20 Laptop Lenovo Terbaru di Indonesia (September 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Lenovo merupakan salah satu produsen laptop terbesar di Indonesia. Merek yang satu ini terkenal dengan kualitas produk mereka yang baik secara durabilitas. Terlebih karena Lenovo memiliki lini merek ThinkPad yang terkenal dengan keawetannya.

Bukan hanya ThinkPad, Lenovo juga memiliki berbagai lini produk laptop. Ada laptop Lenovo termurah dari seri Lenovo dan Ideapad, ada juga seri yang lebih premium seperti ThinkBook dan Yoga.

Lantas, ada apa sajakah laptop Lenovo terbaru yang ada di pasaran? Untuk menjawabnya, silakan simak langsung daftarnya berikut ini.

1. Yoga Slim 7i Pro X

Yoga Slim 7i Pro X_
  • Layar: 14.5″ 3K (3072 x 1920) PureSight IPS, 400 nits
  • Processor: Hingga 12th Gen Intel® Core™ i7-12700H
  • Graphic Card: Integrated Intel® Iris® Xe Graphics / NVIDIA® GeForce RTX™ 3050 4G GDDR6 VRAM / NVIDIA® GeForce® GTX 1650 4G GDDR6 VRAM
  • RAM: Hingga 32GB LPDDR5 6000MHz
  • Storage: Hingga 1TB PCIe SSD Gen 4
  • Optical Drive: -
  • Konektivitas: WiFi 6E/6, Bluetooth 5.1
  • Port: 2 x Intel® Thunderbolt™ 4 (DisplayPort™ 1.4, power delivery, 40Gps data transfer), HDMI 2.0, USB-A 3.2 Gen 1, Headphone / mic combo
  • Baterai: 70 Whr

Lenovo Yoga Slim 7i Pro X merupakan laptop high-end yang ditujukan untuk gamer, kreasi konten, desainer grafis, dan segala profesi atau kegandrungan lain yang membutuhkan performa grafis kencang.

Dengan balutan opsi grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3050 dan Intel Core i7 Gen 12, tak terbilang lagi betapa dahsyat performa yang dikerahkannya. Baik untuk mencapai frame rate tinggi di pengaturan gim mentok kanan, rendering model 3D, maupun pengeditan video kelas berat.

Untuk menunjang aktivitas grafis, layarnya pun sudah dibuat sedemikian rupa agar warna yang ditampilkan jadi seakurat mungkin. Hadirkan resolusi 3K, tidak ada lagi penampakkan buram - semua yang ada di layar akan dijajakan secara tajam dan memanjakan mata.

Bahkan, layar sudah mendukung kalibrasi perangkat Delta E < 1 dan gamut warna sRGB 100% untuk akurasi warna terbaik kelas dunia. Untuk kian tingkatkan pengalaman gaming, tersedia juga refresh rate 120 Hz agar pergerakkan di layar semakin mulus.

Bukan itu saja, mata pengguna akan semakin dibuat nyaman tanpa lelah berkat adanya sertifikasi TUV Rheinland agar emisi cahaya biru bisa diminimalisir.

Mau dipakai menonton film blueray? Layar hasil racikan Dolby Vision dan suara stereo speaker dari Dolby Atmos akan hadirkan pengalaman sinematis terbaik selayaknya di bioskop.

Pengguna yang berniat lakukan hal-hal produktif pada laptop juga tidak perlu lelah meng-scroll-scroll sekadar agar semua tampilan terlihat dalam sekali waktu. Pasalnya, aspek rasio yang diusung layar adalah 16:10, sehingga work area dapat terlihat lebih luas dibandingkan mayoritas laptop lain.

Konektivitas laptop ini juga sudah dikemas dengan yang terbaik. Ia mencakup WiFi 6E (khusus Windows 11 Pro), Bluetooth 5.1, dua buah port Thunderport 4 untuk dipasangkan ke monitor eksternal, dan masih banyak lagi.

Sudah bukan rahasia lagi, Lenovo Yoga Slim 7i Pro X adalah laptop yang pas untuk aktivitas grafis manapun, tanpa membebani penggunanya dengan lag atau stutter.

2. Yoga Slim 7i Carbon

Yoga Slim 7i Carbon_
  • Layar: 13.3″ 2.5K (2560 x 1600) PureSight IPS, 400 nits, 16:10 aspect ratio
  • Processor: Hingga 12th Gen Intel® Core™ i7-1260P
  • Graphic Card: Integrated Intel® Iris® Xe
  • RAM: Hingga 16GB 4800MHz dual channel
  • Storage: Hingga 1TB SSD PCIe M.2
  • Optical Drive: -
  • Konektivitas: WiFi 6E/6, BT 5.1
  • Port: Intel® Thunderbolt™ 4 (DisplayPort™ 1.4, power delivery, 40Gps data transfer), USB-C 3.2 Gen 2 (DisplayPort™ 1.4, power delivery, 20Gbps data transfer)
  • Baterai: 50 Whr

Kini saat aktivitas masyarakat sudah mulai mobile setelah pandemi, tentu semakin dibutuhkan laptop untuk bekerja yang mudah dibawa ke mana saja.

Yoga Slim 7i Carbon mengisi kekosongan tersebut lantaran hadir dengan bobot kurang dari 1 kg. Tapi, spesifikasinya tetap dibuat canggih agar tidak kalah dengan laptop lain yang bongsor.

Ketahanan bodi juga jadi salah satu nilai jual pada laptop ini. Soalnya, Lenovo menggunakan bahan serat karbon dengan ketahanan tinggi pada cover atasnya. Hal ini dapat meningkatkan daya tahan sekaligus mengurangi bobot materialnya hingga mencapai 40%.

Tidak sekadar ringan dan kokoh, Yoga Slim 7i Carbon dirancang agar dapat membuat memukau siapapun yang melihatnya. Bagaimana tidak? Laptop dengan profil setipis 14,9 mm ini diselimuti dengan finishing berwarna putih susu yang dinamakan Moon White. Teramat tampak anggun.

Warnanya yang putih dan nyaris polos ini tidak lantas jadikannya rentan terhadap noda sidik jari. Sudah terlapis tambahan coating anti sidik jari agar bodi senantiasa terlihat baru setiap saat. Selain warna putih, hadir juga varian warna lain yakni Storm Grey dan Cloud Grey.

Untuk semakin mempertegas ketahahanan bodinya, Lenovo juga membenamkan sertifikasi lolos uji militer. Ini guna membuat laptop tahan terhadap debu, kelembaban, suhu ekstrim, dan lain-lainnya. Bahkan, sudah lolos uji kejatuhan dari ketinggian 76 cm.

Adapun kelebihan-kelebihan lainnya pun cukup beragam. Misalnya saja dari sisi layar, gunakan resolusi 2.5K untuk ketajaman maksimal, serta mengusung gamut warna sRGB 100% dan pengoptimalan Delta E<1. Di kala bermain gim, refresh rate 90 Hz turut hadir dalam peningkatan imersi.

Kemampuan baterainya juga terbilang cukup handal dalam menemani keseharian penggunanya. Dengan kapasitas 50 Whr, laptop bisa bertahan hingga 10 jam penggunaan (Mobile Mark 18), atau hingga 13,5 jam untuk pemutaran video playback lokal.

Sayangnya, laptop ini punya konektivitas port yang cukup minim. Kendati hadir dengan antarmuka Thunderbolt 4, laptop ini hanya suguhkan dua port USB-C. Tidak ada USB-A, port audio jack, maupun card reader.

Kalau Anda butuh laptop desain/gaming yang berpenampilan estetis sekaligus tahan segala medan, Slim 7i Carbon jadi salah satu kandidat terbaik yang sulit ditolak.

3. Lenovo Legion 5 2022 (15ARH7H)

Lenovo Legion 5 2022 (15ARH7H)_
  • Layar: IPS LCD dengan LED backlight 15,6 inci resolusi WQHD 2560 x 1440 piksel
  • Processor: AMD Ryzen 7 6800H
  • Graphic Card: AMD Radeon 680M iGPU dan Nvidia GeForce RTX 3060 VRAM 6GB GDDR6
  • RAM: 16GB (2x 8GB) DDR5 4800MHz dual-channel
  • Storage: SSD M.2 2280 TLC 512GB PCIe 4.0 x4 NVMe
  • Optical Drive: -
  • Konektivitas: WiFi 6 802.11ax 2x2, Gb LAN (RJ 45), Bluetooth 5.2 Combo
  • Port: Port USB 3.2 Gen1, Port USB 3.2 Gen2 Type-C (support data transfer and DisplayPort 1.4), Port USB 3.2 Gen2 Type-C (support data transfer, Power Delivery, dan DisplayPort 1.4), Port HDMI 2.0, card reader, port combo audio
  • Baterai: 80WHr, 4-Cell 

Kini, cukup banyak gim populer yang membutuhkan pengolah grafis kuat untuk dimainkan. Agar dapat bermain di mana saja dan kapan saja tanpa terkendala lag, Anda bisa gunakan Lenovo Legion 5 15ARH7H yang bertenaga.

Kekuatan dapur pacunya bersumber pada kartu grafis terintegrasi AMD Radeon 680 M, serta tambahan VGA diskrit berupa NVIDIA GeForce RTX 3060. Selain dapat memainkan gim populer pada grafis mentok kanan, VGA NVIDIA tersebut menyediakan opsi ray tracing secara real time agar permainan lebih imersif.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram