa perlu khawatir akan kehabisan kuota internet atau repot mencari WiFi. Pasalnya, semua game yang telah disebutkan berikut tadi merupakan game offline yang sangat seru. Mana yang menarik perhatian Anda?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram