15 Game Ringan Terbaik untuk Android di Bawah 10 MB

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Evolusi game Android tidak pernah berhenti. Saat ini berbagai game baru bermunculan dengan kualitas grafik yang ciamik. Kita benar-benar akan dimanjakan dengan detail grafisnya tersebut, terutama apabila smartphone dan tablet Android kita sudah mendukung resolusi full HD atau bahkan 2K.

Sayangnya, semakin bagus grafisnya maka akan semakin besar pula ukuran game tersebut. Jika Anda memiliki perangkat dengan memori besar tentu hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun bagaimana jika perangkat kita hanya memiliki memori pas-pasan?

Hal tersebut tentu sangat mengecewakan. Namun Anda tidak usah khawatir karena kali ini Carisinyal akan mengulas kumpulan game ringan Android yang memiliki ukuran di bawah 10 MB. Meskipun ukurannya kecil, namun game ini tidak kalah seru dengan game yang berukuran besar. Apa sajakah itu?

1. Zombie Smasher

Zombie Smasher_

Zombie Smasher adalah sebuah game clicker yang sangat seru untuk dimainkan. Tugas Anda membunuh para zombie berukuran mini yang berdatangan ke arah Anda. Jangan sampai Anda digigit oleh mereka, ya. Pancing mereka dengan item seperti daging, agar semakin banyak zombie yang bisa Anda habisi.

Permainan ini sangat simpel. Smash! Cukup tekan-tekan layar ponsel untuk membunuh para zombie tersebut. Anda akan dihadapkan pada tiga gelombang berbeda, dan di gelombang terakhir akan ada lebih banyak zombie yang berdatangan. Tenang, Anda dapat menggunakan bom untuk memusnahkan mereka dengan lebih cepat. 

Sekadar info, game ini bisa Anda unduh secara gratis. Ukurannya hanya sekitar 4 MB saja, jadi sudah pasti bisa dimainkan di HP low-entry sekalipun. Sudah siap mengalahkan para zombie?

2. Tank Hero

tank hero_

Game satu ini akan membawa Anda pada pertempuran tank yang seru. Mulanya, Anda akan melawan satu tank baja saja, tapi lama-kelamaan, tank musuh akan semakin bertambah dan Anda harus menghabisi semuanya.

Semakin tinggi levelnya, semakin sulit musuh yang akan Anda hadapi. Namun, nilai plusnya, Anda akan bisa memilih map yang berbeda. Game-nya sangat mudah dimainkan, cukup gunakan D-Pad yang tampil di layar untuk menentukan arah tank, dan pakai ikon bergambar peluru untuk menembak. Ukuran dari gameTank Hero ini sekitar 9 MB saja. Tertarik?

3. Mekorama

game ringan android Mekorama

Kalau Anda kurang tertarik dengan game membunuh zombie, Anda bisa coba Mekorama. Game yang satu ini ditujukan untuk pemain yang hobi membangun diorama. Di Mekorama, Anda akan disuguhkan beberapa items untuk membangun diorama.

Nantinya, game ini akan menampilkan contoh diorama yang harus Anda buat. Nah, untuk main Mekorama ini gratis dan hanya memakan ruang 5.2 MB saja.

4. One More Brick

one more brick_

One More Brick adalah salah satu game ringan di Android yang banyak dimainkan pengguna. Tidak heran, karena permainan ini sangat simpel, tapi bisa jadi pembunuh waktu yang membuat Anda lekat dengan layar HP.

Dalam One More Brick, Anda harus melemparkan bola ke arah batu bata agar batu batanya pecah. Jika bermain dalam mode ‘biasa’, lempar bola ke arah angka yang sesuai dengan nomor yang tampil di layar. Anda harus menghilangkan semua batu bata yang ada. Jika tidak, Anda bisa gagal dalam permainan.

Jika ingin mencoba hal baru, silakan main dengan mode challenge. Di mode ini, Anda cuma punya nyawa sedikit. Jumlah bolanya dibatasi, namun Anda harus memecahkan semua batu bata dengan bola tersebut. Nah, biar tidak pusing, Anda bisa pakai power up yang akan menggandakan jumlah bola. Jadi, jika jumlah bolanya banyak, batu bata yang pecah juga jumlahnya tidak sedikit.

5. Brainilis

brainilis_

Ingin mencoba mengasah otak dengan game di bawah 10 MB? Ada Brainilis! Permainan asah otak ini ukurannya hanya sekitar 4.9 MB. 

Di dalamnya terdapat berbagai jenis permainan untuk brain training. Di antaranya seperti mengingat gambar yang mirip, menentukan warna yang paling dominan di antara tumpukan balok, memilih jawaban yang benar atau salah dari sebuah soal matematika, dan masih banyak lagi.

Uniknya, Anda dapat memilih sendiri tingkat kesulitan dan kategori game. Untuk tingkat kesulitan ada easy, medium dan hard. Untuk kategori ada brain speed, zen mode, matematika, dan lain sebagainya. 

Bagi kami, game-nya tak terasa membosankan dan bisa diadu dengan game asah otak lain. Brainilis bisa Anda unduh secara gratis di Google PlayStore. Game-nya berisi iklan, ya.

6. Car Racing Highway 2

ca racing highway 2_

Car Racing Highway 2 adalah sebuah game balapan mobil ringan untuk Android. Ukuran game ini tidak lebih dari 7 MB, lho. Dalam permainannya, Anda harus mencapai garis finish, ya. Tapi, jangan sampai mobil yang Anda kemudikan menabrak mobil lain yang ada di hadapan Anda.

Jika itu terjadi, permainan akan berakhir dengan game over. Cukup gunakan kontrol arah yang ada di layar untuk mengontrol mobil. Anda juga bisa memilih versi kontrol berupa akselerometer di bagian pengaturan.
Saat kami coba, game-nya minta cek update-an. Namun, ketika dicek, tetap saja kami hanya bisa memainkan game versi lama walau HP kami sudah lebih dari memadai untuk memainkannya.

Meski begitu, kami cukup puas dan terhibur dengan game ini, karena ternyata setiap permainannya cukup sulit untuk ditaklukkan.

7. Racing Moto

racing moto

Sekilas, game ini mungkin tidak tampak seperti game ringan karena tampilan 3D-nya yang berkelas. Siapa sangka, ukuran game ini hanyalah 8,8 MB saja. Permainan ini hanya cocok dimainkan bagi yang punya reflek bagus, karena Anda akan menghindari banyak kendaraan sambil mengendarai motor yang melaju cepat.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram