carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Games / 10 Game Android Buatan Indonesia Terbaik di Tahun 2020

10 Game Android Buatan Indonesia Terbaik di Tahun 2021

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 27 Maret 2020

Siapa bilang jika game buatan anak Indonesia tidak seseru game yang dikembangkan oleh developer internasional? Ada begitu banyak game buatan Indonesia yang sangat mendunia. Misalnya, saja DreadOut, permainan video survival horor asal Indonesia ini sudah dimainkan oleh PewDiePie, seorang gamer terkenal dari Swedia.

Selain DreadOut, masih ada beberapa game asal Indonesia yang sangat seru dan menarik untuk dimainkan. Nah, kali ini Carisinyal sudah merangkum daftar game Android buatan Indonesia yang wajib Anda coba satu persatu. Yuk, simak daftar selengkapnya di sini!

10 Game Android Buatan Indonesia Terbaik

1. Tebak Gambar

game Tebak Gambar

Sejak dulu permainan teka-teki sudah menjadi game favorit. Kita bisa memperoleh hiburan sembari mengasah otak untuk memecahkan teka-teki tersebut. Tebak Gambar adalah game Android buatan Indonesia yang sangat seru dan bisa dimainkan untuk killing time saat sedang bosan.

Kumpulan gambar akan disusun sedemikian rupa dan Anda harus menebak kosakata dari rangkaian gambar-gambar tersebut. Mau tidak mau kita akan berpikir untuk mendapatkan kata yang tepat dari susunan beberapa gambar tersebut. Yang menakjubkan, Tebak Gambar sudah diinstall sebanyak hampir 50 juta kali oleh pengguna Android.

2. Mini Racing Adventures

Game balap mobil di Android mungkin sudah biasa. Bagaimana jika kali ini Anda bermain game balap dengan menggunakan kendaraan sejenis ATV, motor trail, bahkan truk? Nah, Mini Racing Adventures akan memberikan Anda pengalaman untuk balapan dengan kendaraan-kendaraan tersebut.

Di dalam game ini, pemain akan membantu Martin Nitro Minimo alis MnM untuk memegang rekor sebagai pembalap dengan jarak terjauh. Akan tetapi, hal tersebut tidak semudah yang Anda bayangkan karena Martin harus menghadapi saingannya, Omini Speedario, yang terus berusaha mengejar rekor Martin. Mini Racing Adventure menawarkan mode permainan online agar Anda bisa bersaing dengan teman Anda.

3. Kode Keras Cowok dari Cewek

Kode Keras Cowok dari Cewek

Bisa dibilang game ini memiliki konsep bermain seperti visual novel, hanya saja ceritanya sangat lokal. Alur yang dibawakan dari game Kode Keras Cowok dari Cewek ini bikin pemain tertawa namun juga tidak asing karena semua kejadiannya mirip dengan kondisi kisah-kasihnya para remaja di Indonesia.

Di sini, pemain akan diposisikan sebagai seorang cowok yang harus mengambil hati wanita. Sayangnya, wanita yang diincar senang sekali mengungkapkan rasanya dengan kode-kode terselubung. Nah, tugas Anda sebagai cowok harus bisa menangkap sinyal-sinyal yang dimaksudkan oleh sang gadis. Apakah Anda bisa membuat hatinya luluh? Yuk, mainkan di sini.

4. Kode Keras Cewek

Kode Keras Cewek

Sebenarnya game Kode Keras Cewek ini tidak jauh berbeda dengan game sebelumnya, yakni mencerna kode-kode dan sinyal dari cewek. Hanya saja game yang satu ini tidak seperti visual novel. Di game Kode Keras Cewek, pemain akan berperan sebagai cowok yang chatting dengan cewek. Sayangnya, cewek yang didekati senang sekali membuat kode-kode yang bahkan membuat cowok bingung.

Nah, kalau Anda merasa jago dan paling mengerti kemauan cewek, bisa langsung main game ini dengan mengunduhnya di link ini. Yang asyiknya, Kode Keras Cewek menyediakan berbagai macam baju yang bisa digonta-ganti kapanpun.

5. Tahu Bulat

Tahu Bulat

Di tahun 2016, pedagang tahu bulat yang terbilang unik memang menjadi sangat terkenal. Tak heran jika developer game Android, Own Games, membuat game dengan judul Tahu Bulat. Game ini dibuat semirip mungkin dengan pedagang tahu bulat pada umumnya.

Anda akan menjadi pedagang tahu bulat yang berjualan di atas mobil pick-up. Dari berjualan tahu bulat ini Anda bisa mengembangkan bisnis ini untuk mengumpulkan lebih banyak uang.

Anda bisa meng-upgrade alat-alat memasak, modifikasi resep tahu bulat agar semakin lezat, dan membuat mobil dan aksesoris terlihat lebih menarik agar menarik perhatian pembeli. Game Tahu Bulat ini sudah diinstall sebanyak 10 juta kali dan bisa Anda mainkan secara gratis di smartphone atau tablet Android.

6. Bus Simulator Indonesia

Bus Simulator Indonesia

Kalau kamu suka main game simulasi, mungkin bisa coba mainkan game Bus Simulator Indonesia. Sesuai dengan namanya, game ini akan menjadikan pemain sebagai supir bsus. Tapi yang uniknya, Anda akan mengendarai bus-bus yang ada di Indonesia. Bahkan, setiap bus yang dikendarai punya klakson yang sempat viral, yakni "Om Telolet Om!"

Selain pilihan busnya yang beragam, Bus Simulator Indonesia juga memberikan tantangan berupa rute-rute yang harus dilalui para pengendara. Nah, rute yang akan ditemui pasti sangat terasa familiar, karena rutenya disesuaikan dengan rute bus yang ada di Indonesia juga lho. Penasaran ingin main? Langsung unduh di sini.

7. Diponegoro – Tower Defense

Diponegoro - Tower Defense

Sebagai rakyat Indonesia, tentu saja kita sangat tidak asing dengan Pangeran Diponegoro. Pahlawan nasional yang sosoknya terpampang di uang kertas pecahan lima ribu rupiah ini adalah figur pahlawan yang sangat berpengaruh dalam menentang penjajahan kolonial Belanda. Nah, Diponegoro – Tower Defense adalah sebuah game di mana Pangeran Diponegoro akan melawan musuh, yakni bangsa penjajah.

Tugas Anda adalah meningkatkan skill dan menyelesaikan misi karakter Pangeran Diponegoro ini. Ada sekitar 26 level yang terdapat di dalam game Android buatan Indonesia ini. Siapkah Anda untuk memulai perjuangan membantu pahlawan kita dalam Diponegoro – Tower Defense ini?

8. Juragan Ojek

Juragan Ojek

Ojek menjadi salah satu transportasi yang dibutuhkan di Indonesia, dan dari ojek juga dijadikan inspirasi untuk dibuat game, namanya Juragan Ojek. Dalam game ini, Anda bukan dijadikan sebagai tukang ojeknya, melainkan bosnya tukang ojek.

Jadi, di sini Anda bertanggung jawab untuk mengatur manajemen yang ada dalam perusahaan ojek. Selain itu, Anda juga harus memastikan para pengendara ojek selalu tetap dalam pengawasan dan membuat pelanggan puas. Nantinya, Anda juga bisa membuka cabang di berbagai kota di Indonesia.

9. Kerang Ajaib

Kerang Ajaib

Tahu kerang ajaib yang ada di kartun Spongebob? Nah, dari situlah game ini dibuat. Mainnya sangat simpel dan bisa dibilang justru sangat konyol. Anda hanya perlu menanyakan pertanyaan apapun ke kerang ajaib. Nantinya, Kerang Ajaib akan menjawab pertanyaan Anda, dengan cara tarik dan lepaskan tuasnya. Jangan kaget dengan jawabannya, ya!

10. Nasi Goreng Spesial

Nasi Goreng Spesial

Game memasak nasi goreng pun menjadi salah satu konsep game yang dibuat oleh developer Indonesia. Game ini cukup menarik, di mana Anda akan diajak untuk berbisnis nasi goreng. Anda harus cepat melayani pelanggan. Semakin banyak pelanggan yang didapat maka semakin banyak uang yang akan didapatkan.

Dengan uang yang sudah didapatkan, Anda bisa memperbarui peralatan untuk menunjang bisnis nasi goreng yang lebih baik lagi. Nah, kalau Anda tertarik untuk memainkannya maka bisa langsung download gamenya di sini.

Selain 10 game di atas, kami juga masih punya beberapa rekomendasi game seru lainnya. Tapi sayangnya, game yang kami rekomendasikan ini sudah tidak tersedia di PlayStore.

Selain kesepuluh aplikasi yang sudah disebutkan di atas, kami masih punya beberapa rekomendasi game lainnya yang seru untuk dimainkan. Tapi sayangnya, game yang kami rekomendasikan ini sudah tidak tersedia lagi di PlayStore.

11. Cerdas Cermat

Cerdas Cermat SiswaMedia

Carisinyal sudah pernah membahas mengenai permainan cerdas cermat terbaik di Android. Nah, game Cerdas Cermat yang dikembangkan oleh SiswaMedia ini juga merupakan permainan mengasah otak yang sangat wajib dicoba. Game ini sangat cocok dimainkan oleh anak-anak usia 12 tahun ke atas dan orang dewasa.

Ada 3 jenis permainan di dalam Cerdas Cermat ini, yakni Cerdas Cepat untuk menguji kecepatan berpikir dan mengambil keputusan, Cerdas Tepat yang adalah permainan dengan 10 level kesulitan, dan Fun Games jika Anda ingin permainan asah otak yang lebih santai.

12. Sempak Jones

Sempak Jones

Sudah tidak asing dengan kata "jones"? Nyatanya kata yang sedang hits saat ini bisa menginspirasi developer game untuk membuat game bernama Sempak Jones. Permainan ini termasuk dalam game ringan yang cukup menghibur. Tugas para pemain hanyalah melemparkan Sempak.

Anda harus melemparkan sempak-sempak para jones ke arah pasangan yang sedang bermesraan. Tak hanya ke arah pasangan, Anda juga ditugaskan untuk melamparkan sempak ke arah pedobear yang berusaha mengincar anak-anak kecil.

13. Warung Chain: Go Food Express

Warung Chain: Go Food Express

Tahukah Anda bahwa game Android buatan Indonesia terbilang sangat unik? Contohnya adalah Warung Chain: Go Food Express. Di dalam game ini kita akan menjadi si penjual warung yang melayani permintaan para pelanggan. Setiap pelanggan akan memesan makanan yang berbeda-beda, Anda harus cermat saat menyiapkan makanan agar tidak salah mengambil lauk.

Uniknya, di Warung Chain: Go Food Express ini makanan yang ditawarkan adalah makanan khas Indonesia. Anda bisa menemukan martabak, bakso, ayam goreng, sampai dengan nasi bali! Warung Chain: Go Food Express akan memberikan pengalaman untuk menjadi foodpreneur yang baik.

14. Kuis Tebakan Garing

Kuis Tebakan Garing

Kuis Tebakan Garing adalah game yang mengharuskan Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan konyol dengan jawaban yang tak kalah konyol. Ya, di dalam game ini semua pertanyaan memang terlihat “garing” dan terlihat nyeleneh.

Jadi, jangan pernah menjawab pertanyaan di game ini secara serius karena semua jawabannya tentu sangat akan sangat konyol. Apabila Anda memiliki ide mengenai pertanyaan garingnya, Anda bisa langsung mengirimkannya di menu “Kirim Tebakan” yang ada dalam Kuis Tebakan Garing ini.

15. Teka Teki Silang Klasik Indonesia

Teka Teki Silang Klasik Indonesia

Sesuai dengan nama gamenya, Teka Teki Silang Klasik Indonesia mengajak pemain untuk menebak kata yang tepat untuk mengisi kolom-kolom di teka-teki silang. Namun, jika Anda tidak tahu jawabannya, maka tersedia fitur bantuan untuk memudahkan pemain dalam menebak jawaban yang benar. Yang paling penting, game ini super ringan hanya 2.5 MB saja.

Semua game Android buatan Indonesia ini bisa cukup menghibur Anda dan mengatasi rasa bosan. Yuk, segera tentukan judul game yang ingin Anda mainkan dan dapatkan semua game ini secara gratis melalui Google Play Store di perangkat Android Anda.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram