15 HP Nokia dengan RAM 4GB Terbaru (Oktober 2022)

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Nokia merupakan salah satu merk HP yang cukup rajin merilis produk terbaru. Jika Anda masih ingat zaman-zamannya HP dengan sistem operasi Symbian, Nokia adalah produsen HP yang sungguh merajai pasar pada masanya menggunakan sistem operasi ini.

Nama Nokia sempat redup untuk beberapa saat pada sebelum akhirnya muncul lagi ke permukaan sebagai salah satu produsen HP Windows Phone pada tahun 2011. Namun, upayanya tidak cukup berhasil dibandingkan produsen HP lain yang sudah marak mengusung Android dan iOS.

Alhasil, Nokia pun mengumumkan lini HP Android pertamanya pada tahun 2014 yang menjadi awal titik balik perjalanan merk legendaris ini. Meskipun kini nama Nokia masih tersamarkan oleh gaung berbagai merk HP ternama seperti Samsung, produk-produknya tergolong memiliki daya saing yang kuat.

Oleh karena itu, kali ini Carisinyal mau memberikan daftar rekomendasi HP Nokia terbaru yang memiliki ukuran RAM 4 GB terbaru. Beberapa HP di bawah memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni, lho!

1. Nokia C31

Nokia C31
Layar IPS LCD 6.74 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB, 128 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5050 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Harga Rp2 jutaan untuk sebuah RAM 4 GB masih tergolong wajar. Hal itu pula yang membuat Nokia C31 bisa menarik. Terlebih penggunaan RAM 4 GB juga jadi hal wajar di era sekarang untuk sebuah ponsel penggunaan dasar. Tentu saja kalau mau murah, Nokia C31 punya varian RAM 3 GB.

Opsi menariknya, Nokia C31 punya kombinasi RAM 4 GB dengan storage 64 Gb atau 128 GB. Sementara varian RAM 3 GB menawarkan 32 GB saja. Semua tipe storage ini berjenis eMMC 5.1

Satu hal yang mungkin perlu dikompromikan adalah soal cip yang dipakai. Pasalnya, ponsel ini masih memakaicip dengan fabrikasi 28 nm dari Unisoc, yakni SC9863A. Rerata, cip di era 2022 sudah mulai berada di fabrikasi 12 nm.

Di luar cip yang tampak kurang, Nokia C31 tergolong menggoda. Banyak keunggulan yang ada di HP ini seperti dimensi layar IPS LCD dengan bentang luas 6,75 inci. Meski resolusi yang ditawarkan sebatas 720 x 1600 piksel. Dengan spesifikasi yang diberikan, ponsel ini jadi menarik buat para pengguna Nokia yang butuh HP Nokia murah dan tidak keberatan dengan cip dengan fabrikasi 28 nm yang jadi otaknya.

2. Nokia G60 5G

Nokia G60 5G
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kalau Anda para pencinta lingkungan butuh HP dengan RAM 4 GB dari Nokia, maka Nokia G60 5G bisa jadi jawabannya. Kenapa pencinta lingkungan butuh HP ini? Yah karena HP ini memang ramah lingkungan.

Nokia G60 5G dibangun dengan konstruksi bahan daur ulang. Bingkai atau frame HP ini didasarkan pada bahan daur ulang sebanyak 60 persen. Sementara untuk panel belakangnya dibuat dari bahan daur ulang 100 persen. Angka yang tergolong tinggi tentunya.

Bukan cuman HP, kotak penjualan Nokia G60 5G juga dibuat dari kertas daur ulang.

Dengan cip Snapdragon 695 5G, Nokia G60 5G jadi sebuah ponsel 5G yang menarik. Menarik bukan karena spesifikasinya saja yang cukup oke untuk kelasnya tetapi juga karena dukungan kepedulian lingkungan yang diterapkan langsung pada produknya.

3. Nokia G400

nokia g400_
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 480+
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 48 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Membutuhkan HP RAM 4 GB dengan layar memuaskan? Dengan hanya bayarkan Rp3,5 jutaan saja, Anda sudah dapat miliki Nokia G400 yang hadirkan laju penyegaran 120 Hz. Ini membuatnya cocok untuk aktivitas scrolling media sosial dan juga browsing.

Segala aktivitas yang membutuhkan internet juga akan terasa nyaman di HP ini. Pasalnya, ia sudah dapat terhubung dengan jaringan seluler 5G agar kecepatannya bisa meningkat drastis.

HP ini cocok juga untuk para pengendara mobil, karena mendukung NFC yang dapat mengecek saldo eMoney Anda. Parkir dan mengakses jalan tol kini jadi tidak perlu was-was, karena kartu bisa dicek saldonya setiap saat tanpa harus ke ATM.

Nokia G400 turut hadir dengan RAM 4 GB LPDDR4 yang dipadankan dengan penyimpanan 64 GB. Sebagai pengolah dapur pacunya, tersemat chipset Snapdragon 480+ 5G yang disertai Cortex A76 untuk keperluan gaming yang lancar.

Jika terpentok budget dan membutuhkan HP 5G + NFC, penulis rekomendasikan Nokia G400 sebagai bahan pertimbangan Anda. Dapur pacunya yang lumayan gahar juga cocok untuk segala kebutuhan, termasuk gaming ringan.

4. Nokia G11 Plus

Nokia G11 Plus
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset Unisoc T606
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Sebagai ponsel entry-level, Nokia G11 Plus memiliki kinerja yang tergolong gahar untuk aktivitas berat. RAM 4 GB LPDDR4x miliknya dipadukan dengan memori internal 64 GB eMMC 5.1. Juga, terdapat chipset Unisoc T606 yang disertai arsitektur Cortex A75 (1.6 GHz) untuk pengalaman gaming yang nyaman.

Untuk menunjang aktivitas dengan durasi panjang, ponsel dimodali dengan kapasitas baterai 5.000 mAh. Disinyalir, baterai ini sanggup buat ponsel bertahan hingga 3 hari lamanya.

Nokia G11 Plus juga termasuk salah satu HP termurah yang sudah hadirkan kamera utama 50 MP. Dengan resolusi tinggi, kemampuan kameranya sanggup untuk hadirkan hasil jepretan memukau di kelas harganya.

Kendati begitu, ponsel memang tidak memiliki kamera ultrawide, sehingga mengharuskan Anda gunakan mode panorama jika ingin memuat lebih banyak dalam satu frame.

Fitur-fitur lainnya pun tentu turut hadir, seperti sensor sidik jari di belakang (rear-mounted), port pengecasan USB Type-C, Bluetooth 5.0, WiFi Dual Band, dan FM Radio.

Layar ponsel ini sudah mendukung refresh rate 90 Hz dengan tingkat kecerahan tipikal mencapai 400 nit, sehingga cocok untuk penggunaan di luar ruangan. Harganya begitu terjangkau, yaitu 130 euro atau setara Rp1,9 jutaan. Cocok untuk menunjang aktivitas gaming dan penggunaan harian secara umum.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram