carisinyal web banner retina

17 Game Jadul Terbaik yang Bisa Dimainkan di Android

Ditulis oleh Listiorini

Apakah Anda merindukan game jaman dulu dan game 90an? Anda masih bisa memainkan game jadul untuk nostalgia dengan hanya mengandalkan ponsel cerdas berbasis Android. Di PlayStore memang banyak sekali pilihan game, mulai dari game yang modern sampai game jadul dingdong pun ada di sini.

Nah, kali ini Carisinyal membidik tema di mana Anda bisa bernostalgia memainkan permainan jadul dengan hanya mengandalkan smartphone Android saja lho. Berikut daftarnya

1. Brick Game

Brick Game

Ingin nostalgia dengan memainkan game jadul? Kalau begitu, Anda bisa coba Brick Game. Kalau main game ini, pasti pemainnya tidak akan merasa bosan. Pasalnya game ini semakin seru dengan berbagai macam level dan tingkat kesulitan yang bikin geregetan. Bahkan, Brick Game juga menyiapkan 11 tema klasik yang bikin pemain akan berasa nostalgia.

Nah, selain temanya yang beragam Brick Game juga sudah menyiapkan 19 game ringan dalam satu aplikasi saja. Adapun game yang sudah disediakan adalah Brick Puzzle Classic, Tank Classic, Racing Classic, Snake Classic, Supplement Shooting Classic, Shooting Players Classic, Brick Breaker Classic, Frog Across River Classic, dan masih banyak lagi. Penasaran ingin main? Unduh di Google PlayStore.

2. Wildagotchi

Wildagotchi_

Mungkin beberapa dari Anda sangat ingin bernostalgia bermain game Tamagotchi. Seperti yang diketahui, permainan Tamagotchi sangat populer di kalangan anak 90-an. Game yang mengharuskan Anda memelihara dan menjaga peliharaan agar tidak sakit, memberi makan, dan membersihkan kotorannya.

Jika dulu Anda harus membeli alat Tamagotchi, kini Anda tidak perlu repot membelinya. Pasalnya, game seperti Tamagotchi kini hadir dengan sebutan Wildagotchi di PlayStore. Permainan jadul satu ini memiliki animasi yang tidak jauh berbeda dengan game yang ada di Tamagotchi lho. Bahkan Wildagotchi akan memberikan sensasi nostalgia di dalam game-nya. Download Wildagotchi di Google PlayStore

3. PAC-MAN

pacman_

PAC-MAN, sebuah game jadul yang dulu bisa Anda mainkan di game konsol seperti Nintendo. Bukan Nintendo terbaru seperti saat ini, melainkan Nintendo jadul yang memiliki kaset ukuran kotak. Kini, Anda bisa bernostalgia kembali memainkan game PAC-MAN hanya dengan mengandalkan HP pintar Android.

PlayStore menyediakan game PAC-MAN ini yang akan membawa Anda mengingat akan masa kecil. Bandai Namco dikenal sebagai pembuat game PAC-MAN memberikan maze baru di dalam game-nya. Tentu grafis yang disajikan oleh developer pun disamakan dengan game PAC-MAN yang jadul. Tertarik memainkan game ini lagi? Download PAC-MAN di sini.

4. Snake Xenzia Rewind 97 Retro

Snake Xenzia Rewind 97 Retro

Sebelum hadirnya handphone dengan grafis yang sangat detail seperti saat ini, HP monokrom pernah merajai pasar di zamannya. Maksud dari monokrom yakni hanya menampilkan warna hitam putih saja dengan segala keterbatasannya. Namun, ada satu game yang sangat populer kala itu, yakni Snake. Tentu game ini sangat terkenal dan banyak dimainkan oleh anak-anak jaman dulu.

Snake merupakan game di mana Anda harus memakan makanan yang tersedia sampai sang ular bertumbuh semakin panjang. Begitu pula dengan cara main Snake Xenzia Rewind 97 Retro ini. Tampilan ala 97-an pun dihadirkan oleh developer HALA games ini. Anda penasaran dan ingin memainkannya juga?.

5. Snakes & Ladders King

Snakes Ladders & King_

Permainan ular tangga bukan hanya populer di kalangan 90-an. Mungkin anak-anak modern seperti saat ini juga masih beberapa yang mengenal permainan ular tangga. Namun, tak banyak anak jaman sekarang yang mengenalnya dan juga permainan ini cukup sulit dicari saat ini. Tak perlu khawatir, jika Anda memiliki smartphone, Anda bisa download Snakes & Ladders King.

Game zaman dulu satu ini akan menyeret Anda ke dalam kenangan masa kecil dimana Anda bermain bersama teman sejawat. Snakes & Ladders King menampilkan game ular tangga dan bahkan peraturannya tidak jauh berbeda dari game ular tangga yang jadul lho. Tertarik?

6. Yu-Gi-Oh! Duel Links

Yugioh_

Game jadul kali ini hadir dari anime terkenal dan populer di Indonesia pada tahun 90-an. Tentu anak-anak jaman 90-an sangat menggemari anime satu ini, Yu-Gi-Oh! Anime yang menceritakan petarungan dengan menggunakan kartu ini pun diikuti oleh anak-anak pada masa itu. Nah, apakah Anda salah satu anak yang memainkan kartu Yu-Gi-Oh?

Anda kini bisa memainkan kembali game tersebut dengan men-download game Yu-Gi-Oh! Duel Links. Layaknya bermain kartu Yu-Gi-Oh bersama teman, Yu-Gi-Oh! Duel Links juga menyajikan peperangan dengan menggunakan kartu juga, lho. Berminat memainkan Yu-Gi-Oh! Duel Links? Download di Google PlayStore.

7. Golden Axe Classics

Golden Axe Classics

Ingin memainkan game yang sangat klasik buatan SEGA? Kalau begitu, Anda harus coba main game Golden Axe Classics. Ini adalah game arcade dengan alur cerita yang seru dan menegangkan. Selain ceritanya yang bikin penasaran, game ini juga dibekali berbagai macam fitur yang asyik, seperti tersedianya mode offline, save game progress, hingga didukung dengan controller HID.

Bukan hanya itu saja, SEGA juga menampilkan animasi grafis yang begitu kalsik sehingga pemainnya akan merasa nostalagia. Oh iya, soal kapasitas game-nya, Golden Axe Classics ini bisa dibilang cukup berat tapi sangat worth untuk dimainkan. Mau coba untuk main game-nya? Anda bisa unduh di Google PlayStore secara gratis.

8. Space Shooter - galaxy attack

Space Shooter - galaxy attack_

Space Shooter - galaxy attack adalah sebuah game shooter jadul berlatar di ruang angkasa. Anda harus melawan invasi alien dan memusnahkan mereka dengan cara menembaknya hingga musnah.

Tenang, cara menembak musuh di game ini tidaklah sulit. Anda hanya perlu menggerakkan pesawat ke kiri dan kanan dengan menggunakan jari. Nantinya, pesawat akan secara otomatis menembaki musuh-musuh Anda yang berdatangan. Jangan lupa ambil item yang akan menambah power Anda dalam menembak.

Dalam satu game, Anda akan menghadapi 1-8 sesi. Di setiap level, terkadang ada bos yang harus Anda lawan, kadang juga tidak. Bagi kami, game jadul satu ini cukup menghibur dan tetap seru meski tidak begitu sulit untuk ditaklukkan. Visualnya yang klasik dan kontrolnya yang simpel semakin menambah keseruan dalam permainannya. Ingin mencoba?

9. Sonic the Hedgehog Classic

Sonic the Hedgehog Classic _

Kangen dengan game jadul SEGA? Tenang, Anda kini bisa memainkan salah satu game ikoniknya, Sonic the Hedgehog Classic, langsung dari HP Android Anda. Permainannya tak jauh berbeda, Anda akan membantu Sonic untuk menjelajahi beberapa lokasi, mengambil item dan mengalahkan musuh yang ada di sana.

Bedanya, kini Anda menggunakan kontrol berupa joystick yang muncul di layar. Fungsi joystick sebelah kiri untuk berjalan dan menggelinding, fungsi sebelah kanan untuk melompat. Buat kami, game ini cukup tricky, terlebih Sonic meluncur dengan sangat cepat, sehingga tak jarang ada beberapa item yang terlewat. 

Cara untuk mulai memainkannya adalah, cukup unduh dan instal terlebih dulu Sonic the Hedgehog Classic di HP Anda, kemudian masuk ke dalam game dan log in dengan akun Google. Jangan lupa masukkan usia Anda, ya. Setelah itu, Anda akan dibawa ke menu permainan. Tekan Start Game untuk mulai bermain.

Sonic the Hedgehog Classic ini benar-benar membawa kami bernostalgia ke masa kecil, terlebih dengan tampilan grafis dan musiknya. 

10. Prince of Persia: Escape

Prince of Persia Escape_

Prince of Persia: Escape adalah game jadul aksi-platformer yang tidak boleh dilewatkan. Anda akan disuguhkan dengan visual dan gameplay yang sangat klasik dan tentunya membuat nostalgia ke masa lalu.

Di awal permainan, Anda diminta untuk memilih karakter dari tahun 1989 atau 2003. Kami mencoba memilih karakter dari tahun 2003. Di level pertama, akan ada tutorial yang akan membantu Anda untuk memahami setiap kontrol dan gerakan karakter, seperti cara berlari atau melompat.

Meski terlihat mudah, sebenarnya game ini cukup sulit ditaklukkan. Di dalam setiap levelnya juga akan ada tantangan dan jebakan yang berbeda, contohnya seperti duri tajam. Jangan salah, lompatan dan gerakan Anda harus sesuai perhitungannya, karena jika tidak, Anda bisa terjatuh ke bawah dan mati. Kalau itu terjadi, Anda harus mengulang levelnya lagi.

Prince of Persia: Escape membuat kami betah berlama-lama di depan layar. Kekurangan game ini mungkin terletak pada iklan-iklan yang ada. Setiap Anda mati, Anda akan disarankan untuk menonton iklan supaya bisa hidup kembali tanpa mengulang level dari awal. Namun, iklan ini bisa Anda hilangkan dengan fitur remove ads berbayar yang tersedia.

11. Bounce Classic

bounce classic_

Game jadul satu ini cocok untuk dimainkan di waktu senggang. Tugas Anda adalah menyelesaikan level bersama si bola merah. Bawa bola tersebut melompat dan meluncur di platform. Dapatkan ring sebanyak-banyaknya, dan jangan sampai bola merahnya kena paku. Jika terkena, bola akan meletus dan Anda harus mengulang level dari awal.

Permainan klasik ini benar-benar sangat simpel, tapi tetap mampu mengusir kebosanan kami. Bounce Classic memakai kontrol arah yang juga sangat mudah untuk dioperasikan. Visualnya pun sangat amat klasik. Oh iya, yang membuat kami semakin senang adalah, Bounce Classic adalah game dengan ukuran kurang dari 10 MB. Jadi, game ini tak memakan banyak ruang penyimpanan di HP. 

Kekurangannya lagi-lagi hanya terletak pada iklan. Setiap kami gagal menyelesaikan level, aplikasi akan menawari kami untuk menyimak iklan guna mendapat nyawa tambahan. Lagi, hal seperti ini bisa kami maklumi mengingat Bounce Classic adalah game gratis.

12. Bejeweled 

bejeweled_

Bejeweled adalah game puzzle/match three klasik yang amat populer. Game ini bisa dibilang sebagai nenek moyangnya Candy Crush. Anda harus mencocokkan tiga atau lebih permata-permata yang hadir dalam berbagai warna. 

Layaknya game match three, Anda akan mendapatkan booster dan tools lain untuk mempermudah permainan. Tentu, semakin tinggi levelnya, semakin sulit pula permainan yang harus Anda taklukkan. Game Bejeweled ini memiliki beberapa mode permainan, salah satunya mode klasik. Unduh game-nya di Google PlayStore.

13. Solitaire

solitaire_

Game satu ini hadir untuk mengobati kerinduan Anda pada Solitaire klasik yang ada di Windows. Secara tampilan, bahkan game-nya sangat mirip dengan veri OS Microsoft tersebut. Solitaire adalah game klasik yang memungkinkan pemain menikmati permainan kartu dengan berbagai mode yang berbeda.

Solitaire dari Mouse Games menyajikan tantangan harian yang dapat Anda ikuti dan selesaikan. Oh iya, untuk Anda yang masih pemula, tak perlu khawatir, ya. Game ini menyajikan tutorial bermain Solitaire untuk Anda, agar tak kesulitan saat bermain.

14. Streets of Rage

Streets of Rage _

Tak hanya Sonic the Hedgehog Classic, SEGA juga menghadirkan Streets of Rage, game fighting legendaris yang dirilis tahun 90-an. Anda kini dapat memainkannya di ponsel Android dengan gratis.

Game ini mengusung latar di sebuah kota yang dilanda kekacauan. Anda akan memerankan satu dari tiga karakter yang ada, yakni Adam, Blaze dan Axel yang memiliki kemampuan bertarung masing-masing. 

Tugas Anda adalah menghabisi para anak buah Mr. X. Gunakan kontrol berupa joystick dan ada tiga kontrol dengan simbol huruf. Kontrol joystick dapat dimanfaatkan saat Anda ingin bergerak dan berpindah tempat, sedangkan kontrol huruf dipakai untuk menyerang musuh. 

Karena game-nya bisa diunduh secara gratis, akan ada banyak iklan yang tampak. Namun, bila Anda merasa terganggu, Anda dapat membayar sebesar Rp35.000 untuk menghilangkan iklan.

15. Minesweeper

Minesweeper _

Game jadul lain yang bisa Anda coba adalah Minesweeper. Game-nya menyuguhkan tampilan dan visual ala game Minesweeper klasik yang dirilis tahun 80-an. Anda harus menebak di petak mana yang tak berisi ranjau. Ingat, jangan sampai Anda membuka petak yang ada ranjau, atau Anda akan gagal menaklukkan level permainan.

Tenang, kalau Anda masih bingung, game ini menyediakan tutorial lengkap yang dibagi sesuai tingkat kesulitannya. Game Minesweeper ini bisa Anda mainkan secara gratis. Silakan unduh di Google PlayStore untuk mulai bermain.

16. Latto Latto

latto latto_

Salah satu permainan jadul yang kerap dimainkan adalah latto latto. Permainan ini biasa dimainkan di dunia nyata, ya. Namun, siapa sangka sekarang Anda bisa memainkan latto latto di HP Android juga.

Salah satu game yang bisa dicoba adalah Latto Latto dari pengembang asal Indonesia, Play Castle. Game ini memiliki tampilan dan kontrol yang simpel. Cukup gunakan jari Anda untuk menggerakkan latto lattonya. Lebih mudah lagi bila latto latto yang tampil di layar disentuh dengan dua jari.

Di sini, Anda harus mendapatkan skor sebanyak mungkin. Akan ada hadiah koin yang diberikan bila Anda meraih skor dengan kelipatan 50. Koin ini bisa Anda gunakan untuk membeli skin latto latto yang keren dan unik. Misalnya, skin ala gas LPG 3 KG. Jika nggak mau capek, ada koin yang bisa dibeli di store. Harganya mulai dari Rp5.000 untuk 30 koin.

Buat tim Carisinyal, game-nya terbilang seru. Walau tentu saja bikin pegal karena kami harus memakai jari dalam waktu yang lama untuk memainkannya. Meski gerakan latto latto-nya memang masih lumayan kaku, kami tetap enjoy memainkan game ini. Ingin mencoba?

17. Circus

circus_

Circus adalah sebuah game jadul yang seru. Seperti namanya, di sini Anda akan berperan sebagai talent di sirkus. Nah, di stage pertama, Anda akan dihadapkan dengan cincin api yang harus dilewati. Sambil menaiki singa, Anda akan melewati cincin-cincin api yang berbahaya tersebut. Caranya, cukup lompati cincin api dengan menggunakan kontrol arah dan kontrol ‘A’ di sebelah kanan layar. Kontrol ‘A’ dapat digunakan untuk melompat. 

Raih skor dan uang sebanyak-banyaknya. Jangan sampai nyawa Anda habis di tengah jalan, ya. Dalam setiap stage, ada 4 nyawa yang akan diberikan pada Anda. Jika berhasil di stage pertama, Anda akan lanjut ke tahap berikutnya. Tentu, dengan tantangan yang berbeda dari sebelumnya.

Sekilas, game ini memang terlihat mudah. Namun, ketika memainkannya sendiri, tim Carisinyal sempat mengalami game over berkali-kali. Bisakah Anda menaklukkan game jadul ini?

Itulah kumpulan game jadul yang Kami rekomendasikan untuk mengenang masa kecil Anda. Bagaimana, Anda ingin memainkan semua game tersebut? Mana game jadul paling favorit untuk Anda?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram