carisinyal web banner retina

10 Laptop Acer Terbaru di Indonesia (Juni 2024)

Ditulis oleh Carisinyal

Acer merupakan  perusahaan asal Taiwan yang terkenal dengan produk laptopnya. Perusahaan yang berdiri tahun 1976 ini memang sudah berpengalaman dalam membuat produk elektronik.

Di era modern ini, Acer terkenal berkat produk laptopnya yang memiliki spesifikasi bagus tetapi dengan banderol harga yang lebih murah jika dibandingkan kompetitor.

Laptop Acer sendiri ada beragam ada laptop Acer termurah, laptop berharga mahal, laptop Acer khusus produktivitas, untuk konten kreator, dan untuk bermain gim.

Dengan berbagai tujuannya, Acer memiliki lini merek laptopnya sendiri. Ada seri Aspire yang lebih umum dan terjangkau dan Ada seri Swift yang umumnya laptop tipis dan sedikit premium. Tidak ketinggalan seri Nitro dan Predator yang khusus untuk main gim.

Lantas, ada apa sajakah laptop Acer terbaru yang ada di pasaran? Untuk menjawabnya, silakan simak saja langsung daftarnya berikut ini.

1. Acer Nitro 16 AN16

acer nitro 16 an16_
• Layar
16" WUXGA (1920x1200) 165Hz, 400 nits, 100%sRGB, Anti-glare, G-Sync backlit TFT LCD
• Prosesor
AMD Ryzen™ 5 7535HS Processor (6 Cores, 12 Threads, Up to 4.55 GHz)
• Graphic Card
NVIDIA® GeForce® RTX4050 6GB (140W) GDDR6
• RAM
8GB DDR5 4800MHz RAM
• Storage
512GB PCIe SSD (Gen 4)
• Konektivitas
Wi-Fi 6E & Bluetooth 5.1
• Port
2x USB 3.2 Gen 2 1x USB Standard-A port supporting USB 2.0 1x USB Type-C port supporting: • USB charging 5 V; 3 A • DC-in port 20 V; 65 W 1x USB Type-C port supporting: • USB 3.2 Gen 2 (up to 10 Gbps) • USB charging 5 V; 3 A • DC-in port 20 V; 65 W 1x HDMI® 2.1 port with HDCP support 1x microSD Card reader 1x 3.5 mm headphone/speaker jack, supporting headsets with built-in microphone 1x Ethernet (RJ-45) port 1x DC-in jack for AC adapter
• Baterai
90Wh, 4-cell

Tidak hanya untuk gaming, Acer Nitro 16 AN16 juga cocok digunakan sebagai sarana produktivitas. Layar laptop mengusung aspek rasio 16:10 sehingga dapat tampilkan work area yang lebih luas. Ini tentu merupakan sebuah kelebihan, beda dengan laptop lain yang masih gunakan 16:9.

Laptop memiliki tombol khusus yang bisa memindah-mindahkan mode performa seperti mode silent, balanced, performance dan turbo. Ini memudahkan pengguna memilih performa yang cocok sesuai dengan skenario penggunaan.

Untuk penggunaan multimedia yang imersif, laptop menawarkan kualitas audio menakjubkan dengan speaker stereo dua buah berdaya 2 W. Speaker ditopang dengan fitur Acer TrueHarmony serta tuning-an DTS:X Ultra demi hasilkan kualitas suara yang memanjakan telinga.

Acer Nitro 16 AN16 juga memiliki sistem pendingin Acer CoolBoost yang mencakup dua kipas dan empat exhaust pembuangan, diklaim bisa menurunkan suhu prosesor dan VGA hingga 11 persen.

Dilansir dari video YouTube pada kanal Hubwood, laptop ini bisa memainkan Cyberpunk 2077 dan Shadow of the Tomb Raider pada frame rate tinggi. Padahal, pengaturan grafisnya disetel ke Ultra dengan resolusi 1200p.

Laptop ini dirasa cocok untuk pengguna yang ingin rasakan laptop gaming dengan budget terbatas. Sebab, harga Acer Nitro 16 AN16 hanya sebesar Rp14 jutaan saja. Laptop ini pun tak luput dari beberapa kekurangan, seperti baterai yang tidak tahan lama, serta build quality yang terasa biasa saja dibandingkan laptop gaming lainnya.

Selain itu, prosesor laptop ini "hanya" gunakan AMD Ryzen 5 generasi 7000 series. Kendati powerful, tapi ia tidak sebaik laptop gaming lain yang gunakan prosesor AMD Ryzen 7 atau 9 terbaru. Terutama saat memainkan gim yang membutuhkan daya prosesor yang kuat.

Pada setiap pembelian unit, pengguna berhak mendapatkan lisensi original Windows 11 serta garansi resmi Acer selama dua tahun.

2. Acer Swift Go 14 OLED

Acer Swift Go 14 OLED_
• Layar
14-0" OLED, WQXGA+ (2880 x 1800)
• Prosesor
Intel® Core™ i7-13700H processor
• Graphic Card
NVIDIA® GeForce® RTX 4060 with 8 GB of GDDR6
• RAM
16 GB of LPDDR5 Dual Channel
• Storage
1 TB SSD PCIe Gen4, NVMe
• Konektivitas
Killer Wireless Wi-Fi 6E 1675i
• Port
2 x USB-C Thunderbolt 4 1 x HDMI 2.1 1x microSD card reader 1x USB Type-A
• Baterai
50Wh, 4-cell, 53Wh

Desain bodi laptop yang minimalis sungguh membuat Acer Swift Go 14 OLED tampak aesthetic. Laptop ini ditujukan untuk Anda yang sering bepergian, lantaran bodinya yang ramping sungguh menunjang portabilitas tinggi dengan nyaman.

Tampilan bezel di seluruh sisi layar sungguh tipis, dengan chassis berbahan aluminum yang tak hanya terlihat premium tapi juga tawarkan ketahanan yang baik. Kendati merupakan laptop portabel, ia tetap suguhkan ukuran touchpad yang luas. Membentang dari space bar ke tombol Alt.

Meski tidak menawarkan GPU diskrit, performa laptop ini masih cukup nyaman untuk keperluan konsumsi konten, pembuatan konten, hingga bermain gim. Anda masih bisa merasakan pengalaman Genshin Impact yang nyaman dengan frame rate stabil 60 FPS di Full HD, serta memainkan Valorant dengan frame rate mencapai ratusan FPS.

Karena menggunakan panel OLED, laptop mampu memperlihatkan konten dengan rentang dinamis dan kontras rasio yang tinggi. Digabungkan dengan aspek rasio 16:10 yang ideal untuk bekerja pada resolusi 2.8K, ini adalah salah satu laptop terbaik di harganya untuk mengoptimalkan pengalaman multimedia.

Tersedia juga satu fitur unik untuk mendukung multi-tasking, yakni Intel Unison. Fitur ini bisa menghubungkan perangkat iOS atau Android ke laptop untuk merasakan pengalaman yang seamless. Memindahkan file, mengirimkan notifikasi, hingga melakukan panggilan telepon atau ber-SMS ria, semua jadi lebih gampang menggunakan Acer Swift Go 14 OLED.

Kalau membutuhkan laptop seharga Rp15 jutaan yang punya portabilitas tinggi, kualitas layar OLED memukau dengan refresh rate 90 Hz, rasio price to performance yang membanggakan, maka Acer Swift Go 14 OLED jadi opsi layak.

Tapi kalau berniat melakukan aktivitas grafis tingkat tinggi seperti 3D modelling, pembuatan video game, atau memainkan gim AAA terberat pada kualitas grafis mentok kanan, laptop ini bisa jadi kurang cocok. Sebaiknya pilih seri Acer Predator yang memang ditujukan untuk grafis berat.

3. Acer Aspire 5 Slim

Acer Aspire 5 Slim A514-54
• Layar
15.6" Full HD (1920 x 1080) LED-backlit IPS ComfyView
• Prosesor
Intel® Core™ i7-1355U
• Graphic Card
NVIDIA® GeForce® RTX 4060 with 8 GB of GDDR6
• RAM
16 GB LPDDR5
• Storage
512 GB SSD PCIe Gen4 NVMe
• Konektivitas
Wi-Fi 6E with MU-MIMO, Bluetooth 5.2
• Port
1 - USB 3.2 (Type-C) Gen 1 port (up to 5 Gbps) 2 - USB 3.2 Gen 1 Ports (one with Power-off Charging) 1 - USB 2.0 Port 1 - HDMI 2.0 Port with HDCP support Memory Card Reader
• Baterai
‎11 jam

Butuh laptop dengan layar bagus untuk multimedia tanpa bikin kantong kering? Acer Aspire 5 Slim menjadi solusinya. Menggunakan panel IPS dengan viewing angle yang luas menjadikannya cocok untuk menonton film, TV series, dan konten YouTube bersama teman-teman.

Akurasi warnanya pun terbilang bagus di kelasnya dengan gamut warna 72 persen NTSC pada ukuran 14 inci WUXGA yang immersive, luas, dan berpenampilan tajam. Tapi karena bukan panel TN dengan viewing angle terbatas, layar laptop ini mungkin terasa kurang cocok untuk perkantoran.

Laptop hadir dengan prosesor Intel Core generasi ke-13 yang tentunya memiliki peningkatan performa unggul dibanding generasi sebelumnya. Untuk para programmer pemula, laptop ini bisa menunjang aktivitas coding ringan dengan lancar. Untuk gamer kasual, gim ringan seperti CS:GO dan Valorant bisa meraih frame rate yang mencukupi.

Tidak itu saja, laptop keluaran 2023 ini juga diketahui punya build quality yang lebih baik dari keluaran 2022. Ini terlihat dari luas gap antara bezel dan layar yang terlalu berlebih pada model setahun sebelumnya, kini menjadi lebih rapat pada model 2023.

Pemakaian laptop juga bisa berlangsung cukup lama lantaran baterainya yang awet. Penggunaan screen time pada kecerahan 70 persen bisa berlangsung hingga 5 jam. Jika mengaktifkan mode efisiensi daya, daya tahan baterai bisa diperpanjang. Adapun charger 65 W miliknya bisa mengisi daya hingga penuh hanya dalam waktu 2 jam, dilansir dari GadgetByte.

Kendati demikian, peningkatan Acer Aspire 5 di tahun 2023 sebenarnya tidak terlalu banyak dibandingkan keluaran 2022. Sehingga kalau Anda bisa menemukan model 2022 yang harganya lebih murah, mungkin bisa dinilai sebagai bargain yang cukup menarik.

Acer Aspire 5 Slim ini adalah laptop yang cocok untuk penggunaan normal sehari-hari dengan harga terjangkau. Spesifikasinya yang balanced membuatnya cukup versatile untuk segala kebutuhan seperti mengerjakan tugas kuliah, bermain gim, menonton film, hingga melakukan aktivitas programming kecil-kecilan.

Acer Aspire 5 Slim dengan varian Intel Core i7 1355U bisa didapatkan seharga Rp12,9 jutaan pada kanal resmi di marketplace. Paket penjualan menyertakan Windows 11 Home dan MS Office Home & Student 2021, serta mencakup garansi resmi Acer Indonesia selama 1 tahun.

4. Acer Swift 14

Acer Swift 14_
• Layar
14.0"" IPS, WQXGA (QHD) 2560 x 1600
• Prosesor
Intel® Core™ i7-13700H
• Graphic Card
NVIDIA® GeForce® RTX 4060 with 8 GB of GDDR6
• RAM
16 GB of LPDDR5 Dual Channel
• Storage
1 TB SSD PCIe Gen4, NVMe
• Konektivitas
Intel Killer Wi-Fi 6E 1675i, Bluetooth 5.1
• Port
2 x Thunderbolt 4 (USB Type-C), 2 x USB Type-A, HDMI 2.1, 3.5mm headphone jack
• Baterai
Rated for 9.5 hours

Performa laptop Acer Swift 14 yang sungguh dahsyat tersembunyi di balik kemasan bodi yang begitu ramping. Meski hanya punya bobot 1,2 kg, laptop ini ditenagai dengan prosesor Intel Core i7 generasi ke-13 ("H" series) untuk kemampuan komputasi yang matang.

Layar berukuran 14 inci-nya dilengkapi dengan lapisan Gorilla Glass serta lapisan Antimicrobial Corning Gorilla Glass DX. Tak hanya tahan benturan, ini juga menjadikannya lebih kuat terhadap bakteri atau virus yang umumnya sering menempel pada permukaan bodi.

Sebagai sarana untuk mendinginkan laptop, terdapat sistem pendingin Twin Air Cooling yang mencakup dua lubang pembuangan besar di sekitar engselnya. Bahkan ketika sedang melakukan sesi gaming atau mengedit foto dalam waktu lama, sistem pendingin tetap efektif meredakan suhu berlebih dan menjaga performa tetap maksimal.

Acer Swift 14 juga diketahui punya ketahanan baterai yang luar biasa, mampu bertahan selama 10 jam pada penggunaan normal. Bahkan saat habis baterai sekalipun, charger bermuatan 100 W miliknya mampu mengisi kembali baterai dalam waktu singkat.

Apabila Anda concerned terhadap bahaya virus dan bakteri, laptop ultraportable ini adalah opsi yang tepat. Ditambah dengan display berkualitas stunning, desain bodi yang kokoh, serta dapur pacu yang kuat, Acer Swift 14 mampu melebur dalam segala jenis penggunaan dan profesi.

Namun, sejumlah skenario tertentu mungkin saja membutuhkan laptop dengan spesifikasi lebih gahar. Misalnya jika Anda seorang desainer grafis kelas profesional, laptop dengan layar OLED dan bisa disentuh tentu lebih sesuai. Terlebih untuk gamer yang ingin rasakan pengalaman terbaik, laptop dengan kartu grafis diskrit adalah opsi yang lebih tepat.

Anda bisa membeli varian Intel® Core™ i7-13700H pada Acer Swift 14 di situs resmi Acer Official Store Indonesia seharga Rp21,4 jutaan. Sudah termasuk lisensi Windows 11 Home original serta garansi resmi selama 3 tahun.

5. Acer Aspire 5 Spin 14

Acer Aspire 5 Spin 14_
• Layar
14.0" FHD IPS
• Prosesor
Intel® Core™ i5-1335U / i7 1355U
• Graphic Card
NVIDIA® GeForce® RTX 4060 with 8 GB of GDDR6
• RAM
16 GB of LPDDR5 Dual Channel
• Storage
512GB PCIe Gen4, NVMe
• Konektivitas
Killer Wi-Fi 6E, Bluetooth
• Port
1x HDMI® port 2.1 with HDCP support; 1x USB Thunderbolt 4 (Type-C); 2x USB 3.2 Gen 1 (1x with power off charging features); 1x Audio jack
• Baterai
50Wh Li-ion, Up to 14 hours

Acer Aspire 5 Spin 14 adalah salah satu laptop konvertibel 2-in-1 dari Acer. Kemampuannya dalam menekuk engsel hingga 360 derajat memungkinkan beragam pemakaian fleksibel, misalnya dalam mode laptop, mode stand, mode tenda, dan sebagai tablet.

Karena dirilis pada tahun 2023, maka jelas saja performanya sudah didukung generasi Intel Core ke-13 "Raptor Lake", memaksimalkan potensi laptop agar dapat menyelesaikan tugas secara maksimal. Selain bisa disentuh pakai jari, laptop/tablet ini juga sediakan dukungan terhadap Active Stylus 2.0 demi aktivitas desain grafis yang lebih nyaman.

Stylus ini mendukung kemiringan hingga 55 derajat untuk memudahkan seniman dalam mengarsir. Akurasi ketebalan stroke juga bisa didapatkan dengan mudah, lantaran bisa menginputkan tekanan hingga 4096 tingkatan.

Sayangnya, meski ditujukan pada desainer grafis atau seniman yang punya mobilitas tinggi, bobotnya berada di angka 1,6 kg. Menurut saya angka ini condong agak berat untuk seukuran laptop on-the-go. Kalau butuh yang lebih ringan lagi, bisa pertimbangkan opsi Ultrabook dengan bobot sedikit di atas 1 kg.

Terlepas dari itu, tetap tidak dapat dipungkiri kalau Acer Aspire 5 Spin 14 adalah laptop multi-purpose yang layak dipertimbangkan. Apalagi untuk mahasiswa jurusan seni, meminta "acc" dari dosen tentu jadi lebih mudah berkat laptop ini. Pelaku industri kreatif pun bisa mengomunikasikan hasil revisi ke klien secara lebih praktis.

Namun laptop ini tetap kurang cocok dijadikan sarana grafis tingkat tinggi lantaran tidak gunakan kartu grafis diskrit. Cukup dimaklumi, mengingat betapa sulitnya menyematkan kartu grafis ke dalam laptop yang lebih dikhususkan untuk portabilitas. Acer Aspire 5 Spin 14 tersedia dalam varian Intel Core i5 1335U seharga Rp11,6 jutaan dan Intel Core i7 1355U seharga Rp13,6 jutaan.

6. Acer Aspire 3 Spin 14

Acer Aspire 3 Spin 14_
• Layar
14.0" IPS, WUXGA 1920 x 1200, Acer ComfyView™ LED-backlit TFT LCD supporting multi-touch, 16:10 aspect ratio
• Prosesor
Intel Core i3-N305 1.80 GHz
• Graphic Card
NVIDIA® GeForce® RTX 4060 with 8 GB of GDDR6
• RAM
8 GB LPDDR5 Dual Channel memory
• Storage
512GB PCIe Gen4, NVMe
• Konektivitas
Bluetooth 5.1, 802.11 a/b/g/n/ac/ax wireless LAN 
• Port
HDMI® port 2.1 with HDCP support 1x USB Thunderbolt 4 (Type-C) USB Type-C port supporting: USB 3.2 Gen 2 (up to 10 Gbps), DisplayPort over USB-C, USB charging 5 V; 3 A, DC-in port 19 V; 45 W 2x USB 3.2 Gen 1 (1x with power off charging features)
• Baterai
3-cell Lithium Ion (Li-Ion) 40 Wh

Berbicara soal laptop konvertibel 2-in-1 memang selalu menarik, karena ragam pemakaiannya yang unik dan membuka banyak kesempatan baru. Tapi tahukah Anda bahwa tak selamanya konvertibel itu mahal?

Ya, sudah ada Acer Aspire 3 Spin 14 yang berada di rentang harga Rp8 jutaan. Tapi justru karena harganya yang murah, memang ada beberapa hal yang mesti dikorbankan. Hal pertama adalah terkena dampak adalah performa prosesornya.

Performa Intel Core i3 N3050 sebenarnya masih lebih oke dari seri Intel Pentium. Hanya saja, ia tidak sekuat mayoritas pesaingnya yang rata-rata menggunakan prosesor "U series". Kinerja laptop sendiri masih bisa mengangkat gim ringan seperti Dota pada frame rate lancar.

Imbas baik dari performa yang sederhana adalah laptop tidak cepat panas. Prosesor hanya memiliki maksimal konsumsi daya di 19 W, sehingga satu kipas pendingin yang terletak di sekitar engsel sudah terasa cukup untuk jaga suhu tetap rendah.

Meski kualitas tampilan layarnya condong biasa saja, tapi sudah berada di aspek rasio 16:10 yang ideal untuk produktivitas. Tapi untuk aktivitas kreasi konten, rasanya belum cukup. Ini karena layar hanya dukung gamut warna 65 persen sRGB.

Layar sebenarnya sudah mendukung penggunaan stylus, namun dijual secara terpisah. Untuk pengguna yang sekadar ingin merasakan pengalaman istimewa dari konvertibel 2-in-1, Acer Aspire 3 Spin 14 sudah cukup. Tapi untuk penggunaan aktivitas desain grafis berskala berat, sebaiknya pilih laptop konvertibel lain dengan prosesor lebih baik.

7. Acer Predator Helios Neo 16

Acer Predator Helios Neo 16_
• Layar
16" WQXGA (2560 x 1600), IPS, 100 % sRGB, 165 Hz
• Prosesor
Intel® Core™ i7-13700HX
• Graphic Card
NVIDIA® GeForce® RTX 4060 with 8 GB of GDDR6
• RAM
2 x 8GB DDR5 (Dual Sub Channel) 4800 MHz, maksimal up to 32 GB
• Storage
1 TB SSD NVMe Gen 4
• Konektivitas
Intel Killer Wi-Fi6E & Bluetooth® 5.2
• Port
- 3 USB Type A - 2 USB Type C Thunderbolt - 1 HDMI Port - 1 LAN Port RJ45 (Intel Killer E2600) - 1 Audio Combo Jack
• Baterai
Integrated

Acer punya seri laptop gaming di kelas high end bernama Acer Predator. Pada 2023, perusahaan merilis Acer Helios Neo 16 yang merupakan desain ulang dari Predator Helios 300.

Salah satu ciri khas yang membedakan Acer Predator Helios Neo dengan Predator Helios biasa adalah harganya yang lebih terjangkau. Kemampuan performa dan spesifikasi varian tertingginya juga condong lebih rendah.

Selain itu, ukuran dan bobot Acer Predator Helios Neo 16 sedikit lebih tinggi dibandingkan yang biasa. Laptop ini diketahui punya bobot 2,6 kg jika tidak dihitung charger, dan mencapai hingga 3,8 kg bersama dengan charger.

Desain bodi laptop ini juga alami sejumlah perubahan. Kini tidak lagi menawarkan aksen-aksen visual yang gaming banget. Alih-alih hal tersebut, kini lampu RGB di belakang dihilangkan sehingga membuat logo tidak tampak terlalu menonjol.

Yang menjadi cukup unik, keyboard-nya menawarkan layout yang cukup nyaman untuk mengetik dan bermain gim. Anda disuguhkan tombol panah dengan ukuran yang full, serta dihadirkan juga dengan NumberPad. Sejumlah gim seperti GTA V membutuhkan keyboard seperti ini agar bisa mengendarai pesawat dan helikopter.

Akan tetapi, sebagian orang mungkin tidak akan nyaman dengan tombol shift kanan yang lebih kecil dari laptop kebanyakan.

Penggunaan RTX 4060 dengan daya 140 W di laptop ini memungkinkan penggunaan NVIDIA DLSS 3, memanfaatkan AI untuk menambah performa frame rate untuk pengalaman gaming yang lebih lancar. Adapun pada teknologi ray tracing-nya dapat menyimulasikan efek cahaya natural seperti di dunia nyata.

Karena ini laptop gaming, tentu sistem pendinginannya sudah dirancang secara efektif. Terdiri dari empat buah heat sink dan dual fan, laptop mampu mengurangi kemungkinan throttling saat bermain gim. Tersedia juga kipas tambahan yang berputar pada kecepatan 5000 rpm dengan kebisingan di bawah 50 desibel.

Sebagai laptop gaming, Acer Predator Helios Neo 16 layak dinobatkan sebagai salah satu yang terbaik di harga Rp20 jutaan. Fitur-fitur pengoptimalan performanya begitu lengkap, dengan sistem pendinginan mutakhir untuk sesi permainan panjang yang lebih optimal.

Desain bodinya yang lebih low profile juga kemungkinan lebih disukai banyak orang. Ditambah, build quality-nya begitu premium dan kokoh berkat bahan polimer yang dirancang dengan rapi. Untuk Anda yang menginginkan performa super tinggi pada sebuah laptop, pilihan bisa jatuh kepada Acer Predator Helios Neo 16.

Tapi untuk yang butuh laptop ultraportable tampaknya kurang cocok, karena bobotnya mencapai 2,5 kg. Efisiensi daya laptop ini juga tidak begitu baik jika dibandingkan dengan sejumlah laptop pesaingnya.

8. Acer Predator Helios 16/18

ACER PREDATOR HELIOS 500 PH517-52-94AB
• Layar
18" WQXGA (500nits) 240Hz, DCI-P3 100%
• Prosesor
Intel® Core™ i9-13900HX
• Graphic Card
NVIDIA® GeForce® RTX 4060 with 8 GB of GDDR6
• RAM
32GB (2x16) GB of DDR5 5600Mhz system memory, bisa di-upgrade ke 32 GB menggunakan 4 slot  soDIMM 
• Storage
1 TB SSD NVMe Gen 4
• Konektivitas
IEEE 802.11 a/b/g/n/ac/ax + Bluetooth 5.1 atau di atasnya
• Port
USB Type-C port:USB 3.2 Gen 2 (up to 10 Gbps), DisplayPort over USB-C, Thunderbolt 4, USB charging 5 V; 3 A, DC-in port 20 V; 65 W, RJ45, HDMI
• Baterai
90 Whr

Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Acer Predator Helios jika mencari laptop berkinerja tinggi dan memiliki dana sultan. Pasalnya, laptop ini memang berada di rentang harga Rp57 jutaan. Tapi jangan salah, seluruh spesifikasi dan fiturnya memang sudah sesuai dengan harganya.

Keberadaan grafis RTX 4080 bukan fakta yang bisa dianggap remeh. Ini adalah seri tertinggi pada generasi NVIDIA RTX di tahun 2023. Bisa dibilang, nyaris tidak akan ada laptop gaming lain yang punya performa setinggi Acer Predator Helios.

Beberapa gim AAA dengan kebutuhan grafis kencang bisa dimainkan tanpa lagging, seperti Forza Horizon 5 yang bisa mencapai 80 FPS pada pengaturan Extreme Graphics. Laptop ini bisa digunakan untuk melebihi batas kemampuan grafis dengan memanfaatkan DLSS 3 dan G-Sync.

Acer Predator Helios dikemas dengan sistem pendinginan yang berperforma baik. Terdapat dua buah kipas AeroBlade generasi ke-5 yang bisa dikontrol secara individu ataupun otomatis. Digabungkan dengan vector heat pipe dan carian metal thermal grease, ampuh mendinginkan suhu laptop meski sedang memainkan gim terberat sekalipun.

Laptop ini tersedia dalam ukuran layar 16 inci dan 18 inci, menggunakan panel Mini LED display dengan kontras rasio tinggi serta tingkat kecerahan yang memanjakan mata. Tidak tanggung-tanggung, layar juga mendukung salah satu tingkatan refresh rate paling tinggi di industri laptop yaitu 240 Hz.

Ini adalah laptop yang cocok jika Anda tidak mempermasalahkan biaya. Yang penting bisa mendapatkan performa top of the line pada sebuah laptop gaming dengan pengalaman maksimal.

Namun, sebenarnya jika hanya ingin merasakan performa baik di gim AAA, masih banyak laptop terjangkau yang sudah dapat mewujudkannya. Salah satunya adalah Acer Predator Helios Neo.

9. Acer Swift X 14

Acer Swift X SFX14-41G
• Layar
14.5 inch 2,8 OLED 100% SRGB 120Hz
• Prosesor
13th Gen Intel® Core™ i7-13700H
• Graphic Card
NVIDIA® GeForce® RTX 4060 with 8 GB of GDDR6
• RAM
16GB/ 32GB LPDDR5 RAM
• Storage
512PCIe SSD / 1TB SSD
• Konektivitas
Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2
• Port
HDMI® port 2.1 with HDCP support 2x Thunderbolt 4™ (Type-C) 1x USB 3.2 Gen 1 (with power off charging features) 1x USB 3.2 Gen 1
• Baterai
90 Whr

Tidak selamanya laptop gaming harus menawarkan performa tingkat tinggi sembari mengorbankan banyak hal lain. Kadang, seorang gamer ini merasakan keseimbangan antara performa dan portabilitas. Di sinilah Acer Swift X 14 hadir.

Dengan bobot yang tidak lebih dari 1,9 kg dan ketebalan 18 mm, Anda sudah bisa merasakan rasio performa-ke-harga yang begitu tinggi di angka Rp22,9 jutaan. Desainnya yang sleek, ramping, dan elegan dikemas dalam bahan material bodi aluminum untuk berikan kesan mewah dan mahal.

Penggunaan sehari-hari juga begitu dipermudah dengan engsel laptop yang bisa dibuka pakai satu tangan, serta mampu menyala dalam hitungan 4-5 detik dari mode sleep.

Salah satu key highlight dari laptop ultrabook ini adalah kualitas layarnya yang mengesankan. Menggunakan panel OLED pada aspek rasio 16:10, bekerja pun jadi lebih nyaman karena work area yang lebih luas. Layar juga sudah tersertifikasi VESA DisplayHDR 500 untuk menjamin rentang dinamis luas pada gim dan film.

YouTuber bernama Hubwood mengatakan, akurasi warna pada layar nyaris mendekati sempurna. Ini tidak hanya membuatnya cocok untuk gaming melainkan kreasi konten profesional juga. Diketahui, layar mencapai kecerahan hingga 500 nit sehingga tetap layak meski dipakai di luar ruangan.

Di luar dari semua itu, ada satu kelemahan yang cukup disayangkan. Yakni, tingkat kebisingan laptop yang cukup tinggi. Bahkan ketika laptop sedang idle, kipas tetap menyala sehingga mengeluarkan bunyi yang tidak diperlukan.

Pada intinya sih jika membutuhkan laptop gaming/desain dengan akurasi warna layar OLED memukau, sekaligus mudah dibawa bepergian, Acer Swift X 14 adalah kandidat yang sulit ditandingi.

10. Acer Aspire 3

Acer Aspire 3 a414
• Layar
14" HD 1366 x 768 resolution Acer ComfyView™
• Prosesor
Intel Core i3-N305
• Graphic Card
NVIDIA® GeForce® RTX 4060 with 8 GB of GDDR6
• RAM
8 GB LPDDR5 Dual Channel
• Storage
512 GB SSD NVMe Gen4
• Konektivitas
802.11a/b/g/n/ac wireless LAN, Bluetooth® 5.0 
• Port
2x USB 3.2 Gen 1 1x USB Type-C (Full Function : DC-In, Charge, Data, Display) RJ-45 port HDMI® port 2.0 with HDCP support
• Baterai
Lithium polymer 2 cell 4810 mAh

Bagi yang perlu laptop di kelas entry-level dengan performa unggul, Acer Aspire 3 bisa jadi pilihan yang tepat. Laptop ini dikemas dengan prosesor Intel Core 13-N305 yang tergolong baru di tahun 2023. Secara perbandingan, ia lebih kuat dibanding laptop Intel Core Pentium tapi masih kurang unggul dibanding "U" series pada generasi ke-13.

Desain laptop tidak begitu mencolok, tidak ada aksen visual gaming ataupun bentuk bodi yang unik di laptop ini. Chassis laptop dilapisi dengan finishing berwarna metal serta bezel tipis di layarnya.

Panel layar gunakan IPS LCD berukuran 14 inci HD dengan viewing angle yang luas. Dibalut dengan Acer ComfyView™, layar bisa berikan tampilan visual yang enak di mata tanpa memberikan efek pantulan cahaya. Fitur tersebut juga meningkatkan kontras, ketajaman, dan reproduksi warna.

Acer melepas produk ini ke pasaran di harga Rp6,4 jutaan, sudah termasuk lisensi MS Office 2021 dan Windows 11 Home gratis di dalamnya. Pengguna juga diberikan jaminan garansi resmi Acer Indonesia selama 3 tahun.

Diantara deretan laptop Acer tersebut, manakah yang paling menarik dan cocok untuk Anda para pembaca? Yuk, tulis di komentar!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram