carisinyal web banner retina

15 Game untuk Belajar Bahasa Inggris yang Wajib Dicoba

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menarik untuk dipelajari. Masyarakat tanah air sendiri kerap memilih bahasa Inggris karena memiliki banyak keuntungan. Selain digunakan sebagai bahasa internasional, kemampuan bahasa Inggris juga kerap menjadi poin penting saat melakukan sesi interview pekerjaan di dalam sebuah perusahaan.

Nah, selain mengikuti kursus bahasa Inggris, kamu juga bisa melatih kemampuan bahasa Inggris kamu dengan beberapa game belajar bahasa Inggris yang akan Carisinyal bahas kali ini. Seperti apa keseruan permainan tersebut? Yuk, kita simak ulasannya dalam artikel di bawah. Berikut adalah daftarnya.

1. Hangman

Hangman

Selain dapat mengasah kemampuan kosakata kamu dalam bahasa Inggris, game satu ini juga membawa ketegangan tersendiri bagi para pemain. Nah, dalam game ini kamu hanya perlu menebak kata dengan mengisikan huruf-huruf tebakanmu pada kotak kosong yang tersedia.

Jika huruf yang kamu sebutkan tersebut merupakan bagian dari kata tersebut, maka secara perlahan kata tersebut akan mulai mengarah pada jawaban. Namun, ketika kamu salah menebak, maka kamu akan menemukan animasi yang akan digantung akibat kesalahan kamu saat menebak huruf. Menyenangkan, bukan?

Jika kamu tertarik memainkan game yang satu ini, maka kamu bisa langsung mengunduhnya dengan menekan link ini.

2. June's Journey

June's Journey

June’s Journey adalah salah satu game yang cocok untuk belajar bahasa Inggris selanjutnya. June's Journey sendiri merupakan salah satu game dengan konsep hidden object, di mana para pemain harus menemukan benda sesuai dengan petunjuk yang terdiri dari beberapa kata.

Nah, selain menuntut kejelian para pemain, game ini juga dapat memudahkan kamu menghafal kosakata baru dengan menampilkan objek benda tersebut. Hal itu tentu sangat membantu, terutama bagi orang-orang yang cenderung susah mengingat sesuatu yang bersifat tekstual. Untuk mencoba gamenya kamu bisa langsung menekan link ini.

3. Bubble Bath

Bubble Bath

Game selanjutnya yang dapat membantu memperkaya kosakata bahasa Inggris kamu adalah Bubble Bath. Dalam permainan ini kamu hanya perlu menekan gelembung-gelembung air berisikan kata dalam bahasa Inggris, kemudian memasangkannya dengan arti kata yang berada di kedua sisi layar.

Bubble Bath sendiri merupakan game yang cukup menyenangkan untuk dimainkan. Selain dapat membantu dan mempermudah kamu mempelajari kosakata baru dalam bahasa Inggris, kamu juga bisa mempelajari berbagai kata dari bahasa lainnya yang ada di dunia. Supaya kamu tidak penasaran dengan gamenya, kamu bisa mengunjungi link ini untuk mengunduh dan memainkan gamenya.

4. The Sims

The Sims

Game yang satu ini memang cukup populer dan banyak disukai oleh seluruh pemain di dunia. The Sims merupakan game dengan konsep role play character, di mana dalam game yang kamu mainkan tersebut, kamu akan banyak melakukan interaksi dengan karakter lain.

Dalam game ini kamu bisa melihat percakapan tiap karakter dalam bentuk tekstual. Hal tersebut tentu bisa membantu kamu dalam pembentukkan kalimat dalam bahasa Inggris dengan menggunakan kosakata baru yang terdapat di game tersebut. Nah, untuk memainkannya kamu bisa mengunjungi link ini.

5. Word Search

Word Search

Game berikutnya yang bisa membantu kamu mengasah kemampuan bahasa Inggris kamu adalah Word Search. Permainan ini menuntut kamu untuk mencari kata tersembunyi dari ratusan huruf yang disusun acak. Dalam game ini kamu hanya perlu menemukan kata dalam bahasa Inggris.

Nah, semakin banyak kata yang kamu temukan dalam game ini, semakin banyak pula kosakata kamu nantinya. Meskipun permainan ini sangat sederhana, namun dijamin bisa menghibur sekaligus membantu kamu dalam mempelajari kosakata dalam bahasa Inggris. Jika penasaran dengan gamenya, maka kamu bisa mulai memainkannya dengan klik link ini.

6. Scrabble

Scrabble

Mempelajari bahasa Inggris memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Nah, jika kamu merasa bosan ketika belajar dengan cara biasa, maka game Scrabble bisa menjadi cara yang menarik untuk menambah kemampuan bahasa Inggris kamu.

Dalam game ini, para pemain dituntut untuk membentuk kosakata dalam bahasa Inggris di dalam sebuah teka-teki silang. Game ini sendiri kerap mengadakan kejuaraan bagi para pemain dalam Scrabble Championship.

Selain dapat mengasah kemampuan berpikir, kamu juga bisa memperkaya kosakata bahasa Inggris kamu. Biar tidak penasaran. Cek langsung gamenya dengan mengunjungi link ini.

7. Wordscapes

Wordscapes_

Tak ketinggalan, ada Wordscapes, game lainnya yang bisa membantu untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris kamu. Game ini sangat cocok untuk dimainkan di waktu santai. Dalam Wordscapes, kamu bisa menyambungkan huruf tertentu dalam bahasa Inggris, sehingga menjadi kata yang padu.


Selain bisa menambah perbendaharaan kata, Wordscapes pun dapat diandalkan untuk mengasah otakmu. Kamu harus menjawab setiap kata dengan tepat dan cepat. Unduh gamenya di sini sekarang juga.

8. Dino Fishing: Synonyms

dino fishing_

Selanjutnya, ada game Dino Fishing: Synonyms. Game satu ini diperuntukkan untuk anak-anak. Namun tentu, orang dewasa pun bisa memainkannya. Dalam gamenya, kamu diharuskan untuk menebak sinonim dari kata-kata tertentu yang ada di kamus bahasa Inggris.

Cukup arahkan dan klik kail pancing di kata yang menurut kamu cocok. Setelah itu, klik berkali-kali sampai bar yang ada di bagian bawah layar penuh dengan warna oranye. Gamenya bisa dimainkan melalui browser di link ini

9. Influent

Influent _

Game satu ini terbilang menarik untuk dimainkan. kamu akan berada di dalam apartemen. Uniknya, seluruh benda di dalam apartemen kamu akan menampilkan informasi mengenai nama benda tersebut. Contohnya, ketika kamu membuka lemari, akan tampak nama-nama dari benda yang ada di sana.

Game ini hadir dalam visual 3D yang cukup memanjakan mata. Setiap kata-kata yang kamu pelajari akan dibagi ke dalam beberapa kategori yang berbeda. Mainkan Influent dengan mengunduhnya di sini

Influent tersedia dalam beberapa platform, termasuk Android, iOs, PC, dan Mac. Ada banyak sekali bahasa yang bisa dipelajari. Kabarnya, bahasa Indonesia pun akan tersedia di Influent.

10. Spellspire

Spellspire_

Spellspire dirilis oleh 10tons Ltd. pada 2016 lalu. Game belajar bahasa Inggris ini mengharuskan kamu untuk menebak kata-kata tertentu, kemudian melawan iblis yang ada di depanmu.

Semakin panjang kata yang kamu tebak, semakin besar juga kekuatan yang bisa kamu gunakan untuk melawan iblis-iblis yang menghalangi jalanmu itu. Spellspire ini adalah sebuah game yang menggabungkan word game dengan RPG aksi. Sangat seru, bukan? Coba permainannya di sini

11. Lingokids

lingokids_

Lingokids adalah game belajar bahasa Inggris untuk anak-anak yang dikurasi oleh Universitas Oxford. Game satu ini menghadirkan pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan bagi si kecil. Mereka bisa belajar lewat beberapa media, termasuk video dan lagu di dalam aplikasi ini.

Anak-anak dapat mempelajari banyak hal yang berkaitan tentang bahasa Inggris, termasuk kemampuan membacanya. Kamu juga dapat mengajak mereka untuk belajar ilmu pengetahuan lainnya di Lingokids. Unduh gamenya di sini sekarang.

12. Wordle Game

wordle game_

Game satu ini terbilang cukup mudah untuk dimainkan. Dalam gamenya kamu akan diminta menebak kata-kata tertentu yang jumlahnya 4-11 huruf. Mulanya, kamu hanya perlu menebak satu kata. 

Setelah itu, jika kata yang kamu tebak benar, akan muncul huruf-huruf yang di-highlight dengan warna hijau di keyboard game. Wordle Game dapat dimainkan secara gratis melalui browser di link ini.

13. Freerice

freerice_

Selanjutnya, ada Freerice. Ini adalah website di mana kamu bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan menambah vocabulary kamu. Di Freerice, kamu akan langsung disuguhi dengan pertanyaan tentang sinonim.

Kamu dapat langsung memilih satu di antara empat jawaban yang tersedia. Game belajar bahasa Inggris yang satu ini bisa kamu langsung mainkan melalui browser di sini. Sekadar info, Freerice bisa jadi permainan yang kurang seru bagi sebagian dari kamu. Namun, jika kamu memang ingin fokus belajar dengan cara yang lebih santai, Freerice bisa dijadikan pilihan.

14. Words of Wonders

words of wonders_

Belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan juga bisa kamu lakukan dengan aplikasi Words of Wonders. Game tebak kata ini akan menuntun kamu untuk mencari kata demi kata dalam bahasa Inggris. Hal ini tentu bisa membantu kamu untuk menambah kosa kata dalam bahasa Internasional ini.

Selain itu, kamu juga dapat menambah pengetahuan tentang kota-kota besar dan tempat indah di dunia, karena ada beberapa di antara tempat tersebut yang harus kamu tebak namanya. Game ini sangat mudah untuk dimainkan, lho. Kamu bisa mengunduh Words of Wonders di sini.

15. Grammar Ninja

grammar ninja_

Nah, game ini pas untuk kamu yang ingin memperbaiki kemampuan tata bahasa atau grammar. Di Grammar Ninja, kamu akan dihadapkan pada kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris yang tampak sudah sempurna.

Namun tentu, di dalam kalimat tersebut ada kata-kata yang tidak tepat. Kamu harus menebaknya, kemudian melempar bintang ninja ke kata tersebut. Permainannya sangat mudah dan menghibur. Anda bisa mengunduh Grammar Ninja di sini.

Demikianlah 15 rekomendasi game untuk belajar bahasa Inggris yang wajib kamu coba di rumah. Kini kamu bisa memanfaat gadget yang kamu miliki untuk memperlajari hal-hal baru yang bermanfaat. Pelajari juga kosakata bahasa Inggris melalui beragam kamus digital ini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram