Carisinyal / Games / 10 Game untuk Lansia yang Seru dan Mudah Dimainkan

10 Game untuk Lansia yang Seru dan Mudah Dimainkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Agustus 2018

Game bukan sekedar bisa dimainkan oleh anak-anak saja, karena lansia pun bisa memainkan sejumlah game yang ada di PlayStore. Beberapa game untuk lansia ini tergolong mudah, tapi sangat seru bagi para orang tua.

Nah, 10 game ini juga bisa menjadi solusi bagus ketika orang tua membutuhkan kegiatan refreshing dan santai. Yuk, cari tahu permainan seru yang asyik dimainkan untuk orang tua. Untuk mengetahui kumpulan game untuk lansia, silakan baca terus artikel ini sampai akhir, ya!

10 Game Terbaik untuk Lansia

1. Marble Legend

game untuk lansia Marble Legend

Marble Legend menjadi game pembuka yang cocok dimainkan untuk para orang tua. Sebab, game ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Gameplay-nya simpel, tapi setiap levelnya punya tantangan yang cukup sulit. Para pemain Marble Legend akan diminta untuk menembakan bola-bola yang harus dicocokan dengan bola warna-warni yang sedang berjalan.

Nah, bola-bola yang sedang berjalan tersebut jangan sampai masuk ke dalam lubang. Karena bolanya selalu berjalan, makanya game ini bisa dibilang game waktu juga. Kalau bolanya sudah masuk ke dalam lubang yang ada di ujung, artinya pemain game over alias tidak bisa menyelesaikan game dengan baik.

Maka itu, cara main yang mudah hanya menembak-nebakan saja dengan animasi grafis warna-warni sederhana, pasti orang tua akan betah main game ini berlama-lama. Coba download game Marble Legend di sini untuk dimainkan oleh lansia.

2. Chess

Chess

Orang tua zaman dulu sangat gemar bermain catur. Nah, kalau memang orang tua Anda suka main catur, coba saja berikan game catur digital, seperti Chess ini. Sebenarnya, game Chess ini tidak jauh berbeda dengan game catur pada umumnya. Bahkan, peraturan dari gamenya pun sama, hanya saja platform-nya yang berbeda.

Di game Chess ini, pemain bisa bertanding catur dengan cara memilih lawan. Misalnya, Anda mau melawan AI dari Chess, atau mengajak teman untuk bermain bermain bersama (two player mode). Juga, Chess ini menyediakan 5 tema yang berbeda sehingga pemain tidak akan merasa bosan dengan tampilan yang itu-itu saja. Yuk, mainkan gamenya di sini.

3. Teka Teki Silang Game

Teka Teki Silang Game

Zaman dulu, bermain TTS atau teka teki silang biasanya hanya melalui majalah, koran, ataupun surat kabar. Tapi sekarang, dengan kecanggihan teknologi, Anda juga bisa memainkan game TTS lewat HP Android. Salah satu game TTS yang bagus dan kami rekomendasikan adalah, Teka Teki Silang Game.

Cara bermain game iniĀ  sangat mudah, Anda hanya perlu mengisi kotak-kotak kosong sesuai dengan jawaban yang benar. Jika Anda tidak bisa menjawab pertanyaannya, maka ada tombol Petunjuk yang akan membantu memberikan hint atas jawaban Anda. Mudah, kan? Anda bisa unduh gamenya di sini.

4. Block Puzzle Jewel

Block Puzzle Jewel

Block Puzzle Jewel adalah game untuk lansia yang kami rekomendasikan selanjutnya. Game ini punya konsep bermain seperti tetris, hanya saja dikemas dan dibuat animasi grafisnya menjadi lebih modern serta menarik. Sama seperti game jadul tertris, game ini hanya meminta pemain untuk menyusun balok.

Balok-balok yang disusun harus rapi tanpa adanya lubang atau bolong. Selain itu, kamu juga bisa membolak-balikan balok secara vertikal ataupun horizontal. Oh iya, game ini juga punya tingkat kesulitan berbeda yang pastinya bikin Anda betah main! Unduh gamenya di sini.

5. Gaple

gaple

Selain catur, ada satu permainan yang biasanya tidak dilewatkan oleh para lansia, yakni Gaple. Gaple sendiri merupakan sebuah permainan klasik di mana permainan ini mirip dengan kartu domino. Gaple juga sudah menjadi salah satu permainan wajib di Indonesia ketika para orang tua berkumpul.

Nah, kalau sebelumnya main Gaple harus membawa kartunya, maka kini Anda bisa bermain Gaple secara digital melalui smartphone Android Anda. Cara bermainnya persis sama dengan game gaple pada umumnya. Juga, game Gaple yang kami rekomendasikan ini bisa dimainkan oleh 2, 3, hingga 4 pemain. Mau coba gamenya? Silakan dapatkanya gamenya di sini.

6. Bounce Classic

Bounce Classic

Dulu saat zamannya HP Nokia sedang hits, para orang tua dan lansia biasanya memainkan game HP Nokia. Namun sekarang, gaung Nokia sudah tidak sekeren saat ini dan sudah disalip oleh vendor HP ternama lainnya. Tapi, game-game yang ada di Nokia masih menjadi primadona dan melekat di hati para lansia lho.

Sebut saja game Bounce, game yang menggiring bola menuju garis finish ini terbilang cukup seru dimainkan. Meskipun Anda tidak lagi menggunakan HP Nokia, tapi game Bounce Classic hadir di PlayStore. Tentu saja Bounce Classic menjadi salah satu game untuk lansia yang seru karena para orang tua pun akan familiar dengan game ini. Untuk mengunduhnya, bisa klik di sini.

7. Solitaire Kingdom

Solitaire Kingdom

Game untuk lansia yang bagus lainnya adalah Solitaire Kingdom. Ya, game ini mungkin akan cukup familiar bagi Anda yang suka main game di komputer. Setiap komputer berbasis Windows, pasti punya game ini, makanya kami rekomendasikan game Solitaire Kingdom ini untuk para lansia.

Selain gameplay-nya simpel, Solitaire Kingdom juga termasuk game yang cukup familiar di kalangan para lansia. Mereka pasti akan betah bermain Solitaire Kingdom. Nah, kalau veri Androidnya ini punya tampilan antarmuka yang lebih menarik dibandingkan game Solitaire zaman dulu yang ada di PC/laptop. Kalau Anda mau main gamenya, bisa unduh di sini.

8. TTS Pintar 2018 – Teka Teki Silang Offline

TTS Pintar 2018 - Teka Teki Silang Offline

Sebenarnya, game TTS Pintar 2018 – Teka Teki Silang Offline ini punya konsep yang sama dengan Teka Teki Silang sebelumnya. Namun, yang membedakan adalah, game ini bisa dimainkan secara offline alias tidak perlu terkoneksi dengan internet.

Tentu saja dengan kehadiran fitur offline ini sangat cocok untuk lansia mengingat tidak semua lansia membutuhkan internet. Maka itu, jika Anda merasa game TTS Pintar 2018 – Teka Teki Silang Offline cocok untuk orang tua dan ingin memainkan gamenya di HP, silakan langsung dapatkan gamenya secara gratis di link ini.

9. Unblock Me FREE

Unblock Me FREE

Ada lagi, game simpel yang cocok dimainkan oleh para lansia, Unblock Me FREE. Ini adalah game yang ringan, simpel, tapi bikin pemainnya betah. Dalam gamenya, Unblock Me FREE mengajak pemain untuk menyelesaikan masalah untuk mengeluarkan balok yang berwarna merah.

Balok berwarna merah tersebut terhalangi jalannya oleh balok-balok berwarna coklat. Nah, tugas Anda hanya perlu menggeser balok-balok warna coklat untuk kemudian membuka jalur balok warna merah agar bisa keluar. Bisa melakukannya? Buktikan dengan main gamenya di sini.

10. Kuis 1 Milyar

Kuis Millionaire Indonesia

Dulu, sempat booming acara TV Kuis 1 Milyar. Tapi sayangnya, kini acara tersebut sudah tidak tayang lagi dan mungkin para lansia yang sering menonton acara ini akan merindukannya. Nah, untuk membawa orang tua dengan nostalgia acara kuis tersebut, makanya kami merekomendasikan para lansia untuk memainkan game Kuis 1 Milyar.

Game ini punya konsep bermain yang sama persis dengan kuis yang ada di acara TV. Pemainnya hanya perlu menjawab setiap pertanyaan yang muncul hingga pertanyaan terakhir. Tapi, kalau pemain tidak bisa menjawabnya, maka tersedia 3 pilihan bantuan, seperti telepon, menghilangkan dua jawaban yang salah, atau bertanya pada penonton. Seru, kan? Yuk unduh di sini.

Kesepuluh game untuk lansia yang sudah kami sebutkan di atas memang cocok dimainkan orang tua. Sebab, game tadi punya konsep bermain yang mudah, familiar, dan seru untuk mengisi kekosongan waktu. Kalau Anda punya saran game lansia lainnya, bisa tulis di kolom komentar, ya. Selamat bermain!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Listiorini Ajeng Purvashti, penulis aktif sejak tahun 2017. Selain aktif menulis di carisinyal.com dan bacaterus.com, juga menjadi penulis lepas untuk BukaReview.com. Saat ini, bidang yang digeluti adalah tema penulisan seputar aplikasi, game, gadget, laptop, hardware, software, tutorial, dan entertainment. Selain menulis, Saya juga tertarik untuk mempelajari hal baru terutama mempelajari budaya-budaya dari negara lain. Salah satu budaya yang digemari adalah Korean Culture sehingga menjadikan Saya seorang KPOPers sejak zaman kuliah.

Leave A Comment