15 HP Huawei Terbaru Beserta Spesifikasinya (Februari 2023)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Huawei merupakan salah satu produsen smartphone asal Tiongkok yang cukup sukses. Bahkan, kebanyakan HP Huawei terbaru terbaiknya sudah bisa disejajarkan dengan smartphone buatan produsen papan atas lainnya semacam Samsung dan Apple.

Sayangnya, konflik perang dagang Amerika-Tiongkok membuat Huawei harus kehilangan akses memakai layanan Google. Imbasnya, produk Huawei tidak boleh memiliki layanan Google.

Konflik itu juga menyebabkan beberapa produk Huawei dipasarkan tanpa dukungan jaringan 5G. Meski begitu, chipset yang dipakai si produk sebetulnya memiliki modem agar bisa terhubung ke jaringan 5G.

Sejak saat itu, nama Huawei jadi kurang terdengar, termasuk di Indonesia. Pasar ponsel mereka cukup tergerus. Namun, mereka bisa bertahan di divisi laptop. Karena Huawei tidak dilarang memakai produk dari Microsoft, Huawei kini banyak hadirkan laptop Windows terbaru.

Walau gaungnya kini kurang begitu terdengar di Indonesia, Huawei tetap memiliki berbagai produk smartphone. Terlebih di Tiongkok, produk mereka masih cukup laris mengingat Tiongkok tidak memakai Google.

Maka dari itu, kali ini Carisinyal akan hadirkan daftar HP Huawei terbaru yang bisa disimak pada tabel berikut ini. Informasi detail tiap HP, bisa disimak setelah info tabel.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya

1. Huawei Enjoy 50z

Huawei Enjoy 50z
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset -
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Huawei meluncurkan satu ponsel entry level baru pada Desember 2022. Namanya adalah Huawei Enjoy 50z yang khusus dipasarkan di Tiongkok. HP ini sebenarnya bukanlah barang baru, sebab statusnya adalah rebrand dari Huawei nova Y61 yang dirilis secara global.

Jika Huawei nova Y61 memakai antarmuka EMUI 12, Enjoy 50z menggunakan Harmony OS 2.0. Huawei tidak menjelaskan secara rinci SoC yang dipakai oleh HP ini. Mereka cuma bilang bahwa Huawei Enjoy 50z menggunakan SoC delapan core. Performa bukanlah sisi yang diunggulkan dari HP ini.

Yang jadi keunggulannya adalah desain kekinian yang minimalis, kamera utama 50 MP, dan baterai 5000 mAh yang awet sehari penuh. Selain itu, Huawei Enjoy 50z sudah tentu dibekali fitur Super Device yang membuatnya bisa berkolaborasi dengan perangkat Huawei lain seperti laptop MateBook.

2. Huawei Pocket S

Huawei Pocket S
Layar Foldable OLED 6.9 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 40 MP (wide) 13 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Huawei memang sedang terkekang. Produk mereka dicekal di sana sini. Meski begitu, Huawei tidak berhenti berinovasi. Pada November 2022, mereka meluncurkan smartphone layar lipat bernama Huawei Pocket S. HP ini hadir sebagai episode lanjutan dari Huawei P50 Pocket.

Keduanya adalah HP lipat dengan lipatan layar vertikal. Di sisi lain, Anda mungkin tidak bisa membedakan Huawei Pocket S dengan Huawei P50 Pocket. Benar saja, kedua HP memang punya dimensi, bentang layar, hingga kapasitas baterai yang sama.

Bedanya, Huawei Pocket S kini memakai SoC yang lebih murah, yakni Snapdragon 778G. Selain itu, kamera belakangnya dipangkas jadi dua jenis saja. Oleh sebab demikian, harga Huawei Pocket S jadi lebih terjangkau, yakni sekitar 830 euro (sekitar Rp13,7 juta). Harganya 1 juta lebih murah ketimbang Huawei P50 Pocket.

3. Huawei nova Y61

HUAWEI nova Y61_
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset Tidak disebutkan
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 50 MP (wide) 4 MP (macro) 0 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Huawei nova Y61 merupakan opsi smartphone yang bisa dipilih jika Anda membutuhkan baterai yang unggul dan tahan lama. Menghadirkan layar IPS LCD dengan resolusi HD+ 720p, membuatnya bisa lebih hemat daya ketimbang layar Full HD+ 1080p.

Selain itu, kapasitasnya yang sebesar 5.000 mAh dapat bertahan seharian penuh, didukung pula dengan fast charging 22,5 W agar tidak butuh waktu lama saat mengecas. Hingga artikel ini tayang, Huawei belum mengungkapkan jenis chipset yang dipakai. Namun, dipastikan ponsel diotaki dengan prosesor delapan inti.

Meskipun Huawei sudah membuat HarmonyOS, rupanya Huawei nova Y61 masih dibekali dengan EMUI 12 berbasiskan Android. Hanya saja, ponsel tidak mendukung Google Play Services sehingga sejumlah aplikasi Google tidak bisa digunakan sama sekali.

Huawei nova Y61 tergolong baik dari sisi konektivitasnya. HP ini sudah menyuguhkan NFC, 3,5 mm jack audio port, USB Type-C 2.0, serta sensor pemindai sidik jari di samping (side-mounted fingerprint).

Kekurangan dari HP ini terletak pada WiFi-nya yang hanya mendukung protokol 2,4 GHz saja. Selain itu, ponsel ini hanya dilengkapi dengan satu kamera utama 50 MP dan dua pendamping 2 MP (makro dan depth), tanpa kehadiran ultrawide.

Otomatis, ini membuat Huawei nova Y61 seharga 200 dolar AS (Rp3,1 jutaan) ini tampak kalah saing. Di luar itu semua, HP ini masih terbilang cocok untuk yang mencari ketahanan baterai kuat, unggul di sisi fotografi (berkat kamera utama 50 MP), dan memiliki NFC untuk kemudahan transaksi digital.

4. Huawei nova 10 SE

Huawei nova 10 SE
Layar OLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4499 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Huawei nova 10 SE merupakan HP keempat dari seri nova 10 yang diluncurkan Huawei. Bila dibandingkan dengan anggota seri nova 10 yang lain, HP ini berada di atas nova 10z yang merupakan model paling dasar.

Keunggulan HP berdesain manis ini ada di SoC-nya, yakni Snapdragon 680, yang efisien dalam penggunaan daya. Lalu kamera utama nova 10 SE mengusung resolusi 108 MP yang tinggi, dan layar OLED-nya mampu memancarkan 1 miliar warna. Layar tersebut juga mendukung refresh rate 90 Hz.

Pada aspek daya, kapasitas baterai HP ini yang 4500 mAh mungkin biasa saja. Namun, Huawei menyandingkannya dengan pengisian cepat 66W, yang membuat pengecasan baterai sampai penuh cuma butuh waktu 38 menit.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram