carisinyal web banner retina

15 Game Petualangan Offline Terbaik di HP Android

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 16 Juni 2021

Game bergenre adventure atau petualangan adalah salah satu game yang memiliki cukup banyak peminat. Dengan memainkan game tersebut kita bisa berpetualang di dunia virtual tanpa perlu berpindah dari tempat kita saat ini.

Nah kali ini Carisinyal akan mengulas daftar game petualangan Android terbaik yang bisa dimainkan secara offline. Berbagai game ini ada yang berbayar, ada yang gratis, dan ada juga yang gratis dengan tambahan in-app purchase.

Game petualangan Android offline berikut ini juga tidak kalah seru dengan game MMORPG Android lho. Pasalnya, Anda tidak hanya berpetualang berkeliling saja, Anda juga akan menghadapi beragam misi dan tantangan yang bisa Anda taklukan. Bahkan ada juga game petualang yang membuat Anda harus melawan musuh.

1. Final Fantasy IV (3D Remake)

15 Game Petualangan Offline Terbaik di HP Android 1

Banyak game Final Fantasy yang bisa kalian mainkan di platform Android, tapi yang paling bagus menurut Carisinyal adalah FInal Fantasy IV. Pasalnya, game ini punya sisi petualangan dengan tema fantasi yang cukup kuat dan emosional.

Ini adalah kali pertama Square Enix menerapkan konsep ATB (Action Time Battle) yang meningkatkan gaya permainan turn based jadi lebih menyenangkan. Kali ini, musuh tidak akan diam menunggu kamu memasukkan perintah, tapi akan terus melakukan serangan berdasarkan bar ATB masing-masing.

Yang sungguh menariknya, cutscene pada game ini juga menyuguhkan voice acting yang menjiwai sehingga bisa meningkatkan immersion. Klik di sini untuk membeli Final Fantasy IV melalui laman Google Play Store.

2. EvoLand 2

15 Game Petualangan Offline Terbaik di HP Android 3

Ingin memainkan game RPG? Tembak-tembakkan? Balapan? Daripada bingung, lebih baik mainkan saja game EvoLand 2 yang inovatif ini. Ya, game offline Android ini hadirkan multigenre yang akan berpindah-pindah berdasakrna stage yang dilalui pemain.

Awal mulanya, EvoLand 2 akan menawarkan suguhan grafis RPG 2D seperti yang kita temui pada RPG zaman dulu. Lambat laun, grafis ini akan "berevolusi" menjadi 3D serta menyuguhkan mekanisme kombat yang baru juga.

Agar pemain tidak cepat bosan, EvoLand 2 juga menyuguhkan beragam macam artstyle yang berubah-rubah. Supaya permainan lebih menyenangkan, jangan lupa gunakan kontroler eksternal karena EvoLand 2 mendukung hampir semua gamepad Bluetooth. Untuk membeli game ini, kunjungi laman Play Store-nya di sini.

3. Oddmar

15 Game Petualangan Offline Terbaik di HP Android 5

Kalau tidak punya konsol atau PC yang kuat untuk bermain Assassin's Creed Valhalla atau Valheim, kamu bisa memainkan Oddmar di smartphone atau tablet Android kamu.

Sama-sama bertemakan Viking, kamu akan memerankan seorang anggota desa bernama Oddmar yang dianggap kurang layak mendapatkan tempat di Valhalla.

Oleh karena itu, para warga desa lainnya pun mengucilkan Oddmar dan dia harus membuktikan kalau dirinya tidak seburuk yang orang-orang bayangkan. Alhasil Oddmar pun diberi kesempatan untuk membuktikan dirinya.

Game yang mengusung genre platformer ini akan membawa pemainnya menyusuri hutan dengan balutan grafis yang indah. Akan ada banyak puzzle menarik untuk dipecahkan. Mampukah kamu menyelsaikan semua stage dan memperbaiki reputasi Oddmar? Buktikan keahlianmu dengan membeli Oddmar di link ini.

4. Oceanhorn

15 Game Petualangan Offline Terbaik di HP Android 7

Cukup dengan melihat beberapa screenshot dari Oceanhorn, siapapun bisa menebak kalau kualitas grafiknya memang sekelas game Triple A pada konsol. Berkisahkan tentang seorang anak yang ditinggal bapaknya, kamu harus menjelajahi pulau dan lautan dan mempelajari sihir untuk bisa mengalahkan monster yang berkeliaran.

Beragam kegiatan menyenangkan bisa dilakukan pada game ini, seperti memancing, berlayar, mengumpulkan collectible, dan masih banyak lagi.

Dibalut dengan grafis 3D yang memanjakan mata, game offline petualangan yang satu ini juga menghadirkan soundtrack dari composer legendaris Nobuo Uematsu yang juga membuat lagu untuk seri Final Fantasy. Klik di sini untuk kunjungi laman Play Storenya.

5. Dragon Quest series

15 Game Petualangan Offline Terbaik di HP Android 9

Imersikan dirimu pada dunia fantasi yang terdapat pada Dragon Quest series! Awal mulanya game-game DQ hanya tersedia di konsol, tapi sebagian besarnya dibuatkan port untuk platform Android. Pastinya, game-game offline RPG tersebut sudah diberikan penyesuaian agar nyaman dimainkan pada perangkat touchscreen.

Mulai dari Dragon Quest pertama hingga Dragon Quest 8, semua bisa ditemukan pada Google Play Store. Masing-masing juga menyuguhkan jalan cerita yang berbeda dan tidak berkaitan satu sama lain. Jadi, kamu tidak perlu terpaku pada urutan game.

Berbeda dengan Final Fantasy yang senantiasa hadirkan mekanisme baru, seri Dragon Quest cenderung tidak berubah, masih menggunakan formula battle dan skill progression yang sama, yakni turn based dengan poin yang bisa di-assign untuk tingkatkan skill pilihan setelah naik nevel.

Tertarik mencobanya satu per satu? Kamu bisa gunakan frasa pencarian "Dragon Quest" di Google Play Store, atau dengan klik tautan ini.

6. Castle of Illusion

Castle of Illusion

Game yang satu ini mengambil tema petualangan dengan menampilkan salah satu karakter Disney yakni Mickey Mouse. Game besutan developer Disney ini akan membawa pemainnya ke dalam sebuah kastil yang penuh dengan tantangan dan rintangan. Anda akan diajak berpetualang di dalam kastil.

Anda harus memecahkan setiap tantangan dan juga misi yang telah diberikan dari game. Tidak menakutkan, game ini justru disajikan dengan backsound yang menarik dengan visual yang menakjubkan. Selamatkan kekasih Mickey, jangan membuat Minnie terlalu lama terjebak dalam kastil ya! Download gamenya di sini.

7. Swordigo

15 Game Petualangan Offline Terbaik di HP Android 12

Kalau ingin merasa tertantang, kamu bisa coba permainan side-scroller bernama Swordigo yang bisa dimainkan secara offline. Tidak seperti Mario Bros yang menyerang musuh dengan cara diinjak, kamu bisa mengalahkan musuh menggunakan pedang.

Semakin banyak musuh yang berhasil dikalahkan, kamu akan mendapatkan experience yang bisa dikumpulkan untuk menaikkan level karakter. Swordigo juga puya sisi permainan yang begitu mengalir, setiap tebasan pedang yang mengenai musuh terasa begitu memuaskan dan responsif. Unduh game ini dengan klik link ini.

8. Machinarium

machinarium

Machinarium merupakan game petualangan yang mengusung sistem point-and-click dengan tema steampunk. Game ini menyuguhkan berbagai puzzle yang cukup sulit sehingga Anda harus benar-benar berpikir keras agar bisa melaluinya.

Beberapa orang banyak yang mengkritik alur cerita di dalam game ini yang terlalu pendek. Namun hal tersebut sebenarnya dapat dimaklumi mengingat Machinarium dirilis ketika smartphone Android rata-rata masih memiliki memori sebesar 4 GB. Versi terbaru dari game ini sekarang sudah menghadirkan achievement serta mendukung penyimpanan awan.

9. Limbo

15 Game Petualangan Offline Terbaik di HP Android 15

Bosan dengan game offline Android biasa? Kebetulan, kamu punya rekomendasi bagi kamu yang tidak mudah takut dan menyukai genre horor. Limbo merupakan permainan side-scroller 2D yang memberikan nuansa seram. Hadirkan grafis hitam putih, Limbo sungguh berikan efek visual yang unik dan sangat kental akan atmosfir menyeramkan.

Kamu akan memerankan seorang anak laki-laki yang harus melalui rintangan berbahaya seperti hewan buas ataupun jebakan-jebakan yang bisa membuat pemain mati seketika. Game ini juga akan memperlihatkan kepala yang dipenggal dan juga animasi kematian menyeramkan lainnya.

Pada beberapa bagian dari game, kamu juga akan menemukan puzzle yang layak ditemui seperti game platformer kebanyakan. Kamu bisa mendorong obstacle, melompat, dan berlari untuk menemukan jalan tersembunyi agar bisa progres ke area selanjutnya. Klik di sini untuk membeli game Limbo melalui Google Play Store.

10. Assassin's Creed Identity

Assassin's Creed Identity

Ubisoft tidak hanya menghadirkan game Assasin Creed di platform PC saja, karena kini Anda bisa memainkan game tersebut di Hp Android. Tidak kalah serunya dengan versi yang di PC, di Assassin's Creed Identity juga ada banyak misi yang perlu dituntaskan sebagai Assasin.

Uniknya, di game ini Anda bisa memilih kelas, mulai dari kelas Berserker, Shadow Blade, hingga Trickster and Thief. Yang paling pentingnya lagi, animasi grafis yang ditawarkan game ini sangat bagus dan terasa nyata. Namun, untuk Anda yang ingin main game ini ternyata harus rela merogoh kocek Rp29.000, ya.

11. The Walking Dead

the walking dead

Jika Anda merupakan penggemar berat dari film seri The Walking Dead, maka game yang satu ini layak untuk Anda coba. Sama seperti cerita di film-nya, dalam game ini Anda harus menyelamatkan dunia dari serangan zombie yang berbahaya.

Game The Walking Dead ini terdiri dari dua season. Menariknya, Anda dapat memainkan kedua season tersebut tanpa perlu berurutan dari season satu ke season dua. Keduanya juga dapat dimainkan secara gratis selama 1 episode dan kemudian membayar via in-app purchase jika ingin melanjutkan.

12. Adventure of Mana

15 Game Petualangan Offline Terbaik di HP Android 19

Secara popularitas, Adventure of Mana mungkin tidak seterkenal seri Final Fantasy ataupun Dragon Quest. Walau begitu, game ini juga mengusung resep dari pengembang Square Enix untuk bisa hadirkan pengalaman RPG yang solid.

Tidak seperti dua seri yang tadi disebut, Adventure of Mana merupakan game RPG yang berorientasi kepada action hack and slash. Jadi, kamu bisa menentukan kapan harus menyerang musuh dan bagaimana caramu bisa menghindari serangan lawan.

Cerita dari Adventure of Mana ini berpusat pada Tree of Mana yang menurut legenda bisa memberikan kekuatan dahsyat bagi siapapun yang menyentuh batangnya. Tree of Mana akhirnya jadi incaran Dark Lord of Glaive ingin gunakan kekuatan tersebut untuk mendominasi dunia.

Sementara itu, kamu akan memerankan seorang pahlawan yang terjebak di Duchy of Glaide dan harus mengalahkan binatang-binatang buas pada arena pertempuran, seperti gladiator. Mampukah dia membebaskan diri dan menghentikan sang Dark Lord? Ketahui lanjutan ceritanya dengan membeli Adventure of Mana pada link ini (Google Play Store).

13. Minecraft Pocket Edition

Minecraft

Rasanya tidak ada yang dapat menyangkal jika Minecraft merupakan salah satu game petualangan offline terbaik di Android saat ini. Di dalam game ini Anda membangun rumah, menggali tambang, menghancurkan bangunan, dan berbagai macam aktivitas lainnya sesuka hati.

Game ini tidak memiliki cerita sehingga sangat cocok bagi Anda yang menyukai game bertipe open world. Dengan begitu, Anda dapat membuat cerita sendiri di dalam game yang mengusung grafis lawas ini. Silahkan download permainan ini melalui Play Store di sini.

14. Botanicula

Botanicula

Sebenarnya, Botanicula ini merupakan cerita lanjutan dari Machinarium, tentu saja Botanicula tak kalah serunya dengan game petualang lainnya. Di game ini, pemain punya misi untuk menyelamatkan benih pohon terakhir yang ada di dunia Botanicula. Namun, misi penyelamatan benih pohon tidak semudah yang dibayangkan karena banyak evils yang akan mengganggu pemain.

Selain cerita petualangannya seru, Anda juga bisa menikmati tampilan grafis yang cukup baik. Bahkan, Anda bisa berpetualang di lebih 150 lokasi yang sudah tersebar di dunia Botanicula. Oh iya, Anda juga tidak boleh melewatkan hidden bonus-nya, ya!

15. The Frostrune

The Frostrune

Satu lagi game yang seru dengan jenis adventures, The Frostrune. Ini merupakan sebuah game dengan alur cerita yang menarik dan unik. Selain menonjolkan dari segi ceritanya, The Frostrune juga punya berbagai macam tantangan untuk para pemain yang pastinya bikin Anda geregetan. Pasalnya, The Frostrune ini memang dikenal dengan tantangan puzzle yang cukup menantang. Penasaran ingin main?

Nah itulah daftar game petualangan Android terbaik saat ini yang wajib untuk Anda coba. Semua game tersebut dapat dimainkan secara offline tanpa koneksi internet. Jika Anda penyuka game petualangan RPG, maka Anda dapat melihat daftar game terbaiknya di artikel ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram