carisinyal web banner retina

Berbagai Keuntungan Pakai Fitur Tukar Tambah di Blibli Online dan Blibli Store

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha pada 17/04/2023

Kalau ada dana yang mencukupi, di 2023 ini  tentu saya lebih memilih membeli gadget baru. Terutama di 2023, ada salah satu HP yang menarik untuk dimiliki, yakni Samsung Galaxy S23 series. 

HP tersebut merupakan HP yang unggul di semua aspek sisi. Dari sisi performa, kamera, daya tahan baterai, layar, dan fitur dari sistem operasi OneUI berbasis Android yang ditawarkannya. 

Masalahnya, terkadang dana tidak benar-benar cukup untuk meminang salah satu seri Samsung Galaxy S23. Ini bisa terjadi pada siapapun, terutama ketika dapat bonus THR. 

Dana yang dimiliki untuk meminang HP baru bisa jadi hanya kisaran 50 sampai 70 persen saja dari harga jual HP. 

Solusi untuk hal ini sebenarnya mudah, jual HP lama untuk menambah dana membeli HP baru. 

Permasalahannya, menjual HP bekas juga tidak mudah. Apalagi jika ingin terjual dalam waktu cepat. 

Namun, ada salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan menggantikan perangkat elektronik lama dengan yang baru adalah melalui program tukar tambah, seperti yang ditawarkan oleh Blibli. 

Yang menarik, layanan Tukar Tambah ini tidak hanya berlaku di aplikasi atau website Blibli tapi juga Blibli offline lewat Blibli Store. 

Karena saya penasaran, saya coba dua layanan tersebut. Saya mencoba dulu aplikasi Blibli kemudian saya juga mendatangi Blibli Store di kota saya. 

Keuntungan Tukar Tambah di Blibli Online

Ada berbagai keuntungan yang ditawarkan dari program ini. Keuntungan tersebut sebagai berikut. 

1. Proses yang Mudah dan Cepat

blibli

Program Tukar Tambah di Blibli sangat praktis, konsumen hanya perlu mencari produk yang ingin ditukar dengan label Tukar Tambah, mengisi formulir penilaian untuk produk lama, lalu melunasi pembayaran produk baru dengan diskon sesuai nilai tukar produk lama. Berbagai metode pembayaran tersedia, seperti cicilan tanpa bunga, transfer bank, atau e-wallet.

Saya cek juga di aplikasi Blibli, ternyata memang, Blibli menyediakan fitur Tukar Tambah, bahkan secara online. Hanya saja, tidak semua produk menerima fitur ini. Produk dengan label “Tukar Tambah” adalah produk yang memungkinkan konsumen untuk menukar HP mereka dengan HP baru plus penambahan uang tentunya. 

tukar tambah blibli

Seperti terlihat pada gambar tersebut, ada logo “Tukar Tambah” untuk produk yang bisa ditukar tambah saat saya cari Samsung Galaxy S23. Ada juga produk yang memang tidak punya logo tersebut, itu berarti tidak ada fitur “Tukar Tambah” untuk produk tersebut. 

Saya juga sebenarnya bisa mencari produk di Blibli khusus yang Tukar Tambah. Ini lebih cepat dibanding melihat produknya satu-satu. 

Caranya bisa ke pencarian dan mengtikkan “Tukar Tambah”. Saya pun di bawa ke halaman berbagai halaman produk yang bisa ditukar tambah. Jadi tidak perlu mengecek satu-satu.  Atau bisa juga cek toko "Tukar Tambah".

2. Jaminan Pengiriman dalam 2 jam

blibli 2 jam sampai

Blibli menjamin pengiriman produk baru yang dipesan melalui “Tukar Tambah” akan sampai ke alamat konsumen dalam 2 jam untuk beberapa lokasi tertentu. Hal ini membantu konsumen menghemat waktu dan biaya.

Tentu ini tidak berlaku untuk semua lokasi. Karena ada beberapa lokasi yang tidak memungkinkan untuk pengiriman barang sampai 2 jam. Namun, saya perlu mengapresiasi langkah berani jaminan pengiriman 2 jam ini. 

Langkah ini benar-benar membuat orang bisa belanja langsung dari rumah lewat aplikasi atau website Blibli tanpa perlu bermacet-macet ria. 

Cara belanja via Tukar Tambah ini juga cukup mudah. Misalnya jika ingin membeli Samsung Galaxy S23 series, bisa lakukan langkah-langkah berikut.

  • Pilih produk Samsung Galaxy S23 series yang punya logo "Tukar Tambah" atau cek di pencarian atau filter produk.
tukar tambah blibli
  • Masukkan alamat dan pastikan lokasi tersebut masuk dalam jangkauan wilayah Tukar Tambah. Karena tidak semua area terjangkau layanan ini.
  • Isi info detail soal HP lama dan lakukan pengecekan fungsi HP tersebut untuk mendapatkan harga terbaik.
  • Langkah terakhir, lakukan pembayaran dan tunggu kurir Blibli melakukan konfirmasi pengiriman.
blibli

Langkahnya cukup mudah bukan?

3. Produk Berkualitas dengan Garansi Resmi dan Original 

blibli (

Blibli bekerja sama dengan mitra resmi dan terpercaya untuk menawarkan produk-produk berkualitas melalui Tukar Tambah. Semua produk juga dilengkapi dengan garansi resmi dari produsen atau distributor. Konsumen tak perlu khawatir mendapatkan produk palsu atau rusak. 

Blibli menjamin kalau produk yang dijual di platform mereka adalah original. Saya sih percaya ini, karena Blibli termasuk marketplace yang cukup ketat untuk bisa berjualan. 

4. Tidak Hanya HP, Pilihan Produk yang Beragam dan Selalu Diperbarui

blibli

Layanan Tukar Tambah ternyata tidak berlaku di HP saja. Fitur ini juga berlaku untuk berbagai produk lainnya seperti tablet, laptop, televisi, AC, kulkas, mesin cuci, rice cooker, hingga panci. 

Melihat berbagai produk yang bisa ditukar tambah ini, saya jadi kepikiran mesin cuci dua tabung yang saya miliki untuk ditukar dengan mesin cuci satu tabung. Harganya pasti bisa lebih terjangkau. 

Oh yah, produk yang dihadirkan di Blibli ini juga selalu diperbarui sesuai dengan perkembangan teknologi dan tren pasar, seperti Samsung Galaxy S23 Series 5G atau HP baru lainnya yang bisa ditukar dengan handphone lama.

5. Berbagai Bonus Menarik

blibli store

Di samping diskon dari nilai tukar produk lama, konsumen juga bisa mendapatkan bonus tambahan saat melakukan Tukar Tambah di Blibli. Bonus tersebut bisa berupa cashback, paket perlindungan, bonus casing, voucher belanja, atau hadiah menarik lainnya. Bonus ini tentunya membuat konsumen lebih puas dan hemat saat berbelanja di Blibli.

Langsung Data ke Blibli Store, Experience Beda tetapi Tetap Menguntungkan

blibli store
Blibli Store 23 Paskal

Jujur saya baru tahu kalau Blibli punya gerai toko fisik dan berbagai toko yang kerjasama dengan Blibli. Tercatat ada 18 gerai toko fisik Blibli Store dan 54 Toko di seluruh Indonesia. yang hadirkan program Tukar Tambah.

Salah satunya di kota tempat saya tinggal, Bandung. Di Bandung, Blibli Store terletak di 23 PASKAL Shopping Center. 

Jaraknya tidak jauh dari tempat kerja saya. Saat saya pulang kerja, saya langsung mendatangi Blibli Store untuk mencari tahu seperti apa Blibli Store dan apakah layanan Tukar Tambah juga bisa dilakukan secara offline? 

Saya tidak kesulitan mencari Blibli Store, tempatnya bergandengan dengan toko gadget lain di mal tersebut. Ternyata Blibli Store, setidaknya yang di Bandung, hadir sebagai toko yang fokus berjualan handphone dan aksesorisnya. 

blibli store
Blibli Store 23 Paskal tampak Depan

Di Blibli Store, saya bertemu dengan Nadia. Dia menjelaskan cukup baik soal produk yang dijual di Blibli Store. Termasuk saat saya tanyakan soal layanan “Tukar Tambah”. 

Untuk melakukan “Tukar Tambah” di Blibli Store, bisa lakukan langkah ini. 

  • Di Blibli Store, pelanggan bisa melakukan “Tukar Tambah” HP dengan langsung menyerahkan HP lama  mereka ke pihak Blibli Store. 
  • Nanti akan dicek produk HP lama mereka dan mengecek fungsi-fungsinya. 
  • Setelah itu akan ditentukan harganya yang akan jadi pemotong untuk HP baru yang dibeli di Blibli Store. 
Samsung Galaxy S23 Series
Samsung Galaxy S23 Series
  • Sebagai contoh, harga Samsung Galaxy S23 ada varian yang dijual di harga Rp13 jutaan. 
  • Saya tinggal serahkan HP lama saya untuk dicek, ternyata Blibli Store menilai HP saya dengan harga Rp2,5 jutaan, maka harga Samsung Galaxy S23 tadi jadi kisaran Rp10,5 jutaan. 

Yang menarik, konsumen bisa tambah untung kalau melakukan Tukar Tambah Samsung Galaxy S23 series dengan pembayaran kartu kredit.  

“Kalau misalnya pakai kartu Kredit BCA, itu ada potongan lagi sebesar Rp1 juta”, tutur Nadia saat saya tanya keuntungan lain kalau saya tukar tambah HP ke Samsung Galaxy S23. 

Dengan cara tersebut, saya bisa mendapat Samsung Galaxy S23 dengan harga Rp9,5 jutaan atau di bawah Rp10 jutaan. 

Jelas ini benar-benar worth it. 

Tapi sekali lagi, ini hanya gambaran saja. Karena nilai HP yang ditukar tambah beda-beda, bisa jadi calon konsumen mendapat potongan lebih kecil atau justru potongan lebih besar.

Samsung Galaxy A54
Samsung Galaxy A54 5G

Kalau dana untuk tukar tambahnya tidak terlalu gede, konsumen sebenarnya bisa memilih produk HP lain yang lebih terjangkau. Misalnya, Samsung Galaxy A54 5G yang dihargai Rp5 jutaan atau Samsung Galaxy A34 5G yang dibanderol Rp4 jutaan. 

Samsung Galaxy A34
Samsung Galaxy A34 5G

Jadi fitur “Tukar Tambah” tidak hanya berlaku untuk  Samsung Galaxy S23 series saja tetapi juga buat HP lain dari merek apapun yang ada di Blibli Store. 

Dari pengalaman tersebut, saya jadi percaya kalau Blibli tidak membual soal keuntungan dari layanan  “Tukar Tambah” mereka. Bahkan, ini cukup menguntungkan konsumen. 

Oh yah, sebagai penutup artikel, saya ingin bilang kalau layanan “Tukar Tambah” di Blibli bisa dicoba oleh pembaca. Buat yang ada  Blibli Store di kotanya, bisa datang langsung saja karena pengalamannya bakal beda. Terlebih kita sebagai calon pembeli juga bisa merasakan terlebih dahulu produk HP barunya, sebelum benar-benar melakukan transaksi.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram