carisinyal web banner retina

10 Laptop Huawei Terbaru di Indonesia Tahun 2024

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Huawei kondang dengan produk smartphone dan infrastruktur jaringan telekomunikasinya. Melalui dua lini produknya itu, Huawei meraih kesuksesan dan popularitas. Saat dunia tengah memasuki era Internet of Things (IoT), Huawei berupaya untuk menambah jenis perangkat yang bisa mendukung produktivitas.

Maka pada 2016, Huawei mencoba peruntungannya pada pasar yang belum pernah mereka jajaki, yaitu komputer laptop. Debut Huawei di pasar laptop pun ditandai dengan kemunculan Huawei MateBook generasi pertama. Sejak saat itu, laptop bikinan Huawei dikenal mempunyai beberapa daya tarik.

Daya tarik itu seperti desain yang elegan, performa mumpuni, dan keberadaan fitur-fitur inovatif. Sebagai contoh, Huawei memperkenalkan fitur pemindai sidik jari pada tombol power. Fitur itu ada pada MateBook X yang dirilis tahun 2017.

Adanya fitur inovatif seperti itu membuat Huawei mampu mencuri perhatian konsumen, sekaligus tetap eksis di tengah persaingan ketat antarmerek. Ada banyak model laptop yang sudah dirilis Huawei. Namun, Carisinyal hanya akan menyajikan yang terbaru dalam daftar berikut ini.

1. HUAWEI MateBook D14 2023 (12th Gen i5)

HUAWEI MateBook D14 12th Gen i5_
• Layar
14 inci IPS LCD 1920 x 1200
• Prosesor
Intel® Core™ i5-1240P
• Graphic Card
Intel® Iris® Xe Graphics
• RAM
8 GB LPDDR4X
• Storage
512 GB NVMe PCIe SSD
• Konektivitas
IEEE 802.11a/b/g/n/ac/ax,160 MHz 2.4 GHz and 5 GHz 2×2 MIMO WPA/WPA2/WPA3, Bluetooth 5.1
• Port
USB-C 3.2 Gen 1 × 1 (pertama di sebelah kiri, layar pendukung, transmisi data, dan catu daya eksternal 10 W (5V/2A)) USB-A 3.2 Gen 1 × 1 (kedua di sebelah kiri, menduku ng transmisi data dan catu daya eksternal 10 W (5V/2A)) USB-A 2.0 × 1 (di sebelah kanan, mendukung transmisi data dan catu daya eksternal 7,5W (5V/1,5A)) HDMI × 1 Headset dan mikrofon 3,5 mm Jack 2-in-1 × 1
• Baterai
56 Whr

Produktivitas semakin lancar dengan laptop berkualitas dari HUAWEI. Lengkap dengan layar yang mengusung aspek rasio 16:10, seri Huawei MateBook D14 mampu menampilkan konten secara lebih luas pada satu tatapan layar.

Tampilan tersebut punya ukuran 11,1 persen lebih besar dari laptop lain dengan aspek rasio 16:9 konvensional. Dilengkapi dengan rasio screen-to-body hingga 90 persen, memastikan laptop memiliki sisi imersi optimal pada bingkai bodi yang ringkas.

Ini merupakan laptop yang cocok untuk kebutuhan multi-tasking, dikemas dengan fitur HUAWEI Visions sehingga dapat terhubung dengan perangkat lain. Baik itu earphone, tablet, monitor, hingga smartphone, semua bisa terhubung hanya dalam beberapa langkah sederhana.

Untuk Anda yang memiliki serangkaian ekosistem produk dari HUAWEI pastinya akan merasakan kemudahan berlebih. Apalagi fitur SuperHub-nya memungkinkan perpindahan data secara wireless dengan cara drag and drop.

Dan meski pengguna tidak memiliki ekosistem HUAWEI, pastinya tetap bisa merasakan benefit dari laptop ini. HUAWEI MateBook D14 menyuguhkan fitur penggunaan yang layak menunjang produktivitas harian, seperti desain full metal yang ringan, performa Intel Core i5 1240P yang kencang, hingga Smart Conference untuk meningkatkan pengalaman online meeting.

Laptop ini cocok dimiliki oleh pelajar, mahasiswa, dan pekerja yang membutuhkan laptop produktivitas ber-value tinggi. Baik untuk mengetik Office, browsing, hingga aktivitas multimedia, semua akan terasa maksimal berkat spesifikasi mewah yang ditawarkan.

Tapi sayangnya, laptop di kisaran harga Rp10 jutaan ini akan terasa fall flat untuk mereka yang mencari performa grafis tingkat tinggi. Intel Iris Xe Graphics di laptop ini punya performa setara dengan GPU diskrit entry-level, tapi belum layak untuk memainkan gim pada tingkatan grafis maksimal.

2. HUAWEI MateBook D15 AMD R7 

HUAWEI MateBook D15 AMD R7_
• Layar
15.6" IPS,1920x1080, 250nits, Screen-to-body Ratio: 87%, 45% NTSC colour gamut
• Prosesor
AMD Ryzen 7 5700U
• Graphic Card
AMD Radeon Graphics
• RAM
8GB DDR4
• Storage
512GB NVMe PCIe SSD
• Konektivitas
Wi-Fi: IEEE 802.11a/b/g/n/ac Bluetooth 
• Port
2x USB 2.0, 3.5 mm mic & jack headphone combo, 1x USB-C 1x USB 3.2 Gen 1, HDMI
• Baterai
56 Whr

Dengan bodinya yang sleek dan premium, HUAWEI MateBook D15 AMD R7 siap untuk menyelesaikan semua urusan Anda sekalipun harus sering bepergian. Bobotnya yang tidak melebihi dari 1,63 kg sungguh cocok untuk muda-mudi yang punya mobilitas tinggi.

Panel layarnya mengusung jenis IPS LCD dengan viewing angle luas sehingga bisa meningkatkan pengalaman menonton secara keseluruhan. Dibalut dengan sertifikasi TUV Rheinland Low Blue Light dan flicker-free, layar ini pas untuk diajak binge-watching atau bekerja dalam waktu lama tanpa membuat mata lelah.

Agar bisa langsung menghantarkan pengguna ke antarmuka laptop, terdapat sensor keamanan fingerprint scanner yang menyatu dengan tombol power. Bekerja secara intens juga tidak akan menimbulkan masalah berkat performa AMD Ryzen 7 5000 series yang bisa diandalkan, ditambah dengan sistem pendingin efektif menggunakan desain kipas sirip hiu setebal 0,2 mm.

Satu catatan penting, layar di laptop ini masih bekerja dalam aspek rasio konvensional 16:9. Ia tidak sajikan 16:10 untuk pengalaman bekerja yang lebih smooth. Rasakan percepatan workflow yang luar biasa dengan performa terpercaya, ketahanan baterai maksimal, hingga portabilitas tingkat tinggi.

3. HUAWEI MateBook D15 11th Gen i5

HUAWEI MateBook D15
• Layar
15,6 inci IPS 1920 x 1080
• Prosesor
Intel® Core™ i5-1155G7
• Graphic Card
Intel® Iris® Xe Graphics
• RAM
8 GB DDR4 3.200MHz Dual Channel
• Storage
512 GB NVMe PCle SSD
• Konektivitas
IEEE 802.11a/b/g/n/ac/ax,160MHz Bluetooth 5.1
• Port
USB 3.2 Gen1 x1, USB 2.0 x2, USB-C x1, HDMI x1, 3,5 mm headset and microphone 2-in-1 jack x1
• Baterai
42Wh (rated capacity)

Menggunakan prosesor Intel Core i5 generasi ke-11, HUAWEI MateBook D15 ini mungkin tidak sebaik seri lain dari segi performa. Akan tetapi, laptop ini cocok untuk siapa pun yang rela mengorbankan sedikit performa untuk dapatkan harga lebih terjangkau.

HUAWEI MateBook D15 merupakan laptop yang menonjolkan sisi desain aesthetic yang kompak dan ringkas. Bahkan bezel di layarnya dibuat setipis mungkin hingga 5,3 mm, baik di sisi atas, kiri, kanan, maupun bawah. Alhasil, layar bisa mencapai screen to body ratio yang unggul di kisaran 87 persen.

Menyenangkannya lagi, layar memiliki reproduksi warna cukup baik untuk melakukan pengeditan gambar di kelasnya. Performanya masih tergolong oke untuk laptop consumer di harga Rp7,7 jutaan. Kemampuan grafisnya masih bisa mengangkat gim ringan seperti Dota dan CS:GO, dan Valorant tanpa masalah.

Keyboard pada HUAWEI MateBook D15 juga menawarkan key travel yang cukup dangkal namun memiliki akurasi yang tinggi untuk menghindari typo. Anda pun tidak akan menemukan webcam di atas layar, karena disembunyikan di antara keycap dan hanya "terangkat" saat digunakan. Bagi Anda yang conscious terhadap privasi (seperti remote worker), fitur unik ini layak diapresiasi.

Sejumlah fitur penting seperti HUAWEI Share dan Multiscreen Collaboration sangat berguna untuk mempercepat proses transfer data antar perangkat. Sebagai informasi, HUAWEI memang memiliki emphasis lebih terhadap integrasi ekosistem yang baik untuk menunjang gaya hidup smart home.

4. HUAWEI MateBook D 16

Huawei_MateBook_D_16_
• Layar
16 inci IPS 16:10 1920 x 1200
• Prosesor
12ᵗʰ Gen Intel® Core™ i5-12450H / 12ᵗʰ Gen Intel® Core™ i5-12500H / 12ᵗʰ Gen Intel® Core™ i7-12700H 
• Graphic Card
Intel® UHD Graphics / Intel® Iris® Xᵉ Graphics
• RAM
8 GB / 16 GB
• Storage
512 GB NVMe PCIe SSD
• Konektivitas
IEEE 802.11a/b/g/n/ac/ax BT 5.1
• Port
Tulis jenis port di sini
• Baterai
Tulis jenis baterai di sini

Jangan lewatkan pengalaman multimedia yang unik pada layar besar. Dengan HUAWEI MateBook D 16, aktivitas menonton ramai-ramai dipastikan jadi maksimal. Layar laptop mengusung panel IPS dengan viewing angle seluas 178 derajat, cocok untuk multimedia tapi kurang baik dalam menjaga kerahasiaan isi layar saat bekerja di tempat umum.

Berkat gamut warnanya yang mendukung sRGB 100 persen, YouTuber dan desainer grafis bisa melakukan pekerjaan lebih baik saat menyesuaikan akurasi warna ketika editing. Anda juga akan terselamatkan dari kegiatan scrolling berlebih saat browsing dan bekerja. Ini karena layar mendukung golden aspect ratio 16:10 yang menampilkan ruang kerja lebih luas.

Tata letak papan ketik menawarkan keypad numeric untuk berikan pengalaman mengetik angka yang lebih cepat dan praktis. Pengguna juga tidak akan merasa lelah mengetik dalam waktu lama, karena keyboard diusung dengan travel key 1,5 mm yang nyaman. Adanya backlight pada beberapa tingkatan yang bisa disesuaikan, membuat bekerja di malam hari jadi menyenangkan.

Salah satu fitur unik yang nyaris tidak dapat tersaingi oleh perangkat lain adalah kemampuan integrasi laptop dengan perangkat HUAWEI lain. Misalnya saat menggunakan smartphone dari HUAWEI, Anda bisa mengontrol laptop dari kejauhan (mirror mode).

Tidak dapat dipungkiri, HUAWEI MatePad D 16 adalah salah satu laptop idaman di harga Rp13 jutaan yang kaya akan fitur, punya layar memukau, serta performa yang tidak kaleng-kaleng. Cocok untuk pekerja atau mahasiswa dari kalangan mana pun.

5. HUAWEI MateBook X Pro i7 12th Gen

Huawei MateBook X Pro 2022 cover
• Layar
14,2 inci LTPS 3120 x 2080
• Prosesor
Intel® Core™ i7-1260P
• Graphic Card
Intel® Iris® Xe Graphics
• RAM
16 GB LPDDR5
• Storage
1 TB NVMe PCIe SSD
• Konektivitas
IEEE 802.11a/b/g/n/ac/ax BT 5.2
• Port
Thunderbolt™ 4 x 2 (Left) USB-C x 2 (Right) 3.5 mm headset and microphone 2-in-1 jack x 1
• Baterai
60 Whr

Bagi pengguna yang berkutat di dunia pengeditan film dan video, alangkah baiknya menggunakan laptop dengan aspek rasio yang luas. Ini untuk memastikan layar bisa menampilkan lebih banyak konten dalam satu tampilan. Nah, salah satu laptop dengan aspek rasio 3:2 adalah HUAWEI MateBook X Pro.

Sebagai informasi, laptop kebanyakan hanya mengusung aspek rasio 16:9. Beberapa sudah pakai 16:10 yang lebih luas, tapi belum menyaingi ukuran tinggi dari aspek rasio 3:2. Agar bisa berikan pergerakan layar mulus saat bermain gim, laptop dikemas dengan refresh rate 90 Hz.

Pengguna bahkan bisa mengganti antara mode 90 Hz dan 60 Hz dengan hanya menekan tombol Fn + R. Mengusung teknologi HUAWEI Real Colour FullVIew Display, laptop menjanjikan reproduksi warna yang akurat dan konsisten di antara semua perangkat lainnya seperti ponsel dan tablet.

Laptop menghadirkan sistem pendingin efektif yang mencakup dual shark fin fans, modul pembuangan panas ruang uap (vapor chamber), serta asupan udara tiga jalur. Semua bahu membahu membantu pengguna melakukan aktivitas berat dalam waktu lama tanpa overheating.

Spesifikasinya sungguh mendukung untuk gim berat. Namun, pengguna tidak akan dapat merasakan performa setinggi langit saat berada di max setting, lantaran tidak adanya kartu grafis diskrit. Untuk para profesional di bidang video editing, pengembang software, atau desain grafis, HUAWEI MateBook X Pro di harga Rp32 jutaan ini tidak akan mengecewakan.

6. HUAWEI MateBook 14s

HUAWEI Matebook 14s cover
• Layar
14,2 inci LTPS LCD  2520 x 1680
• Prosesor
Intel Core i7-11370H
• Graphic Card
Intel Iris Xe
• RAM
16 GB
• Storage
1 TB SSD
• Konektivitas
Wi-Fi 6 (802.11ax)  Bluetooth 5.1
• Port
USB 3.2 Gen 1 x 1, USB Type-C 3.2 Gen 2 x1 Thunderbolt 4 x 1
• Baterai
60 Whr

HUAWEI MateBook 14s memiliki serangkaian spesifikasi mewah yang bisa dimanfaatkan untuk pekerjaan berat. Keistimewaan laptop ini tentu terletak pada performanya, kini menggunakan prosesor Intel Core seri "H" yang punya performa melebihi "U" series.

Integrasi dengan perangkat HUAWEI lain menjadi daya tarik utama yang bisa memikat hubungan ekosistem pengguna. Memiliki kualitas suara speaker yang top notch, digabungkan dengan kondisi layar touchscreen yang prima turut menjadikannya perangkat hiburan yang memadai.

Secara hierarkinya, seri 14s ini berada di atas HUAWEI MateBook 14 tapi masih di bawah HUAWEI MateBook X Pro. Laptop ini tidak dimaksudkan untuk gaming berat karena tidak memiliki GPU terdedikasi di dalamnya.

Untuk Anda yang mencari laptop powerful untuk keperluan konsumsi konten, gaming tipis-tipis, hingga produktivitas, salah satu opsi terbaiknya jatuh kepada HUAWEI MateBook 14s.

Laptop seharga Rp21,9 jutaan ini dipenuhi dengan beraga kelebihan lain, seperti port Thunderbolt 4 untuk kemudahan multi-monitor, jalan pintas untuk software pengubah suara jadi teks, hingga fitur biometrika seperti pemindai sidik jari dan Windows Hello.

7. HUAWEI MateBook D14 11th Gen i5

Huawei matebook d14 dan matebook d15
• Layar
14-inch IPS Full HD 1920x1080, 45% NTSC, 250nits
• Prosesor
Intel® Core™ i5-1135G7
• Graphic Card
Intel® Iris® Xe Graphics
• RAM
8GB LPDDR4 3200MHz Dual-channel Memory
• Storage
512GB NVMe PCIe SSD
• Konektivitas
- Intel® Wi-Fi 6 - Bluetooth 5.1
• Port
USB-A 3.0 x 1 USB-A 2.0 x 1 USB-C x 1 HDMI x 1 3,5 mm headset dan mikrofon 2-in-1 jack x 1
• Baterai
56Wh Battery

Sebagai salah satu laptop HUAWEI keluaran terbaru, HUAWEI MateBook D14 yang satu ini menawarkan value tinggi pada keseluruhan aspek tanpa bikin boncos. Ya, cukup bayarkan Rp7,9 jutaan saja, laptop yang dibekali bodi aluminium ini sudah bisa dibawa pulang.

Perangkat dikemas dengan layar 14 inci IPS LCD yang minim bezel di seluruh sisinya. Karena punya sudut penglihatan yang luas, laptop bisa dijadikan sarana menonton saat mengadakan pesta maraton film kecil-kecilan.

Resolusinya condong standar di Full HD 1080p, tapi sudah dapat berikan ketajaman yang memanjakan mata. Yang disayangkan adalah gamut warnanya, hanya mencakup 45 persen NTSC. Jadi kalau mengacu soal warna, layar laptop ini tidak akan memberikan akurasi terbaik.

Kendati masih pakai Intel Core generasi ke-11, laptop HUAWEI keluaran tahun 2021 ini menggunakan varian "G7" series. Ini artinya, laptop bisa digunakan untuk bermain gim dengan nyaman. Sejumlah gim populer seperti GTA V bisa dimainkan dengan frame rate stabil tanpa patah-patah di pengaturan 720p Normal.

Fitur-fitur unik turut dihadirkan demi meningkatkan daya tarik laptop, seperti konektivitas yang lengkap, dual stereo speaker dengan hasil suara yang bisa mengimbangi laptop premium, webcam yang berada di antara tombol F6 dan F7, sertai HUAWEI Multi-Screen Collaboration.

Kalau melihat harganya sih laptop ini berada di kelas entry level. Maka dari itu, beberapa kekurangannya perlu kita maklumi, contohnya seperti layar yang belum mendukung gamut 100 persen sRGB (sehingga kurang cocok untuk content creation), serta absennya kartu diskrit grafis untuk memainkan gim terbaru.

8. HUAWEI MateBook X Pro 2021

Huawei MateBook X Pro 2021
• Layar
13,9 inci LTPS 3000 x 2000 touchscreen
• Prosesor
Intel® Core™ i7-1165G7
• Graphic Card
Intel® Iris® Xe Graphics
• RAM
16 GB LPDDR4x 4266 MHz
• Storage
1 TB NVMe PCIe SSD
• Konektivitas
IEEE 802.11 a/b/g/n/ac/ax, Bluetooth 5.1
• Port
USB-C x 2, Charging/Display(Dual 4K@60Hz,Max.3840 x 2160 resolution)/Data(Max.40 Gbps) USB-A 3.2 x 1 3.5 mm Headset and Microphone Jack x 1
• Baterai
56 Whr

Tidak perlu terkecoh dengan tahun rilisnya di tahun 2021. Meski sudah agak berumur, fitur-fitur HUAWEI MateBook X Pro 2021 ini tidak kalah dengan laptop-laptop premium terbaru lainnya.

Laptop ini menampilkan kualitas layar 3K FullView Display yang jempolan, memiliki resolusi tajam serta screen to body ratio 91 persen yang membanggakan. Nikmati pengalaman full immersion dengan bezel super tipis di keempat sisi layar.

Menggunakan gamut warna 100 persen sRGB menjadikannya salah satu laptop paling ideal untuk para pelaku kreasi industri. Semua terangkum dalam desain bodi compact dengan bobot 1,33 kg dan ketebalan 14,6 mm. Semakin yakin untuk melakukan work from anywhere tanpa harus ribet.

Kemampuan daya 56 Whr di laptop ini juga bukan untuk dianggap remeh. HUAWEI mengklaim laptop bisa bertahan hingga 11 jam pada pemakaian normal. Sekalipun berhasil membuat laptop kehabisan baterai, Anda hanya perlu mengecas selama 30 menit agar laptop siap dipakai kembali selama 4 jam kerja. Asyik, bukan?

Bagi Anda yang tidak butuh-butuh amat prosesor generasi terbaru, dan lebih memprioritaskan kualitas premium untuk bikin konten profesional, HUAWEI MateBook X Pro 2021 adalah opsi laptop high end yang sayang dilewatkan pada harga Rp27 jutaan.

9. HUAWEI MateBook D15 10th Gen i3

Huawei matebook d14 dan matebook d15
• Layar
15.6 Inch FHD IPS
• Prosesor
Intel Core i3-10110U
• Graphic Card
Intel UHD Graphics
• RAM
8 GB DDR4
• Storage
256 GB PCIe SSD
• Konektivitas
IEEE 802.11a/b/g/n/ac, 2.4GHz and 5GHz, 2 x 2 MIMO
• Port
USB A 3.2 USB A 2.0 USB C HDMI 3.5 mm Headphone & Microphone Jack
• Baterai
42 Whr

Untuk sekadar mengerjakan aktivitas ringan, HUAWEI MateBook D15 ini cukup mumpuni. Menggunakan prosesor Intel Core i3 generasi ke-10, cukup kentara kalau laptop entry-level ini bukan dikhususkan untuk pekerjaan berat.

Tapi jangan langsung anggap remeh, ia turut hadir dengan segudang fitur penting seperti layar yang lebar serta minim bezel, ketahanan baterai yang cukup untuk sehari-hari, charger berukuran compact yang juga bisa mengecas perangkat lain, hingga desain berestetika tinggi dengan bobot ringan dan ketebalan 16,9 mm yang tipis.

Tentunya perlu penyesuaian soal bagaimana cara Anda bekerja, karena kemampuan prosesor laptop ini lebih terbatas dibanding laptop HUAWEI lain dengan prosesor generasi terbaru. Kelebihan memilih laptop ini, tentu Anda akan menemukan listing dengan harga lebih terjangkau di marketplace.

Jika Anda tidak mempermasalahkan beberapa fitur yang tergolong outdated (prosesor lebih lawas, hanya pakai WiFi 5 alih-alih 6), tapi dengan kemungkinan menghemat budget, HUAWEI MateBook D15 ini bisa jadi pilihan tepat.

10. HUAWEI MateBook D14 10th Gen i3

Huawei Matebook D14
• Layar
14 inci IPS 1920 x 1800
• Prosesor
Intel Core i3-10110U
• Graphic Card
Intel UHD Graphics
• RAM
8 GB DDR4
• Storage
256 / 512 GB PCIe SSD
• Konektivitas
IEEE 802.11a / b / g / n / ac BT 5.0
• Port
USB-A 3.0 x 1 USB-A 2.0 x 1 USB-C x 1 HDMI x 1 headset dan mikrofon 3,5 mm jack 2-in-1 x 1
• Baterai
56 Whr

Diperlukan laptop dengan bobot ringan untuk dapat menunjang aktivitas yang melibatkan banyak tempat sekaligus. Kadang, ada kalanya kita perlu korbankan ukuran layar untuk bisa dapatkan laptop yang lebih compact. Di sinilah HUAWEI MateBook D14 hadir.

Tidak perlu khawatir masalah kenyamanan mata, karena layar didukung dengan sertifikasi TUV Rheinland untuk mengurangi intensitas cahaya biru. Rasio layar ke bodinya pun sungguh luas mencapai 87 persen, ini pertanda baik untuk siapa pun yang berniat melakukan aktivitas multimedia di laptop.

HUAWEI MateBook D14 keluaran tahun 2020 ini memiliki kemampuan pendingin yang efektif tapi tetap sunyi. Terdapat desain kipas Shark Fin 2.0 yang siap melakukan pembuangan panas tanpa memberikan distraksi berlebih terhadap pengguna.

Memiliki ketahanan baterai luar biasa, HUAWEI MateBook D14 sanggup menunjang aktivitas pemutaran video 1080p lokal hingga durasi 13,2 jam. Keuntungan laptop ini adalah bentuk charger-nya yang seperti casan smartphone, punya ukuran mungil tapi bertenaga. Casan 65 W miliknya bekerja pada port USB-C dan mampu meraih baterai 46 persen dalam waktu 30 menit.

Fitur-fitur privasi dan kemudahan log in juga sudah dihadirkan di laptop ini, seperti webcam yang hanya akan muncul saat digunakan saja, serta tombol power yang sekaligus menjelma sebagai fingerprint scanner. Dari proses menyalakan hingga log in, semua hanya memerlukan waktu 8 detik saja.

Tapi satu hal yang perlu diperhatikan, laptop ini lebih sulit ditemukan di marketplace ketimbang varian keluaran lebih baru. Laptop pun tidak hadir dengan gamut warna layar yang akurat sehingga kurang cocok untuk produksi konten multimedia.

Demikian sajian laptop Huawei terbaru. Ternyata seluruh laptop Huawei memiliki ciri khas unik yang tidak dimiliki laptop lain. Hal itu seperti desain dan fitur-fitur fungsional. Dari sejumlah daftar yang disebutkan, laptop Huawei mana yang ingin Anda miliki?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram