Carisinyal / Game Android Terbaik / 10 Game Ringan di Bawah 10 MB Terbaik untuk Android

10 Game Ringan di Bawah 10 MB Terbaik untuk Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Oktober 2018

Evolusi game Android tidak pernah berhenti. Saat ini berbagai game baru bermunculan dengan kualitas grafik yang ciamik. Kita benar-benar akan dimanjakan dengan detail grafisnya tersebut, terutama apabila smartphone dan tablet Android kita sudah mendukung resolusi full HD atau bahkan 2K.

Sayangnya, semakin bagus grafisnya maka akan semakin besar pula ukuran game tersebut. Jika Anda memiliki perangkat dengan memori besar tentu hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun bagaimana jika perangkat kita hanya memiliki memori pas-pasan?

Hal tersebut tentu sangat mengecewakan. Namun Anda tidak usah khawatir karena kali ini Carisinyal akan mengulas kumpulan game ringan Android yang memiliki ukuran di bawah 10 MB. Meskipun ukurannya kecil, namun game ini tidak kalah seru dengan game yang berukuran besar. Apa sajakah itu?

10 Game Ringan Android Terbaik di Bawah 10 MB

1. Mouse

Mouse

Mouse merupakan salah satu permainan yang dikembangkan oleh developer Magma Mobile. Game dengan ukuran ringan ini menawarkan konsep permainan seperti game Unblock Me. Perbedaannya, di sini pemain harus membuat tikus lolos dari labirin balok-balok putih.

Anda harus membuat jalan keluar untuk tikus agar bisa keluar dari labirin yang rumit. Anda hanya perlu menggeser-geser balok putih ke kanan, kiri, atas, atau bawah. Jika Anda bisa membuka jalan dengan cepat, maka Anda bisa mendapatkan koin lebih banyak. Bisa kah Anda membuat tikus keluar dari labirin rumit? Jika Anda bisa melakukannya langsung mainkan game berukuran 4.4 MB ini di sini.

2. Big Truck

Big Truck

Meskipun game satu ini memiliki grafis yang tidak terlalu baik, namun Big Truck ini merupakan salah satu game ringan Android terbaik lho. Dalam game Big Truck ini, Anda akan mengontrol sebuah truk besar. Anda harus menjalankan truk tersebut di jalur yang penuh rintangan.

Mungkin Big Truck bisa menjadi game yang sangat adiktif untuk Anda. Pasalnya, rintangan yang ada pada game Big Truck ini cukup membuat pemain geregetan. Di samping permainannya yang simple, game Big Truck ini juga memiliki kapasitas yang tidak berat. Anda hanya perlu menyediakan 8,2 MB saja untuk memainkannya. Sangat ringan bukan? Download gamenya di sini.

3. Zombie Smasher

Zombie Smasher

Jika Anda ingin bermain game yang ringan di bawah 10 MB, maka pilihan yang tepat untuk mendownload Zombie Smasher. INi adalah game yang sangat ringan hanya 4.6 MB saja, namun Anda dijamin ketagihan saat memainkan Zombie Smasher.

Tidak sulit, karena semua pengguna yang berumur di atas 12 tahun boleh memainkannya. Cara bermainnya, Anda hanya perlu membunuh zombie-zombie yang ada dengan cara tap pada gambar zombie-nya. Tapi, setiap level punya tingkat kesulitan berbeda dengan zombie yang lebih menantang.

4. Mekorama

game ringan android Mekorama

Kalau Anda kurang tertarik dengan game membunuh zombie, Anda bisa coba Mekorama. Game yang satu ini ditujukan untuk pemain yang hobi membangun diorama. Di Mekorama, Anda akan disuguhkan beberapa items untuk membangun diorama. Nantinya, game ini akan menampilkan contoh diorama yang harus Anda buat. Nah, untuk main Mekorama ini gratis dan hanya memakan ruang 5.2 MB saja.

5. Trainyard Express

trainyard express

Trainyard Express merupakan game puzzle sederhana yang sangat unik. Di dalam game ini Anda harus menjalankan kereta menuju stasiun yang benar. Sebagai contoh, kereta merah harus pergi ke stasiun berwarna merah, kerete biru ke stasiun biru, dan seterusnya.

Dalam permainan ini tidak ada batas waktu ataupun skor yang akan Anda dapatkan. Satu-satunya tugas Anda adalah menempatkan kereta tersebut ke stasiun yang benar. Meskipun terdengar mudah, namun ternyata dibutuhkan taktik serta analisis yang tepat untuk dapat mencapainya.

Pada level awal Anda mungkin akan dengan mudah menyelesaikannya, namun ketika sudah mencapai level yang lebih tinggi, Anda pasti akan mulai kesulitan. Terdapat lebih dari 60 level yang harus Anda selesaikan di mana setiap level memiliki lebih dari 100 cara untuk menyelesaikannya.

Karena membutuhkan area yang luas, game ini akan lebih seru jika dimainkan di perangkat tablet. Game ini juga sangat hemat baterai sehingga dapat dimainkan hingga berjam-jam. Silahkan unduh game besutan Noodlecake Studios Inc ini di sini.

6. 2048

2048

Game ringan Android kali ini merupakan salah satu game mengasah otak. Game 2048 ini terlihat cukup sederhana namun Anda bisa dibuat pusing. Pasalnya, game ini mengharuskan pemainnya untuk menggabungkan kotak-kotak yang berisi angka. Anda harus menggabungkannya dan mencocokan jumlah 2048.

Dari segi grafis yang ditawarkan oleh 2048 cukup sederhana. Anda tidak bisa mengharapkan grafis 3D. Meskipun tidak memiliki grafis yang wah, namun game ini cukup adiktif untuk mengisi waktu senggang. Juga, game ini tidak berat. Pasalnya, 2048 dapat Anda download dengan ukuran 8.8 MB saja lho. Unduh gamenya di sini.

7. Jewels Star

Jewels Star

Mungkin beberapa dari Anda sudah tidak asing dengan game Jewels Star. Permainan yang dibesut dan dikembangkan oleh developer ITREEGAME ini memiliki ukuran yang tak lebih dari 10 MB saja lho. Cukup adiktif, di sini pemainnya diminta untuk  mencocokan permata yang ada pada Jewels Star.

Pemain harus mencocokan minimal 3 permata. Jangan terlalu lama untuk mencocokannya karena Jewels Star memberikan waktu yang tidak banyak. Jika Anda menemukan lebih dari 3 permata yang sama, maka Anda akan mendapatkan poin yang lebih besar. Mau main? Download gamenya di sini dengan ukuran 9.9 MB saja lho.

8. Dr. Driving

Dr Driving

Dr. Driving bukanlah sebuah game balapan mobil seperti Drag Racing. Dr. Driving ini lebih condong sebagai game simulasi untuk menyetir mobil. Di sini, pemainnya akan diminta untuk berkendara dengan baik. Tidak hanya itu saja, ada beberapa misi yang harus dituntaskan.

Misalnya, Anda akan diminta untuk mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi. Terkadang Anda juga akan diminta berkendara dengan harus menghemat bensin. Anda juga tidak perlu khawtair kesulitan memainkan Dr. Driving ini, pasalnya semua kontrol yang ada pada Dr. Driving sangatlah mudah dan tidak membuat pusing. Mau coba? Anda bisa melonggarkan kapasitas 9.9 MB untuk download gamenya di sini.

9. Pixel Dungeon

game ringan android pixel dungeon

Pixel Dungeon merupakan game tradisional bergenre roguelike. Roguelike sendiri merupakan salah satu sub-genre dari RPG yang memiliki ciri khas berupa random level generation, tampilan grafis berbasis tile, serta kematian yang permanen.

Di dalam game ini Anda harus menjelajahi setiap sudut Pixel Dungeon yang sangat menyeramkan. Di sana Anda harus mengumpulkan berbagai item, melawan para musuh yang menghalangi, serta menemukan Amulet of Yendor yang merupakan misi utama dari game ini.

Secara keseluruhan terdapat 26 dungeon yang dapat Anda jelajahi. Banyak orang yang mengatakan jika game ini sangatlah sulit dan lebih mengandalkan keberuntungan untuk memenangkannya. Tidak hanya itu saja, tingkat kematian karakter di game ini juga sangat tinggi sehingga Anda akan sangat sering mengulangi game ini dari awal.

Pixel Dungeon sendiri merupakan game yang dibuat oleh Watabou. Tampilan grafisnya yang sederhana membuat game ini sangat ringan dan hanya memiliki ukuran sebesar 4.2 MB. Silahkan download game ini secara gratis di sini.

10. Voxel invaders

voxel invaders

Masih ingat dengan game arcade atau dingdong yang cukup populer di era 80 hingga 90an? Nah, kini Anda dapat kembali bernostalgia dengan game tersebut di perangkat Android melalui sebuah game yang bernama Voxel Invaders.

Di dalam game ini kita akan mengendalikan sebuah pesawat tempur luar angkasa untuk menghancurkan berbagai serangan dari pesawat musuh. Para musuh tersebut biasanya akan datang berkelompok dengan berbagai variasi serangan yang harus kita waspadai.

Kontrol game ini juga sangat mudah di mana Anda hanya tinggal menggerakan pesawat dengan satu jari saja. Pesawat yang Anda kendalikan tersebut akan menembaki musuh secara otomatis sehingga Anda tidak perlu repot untuk menekan tombol senjata.

Selain menyerang musuh, Anda juga dapat mengumpulkan berbagai senjata atau nyawa agar Anda dapat bertahan lebih lama di game ini. Secara keseluruhan terdapat 24 level yang harus Anda selesaikan atau lebih dari 140 stage. Di setiap levelnya Anda harus mengalahkan big boss agar dapat naik ke level selanjutnya.

Terdapat 9 macam senjata yang bisa Anda gunakan untuk melawan musuh. Jika gameplay-nya dirasa terlalu mudah atau terlalu sulit, maka Anda dapat mengganti tinggat kesulitanya menjadi easy, medium, ataupun hard.

Tidak ketinggalan pula game ini menyuguhkan efek suara dan soundtrack klasik yang akan mengingatkan Anda kepada mesin game arcade. Voxel Invaders ini hanya memiliki ukuran sekitar 4 MB dan dapat Anda download di sini.

Rekomendasi Game Lainnya

Selain 10 game ringan Android terbaik yang sudah dibahas pada paragraf sebelumnya, Kami juga memiliki game Android yang sangat ringan lainnya. Tentu saja game rekomendasi berikut ini memiliki ukuran yang tidak lebih dari 10 MB dan tentunya seru untuk dimainkan. Berikut rekomendasi gamenya.

11. Hoplite

hoplite

Game ringan Android yang selanjutnya adalah Hoplite. Game bergenre turn-based strategy sangat menarik karena menuntut Anda untuk mengatur strategi sebaik mungkin untuk mengalahkan musuh pada wilayah yang cukup sempit.

Game ini sangatlah menantang karena Anda benar-benar harus mempersiapkan strategi yang matang sebelum membuat langkah. Selain melawan musuh, Anda juga harus menghindari berbagai rintangan yang akan mengganggu pergerakan Anda.

Hoplite menyuguhkan banyak level yang akan membuat Anda betah dan ketagihan untuk terus memainkannya. Anda juga dapat membandingkan skor yang Anda dapatkan dengan pemain lainnya di seluruh dunia melalui fitur leaderboard Google Play.

Game buatan Magma Fortress ini mendapatkan rating yang sangat tinggi dari para gamer Android. Tampilannya sangat sederhana sehingga ukuran dari game ini juga cukup kecil dengan 5.6 MB. Silakan download secara gratis melalui Play Store di sini.

12. Basketball Shoot

Basketball Shoot

Game olahraga yang satu ini juga punya kapasitas yang ringan, hanya 8.5 MB saja lho. Nah, ini cocok untuk Anda yang gemar main basket tapi secara digital. Di Basketball Shoot tidak kalah serunya dengan game bola basket lainnya, karena Basketball Shoot juga punya fitur yang cukup menarik.

Untuk cara mainnya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengarahkan bola basket ke ring, lalu lemparkan bolanya. Oh iya, lokasi main basketnya tidak monoton dan akan berganti-ganti tempat. Penasaran, kan? Yuk, langsung download saja gamenya di sini.

13. 1LINE

1LINE

Berbeda dari game sebelumnya, kalau 1LINE ini akan meminta pemainnya untuk menggambar garis tanpa putus. Jadi, nanti 1LINE akan menunjukkan sebuah gambar dengan titik-titik tertentu, nah Anda harus menarik garis dari satu titik ke titik lainnya. Nanti, setiap garis yang Anda gambar akan membentuk pola menjadi gambar yang sempurna. Ingat, hanya 1 tarikan garis saja, ya.

14. Sudoku

Sudoku

Mungkin Anda sudah tak asing dengan game yang satu ini. Ya, ini juga masuk ke dalam salah satu game yang sangat ringan hanya 4.3 MB saja. Meskipun sangat ringan, Anda tidak bisa meremehkan keseruan main Sudoku.

Pasalnya, game ini cukup populer terbukti dengan mengantongi 4.6 rated di PlayStore, tentu saja bukan rating yang rendah untuk sebuah game. Wajar saja, karena memang Sudoku ini punya berbagai macam fitur yang justru membuat game semakin seru untuk dimainkan. Ingin coba? Bisa download secara gratis di sini.

15. Gears logic puzzles

Gears logic puzzles

Di akhir, kami merekomendasikan game Gears logic puzzles. Anda tidak perlu khawatir dengan kapasitas yang besar, karena game ini hanya butuh ruang 9.8 MB saja. Dengan kapasitas yang ringan, tentu saja akan lebih menarik peminat pemain.

Selain ringan, game ini cukup seru bagi Anda yang suka dengan game mengasah otak. Jadi, di Gears logic puzzles Anda hanya perlu menghubungkan satu gear ke gear lainnya agar bisa berputar dengan baik. Terdengar simpel, kan? Namun, jangan remehkan game ini, karena ini juga salah satu game yang cukup menantang lho.

Nah itulah kumpulan game ringan Android terbaik yang dapat Anda coba mainkan. Dengan ukuran di bawah 10 MB, berbagai game tersebut dapat berjalan dengan lancar di perangkat Android baru ataupun lawas. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Satu pemikiran pada “10 Game Ringan di Bawah 10 MB Terbaik untuk Android”

Tinggalkan komentar