Carisinyal / Infinix 2019 / Wajib Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 4!

Wajib Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 4!

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Maret 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Infinix Smart 4 merupakan ponsel yang jadi penerus Infinix Smart 3 Plus. Seperti saudaranya, ponsel ini menawarkan spesifikasi yang tergolong menarik tetapi memiliki bandrol harga yang murah. Terlebih Infinix juga dikenal sebagai produsen yang sering menghadirkan ponsel di harga murah, yakni Rp1 jutaan.

Hal menariknya, Infinix Smart 4 dijual dengan harga Rp999.000. Harga tersebut adalah harga flash sale. Harga di toko online umumnya ada di kisaran Rp1,1 dan Rp1,2 jutaan. Masih tergolong murah jika dibandingkan dengan Infinix Smart 3 Plus yang dibanderol dengan harga Rp1,3 jutaan.

Lantas, seperti apa Infinix Smart 4 ini? Penasaran? Untuk menjawab rasa penasaran Anda, mari simak kelebihan dan kekurangan Infinix Smart 4 yang Carisinyal rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Spesifikasi Infinix Smart 4

infinix smart 4

Umum

Diumumkan Oktober, 2019
Jaringan 2G, 3G, 4G
SIM Card Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

Dimensi 167 x 76 x 8,3 mm
Berat 183 g

Layar

Jenis Layar sentuh kapasitif IPS LCD
Ukuran 6,6 inci
Resolusi 720 x 1600 piksel, rasio 20:9 (kerapatan ~266 ppi)

Hardware

Chipset Mediatek MT6761 Helio A22 (12 nm)
CPU Quad-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU PowerVR GE8320

Memori

RAM 2 GB
Memori Internal 32 GB
Memori Eksternal microSD, hingga 256 GB (slot khusus)

Kamera Utama

Jumlah Kamera 2
Resolusi 8 MP, f/1.8, PDAF + QVGA
Fitur LED flash, panorama, HDR
Video [email protected]

Kamera Selfie

Jumlah Kamera 1
Resolusi 5 MP
Video [email protected]

Konektivitas

Wlan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
Infrared
NFC
GPS A-GPS
USB microUSB 2.0

Baterai

Jenis Li-Po
Kapasitas 4000 mAh tidak dapat dilepas
Wireless Charging

Fitur

OS (Saat Dirilis) Android 9.0 Pie
Sensor Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, proximity, compass
3.5mm Jack
Warna Midnight Black, Quetzal Cyan, Cosmic Purple
Lainnya HP ini menjalankan Android Go edition

Kelebihan Infinix Smart 4

Kelebihan apa saja yang ditawarkan oleh Infinix Smart 4 ini? Simak poin-poinnya langsung berikut ini.

1. Daya Tahan Baterai yang Awet

baterai infinix smart 4

Infinix Smart 4 dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Kapasitas baterai ini lebih besar jika dibandingkan Infinix Smart 3 Plus yang hanya dibekali baterai 3.500 mAh saja. Lantas, seberapa lama daya tahan baterai ini?

Channel Youtube Canggih Kali mengatakan kalau daya tahan baterai ini cukup panjang. Untuk penggunaan standar, daya tahan baterainya bisa bertahan sampai dua harian. Sementara jika diselingi main gim, daya tahan baterai ponsel ini bisa bertahan seharian.

Channel Youtube Gadget Gaul mengatakan kalau daya tahan baterai ponsel ini awet. Dayanya tahannya bisa sampai dua harian. Tentu dengan penggunaan normal seperti akses media sosial, internetan, dan sesekali nonton Youtube. Hanya jika digunakan main gim intensif, seperti main gim dua jam, daya tahan baterai ponsel ini bisa sampai seharian, dan hal ini masih tergolong bagus.

2. Kamera Depan Cukup Lumayan

infinix smart 4

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=oVSQq6kYy5k

Infinix Smart 4 dibekali dengan kamera depan 5 MP. Kamera ini memang tergolong kecil tetapi untuk kelas harganya, kamera depan ini terbilang oke.

Kalau menurut channel Youtube Gadget Gaul, hasil tangkapan kamera ini agak mendingan karena warna kulit bisa lebih natural, terutama di kondisi cahaya terang. Di kondisi gelap, selfie agak kurang bagus meski pake LED flash tetapi hal ini masih bisa dimaklumi jika menilik kelas harganya.

3. Desain Solid untuk Kelas Harganya

infinix smart 4

Infinix Smart 4 datang dengan desain yang cantik berbahan dasar plastik polikarbonat. Ponsel dengan dimensi 167 x 76 x 8,3 mm ini menawarkan pilihan warna yang cukup memukau dan lumayan bagus mengingat kelas harga ponsel ini sangat terjangkau. Selain itu, desain bodi belakang ponsel ini tidak glossy tetapi hal ini tergolong bagus karena tidak bisa menyisakan bekas sensor sidik jari.

4. Layar Luas untuk Ukuran Kelas Harganya

infinix smart 4

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=BYnQnR1xc18

Infinix Smart 4 menawarkan layar dengan dimensi 6,6 inci. Layarnya memiliki resolusi panel IPS dengan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel, Rasio layarnya adalah 20:9 dengan kerapatan layar 269 ppi. Resolusi yang wajar untuk kelas harganya. Apakah jelek? Ternyata tidak, tampilan visual ponsel ini cukup bagus apalagi tone warna yang dihasilkannya enak di mata.

5. XOS

OS Infinix Smart 3 Plus

Salah satu keunggulan dari ponsel Infinix adalah, XOS. Termasuk Infinix Smart 4 ini. Infinix Smart 4 ini serupa dengan Infinix Smart 3 Plus yang menawarkan OS Android Pie dengan balutan XOS 5. XOS sendiri dikenal sebagai UI yang mampu menghadirkan berbagai fitur menarik. Contohnya adalah Quickpanel, sebuah fitur yang memungkinkan Anda mengakses aplikasi favorit melalui sidebar. 

6. Tombol Google Assistant

google assistant infinix smart 4

Infinix Smart 4 hadir dengan salah satu tombol istimewa, yakni tombol Google Assistant. Kehadiran tombol ini tentu bermanfaat untuk mengakses layanan Google Assistant dengan cepat. Terlebih smartphone ini tidak mendukung Google Assistant via suara. Karena kehadiran tombol khusus Google Assistant ini patut diapresiasi.

7. Fingerprint dan Face Unlock

face unlock infinix smart 4

Infinix Smart 4 sudah dilengkapi dengan fitur sensor sidik jari atau fingerprint. Terdapat juga fitur face unlock atau  atau pemindaian wajah. Memang kehadiran dua sensor ini bukanlah hal yang istimewa. Tapi sekali lagi, mengingat harganya yang terjangkau, kehadiran dua sensor ini patut diapresiasi. Terlebih respon kedua sensor ini dalam membaca sidik jari atau wajah cukup cepat.

Kekurangan Infinix Smart 4

Sebagai ponsel yang terjangkau, jelas Infinix Smart 4 memiliki kekurangan. Apa saja kekurangan tersebut? Silakan simak berikut ini.

1. Performa Kurang untuk Main Gim

infinix smart 4

Infinix Smart 4 masih menggunakan chipset yang sama dengan Infinix Smart 3 Plus, yakni Mediatek Helio A22. Chipset dengan proses fabrikasi 12 nm memang dikenal sebagai chipset yang banyak dipakai untuk ponsel dengan kelas harga terjangkau.

Di dalam chipset ini, tersemat prosesor quad core 2.0 GHz Cortex-A53 yang dipadukan dengan GPU PowerVR GE8320. Kombinasi ini menghasilkan performa yang tergolong menarik. Terlihat dari nilai Antutu yang didapatkan ponsel ini, yakni sebagai berikut.

antutu infinix smart 4

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=GcCLvrPV6xg

Dengan Antutu mencapai 74 ribuan, jelas performa dari ponsel ini masih bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari. Mengingat kelas harganya yang terjangkau, performa ponsel ini tergolong wajar. Hanya saja, jelas tidak cocok untuk penggunaan bermain gim.

Channel Youtube Gadget Gaul mengamini kalau chipset ini kurang ngangkat untuk gim populer zaman sekarang. Ketika diajak untuk bermain gim, ponsel ini seringkali mengalami lag.


Channel Youtube Canggih Kali juga menguji ponsel ini dengan bermain gim. PUBG Mobile salah satunya. Gim ini bisa dimainkan di Infinix Smart 4, hanya saja grafis yang didapatkan adalah smooth dengan frame rate medium. Gimnya sendiri memang masih bisa dimainkan tetapi fps yang didapatkan tidak tinggi. Karena itu, bisa dibilang kalau performa ponsel ini cukup tetapi kurang nendang untuk main gim.

2. Kamera Belakang Kurang Oke

kamera infinix smart 4

Tidak seperti Infinix Smart 3 Plus yang datang dengan tiga kamera, Infinix Smart 4 hanya hadir dengan dua kamera di bagian belakang. Kedua kamera belakang ini terdiri dari kamera utama 8 MP dan kamera QVGA (yang ditujukan untuk bokeh). Kamera ini dilengkapi dengan LED flash. Kamera belakangnya sendiri bisa merekam video 1080p

Hasil dari kameranya sendiri tergolong biasa. Warna yang dihasilkan dari kamera ini cenderung pucat. Detail yang dihasilkan dan saturasi warnanya juga rendah. Selain itu, kamera kedua ponsel ini seperti gimmick. Hal ini didasari dari pengalaman Canngih Kali yang ingin memotret bokeh tetapi hasilnya tidak bokeh. Hal ini jelas menunjukan kalau di sektor kamera, Infinix Smart 4 kurang begitu baik.

3. Pengisian Baterai yang Lama

infinix smart 4

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=GcCLvrPV6xg

Infinix Smart 4 mengalami masalah yang sama dengan ponsel Infinix kebanyakan, yakni baterai dengan kapasitas yang besar tetapi dengan pengisian yang lama. Betapa tidak, pengisian ponsel ini dari kondisi baterai 10% sampai penuh dibutuhkan waktu 3 jam 19 menit. Tentu saja waktu tersebut tergolong lama.

Simpulan

Infinix Smart 4 memang bukanlah ponsel yang spesial jika menilik spesifikasi yang ditawarkannya. Anda akan kecewa dengan kualitas kamera serta performa ponsel ini yang memang kurang begitu maksimal. Tetapi sekali lagi hal ini wajar mengingat ponsel ini hadir di kelas harga yang terjangkau, bahkan lebih terjangkau dibandingkan ponsel Infinix lain.

Dengan harga kisaran Rp1 juta sampai Rp1,1 jutaan, Anda bisa mendapatkan sebuah ponsel yang cocok digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Ponsel dengan RAM 2 GB dan penyimpanan 32 GB ini cocok dipilih oleh Anda yang membutuhkan ponsel untuk menunjang kehidupan sehari-hari tetapi dengan dana yang terbatas. Tertarik untuk meminang Infinix Smart 4 ini? Jika tertarik, silakan beli HP ini di link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

80 Responses

  1. mau tanya bang,
    kalau untuk driver ojek online kira2 bagus gak???

    terima kasih

  2. Mau tanya bang,saya tidak bisa konek ke ke goggle kalau buka youtube juga gabisa,padahal kuota banyak,kenapa ya bang tau masalah nya?

    1. Buka jaringan seluler lalu tekan titik akses pilih DATA jangan gps..

    2. Mau nanya bang..kenapa hp infinix.ku nggak bisa dimatikan daya walaupun saat di cas

  3. Kenapa ya hp saya kalo nonton video di FB lite kalo durasi kurang 10 detik itu suka mempercepat sendiri padahal udah unistal beberapa kali tapi ttp GK bisa.
    Mohon solusinya

  4. buat game mobile legend cocok gak bang?

  5. Bang mau tanya, untuk infinix smart 4 emang bener tidak suport kartu Indosat?

  6. apa infinix smart 4 pke kartu internet exis bisa ato khusus buat smartfren aja..

    1. kartu threejg gabisa nih, tp klo untuk WA dan lancar, selebihnya ngga bisa. kira lira apa ya yg support?

  7. Nanya bang
    Infinix smart 4 sudah support otg belum?

  8. Tapi kalo buat vvc kameranya gelap

  9. Kalo buat maen game free fire bagus ga, bang ?

  10. Bang, kok dipake apk editing Poto gabisa ya, SPT canva, sketchbook dll.
    Terus juga google play store nya loading terus, gabisa buat download aplikasi

  11. Kalo buat maen him free fire cocok gak

  12. Bisa gk hanya mengaktifkan finger print nya aja guna mempermudah menyalahkan hp tanpa tombol power?

  13. cara mengaktifkan pengaturan pip gimana bang?

    1. coba di Android Setting, tap on “Apps & notifications”. Terus buka “Advanced”. Terus pilih “Special app access”. Nanti ada pilihan PIP

  14. Cara mengaktifkan double screen gmn ya

  15. Cara mengaktifkan double screen gmn yaa

  16. Mas kalau di pasangin G cam bs GK ms

  17. Muhammad Ihsan Fauzi berkata:

    Infinix smart 4 buatan negara mana bang? Di produknya sih “Dibuat di Indonesia”. Apakah itu benar bang? Atau dari negara lain, di produksinya di Indonesia.

    1. Infinix kantor pusatnya di Hongkong. Pabrik perakitan di Shenzhen, R&D di Shanghai dan desain dari Prancis. Tapi dia gak jualan produk di Cina.

      Infinix laku di Timur Tengah dan Afrika serta Asia Tenggara.

      Produk Infinix juga dirangkai di Indonesia untuk memenuhi syarat TKDN. Jadi wajar kalau produk Infinix ada tulisan “dibuat di Indonesia”. Salah satunya Infinix Smart 4

    1. Cara nya gimana bossku

  18. Kog buat buka pesan suara langsung mati ngga bisa mbuka sama ngga ada suaranya yaa?

  19. Prefer mana yah ini dengan smart 3 plus?

  20. Kalau split layar bisa g

    1. gak bisa ternyata karena Infinix Smart 4 adalah Android Go Edition, gak ada fitur PIP atau split screen

  21. Caranya split layar,hp infinix smart 4 gimana ya??

    1. gak bisa, karena Infinix Smart 4 mengusung Android Go Edition, jadi ada fitur yang dipangkas salah satunya split layar

  22. Pip nya udah aku cari di “special all access” kok gak ada ya kak :'(

    1. karena Infinix Smart 4 mengusung Android Go Edition, gak ada fitur PIP atau split screen begitu ternyata

  23. Kok engga bisa ya buat foto kalo kondisi engga disii kartu memori?

  24. Ko ga ada suara music dan telpon ga keluar suara ya??

  25. Kak nggak ada kwaliser kalau di psangin hensedt

  26. Bang kalo buat ff kelemahan nya apa?Aku udah beli infinix smart 4 dan juga udah download free fire!!gimana bang

    1. buat free fire sih oke kok yah grapicnya gakan bagus-bagus amat tapi karena free fire ringan, bisa jalan kok

  27. Kok ngga bisa di splite screen ya,,caranya gimana ya bisa bisa???

  28. Knapa saya tidak bisa melakukan absensi kerja di presensi reska pakai hp infilix smart 4 apa hp nya tidak suport.mohon penjelasan nya boss

  29. bg mao tanya
    ada mode gelap nyh gk

  30. Bang kira kira dipasaran paling murah harga nya berapa bang?

    1. Gua beli 1 JT 6 ratus di CBD mall

  31. Apa memang hp infinik smart 4 gak ada simbol 4G nya di atas bang

  32. Masa gak cocok untuk main gim sih

  33. Bang mau tanya itu hp saya infinix smart 4 kok kagak bisa nelpon sama SMS ya dan saya pake kartu 3 itu gak ada simbol internett di jaringannya,tapi kalau kartu itu di pindah di hp lain bisa,. Apa ya masalahnya??

  34. Mas kalau infinik smart4 jaringannya kuat buat kartu apa ya?saya pakai tri kadang sinyal hilang2 terus

  35. Infinix smart 4 bisa screen recorder ga ya

  36. Bang kok infinix saya ga ada aplikasi pesan (SMS)

  37. Bang dimana tmpt melihat notifikasi access

  38. Bang ho infinik bisa untuk pena layar nggak?

  39. Bang Buat maen ff patah patah gak

  40. Bang mau nanya ..hp infinix smart 4 kalo adaa peringatan “PERBARUAN SYSTEM” gitu apa harus di perbarui….??

    Nanti data” na apa hilang bang

  41. Bang bagaimana cara mengembalikan suara rekam layar yang udah di silent?.

  42. Maaf mau nnya kok sya pake kartu 3 gak bisa buat buka google youtobe dll kecuali mbuka whatssap lancar bgt tp yang lain gak bisa SMA Skali ya

  43. Hp infinix hot 9 play kok g bisa otg usb…padahal itu sangat penting untuk era zaman now yg maunya peaktis tinggal pindah sana sini filenya..padahal sudah sy dowbload aplikasi bantuan ttp aja g bisa,tp heranya infinix di luar negri kok ada fitur OTG,nya…apa di korupsi ya sama yg nyusun software,nya di indonesia…mf bercanda..mohon penjelasan bang ??

  44. Kaka kenapah yah hp infinix aku kalau di pake vc jadi jelek kameranya

  45. Kaka mau tanya hp infinix smart 4 kalau di pake video call kamera jadi gurem jelek

  46. Apakah tidak papa bila kita abdet terus mengikuti pemberitauan sistem kak?sampe ke versi 240?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *