Carisinyal / Wiko 2020 / 10 Kelebihan dan Kekurangan Wiko View 4 Lite, Hp Murah dengan Storage 64 GB

10 Kelebihan dan Kekurangan Wiko View 4 Lite, Hp Murah dengan Storage 64 GB

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau boleh jujur, Wiko, adalah brand luar yang bisa dibilang hidup segan mati tak mau. Betapa tidak, brand ini tergolong tidak konsisten dalam memasarkan produk di Indonesia. Mereka sempat menghadirkan beberapa produk di Indonesia dengan nama produk yang identik dengan nama orang. Sayangnya respon kurang bagus.

Lama tidak terdengar, Wiko pun kembali ke Indonesia di 2020 dengan beberapa produk. Brand asal Perancis ini langsung hadirkan produk di kelas harga terjangkau. Salah satu langkah taktis yang patut diapresiasi untuk menarik perhatian pasar.

Salah satu produk murahnya yang hadir di Indonesia di 2020 adalah Wiko View 4 Lite. Ponsel ini dipasarkan di kelas harga kisaran Rp1,1 jutaan.

Lantas, seperti apa Wiko View 4 Lite ini? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan Wiko View 4 Lite berikut ini.

Spesifikasi Wiko View 4 Lite

Wiko View 4 Lite

  • Rilis: 2020
  • Layar: 6,52 inch HD+
  • Chipset: MediaTek MT6762D Helio A25 (12 nm)
  • GPU:  PowerVR GE8320
  • RAM: 2 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB
  • Memori Eksternal: microSD hingga 256 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13MP + 2MP with AI Features
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: 4.000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Wiko View 4 Lite

Dengan banderol harga kisaran Rp1,1 juta, Wiko View 4 Lite datang dengan berbagai kelebihan yang pastinya bisa jadi nilai jual tersendiri bagi Anda yang membutuhkan ponsel murah yang cukup oke. Mari simak saja langsung kelebihan dari Wiko View 4 Lite berikut ini.

1. Desain Kekinian dan Bobot Ringan

Wiko View 4 Lite

Wiko View 4 Lite hadir dengan desain yang mengikuti tren perkembangan pasar saat ini. Desain bodinya sudah kekinian dengan pilihan warna yang cukup umum.  Satu hal yang menarin bahwa desain ini cukup oke di kelas harganya.

Selain itu logo Wiko di bagian belakang jadi identitas yang membedakan ponsel ini dengan ponsel lainnya.

Berdasarkan pengalaman pemakaian, menurut Dadan dari kanal Youtube Gayafone Channel, desain bodi Wiko View 4 Lite ini memiliki bodi yang cukup slim untuk ponsel dengan baterai 4.000 mAh.

Hal tersebut membuat Wiko View 4 Lite menjadi ponsel dengan bobot yang ringan dan mudah dipegang satu tangan. Hanya saja, desain belakang ponsel sering menyisakan sidik jari sehingga harus sering-sering memakai lap

2. Storage 64 GB

Wiko View 4 Lite

Salah satu hal yang jadi daya tarik dari Wiko View 4 Lite adalah storage atau kapasitas penyimpanan 64 GB. Sektor ini jadi kelebihan tersendiri mengingat dengan harga Rp1,1 jutaan, jarang ada, atau hampir tidak ada, ponsel yang menawarkan penyimpanan internal sebesar ini.

Di kelas harga Rp1,1 jutaan paling banter storage yang ditawarkan 32 GB. Malah, ponsel dengan harga Rp1,5 jutaan saja jarang ada yang menawarkan kapasitas 64 GB.

Dengan kebutuhan aplikasi Android yang semakin besar, kapasitas 64 GB ini bakal jadi standar baru untuk ponsel murah. Terlebih sekarang banyak orang menyimpan data di ponsel.

3. Triple Slot dan OTG

Wiko View 4 Lite

*sumber: https://youtu.be/H9Q01DCHVMM (Gayafone Channel)

Selain menawarkan storage 64 GB, Wiko View 4 Lite juga datang dengan dua slot SIM dan satu slot tambahan microSD. Untuk kelas harga terjangkau, tentu hal ini menarik.

Wiko seolah ingin memberikan pengalaman pengguna yang maksimal. Jika kapasitas memori internal 64 GB terasa kurang, ada slot microSD yang bisa menampung memori eksternal sampai 256 GB. Menariknya, karena sudah triple sim tray, pengguna bia tetap memakai microSD dengan kartu SIM aktif bersamaan.

Selain itu, Wiko View 4 Lite sudah hadir dengan OTG atau USB On-The-Go. Fitur yang satu ini jarang dimiliki ponsel lain di kelas harga Rp1 jutaan.

Dengan fitur USB OTG, Wiko View 4 Lite dapat dengan mudah memindahkan data dari ponsel ke flash drive atau flashdisk sehingga pengguna tidak repot harus menghubungkan ponsel ke komputer untuk sekadar memindahkan data.

4. Layar Oke di Kelasnya

Wiko View 4 Lite

*sumber: https://youtu.be/H9Q01DCHVMM (Gayafone Channel)

Di bagian layar, Wiko View 4 Lite hadir dengan dimensi 6,52 inci. Layar yang digunakan adalah panel IPS dengan resolusi 1600 x 720 piksel.

Menurut Gayafone Channel, tampilan layar ponsel ini memiliki tampilan yang cerah dan memiliki sudut pandang yang baik. Menurutnya, layar ponsel ini keset dan nyaman disentuh. Bahkan, Gayafone Channel bilang kalau layar ponsel ini tergolong bagus di kelasnya.

Layar ponsel ini juga menghadirkan model poni tetesan air seperti halnya layar ponsel zaman sekarang.

Situs notebookcheck.net juga mengakui kalau layar ponsel ini tergolong bagus. Setidaknya, layarnya memiliki kecerahan yang bagus untuk kelas harganya.


Menurut Noteboocheck, memang ada beberapa kekurangan dari sektor layar. Contohnya adalah tingkat keterbacaan layar yang rendah di bawah sinar matahari langsung. Contoh lainnya adalah resolusi HD yang kecil untuk layarnya yang besar.

Selain itu, ponsel ini hanya mendukung Widevine L3 yang membuat ponsel hanya bisa menonton film di Netflix di 480p.  Namun, mengingat kelas harga ponsel ini terjangkau, hal tersebut bisa jadi sesuatu yang dimaklumi.

4. Baterai Tahan Lama

Wiko View 4 Lite

Baterai berkapasitas 4.000 mAh tertanam di Wiko View 4 Lite. Pihak Wiko mengklaim jika baterainya ini bisa membuat ponsel bertahan sampai dua harian. Tentu klaim ini cukup beralasan karena layar ponsel ini HD dan ponsel ini punya chipset yang tergolong cukup irit daya.

Situs Notebookcheck juga memuji daya tahan baterai dari ponsel ini. Menurutnya, daya tahan baterai ponsel ini tergolong bagus di kelasnya. Tidak sekadar bagus, tetapi menurut Notebookchecknet, daya tahan baterai ini tergolong “kuat”.

6. Tombol Google Assistant

Wiko View 4 Lite

Wiko View 4 Plus memiliki tombol Google Assistant yang posisinya ada di sisi kiri, di bawah slot sim tray. Kehadiran tombol ini jadi nilai tambah lain yang membuat ponsel ini menarik.

Tidak banyak ponsel yang punya tombol khusus Google Assistant. Jikapun ada, biasanya ada di ponse Nokia yang tentu harga termurah ponselnya yang punya fitur ini tidak di kelas harga Rp1 sampai Rp1,5 jutaan.

Kekurangan Wiko View 4 Lite

Sebagai ponsel murah, tentu ada beberapa hal yang membuat Wiko View 4 Lite ini kurang menarik untuk dibeli. Apa sajakah kekurangan ponsel ini? Langsung saja simak poin-poin kekurangannya di bawah!

1. Performa yang Memang Harus Dimaklumi

Wiko View 4 Lite

*sumber: https://youtu.be/SitfEBIU-dE (Gayafone Channel)

Wiko View 4 Lite hadir dengan chipset MediaTek Helio A25. Chipset yang dibangun dengan proses fabrikasi 12 nm ini memiliki prosesor delapan core Cortex-A53 dengan kecepatan 1,5 GHz dan 1,8 GHz. Chipset ini punya GPU PowerVR GE8320.

Penggunaan chipset ini masih bisa dimaklumi dan tergolong cukup oke karena lebih mengutamakan efisiensi daya. Memang performanya kurang nendang. Hal tersebut juga ditunjukan dari nilai Antutu yang hanya mencapai 79 ribu.

Wiko View 4 Lite

*sumber: https://youtu.be/SitfEBIU-dE (Gayafone Channel)

Menurut kanal Youtube GadgetGaul, penggunaan chipset di ponsel ini berpengaruh pada performa ketika bermain gim. Membuka gim di ponsel ini bisa lama saat loading. 

Ketika digunakan bermain PUBG Mobile, grafis yang didapatkan hanya smooth medium. Dan seringkali didapati frame drop dan lag yang tentu sangat mengganggu jalannya permainan.

Kalau digunakan sekadar bermain medsos, internetan, maupun streaming, ponsel ini masih cukup memadai. Hanya saja karena RAM 2 GB, Wiko View 4 Lit perlu loading dari awal saat membuka aplikasi di recent apps. 

2. Tidak Fast Charging

Wiko View 4 Lite

*sumber: https://youtu.be/MRqhYq0Rabk (GontaGantiHape)

Wiko View 4 Lite memang memiliki baterai 4.000 mAh yang tergolong memiliki daya tahan baterai yang oke. Kemampuan daya tahan baterai ponsel ini tergolong biasa dan banyak yang memujinya.

Kanal Youtube GadgetGaul juga mengatakan kalau daya tahan baterai Wiko View 4 Lite ini tergolong lama. Padahal ponsel digunakan untuk nonton film, main gim, foto-foto, merekam video, bisa sampai 2 hari 8 jam.

Sayangnya, sama seperti ponsel Rp1 jutaan lainnya, pengisian daya ponsel tergolong lama. Terlebih Wiko View 4 Lite hanya dibekali charger 5 W. Efeknya pengisian daya jadi tergolong lama. Berdasarkan pengalaman GadgetGaul, pengisian daya Wiko View 4 Lite membutuhkan waktu sampai 3 jam 43 menit dari 10 persen sampai penuh.

3. Jangan Berharap Banyak dari Kamera

Wiko View 4 Lite

Wiko View 4 Lite  hadir dengan dua kamera di bagian belakang. Kamera tersebut terdiri dari kamera utama 13 MP dan kamera depth 2 MP. Sementara di bagian depan, ada kamera selfie 5 MP.

Jangan terlalu berharap bahwa kualitas kamera belakang ponsel ini bakal bagus. Di kelas harganya sih cukup wajar tapi yah memang tidak terlalu baik. Untuk mendapatkan hasil bagus, perlu effort ekstra seperti tangan harus stabil ketika memotret.

Kalau menurut Gayafone, hasil tangkapan kamera ponsel ini bisa menghasilkan warna yang tidak terlalu exposure sehingga hasilnya tidak terlalu pucat. Namun, hal tersebut harus diambil di kondisi cahaya yang cukup. Pengambilan foto bokeh juga masih cukup oke.

3. Hanya Face Unlock

Wiko View 4 Lite

Wiko View 4 Lite memiliki sistem sensor biometrik Face Unlock saja. Tidak ada sensor sidik jari. Hal yang cukup wajar karena banyak ponsel lain yang menerapkan hal sama.

Namun, Wiko View 4 Lite ini bakal bersaing di kelas harga yang sama dengan itel Vision 1 dan itel Vision 1 Plus. Kedua ponsel tersebut malah menawarkan sensor Face Unlock dan sensor sidik jari yang membuatnya tentu lebih menarik jika dibandingkan Wiko View 4 Lite.

Simpulan

Dengan banderol harga kisaran Rp1,1 jutaan,  Wiko View 4 Lite ini bakal bersaing dengan itel Vision 1 Plus, Advan G5, Infinix Smart 4, Samsung Galaxy A01, Redmi 9A, dan masih banyak lagi.

Tentu Wiko View 4 Lite punya kelebihan tersendiri. Namun, nilai jualnya terbatas jika dibandingkan ponsel lainnya dari Tiongkok atau Korea Selatan.

Yang paling menonjol dari Wiko View 4 Lite adalah memori internal yang besar dan juga daya tahan baterai yang tergolong lama. Jika dua sektor ini sangat dibutuhkan dan dana memang terbatas, tidak ada salahnya memang untuk membeli ponsel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *