carisinyal web banner retina

15 Game Ringan Terbaik untuk Android di Bawah 10 MB

Ditulis oleh Jihan Fauziah
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Evolusi game Android tidak pernah berhenti. Saat ini berbagai game baru bermunculan dengan kualitas grafik yang ciamik. Kita benar-benar akan dimanjakan dengan detail grafisnya tersebut, terutama apabila smartphone dan tablet Android kita sudah mendukung resolusi full HD atau bahkan 2K.

Sayangnya, semakin bagus grafisnya maka akan semakin besar pula ukuran game tersebut. Jika Anda memiliki perangkat dengan memori besar tentu hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun bagaimana jika perangkat kita hanya memiliki memori pas-pasan?

Hal tersebut tentu sangat mengecewakan. Namun Anda tidak usah khawatir karena kali ini Carisinyal akan mengulas kumpulan game ringan Android yang memiliki ukuran di bawah 10 MB. Meskipun ukurannya kecil, namun game ini tidak kalah seru dengan game yang berukuran besar. Apa sajakah itu?

1. Zombie Smasher

Zombie Smasher_

Zombie Smasher adalah sebuah game clicker yang sangat seru untuk dimainkan. Tugas Anda membunuh para zombie berukuran mini yang berdatangan ke arah Anda. Jangan sampai Anda digigit oleh mereka, ya. Pancing mereka dengan item seperti daging, agar semakin banyak zombie yang bisa Anda habisi.

Permainan ini sangat simpel. Smash! Cukup tekan-tekan layar ponsel untuk membunuh para zombie tersebut. Anda akan dihadapkan pada tiga gelombang berbeda, dan di gelombang terakhir akan ada lebih banyak zombie yang berdatangan. Tenang, Anda dapat menggunakan bom untuk memusnahkan mereka dengan lebih cepat. 

Sekadar info, game ini bisa Anda unduh secara gratis. Ukurannya hanya sekitar 4 MB saja, jadi sudah pasti bisa dimainkan di HP low-entry sekalipun. Sudah siap mengalahkan para zombie?

2. Tank Hero

tank hero_

Game satu ini akan membawa Anda pada pertempuran tank yang seru. Mulanya, Anda akan melawan satu tank baja saja, tapi lama-kelamaan, tank musuh akan semakin bertambah dan Anda harus menghabisi semuanya.

Semakin tinggi levelnya, semakin sulit musuh yang akan Anda hadapi. Namun, nilai plusnya, Anda akan bisa memilih map yang berbeda.

Game-nya sangat mudah dimainkan, cukup gunakan D-Pad yang tampil di layar untuk menentukan arah tank, dan pakai ikon bergambar peluru untuk menembak. Ukuran dari gameTank Hero ini sekitar 9 MB saja. Tertarik?

3. Mekorama

game ringan android Mekorama

Kalau Anda kurang tertarik dengan game membunuh zombie, Anda bisa coba Mekorama. Game yang satu ini ditujukan untuk pemain yang hobi membangun diorama. Tentu, skill dan kreativitas Anda akan terasah.

Di Mekorama, Anda akan disuguhkan beberapa items untuk membangun diorama. Nantinya, game ini akan menampilkan contoh diorama yang harus Anda buat. Nah, untuk main Mekorama ini gratis dan hanya memakan ruang 5.2 MB saja.

Walau ukurannya kecil, tampilan grafis dari Mekorama ini terbilang oke. Diorama-dioramanya hadir dalam bentuk 3D. Permainan simpel ini cocok untuk dijajal saat Anda sedang santai.

4. One More Brick

one more brick_

One More Brick adalah salah satu game ringan di Android yang banyak dimainkan pengguna. Tidak heran, karena permainan ini sangat simpel, tapi bisa jadi pembunuh waktu yang membuat Anda lekat dengan layar HP.

Dalam One More Brick, Anda harus melemparkan bola ke arah batu bata agar batu batanya pecah. Jika bermain dalam mode ‘biasa’, lempar bola ke arah angka yang sesuai dengan nomor yang tampil di layar. Anda harus menghilangkan semua batu bata yang ada. Jika tidak, Anda bisa gagal dalam permainan.

Jika ingin mencoba hal baru, silakan main dengan mode challenge. Di mode ini, Anda cuma punya nyawa sedikit. Jumlah bolanya dibatasi, namun Anda harus memecahkan semua batu bata dengan bola tersebut. Nah, biar tidak pusing, Anda bisa pakai power up yang akan menggandakan jumlah bola. Jadi, jika jumlah bolanya banyak, batu bata yang pecah juga jumlahnya tidak sedikit.

5. Brainilis

brainilis_

Ingin mencoba mengasah otak dengan game di bawah 10 MB? Ada Brainilis! Permainan asah otak ini ukurannya hanya sekitar 4.9 MB. 

Di dalamnya terdapat berbagai jenis permainan untuk brain training. Di antaranya seperti mengingat gambar yang mirip, menentukan warna yang paling dominan di antara tumpukan balok, memilih jawaban yang benar atau salah dari sebuah soal matematika, dan masih banyak lagi.

Uniknya, Anda dapat memilih sendiri tingkat kesulitan dan kategori game. Untuk tingkat kesulitan ada easy, medium dan hard. Untuk kategori ada brain speed, zen mode, matematika, dan lain sebagainya. 

Bagi kami, game-nya tak terasa membosankan dan bisa diadu dengan game asah otak lain. Brainilis bisa Anda unduh secara gratis di Google Play Store. Game-nya berisi iklan, ya.

6. Car Racing Highway 2

ca racing highway 2_

Car Racing Highway 2 adalah sebuah game balapan mobil ringan untuk Android. Ukuran game ini tidak lebih dari 7 MB, lho. Dalam permainannya, Anda harus mencapai garis finish, ya. Tapi, jangan sampai mobil yang Anda kemudikan menabrak mobil lain yang ada di hadapan Anda.

Jika itu terjadi, permainan akan berakhir dengan game over. Cukup gunakan kontrol arah yang ada di layar untuk mengontrol mobil. Anda juga bisa memilih versi kontrol berupa akselerometer di bagian pengaturan.

Saat kami coba, game-nya minta cek update-an. Namun, ketika dicek, tetap saja kami hanya bisa memainkan game versi lama walau HP kami sudah lebih dari memadai untuk memainkannya.

Meski begitu, kami cukup puas dan terhibur dengan game ini, karena ternyata setiap permainannya cukup sulit untuk ditaklukkan.

7. Racing Moto

racing moto

Sekilas, game ini mungkin tidak tampak seperti game ringan karena tampilan 3D-nya yang berkelas. Siapa sangka, ukuran game ini hanyalah 8,8 MB saja. Permainan ini hanya cocok dimainkan bagi yang punya reflek bagus, karena Anda akan menghindari banyak kendaraan sambil mengendarai motor yang melaju cepat.

Mobil-mobil yang menghalangi juga tidak hanya tinggal diam, akan sesekali berpindah jalur sehingga penting bagi pemain untuk memerhatikan rifting pada setiap mobil yang ditemui. Hadir dengan kontrol yang mudah, pemain hanya perlu memiringkan ponsel untuk membelokkan motor, dan melakukan tap pada layar untuk akselerasi.

Semakin jauh jarak yang ditempuh tanpa tabrakan, semakin banyak poin yang didapatkan. Dan, poin tersebut bisa dihabiskan untuk meng-unlock motor baru yang lebih keren lagi. Unduh Racing Moto di Google Play Store.

8. Modern Sniper

modern sniper

Ingin merasakan sensasi pembunuh bayaran yang gunakan sniper? Umumnya, game sejenis ini punya size yang besar. Tapi pemain tidak perlu khawatir lagi karena tim Carisinyal punya salah satu rekomendasi game sniper yang ukurannya berada di sekitar 10 MB, yakni Modern Sniper.

Kami cukup terkejut dengan dengan fitur-gitur yang ada pada game ringan ini. Pemain disuguhkan lebih dari 50 misi untuk diselesaikan, dengan 6 lokasi berbeda. Kendati begitu, seleksi persenjataannya cukup terbatas dengan hanya menawarkan 7 jenis rifle.

Untuk sebuah game ringan di bawah 10 MB, tampilan grafisnya sudah patut diapresiasi. Mau mencoba? Silakan download Modern Sniper di Google Play Store.

9. 1MB

1mb_

1MB adalah sebuah game ringan dengan visual pixel art. Dalam game, Anda harus bertualang di sebuah platform bersama pasangan Anda. Hindari musuh-musuh yang ada. Jika gagal menghindar, nyawa Anda akan hilang.

Gunakan alat berupa palu untuk menggali platform dan membuat jalan. Kalau Anda ingin memperbaiki galian, pakai pensil saja. Ingat, jangan sampai Anda terjatuh dari platform, ya. Kalau hal itu terjadi, Anda bisa langsung game over.

Walau simpel, permainan ini sangat sulit untuk ditaklukkan. Tim Carisinyal bahkan berkali-kali gagal menyelesaikan levelnya. Untuk sebuah permainan dengan ukuran di bawah 10 MB, bahkan hanya 700 MB, 1MB ini patut diacungi jempol.

10. Legend of Blades

legends of blades_

Legend of Blades adalah sebuah game RPG ringan dengan ukuran di bawah 10 MB. Peran Anda dalam game adalah menjadi seorang petarung yang akan menguasai kota. Habisi seluruh musuh yang Anda temukan di arena. Di level awal, musuh Anda masih berupa hewan. Salah satunya adalah rusa.

Kalau sudah naik level, musuh yang akan Anda hadapi jelas berbeda. Bahkan, Anda akan terlibat boss fight dalam beberapa stage. Menaikkan level karakter di game ini tidak sulit. Apalagi dengan adanya fitur auto battle. Anda hanya perlu menyelesaikan quest, meng-upgrade skill dan armor, serta mencari item tertentu. Sisanya, biarkan karakter Anda bekerja sendiri.

Dalam permainan ini, Anda akan bertemu dengan sesama pemain lain dan bertarung dengan mereka. Game ringan ini membawa grafis dan kontrol simpel. Karena pakai sistem auto battle, Anda bisa main di waktu santai. Legend of Blades dapat diunduh di Google Play Store.

11. Cooking Tycoon

cooking tycoon_

Siapa bilang game memasak harus selalu berat dan berukuran besar? Di Google PlayStore, ada Cooking Tycoon, game ringan besutan Words Mobile yang bisa Anda mainkan. Ukurannya hanya sekitar 8 MB saja, lho.

Gameplay dari Cooking Tycoon ini mirip dengan Cooking Mama dan Dinner Dash yang legendaris. Anda bisa memasak makanan dan menyiapkan minuman, lalu disajikan, dan diantar pada pelanggan.

Keseruan game ini terletak pada bagian masak-memasaknya. Anda harus memotong daging atau tomat, hingga mencabuti selada dengan benar. Jangan sampai indikator meternya melewati warna kuning, atau Anda akan gagal saat memasak.

Yang perlu diperhatikan lagi adalah kepuasan dari pelanggan Anda. Jangan biarkan mereka menunggu lama, ya. Segera layani mereka agar mood meter-nya tidak turun. 

Game ini hadir dengan visual yang sederhana. Namun, hal ini tak mengurangi keseruan selama bermain. Bagi kami, untuk sebuah game ringan di bawah 10 MB, Cooking Tycoon dengan segala fitur yang dibawanya, sudah bisa diacungi jempol.

12. Rat on A Skateboard

rat on a skateboard_

Rat on A Skateboard, sebuah permainan klasik yang akan mengingatkan Anda pada game jadul dingdong. Tak cuma manusia saja yang bisa mengendarai skateboard, seekor tikus pun bisa melakukannya.

Tujuan utama dalam game ini adalah membantu si tikus untuk menjajal platform dengan skateboard-nya, lalu mendapat poin sebanyak mungkin. Anda harus membantunya mendapatkan item seperti bintang, keju, atau bahkan tambahan speed agar laju skateboard-nya makin kencang. 

Ada beberapa level permainan yang tersedia. Salah satunya adalah power stunts. Ini level dengan permainan tanpa jeda, dan map-nya acak. Ada pula level khusus bernama banana harbor yang hanya bisa diakses pengguna premium.

Level gratisan saja sudah bikin tim Carisinyal ketagihan bermain, lho. Apalagi kontrol dalam permainan ini sangat amat simpel: hanya tap layar saja. Untuk menggerakan si tikus dan skateboard-nya, cukup tap area layar satu kali. Kalau mau melakukan backflip, tap layar dua kali.

Selama bermain, akan ada obstacles yang dihadapi. Salah satunya adalah bola basket yang menggelinding. Game ringan ini punya ukuran 5 MB saja. Selain ringan, Rat on A Skateboard juga bisa membantu mengusir rasa bosan.

13. Gun Shot!

gunshot!_

Gun Shot! adalah game ringan yang cukup adiktif. Tugas Anda simpel: tembaki seluruh benda bulat bergerak di depan mata. Benda tersebut bisa berbentuk bumi, bom, keju, bulan, dan lain sebagainya. Pastikan tembakan Anda mengenai semua sisi dan membuat objeknya meledak.

Kalau Anda gagal menembak, atau tembakannya memantul, Anda harus mengulang kembali permainannya dari awal. Misal, Anda sudah sampai stage 40, kalau gagal Anda akan kembali lagi ke stage 1. Tidak cuma objek bulat saja, terkadang ada pula monster seperti naga yang harus Anda tembak.

Setiap naik level, biasanya akan ada senjata baru yang Anda dapatkan. Tim Carisinyal cukup betah memainkan game ini sampai puluhan stage. Oh iya, game-nya gratis, jadi ada iklan yang tampil. Ingin mencoba Gun Shot!? Unduh di Google Play Store.

14. Beach Games

beach games_

Beach Games didapuk dan diluncurkan oleh developer Donut Games; yang juga merilis Rat on A Skateboard. Kedua game ini memang sejenis. Namun, Beach Games menghadirkan banyak mode permainan yang bisa dipilih.

Salah satunya adalah roller skating atau bermain sepatu roda. Tema utama game ini adalah pantai. Jadi, sudah pasti map-nya ada di kawasan pantai juga.

Di sini, Anda harus membantu seorang gadis untuk menaklukkan rintangan dengan sepatu rodanya. Jangan sampai Anda membuatnya terpeleset sampah kulit pisang, terbentur ban mobil, atau bahkan platform itu sendiri. Jika hal ini terjadi, permainan akan langsung berakhir. 

Nah, yang membedakan Beach Games dengan Rat on A Skateboard adalah kehadiran nyawa tambahan yang bisa dipakai. Jadi, Anda tak perlu mengulang permainan dari awal kalau gagal duluan. Sayang, jumlah nyawanya ini dibatasi.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, ada game lain yang bisa Anda jajal di sini. Sebut saja seperti melempar balon, ski air, dan permainan melempar frisbee. Seluruh permainan ini hanya tersedia untuk Anda yang berlangganan premium saja.

15. Traffic Rush

traffic rush_

Ingin mencoba sensasi mengatur lalu lintas? Mainkan game Traffic Rush. Permainan ini mengharuskan Anda untuk mengatur setiap kendaraan yang berjalan di persimpangan. Jangan sampai kendaraan-kendaraan tersebut bertabrakan, ya. 

Swipe layar untuk membuat kendaraan melaju cepat. Hentikan kendaraan lain dan buat mereka menunggu dengan melakukan tap pada kendaraan tersebut. Semakin lama, jumlah kendaraan akan semakin bertambah. Pastikan Anda mengatur lalu lintasnya dengan benar, ya. 

Biasanya, setiap pengemudi akan berubah menjadi tidak sabar. Coba beri mereka jalan terlebih dulu, dan hentikan kendaraan lain yang sedang melaju.

Permainan ini memiliki dua mode berbeda. Ada car rush  dan rail rush. Sayangnya, mode mengatur lalu lintas kereta api (rail rush) merupakan fitur berbayar. Anda harus merogoh kocek Rp32.000 untuk membuka mode ini.

Nah itulah kumpulan game ringan Android terbaik yang dapat Anda coba mainkan. Dengan ukuran di bawah 10 MB, berbagai game tersebut dapat berjalan dengan lancar di perangkat Android baru ataupun lawas. Selamat mencoba!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram