Carisinyal / Samsung 2018 / Inilah 7 Perbedaan Samsung Galaxy J4 dan Samsung Galaxy J4+

Inilah 7 Perbedaan Samsung Galaxy J4 dan Samsung Galaxy J4+

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Maret 2019

Samsung Galaxy J4 diperkenalkan berbarengan dengan Samsung Galaxy J6. Tapi, selang beberapa bulan kemudian masih di rentang waktu yang sama (2018), Samsung mengeluarkan Samsung Galaxy J4 Plus ( Samsung Galaxy J4+) dan Samsung Galaxy J6 Plus (Samsung Galaxy J6+).

Apa yang dilakukan Samsung ini merupakan hal yang biasa. Samsung memang terbilang produktif dalam menghadirkan berbagai HP dalam rentang satu tahun. Hanya saja terkadang ada beberapa seri produk yang memiliki nama cenderung mirip.

Dampak dari hal tersebut, calon pembeli kebingungan ketika memilih satu tipe HP dengan nama yang mirip. Pertanyaan seperti “Apa bedanya seri yang satu dengan seri yang ini?” Hal ini jelas membuat calon pembeli merasa untuk membanding-bandingkan.

Demi menjawab rasa penasaran tersebut, artikel perbandingan ini hadir sebagai solusi. Seperti halnya yang saya tulis terkait perbandingan Samsung Galaxy J6 dan Samsung Galaxy J6 Plus, maka kali ini adalah giliran Samsung Galaxy J4 dan Samsung Galaxy J4 Plus yang dibahas.

Perbandingan ini saya buat agar bisa membantu calon konsumen, atau Anda yang memang sedang kebingungan memilih salah satu unit produk dari Samsung. Lantas, apa sajakah perbedaan Samsung Galaxy J4 dan Samsung Galaxy J4 Plus? Langsung simak saja pembahasannya berikut ini. Tetapi sebelumnya, mari simak spesifikasi kedua HP tersebut berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy J4 (2018)

  • Chipset: Exynos 7570 Quad (14 nm)
  • RAM & Memori: 2 GB & 32 GB
  • Kamera: 13 MP
  • Baterai: Li-Ion 3000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 1.750.000

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Samsung Galaxy J4+ (2018)

  • Chipset: Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 (28 nm)
  • RAM & Memori: 2 GB & 32 GB
  • Kamera: 13 MP
  • Baterai: Li-Ion 3300 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 1.750.000

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Samsung Galaxy J4 dan Samsung Galaxy J4+

1. Ukuran Bodi yang Berbeda

Samsung Galaxy J4 dan Samsung Galaxy J4 Plus sudah terlihat sama jika menilik keseluruhan bodinya. Hanya saja, bodi bagian depan membuat tampilan keduanya terlihat berbeda. Samsung Galaxy J4 memiliki dagu dan jidat yang lebih lebar sementara Samsung Galaxy J4 Plus terlihat sedikit lebih tipis.

Di bagian belakang, Samsung Galaxy J4 dan Samsung Galaxy J4 Plus tampak terlihat memiliki desain yang cantik tetapi bagian belakang ini masih dilapisi bodi plastik. Khusus Samsung Galaxy J4 Plus, tampilan desainnya tampak terlihat memakai kaca padahal masih memakai plastik polikarbonat.

Untuk ukuran, Samsung Galaxy J4 hadir dengan panjang 151.7 mm, lebar 77.2 mm, dan ketebalan 8,1 mm. Untuk bobotnya, Samsung Galaxy J4 memiliki bobot 175 gram. Sementara Samsung Galaxy J4 Plus hadir dengan panjang 161 mm, lebar 76.9 mm, dan ketebalan 8,1 mm. Sementara untuk bobotnya, Samsung Galaxy J4 Plus memiliki berat 178 gram.

Jika menilik ukurannya, Samsung Galaxy J4 memiliki bobot yang sedikit lebih ringan dan ketebalan yang lebih tipis. Namun, data tersebut tidak lantas Samsung Galaxy J4 Plus terasa lebih tebal dan berat karena selisih angkanya tidak berjarak jauh dengan Samsung Galaxy J4.

2. Layar 16:9 vs Fullview Display 

galaxy j4 plus

* sumber: www.gadgetsnow.com

Perbedaan paling kentara di antara Samsung Galaxy J4 dan Samsung Galaxy J4 Plus ada pada bagian layar. Di sektor ini, layar jadi sektor yang bertolak belakang meskipun keduanya sama-sama mengusung resolusi HD+ 720 x 1480 piksel. 

Perbedaan mencolok terlihat dari sisi depan Samsung Galaxy J4 yang tidak terlihat memanjang. Hal ini karena Samsung Galaxy J4 masih mengusung rasio layar lama, yakni rasio 16:9. Layarnya sendiri hadir dengan ukuran 5,6 inci dengan panel Super AMOLED. Kehadiran panel Super AMOLED tentu jadi kelebihan tersendiri yang ditawarkan HP ini.

Samsung Galaxy J4 Plus hadir dengan bentuk layar yang sudah kekinian. HP ini hadir menawarkan dimensi layar 6 inci dengan rasio 18,5:9. Dengan rasio yang lebih memanjang, membuat HP ini memiliki tampilan lebih luas jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy J4. Sayangnya, Samsung Galaxy J4 Plus tidak memakai panel Super AMOLED.

Meski memiliki perbedaan dimensi layar, jika disandingkan, Samsung Galaxy J4 dan Samsung Galaxy J4 Plus tampak seukuran. Karena rasio layar yang lebih memanjang, Samsung Galaxy J4 Plus dapat menghadirkan layar 6 inci pada bodi 5,6 inci. Hal ini yang jadi satu kelebihan dari rasio layar yang lebih panjang atau istilah terkenalnya fullview display. 

3. Chipset Exynos 7570 vs Snapdragon 425

Exynos-vs-Snapdragon

* sumber: propakistani.pk

Samsung Galaxy J4 dan Samsung Galaxy J4 Plus hadir dengan chipset yang berbeda. Samsung Galaxy J4 mengusung chipset buatan Samsung, yakni Exynos 7570. Chipset ini terdiri dari prosesor empat inti 1.4 GHz Cortex-A53 dan pengolah grafis Mali-T720 MP2. Chipset ini bukan yang terkencang tetapi untungnya sudah memiliki arsitektur 14nm.

Bandingkan dengan Samsung Galaxy J4 Plus yang hadir dengan Snapdragon 425 yang masih berasitektur 28nm. Chipset ini sama seperti Exynos 7570 yang memiliki prosesor empat inti 1.4 GHz Cortex-A53. Bedanya, pengolah grafis di chipset ini adalah Adreno 308.

Hadir dengan chipset yang berbeda, tidak membuat kedua HP ini memiliki performa yang berbeda pula. Malah, secara performa keseluruhan kedua HP ini memiliki performa yang sama. Hal ini terlihat dari nilai Antutu Samsung Galaxy J4 yang hanya 40 ribuan. Anda bisa membaca detail performa Samsung Galaxy J4 pada artikel “Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J4“.

Samsung Galaxy J4 Plus meskipun menggunakan arsitektur 28nm tetapi performanya cukup mengimbangi Samsung Galaxy J4 yang memiliki chipset berbasis fabrikasi 14nm. Malah sedikit lebih jika menilik nilai Antutu Samsung Galaxy J4 Plus yang mencapai angka 45 ribuan.

4. Perbedaan di Sektor Baterai

Samsung Galaxy J4 dibekali dengan baterai Li-Ion 3.000 mAh. Kapasitas baterainya tergolong cukup. Bahkan, daya tahan baterai HP ini dapat bertahan sampai satu harian lebih atau sekitar 36 jam. Menariknya, baterai pada HP ini juga dapat dilepas, sesuatu yang sudah jarang pada ponsel pintar zaman sekarang.

Samsung Galaxy J4 Plus memiliki kapasitas baterai yang lebih besar, yakni Li-Ion 3.300 mAh. Daya tahan baterai ini dapat bertahan cukup lama. Seperti yang diungkapkan channel GontaGantiHP yang menyatakan kalau daya tahan baterai HP ini bisa bertahan sampai satu setengah hari dengan screen on time sampai 4 jam

5. Teknologi Speaker

Samsung Galaxy J4 hadir dengan kualitas audio yang cenderung biasa. Tidak buruk dan sudah kualitas suara yang dihasilkan cukup mumpuni. Hanya saja, jika dibandingkan dengan kualitas suara Samsung Galaxy J4 Plus, jelas kualitas suara Samsung Galaxy J4 kalah.

Hal ini karena Samsung Galaxy J4 Plus sudah mendukung teknologi Dolby Atmos, sama seperti saudaranya yang lain, Samsung Galaxy J6 Plus. Dengan adanya teknologi ini, Samsung Galaxy J4 Plus dapat menghasilkan kualitas suara yang jelas dan lantang.

memiliki teknologi speaker yang baik. Suara yang dikeluarkan oleh HP ini terdengar nyaring, lebih jelas, dan tergolong lantang. Suara yang bagus tersebut dapat dihasilkan karena Samsung Galaxy J6 sudah mendukung teknologi Dolby Atmos.

Lantas, bagaimana dengan Samsung Galaxy J6 Plus? Apakah HP ini mendukung teknologi Dolby Atmos? Ternyata, Samsung Galaxy J6 Plus tidak mendukung teknologi Dolby Atmos. Alhasil suara yang dihasilkan dari speaker Samsung Galaxy J6 Plus tidak lebih baik dari Samsung Galaxy J6.

6. Dukungan Penyimpanan Eksternal

Samsung Galaxy J4 dan Samsung Galaxy J4 Plus sama-sama menawarkan konsep dedicated slot. Hal ini berarti Anda dapat memasang dua kartu SIM aktif plus microSD secara bersaman di Samsung Galaxy J4 dan Samsung Galaxy J4 Plus.

Namun, kedua HP ini memiliki perbedaan pada sektor dukungan maksimal memori eksternal. Samsung Galaxy J4 memungkinkan Anda untuk menambah memori eksternal via microSD sampai 256 GB. Sementara Samsung Galaxy J4 Plus mendukung penyimpanan eksternal hingga 512 GB.

7. Selisih Harga yang Tidak Terlalu Jauh

HARGA J4 dan J4 Plus

Samsung Galaxy J4 dan Samsung Galaxy J4 Plus memiliki dua varian. Keduanya hadir dengan varian RAM 2 GB dengan ROM 16 GB dan RAM 2 GB dengan ROM 32 GB. Kedua varian ini memiliki banderol harga yang tidak jauh berbeda. Malah harga banderolnya cenderung sama.

Misalnya, Samsung Galaxy J4 dengan ROM 32 GB dijual dengan harga RP1,5 jutaan. Sementara Samsung Galaxy J4 Plus dengan ROM 32 GB dijual dengan harga Rp1,6 jutaan. Selisih keduanya hanya kisaran Rp100 ribuan saja.

Simpulan

Samsung Galaxy J4 dan Samsung Galaxy J4 Plus ternyata memiliki 7 perbedaan. Ketujuh perbedaan tersebut tentu bisa jadi referensi bagi Anda yang masih bingung menentukan mana yang terbaik untuk Anda.

Jika menilik harga jualnya yang memiliki selisih sedikit, Samsung Galaxy J4 Plus layak dipilih. HP yang satu ini sudah memiliki desain yang lebih modern dan memiliki teknologi suara yang baik. Soal layar, memang bukan panel Super AMOLED tetapi layarnya masih tetap oke. Anda yang tertarik dengan Samsung Galaxy J4 Plus bisa beli di Bukalapak lewat link ini.

Samsung Galaxy J4 bukannya jelek tetapi desainnya sudah ketinggalan zaman. Selain panel AMOLED, tidak ada hal lain yang bisa diunggulkan dari HP ini. Sektor kamera dan fitur lain juga serupa dengan Samsung Galaxy J4 Plus.

Namun, jika Anda menyukai HP dengan baterai yang bisa dilepas dan panel AMOLED tidak ada salahnya juga melirik HP ini. Ya, mungkin bisa dipakai untuk sebatas penggunaan media sosial maupun aplikasi chat. Tertarik? Jika tertarik, langsung saja beli HP ini di Bukalapak lewat link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar