carisinyal web banner retina

Taktik Blibli “Memanjakan” Para Pembeli Produk Apple dengan Sistem Omnichannel

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha pada 15/12/2023

Ada dua cara membeli produk ponsel saat ini, yakni secara online atau secara offline. Cara online adalah cara yang umum dilakukan. Cara ini juga sudah saya lakukan sejak lama karena lebih praktis, harga biasanya lebih murah, dan ada berbagai diskon menarik. 

Namun, beberapa rekan saya ternyata masih lebih suka cara kedua, membeli ponsel secara langsung. Setelah saya cari tahu, bukan hanya teman saya saja yang masih membeli ponsel secara offline. Berdasarkan Katadata yang melakukan survey pada Februari 2023, ada 59,3 persen orang masih membeli ponsel secara offline. 

Dari data tersebut, saya sedikit mengerti karena  berbelanja ponsel secara offline menawarkan pengalaman yang lebih baik dibanding online. Misalnya karena barangnya bisa langsung dilihat dan kalau ada apa-apa gampang dikomplain di tempat. 

Apalagi jika barang barang yang dibeli merupakan produk premium seperti iPhone 15 series misalnya. Produk Apple seperti iPhone 15, Macbook, iPad, dan lainnya, merupakan tipe produk premium yang harganya tergolong tinggi. 

Membeli produk-produk tersebut secara offline tentu lebih tenang karena bisa mengeceknya lebih langsung. Kalau membeli online, ada kemungkinan produk yang dibeli mengalami berbagai kendala. 

Saya sempat berpikir bagaimana kalau kedua cara tadi disatukan? Sederhananya, kalau saya ingin membeli produk Apple, saya bisa membelinya lewat online, tapi saya bisa mengecek barangnya juga sekalian. 

Nah, pengalaman semacam itu ternyata bisa didapatkan di e-commerce Blibli 

Sebagai informasi, Blibli merupakan Apple Authorised Reseller lewat PT Global Danapati Niaga (GDN). Itu artinya, Blibli adalah platform yang bisa menjual produk Apple secara resmi di Indonesia. Di Blibli.com misalnya, banyak dijual produk seperti  iPhone, iPad, Macbook, Apple Watch, AirPods, dan lain-lain.

Namun, belanja produk Apple tidak semudah membeli produk elektronik lainnya. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, seperti keaslian produk, garansi, servis, proteksi, hingga after-sales. Belum lagi jika Anda ingin menukar atau menjual kembali produk Apple Anda dengan harga yang sesuai.

Saya sering menemukan keluh kesah pembeli, yang membeli produk secara online. Ada yang terkena tipu, ada yang isinya sepatu, bahkan mungkin batu. 

Biar tidak tertipu, makanya  Blibli hadir sebagai solusi bagi Anda yang ingin belanja produk Apple dengan pengalaman omnichannel yang hassle-free dan worry-free

Kalau bahasa saya pribadi, pengalaman ini adalah cara Blibli memanjakan para pembeli produk Apple secara khusus dan pembeli produk lain di Blibli secara umum. 

Cara yang Blibli lakukan ini, membuat saya bisa simpulkan 6 alasan kenapa harus membeli produk Apple di Blibli. Berikut pembahasannya. 

1.  Tawarkan Sistem Omnichannel Blibli

blibli store

Blibli sebagai e-commerce tidak hanya sekadar tempat belanja online. Ia telah berevolusi sebagai Omnichannel, yakni model bisnis yang menghubungkan berbagai saluran pemasaran dan bisnis, baik offline maupun online, ke saluran pusat.

Dengan Omnichannel Blibli, calon pembeli, bisa membeli produk di Blibli.com. Calon pembeli bisa memilih untuk dikirim ke alamat dengan fitur 2 Jam Sampai atau dapat diambil di Blibli Store lewat fitur Click & Collect, yaitu beli lewat online kemudian ambil sendiri di toko fisik Blibli. 

Yang paling menarik adalah memesan produk Apple dengan cara Tukar Tambah. Dengan cara ini, Anda dapat menukar produk Apple lama Anda dengan produk Apple baru dengan harga spesial. 

Yang paling saya suka adalah Blibli InStore. Ini adalah solusi bagi saya yang suka beli online karena lebih murah. Pasalnya, dengan cara ini, saya bisa berbelanja produk Apple secara offline di toko fisik mitra Blibli dengan harga online. 

2. Blibli sebagai Apple Authorised Reseller Terpercaya 

apple bliblli

Sejak kehadiran iPhone 14 series di Indonesia, Blibli resmi jadi Apple Authorised Reseller terpercaya di Indonesia. Di 2023, Blibli tetap hadirkan berbagai produk Apple menarik seperti iPhone 15 series,  iPad Pro, Macbook Air, Apple Watch Series 7, AirPods Pro, dan lain-lain. Anda juga dapat menemukan berbagai aksesoris dan perangkat pendukung untuk produk Apple Anda, seperti casing, screen protector, keyboard, mouse, charger, earphone, speaker, dan lain-lain.

Ciri khas produk Apple yang dibeli di Blibli adalah adanya stiker GDN di produknya. 

Salah satu tim Carisinyal membeli iPhone 15 di Blibli. Terlihat di gambar bawah ini, ada stiker berwarna hitam. DI stiker tersebut ada tulisan Blibli dan PT Global Danipati Niaga. 

iPhone 15

Kenapa stiker ini jadi penting? Pasalnya, ada beberapa produk iPhone yang dijual di Indonesia namun bukan resmi Indonesia. Biasanya merupakan produk Apple luar negeri yang sering punya masalah dengan IMEI. 

Jika bermasalah dengan IMEI, maka iPhone tersebut tidak bisa menggunakan jaringan seluler Indonesia. 

Karena itu, sangat penting membeli produk iPhone yang resmi. Rekan saya juga membeli iPhone 15 di Blibli karena tidak perlu khawatir soal masalah IMEI. Produk yang dibeli pun dijamin asli. 

Saya juga sudah melihat isi kotak iPhone 15 tersebut. Di dalamnya, memang ada informasi kalau produk tersebut merupakan produk asli. Apalagi ada kertas atau kartu garansi resmi Indonesia. 

iPhone 15

Selain itu, Blibli juga sering mengadakan promo dan diskon spesial untuk produk-produk Apple, seperti cashback, cicilan 0%, voucher belanja, gratis ongkir, dan lain-lain. Anda juga dapat mengikuti berbagai program dan event eksklusif dari Blibli dan Apple, seperti pre-order, flash sale, bundling package, lucky draw, dan lain-lain.

3. Ekosistem Terintegrasi Blibli

blibli paylater

Blibli punya “saudara” yang dinamakan tiket.com dan Ranch Market. Mereka jadi satu ekosistem terintegrasi Blibli yang hadirkan berbagai manfaat dan kemudahan dalam bertransaksi di Blibli.

Salah satunya adalah opsi pembayaran yang lengkap dan seamless. Di Blibli, ada berbagai macam metode pembayaran. Salah satunya adalah Blibli Tiket PayLater. 

Blibli Tiket PayLater adalah layanan pembayaran nanti yang memungkinkan Anda untuk membeli produk Apple sekarang dan membayarnya dalam 30 hari tanpa bunga atau dalam 3-12 bulan dengan bunga rendah. 

Selain itu, ada sistem Blibli Tiket Rewards. Ini merupakan adalah program loyalitas yang memberikan Anda poin setiap kali bertransaksi di Blibli, tiket.com, atau Ranch Market. Poin ini dapat ditukarkan dengan berbagai reward menarik, seperti voucher belanja, tiket pesawat, hotel, kereta api, hingga paket wisata.

4. Blibli Pasti Puas

blibli pasti puas

Blibli mengutamakan konsumen dengan hadirkan tagline “Blibli Pasti Puas”. Tagline ini menjamin kepuasan pelanggan dengan memberikan jaminan produk 100% original, pengiriman cepat dan gratis, serta layanan customer care 24/7 yang siap membantu Anda.

Jaminan produk 100% original berarti bahwa semua produk Apple yang dijual di Blibli adalah asli dan resmi dari Apple Indonesia. Anda tidak perlu khawatir mendapatkan barang palsu atau refurbished.

Seperti yang sudah saya bahas di poin sebelumnya, untuk originalitas produk Apple, Blibli tidak perlu diragukan lagi. 

Selain itu, bagi pembeli yang sensitif soal ongkir, Blibli menjamin kalau membeli produk di Blibli pengirimannya cepat dan gratis. Blibli akan mengirimkan produk Apple yang Anda pesan secepat mungkin dan tanpa biaya tambahan. 

Layanan ini sangat bagus untuk mengakomodir konsumen yang kadang tak jadi beli produk karena tidak gratis ongkos kirim. 

Blibli juga hadirkan layanan customer care 24/7 yang selalu siap melayani Anda kapan saja dan di mana saja. Anda dapat menghubungi customer care Blibli melalui telepon, email, live chat, atau media sosial untuk mendapatkan bantuan atau informasi seputar produk Apple yang Anda beli.

5. Semangat ‘Simplify to Amplify’ Blibli

iPhone 15

Blibli memiliki semangat ‘Simplify to Amplify’ yang tercermin pada kemudahan belanja produk Apple di ekosistem terintegrasi Blibli. 

Blibli ingin mempermudah pelanggan untuk mendapatkan produk Apple yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup mereka, serta mengamplifikasi pengalaman belanja mereka dengan berbagai nilai lebih yang ditawarkan oleh Blibli.

Itu juga yang dirasakan teman saya saat beli iPhone 13, kemudahan saat belanja alias sat set sat set.

6. Layanan Servis Berkualitas

PT Mitra Care Indonesia

Karena garansi resmi Indonesia, produk Apple di Blibli dijamin kualitasnya. Kalau pun ada apa-apa, tinggal bawa ke PT Mitra Care Indonesia, salah satu Apple Authorised Service Provider terbesar di Indonesia, 

Blibli bekerja sama dengan tersebut untuk memberikan layanan servis berkualitas bagi produk Apple dibeli di Blibli.

Anda dapat menikmati pengalaman after-sales produk Apple yang memuaskan, seperti Buyback guarantee, Apple Warranty yang berlaku di seluruh Apple Service Center yang tersebar di Indonesia, Ekstra proteksi hingga 12 bulan, layanan drop-off untuk perbaikan perangkat Apple di seluruh jaringan ritel Hello Store.

Buyback guarantee adalah layanan yang memberikan Anda jaminan harga jual kembali produk Apple Anda hingga 80% dari harga beli dalam waktu 12 bulan. Apple Warranty adalah layanan garansi resmi dari Apple yang berlaku selama 1 tahun sejak tanggal pembelian produk Apple Anda.

Menurut saya, dengan sistem Omnichannel, Blibli mampu hadirkan pengalaman berbelanja produk Apple yang lebih menyenangkan. Ia mampu mengakomodir dua cara orang dalam belanja gadget di era sekarang. Konsep penggabungan belanja O2O yang mereka hadirkan benar-benar menarik karena bisa mewadahi mereka yang suka diskon saat belanja online dan mereka yang suka mengecek barangnya saat belanja offline.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram